Karena menyediakan potongan harga sebagai strategi bisnis seperti yang dilakukan Groupon, layanan-layanan tersebut lebih sering dikenal sebagai groupon clone. Layanan seperti itu memang sangat diannti konsumen karena memberikan diskon besar. Di sisi lain, klien yang lebih mudah untuk memperkenalkan atau mengkampanyekan produk atau jasanya dengan budget terbatas.
Saking maraknya, layanan daily deal di Indonesia saat ini bahkan tercatat tak kurang dari 30 jenis menurut data terakhir Teknojurnal. Untuk berbelanja, pengunjung internet tentu harus melakukan transaksi ke masing-masing penyedia layanan. Namun, untuk sekadar shopping, melihat-lihat, atau mencari penawaran di semua layanan groupon clone ini, kini telah ada yang menyediakannya.
Ibarat mal virtual, Superbestdeal.com menjadi pengumpul layanan daily deal Indonesia. Keberadaan agregator atau pengumpul layanan daily deal bertujuan memudahkan pengunjung web untuk melihat beragam daily deal yang ada tanpa harus membuka situs tersebut satu per satu. Masing-masing penyedia layanan daily deal akan menyediakan hanya 1-2 deal per hari, hal ini akan memberikan kesulitan untuk membandingkan dari masing-masing penyedia layanan tersebut yang saat ini berjumlah 30.
"Layanan ini juga tidak mengganggu aktifitas website yang dikumpulkan karena seluruh groupon clone tersebut mendapatakan revenue dari setiap deal yang dibeli, justru keberadaan Superbestdeal.com memberikan channel akses baru kepada semua website yang di-aggregate," jelas Terry, CTO dari Superbestdeal.com.
Superbestdeal.com bukanlah groupon clone, tetapi memposisikan diri sebagai pengumpul informasi dari website-website groupon clone, sehingga para penggila diskon dapat dengan mudah melihat penawaran-penawaran di mana saja yang bisa mereka liat didalam satu halaman. Bisnis daily deal diperkirakan bakal masih akan berkembang apalagi Groupon secara resmi ikut bermain dengan mengakuisisinya Disdus.com.
• KOMPAS
0 comments:
Post a Comment