Tuesday, 21 December 2010

SMS Konten Paling Rugikan Konsumen

JAKARTA--MICOM: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menerima berbagai pengaduan konsumen jasa telekomunikasi (jastel). Sms konten merupakan masalah yang paling sering diadukan kepada YLKI.

Hal ini dipaparkan YLKI dalam diskusi terbuka yang dilakukan di hotel Ambara, Jakarta, Selasa (21/12).

Dari jumlah aduan yang masuk, Telkomsel menjadi yang paling sering diadukan, kemudian secara berturut-turut Indosat, Xl, Bakrie dan Telkom.

Keluhan SMS konten merupakan satu dari berbagai pengaduan yang disampaikan ke YLKI, selain internet, paket tagihan tetap, roaming, tarif, denda putus koneksi, dan lainnya.

YLKIƂ mencatat bahwa pengaduan konsumen jastel (jasa telekomunikasi) selalu naik tiap tahunnya.

Total aduan selalu meningkat setiap tahun. Dari total 428 pada 2008 menjadi 501 pada 2009, kemudian hingga November 2010 menjadi 539 aduan.

Namun. Ketua Harian YLKI Sudaryatmo menjelaskan ini sebagai data aduan yang masuk lewat YLKI saja dan belum digabungkan dengan data aduan di BRTI dan Kemensos.

Dengan pertumbuhan pelanggan yang mencapai 10%, industri telekomunikasi menjadi lahan bisnis yang subur dan telah memiliki nilai bisnis mencapai Rp 100 triliun. (*/OL-10)


MediaIndonesia

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...