0

BIG memutakhirkan data Geospasial

http://assets.kompas.com/data/photo/2012/09/24/2016257p.jpgJakarta - Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Asep Karsidi mengatakan, badan yang dipimpinnya saat ini sedang memutakhirkan data geospasial terakurat untuk wilayah Indonesia sampai dengan skala 1:50.000.

"Sampai 2012 semua data terbaru wilayah Indonesia sudah sampai skala 1:250.000 dan kita tengah mengembangkan skala 1:50.000," kata Asep dalam Talkshow Pemetaan Terintegrasi Untuk Kesejahteraan Rakyat di Jakarta, Senin (24/9/2012). 

Skala 1:250.000 masih memetakan sampai level provinsi sementara skala 1:50.000 memetakan hingga level kecamatan.

Namun BIG telah membuat pemetaan geospasial digital sampai skala 1:25.000 yang dapat memetakan desa-desa untuk Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.      

Lebih lanjut Asep mengatakan, data geospasial BIG dalam bentuk digital tanpa batas (seamless) yang merupakan perkembangan luar biasa.

"Ini perkembangan luar biasa, kalau dulu pemetaan wilayah perairan kita hanya dibedakan dari warna tapi kalau sekarang sudah secara digital," ujar Asep seraya menambahkan peta geospasial digital tanpa batas yang dibuat BIG unggul dibandingkan negara lain seperti di Afrika bahkan Malaysia. 

Bahkan menurut Asep, BIG sedang mempersiapkan citra resolusi tinggi yang mana saat ini citra satelit yang digunakan lebih baik dari google maps.

Dikatakan Asep, undang-undang memandatkan bahwa yang harus disiapkan adalah data geospasial sampai skala 1:1.000. Saat ini BIG terus memutakhirkan data geospasial guna memenuhi amanat UU yaitu menjamin ketersediaan informasi geospasial yang akurat.
(Kompas)
0

UNY manfaatkan tembelek untuk lotion anti nyamuk

Yogyakarta - Tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan tanaman tembelek (Lantana camara) untuk bahan pembuatan lotion antinyamuk yang aman bagi kulit.

"Tembelek merupakan tanaman liar yang banyak ditemui dan mudah ditanam di Indonesia. Daun dan bunga tembelek berpotensi sebagai insektisida nabati," kata Ketua Tim Maisel Priskila Sisilia di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, daun dan bunga tembelek mengandung lantadene A, lantadene B, lantanolic acid, lantic acid, humule (minyak atsiri), b caryophyllene, g terpidene, a pinene, dan rcymene.

"Serangga tidak menyukai itu, sehingga tanaman tembelek berpotensi sebagai penolak serangga," kata mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas MIPA UNY itu.

Ia mengatakan tahap pembuatan lotion antinyamuk berbahan tembelek meliputi persiapan, ekstraksi, dan pembuatan lotion. Tahap ekstraksi tanaman tembelek dilakukan dengan memetik daun dan bunga tembelek.

Daun dan bunga tembelek kemudian dicuci dengan aquades. Bahan yang sudah dicuci selanjutnya dihancurkan atau dihaluskan dan diperas menggunakan kain kasa, sehingga diperoleh larutan ekstrak daun dan bunga tembelek.

Hasil ekstraksi tanaman tembelek langsung digunakan untuk membuat lotion. Pembuatan lotion dilakukan dengan mencampurkan hasil ekstraksi dengan minyak kayu putih dan "cleansing milk".

Selanjutnya semua bahan diaduk hingga rata dan ditambah "parfume aromatic". Kemudian diaduk kembali hingga tercampur dan ditunggu beberapa saat.

Menurut dia, langkah berikutnya adalah memasukkan hasil eksperimen (lotion nyamuk) ke dalam botol, dan menutup rapat untuk menghindari pengeringan.

"Berdasarkan hasil eksperimen secara keseluruhan, lotion antinyamuk yang mengandung ekstrak tanaman tembelek sebanyak 20 persen memiliki kualitas yang paling baik dari segi keefektifan, tekstur, warna, bau, dan tampilan," kata Maisel.

Anggota tim yang mengembangkan penelitian pemanfaatan tembelek sebagai bahan pembuatan lotion antinyamuk adalah Dwi Sutanti, dan Arief Noviartara. (B015/M008)
(Antara)
0

Jokowi Tegaskan Tidak Akan Bermain Proyek Keluarga

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/20120920_Jokowi_Berikan_Semangat_Kepada_Pendukung_7222.jpgJakarta - Hasil penghitungan cepat menempatkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada peringkat pertama. Saat memimpin Jakarta, Jokowi mengaku tidak akan bermain proyek yang melibatkan unsur keluarga.

Jokowi mengakui bahwa ia dan keluarga besarnya berasal dari lingkungan dunia usaha. Namun, usaha yang dilakukan lebih pada bidang export.

"100 persen eksport jadi tidak pernah berhubungan pada hal proyek. Di Solo sama, di sini juga sama," kata Jokowi di Posko Pemenangan Jalan Borobudur, Jakarta, Kamis (20/9/2012).

Jokowi mengatakan media dapat mengawasi, mengontrol dan mengingatkan kinerjanya ketika memimpin ibukota. "Perlu saya sampaikan memang di Jakarta ini memang banyak pengusaha raksasa. Tapi kalau saya aturan ya aturan, itu prinsip," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa aturan tersebut tidak boleh ditawar-tawar. Ia mengaku akan tegas mengikuti aturan yang ada.

"Seluruh media juga sudah tahu pas di Solo perizinan mall Sari Petojo saya tolak karena secara aturan tidak bisa," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada media yang telah mengikutinya selama menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

"Kami ingin ucapkan terima kasih kepada sleuruh jurnalis media cetak dan media elktronik yang sudah ikuti selama 4 bulan. Organisasi kami ini organisasi tidak jelas, tapi hasilnya jelas. Tapi inilah sebuah gerakan masyarakat yang tidak terorganisir tapi bergerak semuanya. Terimakasih kepada seluruh media yang sudah bantu kami," katanya.

0

Presiden SBY: Indonesia tidak akan masuk jebakan SDA

http://img.antaranews.com/new/2012/09/thumb/2012091014.jpgNew York - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menekankan bahwa Indonesia tidak akan terlena dengan kekayaan sumber daya alam dan akan memberikan nilai tambah bagi sumber daya alam yang ada.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Yudhoyono di hadapan para pengusaha New York Stock Exchange di Wall Street, New York, Senin pagi waktu setempat.

"Kami tidak akan menggunakan sumber daya alam secara tidak bertanggung jawab. Kami paham jika sumber daya alam juga dapat mendatangkan kutukan, membuat malas, memicu korupsi dan konflik serta musnahnya biodiversitas dan degradasi lingkungan," kata Presiden.

Oleh karena itu, tambah Presiden, Indonesia mengesahkan UU yang mewajibkan seluruh bahan mentah diproses di Indonesia sebelum diekspor pada 2014.

Menurut Presiden, kebijakan itu akan mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja baru dan memicu inovasi.

"Itu juga akan menciptakan stabilitas sosial dan ekuitas yang lebih besar," katanya.

Presiden memaparkan hal itu untuk membantah bahwa Indonesia yang kaya sumber daya alam sepenuhnya menggantungkan pertumbuhan ekonominya pada sumber daya alam yang ada.

Di hadapan para pengusaha New York, Presiden menjamin upaya Indonesia untuk menghapus mitos ketergantungan tersebut.

Pada hari pertama kunjungan kerjanya di New York, Presiden menghadiri Indonesia Investment Day (IID) yang kali ini mengusung tema "Indonesia Rise as Asia`s New Economic Power House: Transformation, Opportunities, and Partnership for All."

Dalam kunjungan itu Presiden juga sempat meninjau lantai bursa New York dengan didampingi antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Perindustrian MS. Hidayat.(G003/Z002)

0

Presiden: RI Menapaki Babak Baru sebagai Raksasa Ekonomi

http://www.beritasatu.com/media/images//medium/21092012150811.jpgPresiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan Indonesia mulai menapaki babak  baru sebagai raksasa ekonomi dunia, yang muncul dari Asia bersama Tiongkok dan India.

Sebagai negara berpenduduk nomor empat terbesar di dunia, ekonomi Indonesia terus tumbuh dan mengalami transformasi ke arah yang lebih baik.

"Transformasi yang terjadi di Indonesia sangat adaptif, baik dari segi politik, ekonomi dan situasi apapun," kata Presiden saat memberikan Presidential Address pada Indonesia Investment Day di Bursa Efek New York (New York Stock  Exchange) di New York, Amerika Serikat, Senin (24/9).

IID bertema Indonesia Rise as Asia's New Economic Power House: Transformation, Opportunities, and Partnership for All.

Hadir pada kesempatan itu,  Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra  Agung Laksono, Mendag Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, Menkeu Agus  Martowardojo, Mensesneg Sudi Silalahi, Gubernur Bank Indonesia Darmin  Nasution, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri.

Wartawan Investor Daily Novy Lumanauw melaporkan dari New York, Amerika Serikat, di hadapan sekitar 200 pengusaha AS, Presiden mengatakan dengan Gross Domestic Product (GDP) yang mencapai US$ 1 triliun pada tahun ini, Indonesia tumbuh menjadi kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan mencapai 6,3% pada semester pertama 2012.

"Ekonomi Indonesia telah teruji. Ketika  dunia dilanda krisis, ekonomi Indonesia tumbuh signifikan dan terjaga," ujar Presiden Yudhoyono.

Di sisi lain, lanjutnya, core inflation tetap terkelola dengan baik yaitu pada 4,28% dan sistem perbankan tetap stabil.

"Indonesia adalah negara yang unik. Demokrasinya pun gaduh (noisy)," kata Presiden.

 Undang investor

Pada kesempatan itu, Presiden secara khusus mengundang pengusaha Amerika  Serikat untuk berpartisipasi aktif dalam proyek pembangunan yang kini  digencarkan pemerintah.

Ia mengatakan, melalui program Masterplan  Percepatan Peningkatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)  menawarkan berbagai proyek yang tersebar di enam koridor ekonomi.

"Saya mengajak Anda sekalian berinvestasi di Indonesia. Kami menyediakan berbagai proyek pembangunan dan investasi," katanya.

Presiden mengaku, sebagai negara yang berhasil lolos dari badai krisis pada tahun 2008-2009, Indonesia bertekad menjadi surga bagi investor dan  menjadikannya sebagai top 10 ekonomi dunia.

"Memang masih banyak kendala. Minimnya infrastruktur dan korupsi menjadi faktor penghalang. Tapi, kita terus mereformasi birokrasi. Syukurlah, reformasi birokrasi sudah on track," kata Presiden.

Namun, ia berjanji pemerintah akan menjadikan MP3EI sebagai blueprint yang dapat digunakan investor untuk berusaha di Indonesia.

"Saya mau pastikan, blueprint ini tidak jangka pendek dan partisan," kata Presiden.

Sebelum menghadiri IID, Presiden bertemu 12 pengusaha terkemuka AS untuk  membicarakan tentang langkah-langkah meningkatkan investasi di Indonesia.

Pertemuan yang dikemas dalam bentuk Executive Roundtable Breakfast digelar di Gedung Bursa Efek New York, Amerika Serikat, pada Senin (24/9).

Para pengusaha  yang bertemu Kepala Negara adalah Chairman and CEO of the Coca-Cola Company Muhtar Kent, CEO and Chairman of Celanes Mark C. Rohr, Chairman of the Board, President and  CEO Procter & Gamble Robert A McDonald, President and CEO for Performance Materials and Technology Honeywell Andreas Kramvis dan President, Chairman and CEO the Dow Chemical Company Andrew N Liveris.

Selanjutnya, Chairman, President and Chief Executive Officer ACE Group Evan G  Greenberg,  President Goldman Sachs Inc Gary D Cohn,  Chairman of the  Board and CEO of Cargill Gregory R Page, Executive Vice President of Worldwide Operations Mattel Inc Tomas A Debrowski, Vice Chairman and  Chief Financial Officer General Electric Keith S Sherin, Vice President  International Government Relations The Boeing Company Stanley Roth, dan  Executive Vice President The Hershey Company Bert Alfonso.

0

Patung Bung Karno di Museum Madame Tussauds Bangkok Diresmikan

Sempat terhambat lantaran minimnya data mengenai sang tokoh Proklamator Bangsa Indonesia.

http://www.beritasatu.com/media/images//medium/24092012180928.jpgMegawati Soekarno Putri dengan Patung Bung Karno di Museum Tussauds, Bangkok yang diresmikan Senin (24/9).

Sebagai bagian dari penghormatan yang diberikan oleh Madame Tussauds, dengan dukungan dari Tourism Authority of Thailand, maka Madame Tussauds di Bangkok menempatkan patung sang Proklamator Republik Indonesia itu pada tempat yang terhormat di Museum Madame Tussauds, sehingga dapat dilihat secara langsung oleh pengunjung.

"Patung Bung Karno diresmikan hari ini, Senin (24/9) pukul 14.00 waktu setempat," jelas Hasto  Kristiyanto, Wakil Sekretaris Jendral DPP PDIP dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com sore ini.

Selain Hasto, hadir pula dalam peresmian tersebut Megawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, Puti Guntur Seokarno, Rini Sumarno. H Moch. Rizki Pratama, HM Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Penghormatan tersebut dilakukan, karena ketokohan Bung Karno yang tidak hanya menjadi Proklamator Bangsa Indonesia atau sebagai salah satu founding fathers Indonesia.

Kepemimpinan Bung Karno dalam membangun suatu tatanan dunia baru yang lebih damai dan berkeadilan, juga merupakan salah satu alasan penghormatan tersebut. "Selain itu beliau juga dinilai ikut menentukan sejarah politik internasional lantaran kepeloporan Bung Karno melalui Gerakan Non Blok," imbuh Hasto.

http://www.poskotanews.com/cms/wp-content/uploads/2012/09/Soekarno_Madame_Tussuads_Bangkok-02-300x229.jpgSederet kiprah dan perjuangan besarnya inilah, lanjut dia, yang menjadi alasan mengapa Bung Karno dinilai tidak hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia, tetapi juga menjadi milik dunia.

Proses pembuatan patungnya itu sendiri, kata Hasto, dilakukan melalui penelitian yang sangat mendalam, baik berdasarkan data-data yang dikumpulkan pada saat Bung Karno di Uni Soviet, di Amerika Serikat, maupun saat kunjungan ke PBB.

Di luar itu, sumber informasi yang diberikan keluarga besar Soekarno sangat membantu proses pembuatan patung lilin Bung Karno.

"Awalnya proses pembuatan patung terkendala oleh minimnya data-data mengenai Bung Karno. Hal ini mungkin berkaitan dengan dampak dari de-Soekarnoisasi yang dilakukan oleh Orde Baru," jelas Hasto.

Namun berkat penelitian yang mendalam, akhirnya dapat diketahui data-data fisik Bung Karno, hingga warna kulit dan gambaran detail lainnya.

Secara khusus, Hasto menambahkan, profil yang dipakai untuk patung tersebut adalah profil Bung Karno saat kunjungan ke Amerika Serikat, dimana beliau menyampaikan pidatonya yang sangat terkenal yaitu To Build the World a New, pada 30 September 1960.

Kesulitan terjadi pada saat pembuatan Tongkat Komando yang selalu menjadi bagian dari tampilan Bung Karno dalam acara-acara resmi. "Hal ini juga terkait dengan keterbatasan data, tapi  akhirnya bisa diatasi setelah HM Prananda Prabowo mengupayakan pembuatan replika Tongkat Komando tersebut," imbuhnya merinci.

Tongkat komando yang dibuat dari “kayu rampung”, lanjut Hasto, merupakan jenis kayu langka dan bertuah. Secara filosofis kayu yang memiliki nilai sakral dalam kebudayaan Jawa tersebut, bagian dalamnya diisi (disujen) dengan “Kayu Wunglen” yang menggambarkan besarnya energi pengabdian tanpa akhir, yang telah didedikasikan oleh Bung Karno. Sedangkan dari elemen logam terbuat dari perak dan emas.

"Tongkat tersebut dilengkapi lima ring cincin emas yang melambangkan Pancasila, dan bagian pokok tongkat tertuang dengan gagahnya Lambang Garuda Pancasila," tambahnya.

Sedangkan peci yang menjadi ciri khas Bung Karno, kata Hasto, secara khusus dipesankan oleh Putri Guntur Soekarno di Bandung, di  penjahit khusus yang berdasarkan kesejarahan yang ada, menjadi tempat pemesanan peci yang biasa dipakai Bung Karno.

Untuk pakaian Bung Karno didesain dengan seksama oleh Samuel Wattimena. Desain pakaiannya itu sendiri dilakukan dengan sangat hati-hati untuk menampilkan sosok Bung Karno sebagai tokoh besar yang telah ikut mengubah sejarah politik dunia.

0

BUMN Patungan Bangun Rumah Sakit Buruh

 4 BUMN Patungan Bangun Rumah Sakit Buruh

Nilai investasi pembangunan rumah sakit yang dibangun di lahan milik KBN seluas 2,1 ha ini diproyeksikan berkisar Rp 200 miliar 

Ilustrasi kegiatan di rumah sakit.
Ilustrasi Rumah Sakit
Empat perusahaan negara PT Jamsostek, PT Askes, PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) dan PT Pelni menjalin kerja sama membangun Rumah Sakit Pekerja dan masyarakat di Cakung, KBN .

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, hari ini.

Direktur Utama Jamsostek Elvyn G Masassya mengatakan, nilai investasi pembangunan rumah sakit yang dibangun di lahan milik KBN seluas 2,1 ha ini diproyeksikan berkisar Rp 200 miliar.


"Studi kelayakan pembangunan RS Pekerja ini akan rampung sebelum akhir 2012, sehingga diharapkan rumah sakit tersebut bisa beroperasi pada akhir 2013," kata Elvyn.


Studi kelayakan termasuk untuk menentukan tarif pengobatan yang akan dikenakan kepada para pekerja dan masyarakat di sekitar rumah sakit tersebut.


"Yang pasti tarifnya jauh lebih murah dibanding rumah sakit yang ada," ujarnya.


Ia menjelaskan, pendanaan investasi akan diperoleh dari tiga pihak yaitu Jamsostek, KBN dan Askes. Sedangkan PT Pelni ditugasi sebagai pengelola rumah sakit. "Porsi pendanaan akan disesuaikan dengan hasil akhir studi kelayakan," ujarnya.


Sementara itu, Dirut KBN Raharjo Aryosiswoyo mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Pekerja ini sudah dirancang sejak 2010 sejak Menteri BUMN Dahlan Iskan mengunjungi langsung lokasi KBN.


"Saat ini KBN memiliki pekerja setidaknya 80.000 orang. Dengan jumlah tersebut sudah sangat layak untuk didirikan sebuah rumah sakit yang tarifnya dapat terjangkau namun berkualitas," kata Raharjo.


Menurutnya, dengan pembangunan rumah sakit tersebut diharapkan para pekerja tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapat akses rumah sakit, sehingga juga dapat meningkatkan produktivitas pekerja.


Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan pembangunan RS Pekerja merupakan arahan langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


"Peletakan tiang pancang pertama (groung breaking) pembangunan segera dilakukan oleh Presiden. Kita tinggal menunggu waktu Presiden untuk meresmikan pembangunan RS Pekerja tersebut," kata Dahlan.


Menurut Dahlan, ide pembangunan RS Pekerja tersebut datang dari Kepala Negara yang merupakan seorang tentara. "Presiden ketika dalam suatu kunjungan kerja ke Batam, meminta saya untuk segera merealisasikan adanya rumah sakit untuk para buruh," ujarnya.


Dahlan menambahkan, dengan sinergi empat BUMN ini (Jamsostek, Askes, KBN, dan Pelni) diharapkan Rumah Sakit Pekerja di kawasan industri lainnya dapat direalisasikan.


"Ini salah satu langkah pemerintah untuk dapat meningkatkan kapasitas suatu kawasan industri menjadi kawasan bertaraf internasional," ujarnya.

 Dahlan Iskan Bahagia BUMN Bangun Rumah Sakit

Dahlan mengatakan hal itu usai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembangunan RS Pekerja 

Menteri BUMN Dahlan Iskan saat bertandang ke kantor redaksi Beritasatu Media Holding, di Gatot Subroto, Jakarta Selatan, hari ini. FOTO: Jakarta Globe
Dahlan Iskan
Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku senang karena pembangunan Rumah Sakit Pekerja segera terwujud pada akhir tahun 2013.

"Saya tidak menyangka empat BUMN yaitu PT Jamsostek, PT Kawasan Berikat Nusantara, PT Askes, dan PT Pelni langsung menindaklanjuti arahan saya untuk mendirikan rumah sakit untuk para buruh di Cakung, Jakarta Utara," kata Dahlan, hari ini.


Dahlan mengatakan hal itu usai menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembangunan RS Pekerja, di Kantor Kementerian BUMN.


Menurut Dahlan, ide pembangunan RS Pekerja sesungguhnya datang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menginginkan adanya rumah sakit khusus bagi para buruh terutama di suatu kawasan industri.


"Presiden dalam satu kunjungan ke kawasan industri di Batam, meminta saya untuk segera mewujudkan pembangunan RS Pekerja. Arahan itu saya sampaikan kepada BUMN ini, dan ternyata segera dapat diwujudkan," ujarnya.


Dahlan menuturkan, saat ini masa persiapan pembangungan sudah dilakukan dengan terlebih dahulu menyelesaikan studi kelayakan.


"Investasi diperkirakan mencapai Rp 200 miliar, yang akan dipenuhi tiga pihak yaitu Jamsostek, Askes dan KBN. Sedangkan Pelni akan menjadi pengelola rumah sakitnya," kata Dahlan.


Direncanakan RS Pekerja tersebut akan dibangun enam lantai di lahan seluas 2,1 ha milik KBN. Saat ini diketahui terdapat sebanyak 80.000 buruh yang bekerja di KBN.


Menurut Dahlan, pembangunan Rumah Sakit Pekerja tersebut akan menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk menyediakan fasilitas kesehatan bagi para buruh.


"Pembangunan RS Pekerja merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada buruh, sekaligus dapat mendorong suatu kawasan industri menjadi bertaraf internasional," ujarnya.


Pada kesempatan itu mantan Direktur Utama PLN ini juga menuturkan, sambil menunggu pembangunan RS Pekerja di kawasan lainnya, Jamsostek dengan kemampuan pendanaannya juga akan membangun poliklinik plus di sekitar 200 titik yang merupakan konsentrasi para buruh.


"Untuk tahap awal 200 titik poliklinik plus tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan kesehatan para buruh tidak saja di KBN, tetapi di sentra-sentra industri lainnya," ujarnya.

0

Industri otomotif


 Industri Otomotif Maju Pesat, Pemerintah belum Siap

http://www.beritasatu.com/media/images//medium/21092012130047.jpgWakil Presiden Boediono (dua dari kanan) didampingi oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat (dua dari kiri) Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) sekaligus Ketua Panitia Pelaksana IIMS Johnny Darmawan (kanan), mendapat penjelasan dari Direktur Pemasaran TAM joko Trisanyoto (kiri) mengenai mobil Agya, di stand Toyota gelaran IIMS 2012, Jakarta. [FOTO: David Gitaroza/ INVESTOR DAILY]

Kontribusi industri mobil terhadap perekonomian Indonesia sangat besar.  Namun di sisi lain, industri ini juga menyumbang kemacetan dan kerusakan lingkungan.

Pemerintah, sebagai regulator, juga tampaknya tidak siap mengantisipasi pertumbuhan otomotif.

Pasar otomotif di Indonesia berkembang pesat dalam periode tiga tahun terakhir namun pertumbuhan jalan baru di Indonesia kalah jauh.

Panjang jalan tol di Indonesia diperkirakan hanya sekitar 700  kilometer sejak pertama kali dibangun tahun 1983, dan hanya tumbuh sekitar 75 kilometer sejak tahun 2006. Itupun semuanya terpusat di Pulau Jawa.

Kecepatan rata-rata di Jakarta, menurut penelitian pemerintah yang dilakukan tahun 2010, hanya mencapai 8,3 kilometer per jam. Sekarang angka ini mungkin lebih rendah mengingat pertumbuhan angka penjualan mobil yang eksponensial.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur Toyota Astra Motor dan salah satu ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengatakan bahwa pelaku usaha otomotif menyadari bahwa pertumbuhan penjualan mobil harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur dan kesadaran lingkungan.

"Kami mengajak semua pihak untuk lebih menyadari pentingnya menjaga lingkungan, salah satunya adalah lewat pengembangan kendaraan yang efisisen bahan bakar dan ramah lingkungan. Kami menyadari teknologi hijau telah menjadi keharusan bagi industry otomotif," ujarnya dalam pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta, Jumat (21/9).

Oleh karena itu, Gaikindo memilih tema Eco-Mobility, yang artinya mobilitas ramah lingkungan, dalam pagelaran Indonesia International Motor Show ke-20.

"Tumbuhnya industri otomotif perlu kita syukuri bersama, mengingat saat ini otomotif menjadi salah satu sektor penyumbang pajak terbesar," ujarnya.

Dia mengatakan industri otomotif dalam lima tahun terakhir tumbuh lebih besar dari pertumbuhan ekonomi dan industri manufaktur. Pada tahun 2010, industri otomotif yang tergolong dalam industry alat angkut, mesin, dan peralatan tumbuh 10,1% sehingga sektor ini memberikan kontribusi sebesar 6,5% dari produk domestik bruto (GDP).

Dalam aspek pajak dan penerimaan negara lainnya, industri otomotif pada tahun 2010 mengkontribusikan Rp80 triliun. Jumlah ini bisa lebih besar lagi jika memasukkan kontribusi industri pendukung seperti komponen, leasing, dan pembiayaan.

Pada tahun 2011, angka penjualan mobil mencapai 894 ribu unit, naik 17%dari tahun sebelumnya. Tahun ini, diperkirakan angka tersebut dapat tumbuh menjadi 1 juta unit.

Sedangkan untuk tujuh bulan pertama tahun ini, tampaknya kebijakan pengetatan uang muka tampaknya tidak terlalu berpengaruh. Angka penjualan naik 26% menjadi 630 ribu unit dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Dengan populasi yang besar dan daya beli masyarakat di atas US$ 4.000, kami percaya Indonesia akan menjadi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi," ujar Johnny.

 Ekspansi

Daya tarik pasar ini yang kemudian membuat pabrikan mobil melakukan ekspansi besar-besaran di Indonesia. Daihatsu pada bulan Oktober akan meresmikan pabrik barunya. Tata Motors juga baru saja membuka cabang di Indonesia. Peugeot, Mazda, dan General Motors juga tidak mau kalah. Mereka juga sudah memulai kembali penjualan model-model baru di Indonesia setelah sekian lama vakum.

"Penetrasi pasar otomotif di Indonesia masih rendah. Perbandingannya 40:1.000 (40 mobil banding 1.000 penduduk), kalah dibandingkan Thailand dengan 140:1.000, dan Malaysia dengan 300:1.000,” ujar Presiden Direktur Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta.

Seiring dengan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan kebijakan pemerintah untuk menghemat konsumsi BBM bersubsidi, para pemegang merek kini lebih percaya diri dalam memperkenalkan produk-produk mobil ramah lingkungan.

Astra memperkenalkan Astra Daihatsu Alya dan Astra Toyota Agya, keduanya diklaim sebagai mobil murah dan ramah lingkungan karena konsumsi bensinnya yang irit, 1 liter:30 km. Tata memperkenalkan Tata Nano berbahan bakar Compressed Natural Gas.

"Sebelum kami memasarkan Tata Nano CNG, kami harus memastikan ketersediaan infrastruktur seperti stasiun pengisian bahan bakar gas," ujar Biswadev.

Berdasarkan data PT Autogas Indonesia, distributor converter kit, jumlah SPBG di Indonesia masih sedikit, bahkan terpusat di Jakarta.

Padahal, di Jakarta hanya ada 10 stasiun pengisian Bahan Bakar Gas, dan 11 stasiun Pertamina ViGas yang sudah beroperasi. Lalu ada tiga stasiun ViGas yang akan beroperasi dan tujuh stasiun yang sedang dalam proses pembangunan oleh swasta.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengakui pertumbuhan infrastruktur di Indonesia tidak bisa mengimbangi pertumbuhan mobil sehingga kerap terjadi kemacetan di kota-kota besar dan di pelabuhan.

"Soal kemacetan, produksi tidak mungkin dihentikan. Kami bisa bantu pemerintah membangun infrastruktur. Penjualan juga jangan terkonsentrasi di Jabodetabek. Saya optimistis kita bisa mengatasi ini tanpa harus mengorbankan produksi,” ujar Hidayat beberapa waktu lalu.

Satu hal terkait infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dalam RAPBN 2013 menganggarkan Rp 7,94 triliun untuk membangun 840 kilometer jalan baru, jalan perbatasan, dan jalan terpencil. Anggaran tersebut hanya 10% dari penerimaan pajak dari industri otomotif pada tahun 2010.

Akan tetapi rencana ini belum cukup untuk memenuhi kebutuhan jalan, karena untuk memenuhi target penambahan jalan tol saja, pemerintah harus membangun 3.000 km.

Selain membangun jalan baru dan jalan tol, pemerintah juga berencana memberikan insentif pajak bagi mobil murah ramah lingkungan, sebagai bagian dari target pemerintah mengurangi emisi karbon sebesar 20% hingga tahun 2020. Pemerintah juga saat ini sedang melakukan tender untuk pemasangan 14.000 converter kit di angkutan umum.

 Pemerintah Dorong Harga Mobil Hybrid Terjangkau

SBY menyaksikan Mobil Hybrid
SBY menyaksikan Mobil Hybrid
Wakil Presiden (Wapres) Boediono mendorong pengembangan dan produksi mobil berteknologi hybrid dengan harga terjangkau di Indonesia.

Bersamaan dengan program pengembangan mobil berteknologi hijau yang dicanangkan pemerintah. Yakni, dengan emisi karbon yang rendah (low emission carbon/LEC).

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah sedang merancang kebijakan yang akan memayungi program tersebut.

Budiono menambahkan, aspek yang dikembangkan untuk industri otomotif di Indonesia adalah efisiensi konsumsi energi untuk menekan biaya.

Saat ini, dia menambahkan, pemerintah melalui Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat bersama pelaku industri otomotif sedang melakukan pembahasan. Budiono mengungkapkan, telah tercapainya titik temu antara kedua pihak sehingga diharapkan bisa mempercepat realisasi.

Dia menambahkan, yang pertama akan didorong pemerintah adalah pemanfaatan gas di berbagai sektor. Yakni, mulai dari sektor tenaga listrik (power plant), industri otomotif, termasuk otomotif. Untuk konsumsi rumah tangga yang saat ini menggunakan LPG, ujar dia, dirancang untuk pemanfaatan gas kota.

Teknologi lain, lanjut dia, mobil listrik yang akan dikembangkan untuk jangka panjang. Dia mengharapkan, pengembangan teknologi hybrid, gas, dan listrik bisa dilakukan secara bersamaan.

"Selain itu, kita harapkan mobil hybrid bisa dikembangkan di sini. Untuk itu sedang memikirkan dukungan apa yang bisa diberikan. Saat ini, sedang digarap dengan serius. Mudah-mudahan bukan suatu policy yang on-off. Kita tahu manfaatnya," kata Boediono saat membuka resmi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta, Jumat (21/9).

Dukungan ini, menurut Wapres diarahkan pada mobil hybrid, tapi bukan yang mewah. Melainkan, yang efisien, yang cc-nya terjangkau.

Industri mobil di Tanah Air, dia menambahkan, didorong untuk memproduksi mobil-mobil baru yang mengarah pada pemanfaatan gas. Yakni, di sektor transportasi maupun manufakturnya. Upaya itu, lanjut dia, sudah didorong sejak dalam dua tahun terakhir.

Sementara itu, Menperin MS Hidayat mengatakan, mobil listrik, pemanfaatan konversi gas, dan hybrid merupakan satu di dalam program LEC. Saat ini, pemerintah sedang berupaya memfinalisasi peraturan yang akan menjadi payung hukum atas program tersebut. Mencakup aturan teknis hingga insentif yang akan diberikan.

Dia menambahkan, insentif pajak dan insnetif lain sedang dirancang. Dengan demikian, setelah bisa diproduksi di Indonesia, range harga hybrid yang lebih tinggi bisa ditekan.

"Nanti biar Menkeu yang bilang kapan terbit aturannya. Yang jelas, semua merek berkomitmen ikut. Baik itu prinsipal Jepang, Korea, dan Eropa. Yang belum ngomong itu prinsipal India," kata Hidayat.

Adapun, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman MR mengatakan, pihaknya masih menunggu kejelasan konsep mobil hybrid yang diharapkan pemerintah.

"Meski regulasinya belum jelas, aturan untuk yang LCGC (low cost green car) kan sudah jelas konsepnya. Mau yang seperti apa, cc-nya, insentif, dan upaya lokalisasinya. Kalau hybrid belum dibahas. Yang jelas, semua mengarah ke teknologi ramah lingkungan," paparnya.

Sedangkan, regulasi untuk yang gas, pihak produsen otomotif memang meminta jaminan pasokannya.

"Jangan seperti kejadian sekarang di pabrik kami (Daihatsu) di Sunter. Kami rancang untuk gas dua line. Tapi, karena hanya cukup untuk pasokan satu line dan agar tidak kena penalty, kami hanya pake satu line. Sedangkan, yang satunya, diupgrade agar bisa memakai BBM. Jadi, pasokannya dulu," kata Sudirman.

 Insentif fiskal

Menanggapi hal itu, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan insentif tersebut akan berbentuk keringanan dalam pembayaran pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Namun Menkeu enggan mengungkapkan secara pasti besaran  keringanan tersebut, apakah dihapuskan atau hanya dikurangi besarannya.

"Insentifnya berupa PPnBM. (besarannya) belum bisa disampaikan," ujar Menkeu saat ditemui di kantornya, Jumat (21/9).

Menkeu menuturkan pihaknya harus berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan insentif LCGC karena secara fisik tidak terlihat. Insentif ini, menurutnya akan diberikan apabila kendaraan tersebut bisa memiliki jarak tempuh lebih jauh untuk setiap liter bahan bakar minyak (BBM) yang dikonsumsi jika dibandingkan kendaraan sejenis dengan mesin konvensional.

Selain itu, lanjutnya, kriteria mobil yang akan mendapat insentif fiskal  LCGC adalah yang memiliki kandungan lokal di atas 80%-85%. Persyaratan tersebut dinilai sepadan dengan imbangan fiskal yang dilepas negara.

Lebih lanjut Menkeu menjelaskan pemberian insentif fiskal bukanlah perkara mudah dalam situasi perlambatan ekonomi dunia pada saat ini. Hal ini mengingat dampak pelemahan ekonomi global mulai terasa pada sektor  perpajakan yang mulai menurun.

"Karena kita mengumpulkan uang dari pajak, kepabeanan, pendapatan negara  bukan pajak (PNBP) kan sulit. Kita harus gunakan juga dengan bijak. Jadi kalau kita mau melepas insentif, harus diyakini mendapat manfaat yang baik untuk masyarakat," pungkasnya.

http://www.beritasatu.com/media/images/headline/73548_24092012104702.jpg

 Mobil Murah Astra, Jadi Primadona Tanpa Kepastian

Pengunjung memperhatikan mobil Toyota Agya produksi Astra International di Indonesia International Motor Show 2012. FOTO: AFP PHOTO / Bay ISMOYO
Pengunjung memperhatikan mobil Toyota Agya produksi Astra International di Indonesia International Motor Show 2012. (FOTO: AFP PHOTO / Bay ISMOYO)

Pameran otomotif terakbar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-20, belum rampung digelar tetapi telah jelas terlihat dua mobil murah yang ditawarkan Astra dalam kolaborasi dengan Toyota dan Daihatsu menjadi rebutan para pengunjung.

Dari pantauan Beritasatu.com di Jakarta International Expo, tempat penyelenggaraan IIMS, pada Sabtu akhir pekan kemarin tampak ratusan orang bergantian mengerubuti, menyentuh, dan mencoba kenyamanan interior Agya dan Ayla, dua mobil yang digadang-gadang akan menjadi kompak paling murah Tanah Air.

Hampir sukar bagi wartawan mengambil foto dua mobil itu sendirian, tanpa pengunjung yang sedang membuka pintunya, meraba-raba kulit joknya, mengamati mesin, hingga logonya yang memang bukan logo Daihatsu atau Toyota.

Yanto, 38, seorang pengunjung dari Tangerang, Banten misalnya mengaku penasaran dengan Ayla, mobil yang harganya diperkirakan akan berkisar dari Rp 75 hingga Rp 105 juta itu.

"Ini sudah ada di dealer?" tanyanya kepada salah seorang pramuniaga yang bertugas di booth Daihatsu, sambil mengetuk-ngetuk bodi mobil itu, seakan tidak percaya.

Situasi di booth Toyota, yang memajangkan Agya, juga tidak berbeda. Tidak hanya mengamati, sejumlah pengunjung yang penasaran juga menaiki mobil itu, mencoba kenyamanannya.

"Bisa sampai lima orang loh," seloroh Nisa, perempuan ibu muda dari Rawamangun, Jakarta Timur, ketika sedang mencoba duduk di kursi belakang mobil itu. Dia datang bersama suami dan bayi mereka.

Sebagian besar pengunjung juga berusaha meminta meminta lembaran keterangan harga dan spek mobil itu dari para pramuniaga. Tetapi mereka mendapat jawaban yang sama dengan ribuan pengunjung lainnya: mobil itu belum tersedia di dealer dan belum punya harga yang pasti.

"Masih tentatif," kata Toto, staf pramuniaga Ayla yang akhir pekan kemarin bertugas menyambut para pengunjung pameran di booth Daihatsu.

Menurut lelaki yang sehari-hari bekerja di dealer Astra Harmony, Jakarta Pusat itu, mobil dengan mesin berkapasitas 1,0 L itu, baru akan tersedia pada awal tahun depan.

"Kalau peraturan pemerintahnya sudah keluar," tutur lelaki bersetelan jas abu-abu itu.

Yang dimaksud Toto tentu peraturan pemerintah tentang insentif pajak, termasuk di dalamnya pembebasan pajak pertambahan nilai atas barang mewah (PPnBM), untuk mobil seperti Ayla dan Agya yang diklaim termasuk dalam kategori mobil "low cost and green car" - program pemerintah untuk mobil murah dan ramah lingkungan.

Tetapi meski belum jelas Astra sudah berani menjual mobil itu di IIMS yang akan berlangsung hingga 30 September mendatang itu. Tidak hanya itu, sudah lebih dari seratus Ayla yang laris meski pameran baru berjalan dua hari.

"Mulut sampai pegal menjelaskan," ketus Toto, "Capai juga bikin SPK (surat pemesanan kendaraan)."

Staf humas Daihatsu, Guntur Kusuma Ardhy, yang dikonfimasi Beritasatu.com juga mengakui ramainya pesanan yang masuk meski menolak memberikan angka yang pasti.

"Saya belum bisa ngomong untuk SPK. Tetapi sekitar itu memang," tulisnya dalam pesan singkat.

Betapa para pengunjung tidak berebut memesan mobil-mobil itu, untuk mendapatkannya mereka hanya perlu menyetor uang 'tanda jadi' sebesar Rp1 juta untuk Ayla dan Rp5 juta untuk Agya.

"Jika nanti peraturannya tidak keluar dan harga berubah kita akan kembalikan uang 100%," kata Jimmy S, salah satu pramuniaga di booth Daihatsu, sebelum menyodorkan kartu nama dan pergi untuk melayani pelanggan lain.

Harga yang berubah dan pengembalian uang "tanda jadi", seperti yang dijelaskan Jimmy, tentu adalah skenario lain jika peraturan pemerintah tentang insetif pajak itu tidak kunjung dikeluarkan.

Tetapi Menteri Perindustrian, MS Hidayat, yang ditemui seusai membuka IIMS bersama Wakil Presiden Boediono, Jumat (21/9), mengaku optimistis peraturan itu akan keluar, meski tetap menyerahkan sepenuhnya pada Kementerian Keuangan.

"Tolong Anda menemui Menkeu Agus Martowardojo," ketika ditanyai wartawan tentang kejelasan regulasi itu.

"Kemarin di rapat Kabinet khusus mengenai green car sudah saya laporkan. Berilah kesempatan kepada Menkeu untuk memproses sesuai dg prosedur birokrasinya," tukas Hidayat.