0

Indonesia Kaya Situs Manusia Purba, Miskin Riset

Indonesia Kaya Situs Manusia Purba, Miskin Riset  Dua petugas melakukan rekontruksi fosil hewan purba di laboratorium Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah (18/1). Rekonstruksi dilakukan untuk mengembalikan bentuk asli fosil. ANTARA/Hasan Sakri Ghozali

Yogyakarta Kajian paleoantropologi alias riset mengenai manusia purba dianggap oleh Etti Indriati terlalu asing bagi publik Indonesia. Padahal, di Jawa saja, belasan situs manusia purba telah lama ditemukan tersebar di berbagai kawasan, seperti pesisir utara Jawa, sepanjang aliran Bengawan Solo, Mojokerto, Ngawi, Sragen, dan lainnya. “Tapi hanya Sangiran yang terkenal sebab dana untuk museum terserap ke sana saja,” kata pakar antropologi forensik Universitas Gadjah Mada yang telah menyusun 15 buku tentang manusia purba itu di kampus UGM, Selasa, 5 Februari 2013.

Fakta ini, menurut Etti, ironis. Sebab, meski Sangiran berhasil menjadi simbol perawatan situs manusia purba yang monumental, tapi popularitas kajian paleoantropologi tetap rendah. Mayoritas ahli riset mengenai manusia purba di Indonesia masih akademisi asing. “Jangan tanya soal publikasi bahasa Indonesia soal manusia purba. Ahlinya saja kita kekurangan,” Etti mengeluh.

Kenyataan itu mendorongnya mencari alternatif pengenalan kajian paleoantropologi yang lebih menyasar pembaca usia pelajar. Dia sempat menyusun komik mengenai kekayaan situs manusia purba di Sangiran dalam sebuah komik pada 2009. “Pengenalan lewat tulisan pasti membuat pusing, gambar pasti lebih mudah,” kata profesor di Fakultas Kedokteran UGM itu.

Di komik Sangiran, Etti menyusun deskripsi bergambar mengenai koleksi situs Sangiran, mulai dari fosil tulang manusia Homo Erectus, tumbuhan purba, hingga ilustrasi ekosistem di Sangiran, Sragen, pada 200 sampai 300 ribu tahun lalu. Ia melengkapi deskripsi komik 48 halaman itu dengan foto-foto asli sejumlah situs. “Ada yang tak mungkin diilustrasikan dengan gambar, harus foto agar ilmiah,” ujar peminat hobi menggambar sejak muda itu.

Etti menyayangkan baru satu komik manusia purba yang muncul di Indonesia. Komik berjudul Warisan Budaya dan Manusia Purba Indonesia Sangiran yang disusun dalam dua bahasa itu pun bisa terbit karena sengaja diterbitkan untuk menyambut kedatangan Obama, Presiden Amerika, ke Indonesia. “Awalnya sudah sering saya gambar untuk kebutuhan anak saya sendiri.”

Bagi dia, kisah Homo Erectus, Homo Wajakensis, Meganthropus Javanicus, dan manusia purba lainnya unik dan berbeda dari kawasan lain, seperti di Eropa atau Afrika. Dia mencontohkan temuan terbarunya mengenai kepunahan Homo Erectus di Sangiran yang terpublikasikan dalam edisi bahasa Inggris. “Cerita ini menarik jika disusun jadi komik,” kata dia


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgooV1VxZtEsH4vI20hI-r2oQ16VSeAVhaU051orN-_f14Dy4r7Abm-QuaFrw4Y1yHdzPjiTzcgMX9SJi0KfjrQRJwsPhAAscD9wCxqg1CxOhldL5FQjlgoagk76DSQbpmT__OEVvhDSXM/s35/cinta-indonesia.jpg
0

PT DI Lanjutkan Pengembangan Pesawat N250 Besutan BJ Habibie

Jakarta | PT Dirgantara Indonesia (DI) (Pesero) siap melahirkan kembali pesawat N-250 atau 'The New N-250' peninggalan BJ Habibie. Pesawat komersial yang terhenti pengembangannya sejak 1998 ini, dalam waktu enam bulan ke depan akan diputuskan kelanjutan atau masa depan pengembangannya.

Dirut PT DI, Budi Santoso menjelaskan, tahap awal pihaknya akan melakukan riset atau studi pasar mengenai prospek pesawat bermesin turboprop ini di mata industri penerbangan internasional.

"Kita sedang buat studi pasarnya. Apakah mau pakai desain yang lalu atau ada perubahan di N-250," ujar Budi kepada detikFinance, Selasa (5/2/2013).

Menurutnya, paling cepat 6 bulan ke depan hasil studi pesawat yang telah dikembangkan sejak akhir 1980-an ini mucul. Budi menjelaskan, The New N-250 ini siap masuk ke pasar penumpang berkapasitas 70 sampai 80 penumpang yakni di bawah pesawat jet komersial berpenumpang 100 orang dan di atas pesawat bermesin propeler (baling-baling) berpenumpang 50 orang.

"Market yang ada, 70 sampai 80 penumpang, jadi PT DI jangan sampai salah masuk," sebutnya.

Saingan terberat The New N-250 nantinya adalah pesawat pabrikan asal Eropa yakni Bombardier Q-400 dengan kapasitas 80 penumpang.

"Tapi dari desain kita lebih baik dari Bombardier Q-400," cetusnya.(feb/dru)


 ● Detik 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgooV1VxZtEsH4vI20hI-r2oQ16VSeAVhaU051orN-_f14Dy4r7Abm-QuaFrw4Y1yHdzPjiTzcgMX9SJi0KfjrQRJwsPhAAscD9wCxqg1CxOhldL5FQjlgoagk76DSQbpmT__OEVvhDSXM/s35/cinta-indonesia.jpg
0

Artikel Teknologi Terbaru

Menurut Wikipedia:
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Keseluruhan sarana dalam hal ini menyangkut segala hal, baik itu yang bersifat kasat mata maupun yang tidak kasat mata. Persepsi orang sekarang teknologi pasti kasat mata atau bisa di lihat, pada itu adalah persepsi yang salah menurut saya.mengapa saya bilang salah? karena tidak semua teknologi dan hasilnya itu tidak semuanya bisa di lihat oleh mata. Sebagai contoh listrik.

Menurut para ilmuwan dari zaman dulu ataupun sekarang listrik adalah penemuan teknologi yang tidak bisa di lihat oleh mata. adapun yang biasa kita lihat adalah alitan listrik bukan listrik itu sendiri. bayangkan listrik hanya bisa terlihat ketika mengalir. Ini berarti pada saat listrik tidak mengalir dia tidak akan terlihat oleh mata kita.

Teknologi Terbaru dan Macamnya

Telah kita ketahui bahwa seiring perkembangan zaman penemuan akan teknologi terbaru akan selalu bermunculan. Hal ini terjadi karena rasa keingintahuan manusia yang tinggi akan alam yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita semua.

Berbicara mengenai macam teknologi berarti kita membicara tentang segala hal. intinya semua yang anda lihta adalah hasil teknologi. mengapa bisa begitu? coba anda lihat sekeliling dan telaah ulang definisi tentang teknologi di atas. ketika kita membuka mata kita melihat batu misalnya. batu adalah hasil teknologi alam yang terjadi karena peristiwa alam dan itu pun di perlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan kehidupan manusia.

Orang mengira teknologi itu menyangkut tentang informasi dan peralatan yang bernilai tinggi dan bersifat sangat modern. pendapat itu menurut saya tidak benar sama sekali. cobalah berpikir lebih luas maka anda akan mengerti tentang teknologi yang sebenarnya.

karena blog http://teknologiterbaru4u.blogspot.com akan memberikan anda artikel2 yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. Baik itu dari hal yang tidak kasat mata maupun yang kasat mata. kami akan menghadirkan informasi uptodate tentang teknologi terbaru untuk anda.
0

WIKA Kebanjiran Proyek di 2013

 Wijaya Karya termasuk emiten konstruksi yang sukses melakukan diversifikasi usaha. 


Jakarta Diantara perusahaan infrastuktur dan konstruksi, nama PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sangat diperhitungkan. Didirikan untuk menggeluti bisnis konstruksi di bidang energi, kini WIKA mulai merambah berbagai sektor usaha, seperti energi kelistrikan, jalan tol, pelabuhan, dan pengairan.

Jembatan Surabaya Madura (Suramadu) yang membentang sepanjang 5,4 kilometer (km) dari Surabaya ke Pulau Madura, adalah salah satu contoh proyek besar yang dikerjakan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).

Sejumlah proyek jalan dikerjakan WIKA seperti jalan layang Pasupati Bandung, dan jalan layang Cikubang Tol Cipularang dengan pilar tertinggi di Indonesia. Tak cuma jago kandang, BUMN konstruksi ini juga membangun sejumlah proyek di luar negeri. Salah satunya proyek jalan tol di Algeria, Afrika

Wijaya Karya termasuk emiten konstruksi yang sukses melakukan diversifikasi usaha. “Saat emiten konstruksi lain baru mulai melakukan diversifikasi, WIKA sudah berhasil menjalaninya dengan baik,” papar analis Bahana Securities, Anthony Alexander.

WIKA memang memiliki diversifikasi bisnis cukup banyak. Perusahaan konstruksi ini juga masuk di bisnis produksi beton. Selain itu, perusahaan pelat merah ini juga agresif mengembangkan proyek pembangkit listrik.

Bahkan, kontribusi pendapatan dari bisnis non-konstruksi cukup besar. Bisnis produk beton dan realty menyumbang pendapatan sebesar Rp 1,21 triliun, setara 30,14 persen dari total pendapatan di semester pertama 2012. Sementara bisnis mekanikal-elektrikal menyumbang pendapatan Rp 1,43 triliun, dari total pendapatan Rp 4,02 triliun.

Melihat potensi proyek infrastrukktur di berbagai daerah di Indonesia, analis optimis, kinerja WIKA akan tetap kinclong. Apalagi, emiten ini berpeluang memperoleh proyek besar. Lewat konsorsium dengan perusahaan Jepang, Obayashi, WIKA menjadi salah satu nominasi pemenang tender pembangunan terowongan bawah tanah untuk proyek MRT.

Proyek terowongan ini merupakan bagian dari tahap pertama MRT, yakni rute Lebak Bulus-Bundaran HI. Panjang proyek ini 15,1 kilometer. Total nilai proyek tersebut mencapai Rp 4 triliun-Rp 4,5 triliun. WIKA mengikuti tender untuk dua paket dari tiga paket yang ada. Rencananya proyek mulai berjalan di awal 2013 hingga akhir 2016.

Melihat kinerja yang cemerlang di tahun 2012, WIKA menargetkan dapat mencatatkan pertumbuhan kinerja sebesar 20 persen pada tahun 2013 dengan adanya beberapa kontrak dan proyek dari pihak pemerintah maupun swasta. Direktur Utama Wika, Bintang Perbowo mengatakan, kontrak baru perseroan yang cukup besar berasal dari proyek minyak dan gas dari swasta, proyek pembangkit listrik, jembatan dan bendungan. Komposisi perolehan kontrak baru tersebut, lanjut dia sebesar 20 persen berasal dari proyek pemerintah, 30 persen dari proyek BUMN, dan sisanya disumbang dari swasta.

Dengan adanya perolehan kontrak baru tersebut, pihaknya berharap dapat mencatatkan pertumbuhan kinerja mencapai 20 persen pada 2013.

Dalam kinerja perusahaan ke depan, perusahaan mengharapkan pertambahan proyek dari pemerintah dan BUMN sehingga mencapai 60 persen dibandingkan saat ini, sedang selebihnya dikontribusikan oleh swasta. Sebelumnya perseroan telah menggarap proyek pembangkit listrik antara lain PLTA Bali sebesar 50 MW, Ambon 25 MW, Rengat 20 MW, dan Borang 30 MW.

Selain itu, perseroan telah memperoleh kontrak pembangunan jalan Oksibil Dekay senilai Rp 206,68 miliar, proyek Betano di Timor Leste senilai Rp 93,81 miliar, proyek precast concrete piperack senilai Rp 81,72 miliar, dan proyek pembangunan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia senilai Rp 36,53 miliar pada Oktober 2012.

Menurut Anthony Alexander, Saham Wika terus menunjukkan valuasi yang tinggi. Hal tersebut dipengaruhi rencana ekspansi dan investasi yang terus dilakukan WIKA. Selain itu, laba perusahaan yang terus meningkat juga membuat perusahaan platmerah tersebut layak untuk dilirik oleh para investor di tahun ini.

Bahana Securities memberi rekomendasi buy untuk saham perusahaan milik pemerintah tersebut. Pasalnya, emiten yang listing dengan kode WIKA ini, mampu menyerap proyek-proyek pemerintah, yang anggaran belanjanya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Selain itu, WIKA juga berhasil melakukan ekspansi pada proyek EPC (Enegineering, Procurement, and Construction) serta mampu melakukan efisiensi kinerja. “Kami perkirakan target harga saham di tahun 2013 akan mencapai Rp 1.900 dengan perkiraan Price to Earning Ratio hingga 20 kali, dan termasuk saham premium untuk sektor konstruksi,” ungkapnya.


 ● Berita Satu 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgooV1VxZtEsH4vI20hI-r2oQ16VSeAVhaU051orN-_f14Dy4r7Abm-QuaFrw4Y1yHdzPjiTzcgMX9SJi0KfjrQRJwsPhAAscD9wCxqg1CxOhldL5FQjlgoagk76DSQbpmT__OEVvhDSXM/s35/cinta-indonesia.jpg
0

PTDI produksi simulator pesawat CN-235 dan super puma

Simulator pesawat FS CN-235 produksi PT DI
Bandung | Banyak orang tidak tahu, PT Dirgantara Indonesia (Persero) selain memproduksi pesawat terbang, juga memproduksi beberapa alat peraga untuk menerbangkan pesawat terbang, atau biasa disebut dengan Flight Simulator (FS).

Ide datangnya usaha pembuatan flight simulator datang dari permintaan pihak Malaysia untuk pesawat CN-235 yang dimilikinya. Mereka mendorong PTDI membuat FS agar para pilot negara itu dapat melatih diri sehingga mereka dapat mengawaki dengan baik pesawat-pesawat CN235 TUDM (Tentara Udara Diraja Malaysia) produksi PTDI yang dimiliki.

Permintaan Malaysia ini disambut baik PTDI. Itu guna menangkap peluang bisnis serta mengingat bahwa sistem avionik yang terpasang pada FS CN235 tidaklah jauh berbeda dengan sistem yang ada pada pesawat sesungguhnya. Pengembangan bisnisnya juga tidak jauh beda dengan bisnis utama PTDI dalam merancang dan memproduksi pesawat CN235.

Oleh karena itu, sejak tahun 2000, PTDI melakukan ekspansi usaha dengan merancang bangun dan memproduksi FS CN235. Dan pada tahun 2004, PTDI telah memenuhi pesanan Sapura Technology Malaysia dengan mengirimkan FS CN235, dan pada saat ini Sapura Technology telah memiliki dua unit FS CN235 buatan PTDI.

Dalam membuat sebuah flight simulator pesawat dibutuhkan data base pesawat yang akan dibuatnya, agar FS yang dibuat dapat mencerminkan kondisi pesawat yang sebenarnya. Namun untuk mendapatkan data base tersebut tidaklah mudah dan kalaupun ada, harganyapun sangat mahal.

Selain FS CN235, PTDI juga telah memproduksi beberapa macam simulator, di antaranya FS untuk helikopter Superpuma untuk kebutuhan TNI-AU, flight simulator untuk kapal laut, Nav Trans, Olah Yudha dan untuk kebutuhan Suralaya pembangkit listrik serta simulator untuk menangkap ikan.

Untuk dunia penerbangan, biasa disebut dengan FS, yang dipergunakan untuk melatih para awak pilotnya dengan biaya yang jauh lebih murah dan efisien bila dibandingkan dengan melakukan praktek uji terbang menggunakan pesawat sesungguhnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, flight simulator adalah sebuah alat bantu untuk melatih para pilot dalam menerbangkan sebuah pesawat terbang. Alat ini, mensimulasikan kondisi pesawat terbang yang sebenarnya.

Kemajuan teknologi memiliki andil besar dalam pelatihan menggunakan simulator terbang, Kecanggihan simulator terbang saat ini sudah dapat mensimulasikan reaksi terhadap faktor-faktor lingkungan eksternal, seperti kerapatan udara, turbulensi, awan, curah hujan, bahkan mampu membawa karakteristik pesawat tersebut secara lebih nyata lewat simulasi.

 Keuntungan Gunakan Flight Simulator 

Pada saat ini, baru ada beberapa perusahan di belahan dunia yang mampu membuat flight simulator. Umumnya adalah perusahaan yang telah mengembangkan teknologi tinggi, seperti Amerika dan Perancis. Di negara-negara kawasan Asean, barangkali hanya Indonesia dengan PTDI-nya saja yang mampu membuat FS.

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahaan penerbangan jika perusahaannya menggunakan FS ialah menghemat biaya pelatihan sangat mahal pilot yang akan mengawaki sebuah pesawat terbang tertentu. Dengan menggunakan flight simulator yang dimilikinya, biaya bisa ditekan semurah mungkin.

Para pilot dapat memelihara atau menjaga kemampuan terbangnya, juga perusahaan akan dapat memanfaatkan secara maksimal pesawat-pesawatnya dari pada selama puluhan jam digunakan hanya untuk latihan terbang sesungguhnya. Dengan demikian, biaya operasional lainnya akan dapat ditekan.

Bagi pilot yang tidak terbang dengan menggunakan pesawat sebenarnya, namun menggunakan flight simulator, mereka tetap akan mendapatkan lisensi jam terbang. Dengan demikian kemampuan terbang pilot yang bersangkutan tetap tercatat dengan baik.

*)Penulis adalah staf senior Divisi Komunikasi PTDI

 ● Antara 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgooV1VxZtEsH4vI20hI-r2oQ16VSeAVhaU051orN-_f14Dy4r7Abm-QuaFrw4Y1yHdzPjiTzcgMX9SJi0KfjrQRJwsPhAAscD9wCxqg1CxOhldL5FQjlgoagk76DSQbpmT__OEVvhDSXM/s35/cinta-indonesia.jpg
0

Pria Jepang Buat Buku Soal Hidupnya di Indonesia

Jakarta | Seorang penulis asal Jepang, Hisanori Kato, menulis pengalaman yang dirasakannya selama delapan tahun tinggal di Indonesia. Pria asal negeri sakura ini secara detail berbagi kisah tentang dirinya di Indonesia.

Ketika berada di Indonesia, Kato mengatakan dirinya berprofesi sebagai dosen Sastra Jepang selama delapan tahun, yaitu 1991 sampai 1994 di Jakarta International School, Jakarta. Setelah itu, ia mengajar di jurusan bahasa Jepang di universitas di Amerika Serikat (AS), Filipina, dan Australia.

Kemudian, Kato kembali ke Indonesia selama kurun waktu 2004 sampai 2009 dan mengajar di Universitas Nasional (Unas), Jakarta Selatan. "Namun, dari berbagai tempat yang pernah saya singgahi, Indonesia adalah negara yang paling berkesan," ujar Kato kepada Republika di Jakarta, Senin (4/2).

Menurut Kato, Indonesia memiliki sesuatu yang harus dipelajari negara lain, termasuk negara asalnya sendiri. "Orang Indonesia memiliki humor, keluwesan, hangat, dan adanya gotong royong," tutur pria yang kini menetap di Jepang ini.

Namun, Kato juga merasa kesal dengan sifat warga Indonesia yang memiliki sifat tidak tepat waktu, mencontek, sampai malas, tapi hanya mengatakan ‘tidak apa-apa’.

Karena terkesan dengan kisah hidupnya selama d Indonesia, Kato memutuskan untuk menuliskannya dalam sebuah buku. Diperlukan waktu selama 1,3 tahun bagi Kato untuk menyusun buku sampai dipublikasikan.

Kato berharap, banyak warga indonesia membaca bukunya untuk menyadari potensi negaranya dan memperbaiki apa yang menjadi kekurangan negaranya.


 ● Republika 
0

UAV Baru yang dapat membuat Hujan Buatan

UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau Pesawat Tanpa Awak. Kali ini Indonesia akan mengembangakn UAV terbaru untuk melindungi hutan 

Jakarta | Menteri Riset dan Teknologi Indonesia, Gusti Muhammad Hatta mengatakan Indonesia akan membangun skuadron pesawat tak berawak pada tahun 2013 untuk misi khusus dan pertahanan nasional.

Perkembangan pesawat tak berawak skuadron merupakan salah satu tujuan utama dari Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, yang akan diadakan tahun ini.

Pesawat tak berawak Skuadron juga akan mampu menciptakan hujan buatan, kata menteri.

"pesawat tanpa awak skuadron akan mampu menciptakan hujan buatan. Hal ini dapat digunakan untuk memantau gunung berapi aktif dan tidak aktif, dan ilegal logging, "kata menteri.

Kementerian akan bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk membangun pesawat skuadron.

"LAPAN telah membangun satu drone kecil, sementara BPPT telah mengembangkan tiga kelas drone: kecil, menengah dan besar," katanya, menambahkan bahwa kementerian pertahanan membutuhkan dana untuk membangun pesawat skuadron.


Iuvsa
0

Januari 2013: 119 Bencana di Indonesia, 126 Tewas

 Bencana berdampak buruk pada ratusan ribu jiwa.

http://us.media.viva.co.id/thumbs2/2013/01/28/189873_menjemur-buku-dan-perlengkapan-sekolah-pasca-banjir_209_157.JPGSiswa Sekolah Dasar 03/04 pagi dan 05/12 sore Penjaringan menjemur buku dan perlengkapan sekolah pasca banjir

Jakarta  Selama Januari 2013, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat 119 kejadian bencana di Indonesia. Data ini masih sementara mengingat kejadian bencana belum semua dilaporkan ke BNPB.

Dari 119 kejadian bencana, 126 orang meninggal, 113.747 orang menderita dan mengungsi, 940 rumah rusak berat, 2.717 rumah rusak sedang, 10.945 rumah rusak ringan, dan kerusakan fasilitas umum lainnya.

Sekitar 96 persen kejadian bencana masih didominasi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, gelombang pasang, banjir dan tanah longsor. Selama Januari 2013 terjadi 36 banjir yang menyebabkan 61 orang meninggal dan 110.129 orang menderita dan mengungsi. Banjir di Jakarta yang terjadi selama 15-27 Januari 2013 menyebabkan 41 jiwa meninggal, pengungsi mencapai 45.000.

Demikian pula halnya longsor yang tejadi 25 kali menyebabkan 40 orang meninggal. Sedangkan puting beliung, terjadi 42 kali kejadian dan menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 3 orang, 616 rumah rusak berat, 2.626 rumah rusak sedang, 2.145 rumah rusak ringan,1 fasilitas kesehatan, 6 fasilitas pendidikan, dan 14 fasilitas peribadatan.

BNPB telah mendistribusikan dana siap pakai sekitar Rp180 miliar ke berbagai daerah di Indonesia yang terkena bencana. Dalam penanganan bencana, BNPB melakukan pendampingan kepada Pemda, baik pendampingan logistik, peralatan, pendanaan, manajerial, dan administrasi.

"Untuk penanganan banjir Jakarta, BNPB telah mengeluarkan dana sekitar Rp50 miliar untuk bantuan logistik, peralatan, pengerahan personel TNI dan Polri dan sebagainya," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Dr Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Minggu, 3 Februari 2013.

BNPB mengingatkan, ancaman bencana hidrometeorologi diperkirakan akan terus berlangsung hingga akhir Maret 2013 nanti. "Untuk itu masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kesiapsiagaannya," kata Sutopo.


 ● Vivanews  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgooV1VxZtEsH4vI20hI-r2oQ16VSeAVhaU051orN-_f14Dy4r7Abm-QuaFrw4Y1yHdzPjiTzcgMX9SJi0KfjrQRJwsPhAAscD9wCxqg1CxOhldL5FQjlgoagk76DSQbpmT__OEVvhDSXM/s35/cinta-indonesia.jpg