Wednesday, 7 September 2011

Lebaran, Trafik Pulau Jawa Naik 60% Lebih

Kenaikan trafik tertinggi terjadi di Jawa Tengah, Barat, Timur dan Sumatera Selatan.

Dari sisi demografi, kenaikan trafik telekomunikasi secara umum tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan. 

VIVAnews - Operator telekomunikasi mengalami kenaikan trafik selama periode menjelang dan sesudah lebaran. Kenaikan trafik ini sudah diperkirakan sebelumnya seiring dengan tren konsumsi layanan yang dilakukan oleh pengguna selama masa lebaran.

Dari data operator XL, tren trafik terlihat pada H-2 (29 Agustus), dengan kenaikan 19,31% secara nasional. Sehari menjelang lebaran, trafik semakin naik 26,14%, dan pada hari H kenaikan menurun yakni hanya 23,37%.

Layanan percakapan regular trafik percakapan XL mencapai 530 juta menit, 630 juta SMS, dan 33Terabyte data. Adapun menjelang lebaran, trafik meningkat signifikan menjadi 605 juta menit percakapan, 770 juta SMS, dan 38Terabyte data. Pada hari H (31 Agustus), angkanya menjadi 620 juta menit percakapan, 780 juta SMS, dan data mencapai 34,5Terabyte.

Kenaikan trafik tersebut tersebar dalam berbagai wilayah, yakni 61,07% di Pusat (Jabar, Jateng, dan DIY), Sumatera bagian utara (Sumut, NAD, Riau, Sumbar) mencapai 31,11%, dan wilayah timur (Jatim, Bali, NTB, NTT) naik 29,91%.

Sebelumnya XL sudah memprediksi kenaikan trafik secara nasional sebesar 30%, dan ternyata kanaikan hanya mencapai 27%. “Kami sudah mengantisipasi hal ini, sudah kami perhitungkan,” kata Febriati Nadira, GM Corporate Communication XL Axiata pada VIVAnews, 7 September 2011.

Untuk ke depan, XL akan fokus pada pengembangan data broadband. “Kami fokus untuk ini, tahun ini dari US$600 juta capital expenditure, 50% nya untuk pengembangan 3G dan data,” sebut Ira.

Pada keterangan resminya, Indosat menyebutkan, trafik regular yakni percakapan 314,8 juta menit, 717,5 juta SMS, dan 25,37Terabyte data, pada menjelang dan saat lebaran, trafik mengalami kenaikan.

Trafik pada H-2 (29 Agustus) mencapai 392,8 juta menit percakapan (naik 22,18%), 862 juta SMS atau naik 19,7%, dan kebutuhan data mencapai 28,87 terabyte (naik 11,7%). Pada hari H lebaran, layanan percakapan mencapai 402,9 Juta Menit (naik 25,3%), 895,7 juta SMS atau naik 32,8% dan data 26,5Terabyte (naik 2,6%).

Hans C. Moritz, Director and Chief Technology Officer Indosat mengklaim, tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat mencapai lebih dari 97,7% dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 97,2%.

“Ini berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan Indosat maupun eksternal ke operator lain. Sementara tingkat keberhasilan pangilan suara mencapai lebih dari 90% dan data mencapai lebih dari 99%,” ucapnya. 

Dari sisi demografi, kenaikan trafik telekomunikasi secara umum tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan untuk suara, sedangkan daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Timur merupakan wilayah yang mengalami kenaikan trafik SMS tertinggi. (eh)


VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...