0

Airbus Military : PTDI Kompeten, Kerjasama Bersifat Jangka Panjang

Madrid - Kolaborasi Airbus Military (AM), sebelumnya CASA, dengan PTDI telah melahirkan produk NC- 295, sebuah pesawat angkut militer taktis bermesin turboprop ganda.

Hal itu disampaikan Wamenhan RI Sjafrie Sjamsoeddin kepada detikcom melalui kontak Atase Pertahanan RI di Madrid, Kol. Caj. Erry Herman, Jumat (16/9/2011).

Dalam peninjauan ke Airbus Military yang terletak di Sevilla, Wamenhan didampingi oleh Wakasad Letjen TNI Budiman, Dirjen Strahan Mayjen TNI Puguh Santoso, Kabaranahan Mayjen TNI Ediwan P, Asrena Kasau Marsda TNI Rodi Suprasodjo, Athan Kol. Caj. Erry Herman, Dirut PTDI Budi Santoso, Direktur Restrukturisasi PT PPA Saiful Haq, Kol. Tek Sujatmiko dan May. Laut (KH) Isam Adi.

Seusai pertemuan dengan manajemen AM, Wamenhan menjelaskan bahwa kerjasama AM dengan PTDI sekurangnya memberi empat manfaat bagi kepentingan nasional.

"Pertama, tambahan penyerapan tenaga kerja 2000 orang. Kedua, prosentase kandungan lokal PTDI mencapai 40%-60%. Ketiga, peningkatan kemampuan produksi. Keempat, PTDI menjadi capture market di Asia Tenggara," papar Wamenhan.

Menurut Wamenhan, contoh produk AM yang dipasarkan ke Amerika dan Nigeria sudah menggunakan komponen PTDI, rinciannya CN-212 100%, CN-235 40-60% dan NC-295 40%- 60%.

"Perlu saya tegaskan di sini sesuai pembicaraan saya dengan AM bahwa PTDI bukan sebagai subkontraktor tetapi menjadi mitra sejajar. AM menganggap kerjasama dengan PTDI sebagai win- win solution," tandas Wamenhan.

Lanjut Wamenhan, pihak AM dalam hal ini Senior Vice President Asia Pasific Ignacio Alonso juga telah meyakinkan ke pemerintah RI bahwa PTDI mempunyai kemampuan untuk berkolaborasi dengan AM.

Versi militer 295 adalah pengembangan lebih lanjut dari pesawat angkut sipil Spanyol-Indonesia, yang dinilai sukses secara komersial di pasar internasional dari seri CN-235.

Patut dicatat, bahwa pesanan pertama seri 295 versi militer ini datang dari Angkatan Bersenjata Spanyol, yang menunjukkan keberpihakan mereka pada teknologi nasional.

C-295 dikembangkan dalam versi pengangkut militer dengan kapasitas 73 pasukan, 48 pasukan para, 27 brankar, 5 palet ukuran 2,24 x 2,74 meter atau 3 truk militer. Kemudian versi patroli kelautan/anti kapal selam serta versi peringatan dini udara dan pengendalian dengan kubah radar 360 derajat.

Saat ini C-295 dipakai oleh Angkatan Udara di 13 negara, yakni Finlandia, Ceko, Portugal, Spanyol, Polandia, Brazil, Aljazair, Chili, Kolombia, Mesir, Ghana, Yordania, dan Meksiko, dengan total jumlah ada 75 pesawat dan kontrak produksi per 4/8/2011 sebanyak 85 pesawat.
(es/es)


detiknews
0

Mencintai Cincin Api, Mencintai Indonesia


KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT
Produser Mira Lesmana (kiri), sutradara Riri Riza (tengah), ditemani wartawan Kompas Wisnu Nugroho, nonton bareng film dokumenter Ekspedisi Cincin Api di Gunung Tambora di acara peluncuran Ekspedisi Cincin Api Kompas di Blitz Atrium Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Jumat (16/9/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com Ekspedisi Cincin Api yang dilakukan harian Kompas, Kompas.com, dan Kompas di Layar Kaca resmi diluncurkan di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (16/9/2011). Pemimpin Redaksi Harian Kompas Rikard Bagun membukanya secara resmi sebelum pemutaran film dokumenter Ekspedisi Cincin Api.

"Selain memberi panas dan dahsyatnya bencana, cincin api yang melingkari Indonesia memberi berkah dan kesuburan," ujar Rikard.

Ekspedisi Cincin Api adalah ekspedisi ke-12 harian Kompas, dan pertama kali diselenggarakan dengan peliputan cross media oleh wartawan harian Kompas, Kompas.com, dan Kompas di Layar Kaca.

Ekspedisi yang dilakukan bersama sejumlah tim ahli di bidang masing-masing ini akan berlangsung selama setahun. Ekspedisi Cincin Api merupakan salah satu upaya Kompas menggali kekayaan Indonesia untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

"Layaknya cincin sebagai simbol cinta, cincin api ini juga simbol cinta kita pada Indonesia. Cincin itu melingkar dan tak terputus, begitu juga kecintaan kita pada Indonesia yang dilingkari cincin api," ujar Rikard.

Ratusan undangan hadir dalam peluncuran dan pemutaran film dokumenter Ekspedisi Cincin Api. Di antara mereka adalah pembuat film Mira Lesmana dan Riri Riza.


KOMPAS
0

XL Rilis Paket Blackberry Rp 49 Ribu per Bulan

VP Marketing Mobile Data service XL, Jeremiah de la Cruz, duta XL Atiqah Hasiholan, dan Direktur Marketing XL, Joy Wahjudi dalam peluncuran program

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL menawarkan promoso Blackberry Internet Services (BIS) paling murah saat ini, yakni Rp 49 ribu per bulan. Paket murah ini merupakan bagian dari program “Xmua 49” yang diluncurkan Sabtu (17/9) di Jakarta.

Langganan BIS Rp 49 ribu per bulan, berlaku untuk tiga bulan pertama. Paket berlaku untuk pelanggan baru dan berlaku mulai 23 September 2011. XL juga menawarkan paket berlangganan Internet Unlimited juga bisa didapatkan pelanggan dengan harga Rp49ribu/30hari. Dengan berlangganan paket ini, pelanggan akan mendapatkan layanan berkecepatan sampai to 512 Kbps.

Direktur Marketing XL, Joy Wahjudi mengatakan, hampir semua kalangan dalam masyarakat Indonesia kini semakin akrab dengan internet. ''Karena itu tidak ada alasan lagi bagi XL untuk tidak mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses layanan internet,'' kata Joy.

Joy optimistik bahwa rogram baru yang dikembangkan XL akan mendapat respon pelanggan. Ia memperkirakan bahwa program-program yang dikembangkan akan memberi kontribusi bagi peningkatan pendapatan di sektor data. ''Tahun lalu pendapatan di sektor data masih sekitar 16-an persen, tahun ini diharapkan naik menjadi 18-20 persen,'' kata Joy.

Ditanya mengenai kemungkinan pelanggan beralih ke operator lain setelah program promosi habis, Joy mengisyaratkan bahwa bakal ada program lanjutan. ''Setelah tiga bulan tak perlu khawatir akan ada program lanjutan,'' katanya. Ia juga menyarakan bakal ada program serupa untuk pelanggan existing.

Bila unruk layanan BIS ada diskon tarif, bagaimana dengan internet? Joy menyatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan peningkatan kecepatan treansfer. ''Kalau saat ini 512 Kpbs, pada saatnya akan naik menjadi 1 Mbps dengan tarif yang sama,'' ujarnya.

Program “Xmua 49” juga menawarkan paket bundling BlackBerry Bold 9900 Smartphone dengan cicilan sangat menarik, yaitu sebesar Rp 490 ribu/bulan selama 12 bulan. Cicilan 12 bulan dengan kartu Kredit BCA, Mandiri, dan BNI.

Paket bundling lainnya adalah paket Iphone4 16GB Black dengan cicilan Rp 490 ribu/bulan selama 12 bulan dan diskon Rp 1 juta. Sudah termasuk dalam paket ini adalah gratis paket internet unlimited selama 12 bulan. Samsung Galaxy SII seharga Rp 4,9 juta sudah termasuk paket internet unlimited selama 3 bulan, serta paket bundling Nokia E7 seharga Rp 4,9 juta yang juga sudah termasuk paket internet unlimited selama 3 bulan. XL juga menawarkan paket modem USB Huawei Rp 49 ribu termasuk XL unlimited selama 3 bulan.


Republika
0

Bakosurtanal Siap Luncurkan Ina GeoPortal


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dalam perkembangannya siap meluncurkan produk barunya yakni situs internet dengan nama Indonesian Geospasial Portal (Ina Geo Portal).

"Ina Geo Portal ini seperti situs pencari Google," jelas kepala Bakosurtanal, Asep Karsidi dalam jumpa pers yang diadakan di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Jumat (16/9/2011).

Asep juga menjelaskan, cara mengakses informasi tentang geospasial sama dengan mengoperasikan situs pencarian Google. "Kita tinggal ketik saja informasi yang dicari. Nanti akan muncul semua data yang dibutuhkan," ujarnya.

Selain Ina GeoPortal, Bakosurtanal juga siap meluncurkan produk-produk lainnya yakni, monitoring komponen INA-TEWS berupa stasiun pasang surut dan GPS, peta Ekorefion, yaitu informasi peta yang menggambarkan sebaran wilayah yang mempunyai kesamaan tektogenesa, morfologi, litologi dan iklim.

Produk baru selanjutnya adalah Peta tacticle, merupakan lembar peta yang menggambarkan permukaan bumi dalam bentuk tiga dimensi khusus untuk tuna netra. Yang terakhir adalah produk baru Atlas Nasional Indonesia Volume 3.


Tribunnews
0

Bakosurtanal Terbitkan Peta Khusus Tuna Netra

Tunannetra mengaji Al-quran braile

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
-
Bagi penyandang tuna netra yang ingin memahami bentuk pulau-pulau di Indonesia jangan khawatir, Bakosurtanal siap luncurkan produk khusus yakni peta berbentuk tiga dimensi yang dilengkapi braille.

"Kami juga akan meluncurkan peta yang dilengkapi braille untuk kebutuhan masyarakat yang memiliki keterbatasan," ujar Kepala Bakosurtanal, Asep karsidi dalam jumpa pers yang diadakan di gedung BPPT, Jakarta Pusat, Jumat (16/9/2011).

Peluncuran peta khusus tuna netra ini didasarkan atas inisiatif Bakosurtanal untuk memenuhi kebutuhan para tuna netra yang terbatas untuk mengetahui gambaran umum pulau-pulau besar di Indonesia.

"Ini memang atas inisiatif kami. Tidak ada rekomendasi dari pihak lain," imbuhnya.

Peluncuran peta khusus tuna netra ini sudah sempat dipublikasikan ke sekolah-sekolah tuna netre seperti di daerah Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Palembang.


Tribunnews

0

Kartu Smartfren Anti Lelet Internet Pasti Ngebut

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Smartfren, penyedia layanan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA terkemuka di Indonesia meluncurkan produk Kartu Smartfren di EX Plaza, Jakarta, Jumat (16/9/2011).

Kartu Smartfren menyempurnakan beragam produk Smartfren yang pernah ada dan menawarkan berbagai keunggulan layanan baru yang inovatif, serta menjadi salah satu manifestasi budaya korporasi yang mengedepankan kesigapan dan kecepatan layanan yang berorientasi kepada peningkatan kinerja usaha, produktif, efektif, dan kepuasan pelanggan.

Produk ini merupakan sinergi bisnis antara Smart Telecom dan SmartFren Telecom. Kartu ini menyediakan akses internet hingga 14,7 Mbps (menggunakan dukungan teknologi CDMA EVDO Rev B) juga gratis akses Facebook dan Twitter.

Pengguna juga bisa menggunakan dua nomor sekaligus yakni nomor lokal dan nomor ponsel CDMA lainnya, sesuai pilihannya dan dikenakan biaya Rp 25.000 yang akan dipotong dari pulsa pelanggan Layanan nomor lokal (FWA) telah tersedia di di 19 kota, yaitu: Jadetabek, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Madiun, Jember, Denpasar, Makassar, Manado, Banjarmasin, Medan, Palembang, Tanjungkarang dan Batam. Masa aktifnya pun cukup lama, 365 hari.

Presiden Direktur Smartfren, Rodolfo Pantoja mengungkapkan bahwa “Kartu Smartfren hadirkan untuk menjawab kebutuhan komunikasi data maupun suara berkualitas tinggi, cepat dan tidak lambat lagi, serta berbiaya hemat. Sebuah solusi untuk meningkatkan kelancaran dalam bersosialisasi maupun mendukung produktivitas konsumen secara optimal, menjadi pilihan terbaik bagi konsumen yang bergaya hidup cerdas sebagaimana slogan Smartfren, LIVE SMART" imbuh Rodolfo.

Mengusung Ikon "I Hate Slow" Kartu Smartfren Anti Lelet, Nelpon Sepuasnya Internetan pasti ngebut dijual dengan harga Rp 5000 dengan bonus pulsa awal Rp 5000. Kartu Smartfren yang dapat digunakan untuk komunikasi suara, SMS, dan internet. Pelanggan dapat memilih paket yang ditawarkan yaitu Paket Connex untuk komunikasi data saja, Paket Harian atau Bulanan untuk komunikasi data dan suara.

Smartfren memiliki pelanggan data sebanyak satu juta pelanggan, dan berharap layanan baru ini bisa meningkatkan jumlah pelanggan hingga mencapai angka dua juta pelanggan. Untuk mendukung layanan akses data tersebut, SmartFren telah memiliki 4000 BTS yang tersebar, dan rencana penambahan 500 BTS hingga akhir tahun 2011. "Kami akui pengguna data cukup banyak, oleh karena itu kami meluncurkan kartu ini, agar tidak ada lagi masalah lelet koneksi," tambah Rodolfo


Tribunnews
0

Andrew Darwis Dirikan Kaskus hanya Bermodal 7 Dolar AS

Andrew Darwis berbagi kisah Kaskus dalam kuliah perdana Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di Gading Serpong, Tangerang (17/09/2011). Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2011/2012 UMN menggelar acara kuliah perdana bertema Creative Technopreuneurship.

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG -
Siapa sangka forum komunitas internet terbesar di Indonesia, Kaskus didirikan hanya bermodal 7 dolar AS. Itulah pengakuan pendiri dan CEO Kaskus, Andrew Darwis.

Kisah bermodal cekak tersebut disampaikan Andrew Darwis pada kuliah perdana mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang digelar Sabtu (17/90/2011) di Kampus UMN, Serpong, Tangerang.

"Kaskus saya buat hanya dengan modal 7 dolar," Ujar Andrew Darwis dengan santai.

Saat itu, pria yang sekarang berumur 33 tahun ini membuat Kaskus untuk tugas kuliah. Andrew menceritakan tugas yang diminta oleh dosennya yakni membuat web yang berisikan biodata pribadi. Namun, Andrew mengaku tidak ada pengalaman menarik untuk menghiasi webnya. Oleh karena itu ia mencoba membuat portal berita.

"Pria cungkring asal Indonesia seperti saya mana ada yang punya pengalaman seperti orang bule yang pernah surfing, hiking dan lainnya," canda Andrew disambut tawa para mahasiswa.

Dalam enam bulan, portal berita yang dibuat Andrew Darwis tidak berhasil sehingga ia mengubah portal berita tersebut menjadi forum komunitas.

Dari waktu ke waktu, forum yang dibuat Andre Darwis ternyata berkembang pesat. Semenjak saat itulah Andre Darwis berkonsentrasi dalam forum komunikasi yang sekarang sukses dengan nama Kaskus.


Tribunnews
0

Dede Jadi "Brand Ambassador" Yahoo! Mail

Dede, pemenang Brand Ambassador Yahoo! Mail mendapatkan sebuah mobil Mazda, Sabtu (18/9/2011).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dede Fajar Kurniawan terpilih menjadi The Coolest Ambassador untuk Yahoo! Mail. Pria yang berprofesi sebagai design graphic ini, unggul dari ribuan peserta kompetisi desain cool reinvented 3D motion sesuai tema Yahoo! Mail. Ia mendapatkan mobil Mazda 2 Sedan terbaru.

Pencarian ambassador Yahoo! Mail ini telah berlangsung selama dua bulan berakhir hari Sabtu (17/9/2011) tadi malam. Sistem pemilihan dan penilaian didasarkan oleh kreativitas dan inspirasi yang dihasilkan oleh peserta.

Disamping itu masih banyak hadiah–hadiah lainnya. Setiap dua minggu, kontes The Cool Yahoo! Mail memberikan Samsung Galaxy Tab. Empat orang pemenang yang beruntung adalah Fajar Bastian, Yuliani Hardani, Fiska Angelina Hasan dan M Anwar S. Terpilih seorang pemilih utama, Eny Febrian Pratama yang memenangkan liburan ke Singapura untuk dua orang dan tiket untuk menonton F1 Grand Prix dan juga konser.

Dede Fajar Kurniawan mengaku kaget saat namanya dinyatakan sebagai pemenang utama. "Saya merasa terhormat menjadi ambassador Yahoo dan akan mendorong para pengguna internet pemula untuk mulai menggunakan email Yahoo! dan mendapatkan pengalaman email terbaik,” ungkapnya.

Dede mengaku telah memakai email Yahoo! sejak tahun 2000 atau sewaktu masih di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sangat yakin bahwa email Yahoo! sangat keren, cepat, dapat diandalkan serta teruji dalam hal keamanan.

Country Manager Yahoo! Indonesia Pontus Sonnerstedt mengatakan, kegembiraannya menyaksikan popularitas dari kontes ini dan bagaimana menarik dan menantangnya kompetisi ini untuk menjadi pemenang Cool Yahoo! Ambassador.

"Hal ini menjadi inspirasi bahwa Yahoo! Mail tidak hanya menjadi penyedia layanan email nomor satu di Indonesia, namun juga layanan email yang paling dekat dengan hati masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Yahoo! saat ini menjadi penyedia layanan email nomor satu di Indonesia (comScore 2011). Email Yahoo! membawa percakapan ke dalam kehidupan dengan pengalaman yang lebih cepat, lebih aman dan komunikasi yang semakin personal.


Tribunnews