0

WatchGuard Gaet Data Global Arungi Pasar TI Indonesia

XCS 770R (Ist.)

Jakarta - WatchGuard Technologies, penyedia solusi keamanan bisnis, menggaet PT Data Global Komukatama sebagai distributor. Kolaborasi keduanya pun diklaim akan mampu menaklukkan pasar TI Tanah Air.

Elaine Loh, Southeast Asia Sales Director WatchGuard mengatakan, Asia Tenggara adalah pasar yang penting bagi WatchGuard di tahun 2011 untuk terus tumbuh.

"Kami ingin memperluas kehadiran kami di kawasan ini melalui berbagai kemitraan yang erat. Indonesia menawarkan potensi pasar yang sangat besar," imbuhnya, dalam keterangannya yang dikutip detikINET, Sabtu (26/2/2011).

Menurut Isak Utomo, Direktur Data Global, kemitraan yang terjalin ini tepat pada saat pasar membutuhkan solusi jaringan yang terjangkau, bisa berkembang, mudah digelar dan digunakan.

"Kami siap memasuki pasar dengan solusi WatchGuard dan akan berinvestasi secara agresif dalam program kemitraan untuk mendorong pangsa pasar dan profitabilitas di Indonesia," tukasnya.

Data Global tentunya akan membawa berbagai teknologi dan solusi terkini dari WatchGuard ke Indonesia. Salah satunya adalah piranti XCS 770R guna menangani perkembangan ancaman gabungan dan malware dengan mengamankan pesan email yang masuk dan keluar serta proteksi konten web.( ash / ash )


detikInet
0

Multiply Akan Manjakan Pemilik Toko Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Bergembiralah buat para pemilik toko online yang selama ini telah menggunakan Multiply untuk membuka gerai penjualannya. Bagi yang belum, Multiply mungkin bakal menjadi pilihan lebih menarik dalam waktu dekat.

Hal ini karena Multiply bakal memanjakan para penggunanya dengan fitur dan layanan yang sesuai kebutuhan berjualan secara online. Multiply pun telah menegaskan diri bukan lagi sekadar situs untuk berbagi artikel, foto, dan video, tapi memang tempat berjualan online.

"Kami sekarang menegaskan diri sebagai penyedia layanan platform e-commerce. Kami akan tetap menyediakan fitur-fitur yang sudah ada seperti untuk ngeblog, tapi kami akan fokus pada pengembangan layanan e-commerce untuk pengguna," jelas Peter Pezaris, pendiri dan CEO Multiply dalam perbincangan dengan media di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Ia mengatakan dalam waktu dekat Multiply akan mulai menambah fitur-fitur yang mempermudah para penjual untuk berdagang secara online. Saat ini sudah ada layanan marketplace tempat memajang barang dagangan. Nantinya, bakal ada fitur pembayaran transaksi online. Peter Pezaris masih enggan mengungkap seperti apa layanan tersebut, namun berjanji akan membuat pemilik toko lebih nyaman menggunakan Multiply sebagai toko online-nya.

Tidak hanya itu, pengguna di Indonesia juga bakal lebih dimanjakan lagi karena kini Multiply telah membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Dipimpin Daniel Tumiwa sebagai Country Manager Multiply Indonesia akan membantu para pengguna Multiply memanfaatkan layanan tersebut sesuai kebutuhan di Indonesia.

"Kami akan mengumumkan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain. Shopping with social. Ini akan menjadi hal yang menarik berbelanja sambil bersosialisasi," kata Daniel Tumiwa. Ia mengatakan, orang bisa mempromosikan produknya di mana saja, namun toko onlinenya bakal tetap di Multiply.

Salah satu kelebihan Multiply untuk membuka toko online, menurut Daniel, salah satunya adalah tampilan yang sesuai. Fitur album foto yang memungkinkan pengguna menampilkan foto dalam resolusi tinggi termasuk yang juga mendukung kegiatan jual beli online yang umumnya membutuhkan bukti barang yang dijual. Ke depan, kata Daniel, fitur-fitur social media dan komunikasi bakal ditambahkan di Multiply.


KOMPAS

0

Data dan Fakta Tentang Laki-laki Indonesia di Situs Jejaring Sosial

rnw.nl

TEMPO Interaktif, Jakarta -Berhati-hatilah jika Anda meletakkan informasi pribadi di situs jejaring sosial. Ini peringatan yang dicantumkan situs salingsilang.com di dunia maya.

Apalagi jika Anda berusia di bawah 18 tahun, tinggal di Jakarta, dan menikah. Sebab, ini yang menarik, lebih dari 400 ribu orang menyatakan tertarik pada laki-laki di jejaring sosialnya.

Salingsilang.com mencatat pengguna Facebook di Indonesia mencapai hampir 35 juta orang per Januari lalu. Sebanyak 20,7 juta orang berjenis kelamin laki-laki dan sisanya perempuan.

Dari angka itu lebih dari 483 ribu mengaku tertarik tinggal di Jakarta dan 197 ribu tinggal di Jakarta. Yang mengaku menikah hanya 23 ribu dan tiga ribu lebih mengaku berumur di bawah 18 tahun.

“Kami tidak berpretensi apa pun, tetapi data yang muncul di Facebook seperti itu," ujar Managing Director PT Saling Silang, Enda Nasution, kepada Tempo, Jumat (25/2).

Enda menjelaskan dari data status pengguna Facebook di Indonesia yang dirangkum selama Januari lalu, 56 persen laki-laki tidak mencantumkan informasi statusnya.

Yang mengaku lajang 19 persen, mengaku menikah 10 persen, mengaku berhubungan 11 persen, dan yang mengaku bertunangan 4 persen.

Sedangkan untuk pengguna perempuan 45 persen tidak memberikan info statusnya. Mereka yang mengaku single sebanyak 19 persen, menikah 14 persen, berhubungan 16 persen, dan bertunangan 6 persen.

Data yang dikemukakan Enda ini hanya sebagian data tentang jejaring sosial dan media blog di Indonesia. Untuk microblogging Twitter Indonesia saat ini menyumbang 15 persen dari semua tweet secara global dan menempati urutan ketiga pengguna twitter di dunia.

Tak kurang dari 4,8 juta akun telah muncul hingga Januari lalu dan menghasilkan 22,7 juta tweets.

Yang menarik, para tweeps atau pengguna twitter ini mulai aktif ngetwit mulai pukul 00.00. Waktu utama paling tinggi untuk ngetweet mulai pukul 18.00 hingga 22.00. Setelah itu grafiknya menurun.

Tipe aktivitas yang nge-tweet atau melempar pernyataan sebanyak 47 persen, 53 persen lainnya lebih banyak mengekor alias meretweet.

Trending topics tentang bola pada Januari lalu cukup besar mencapai 20,17 persen, 30 persen didominasi topik lain yang tidak diketahui. Tetapi mengalahkan topik musik, program televisi, berita, event atau pop korea.

Tweep Indonesia paling banyak menggunakan platform Ubertwitter (43 persen) disusul API dan Twitter for Blackberry.

Sedangkan link yang banyak dibagi di twitter didominasi aplikasi twitter, media tradisional, dan game. Sedangkan untuk blog, di Indonesia saat ini tercatat 4,1 juta blogs. Namun rupanya penulis blog di Indonesia ini agak malas memperbarui blognya.

Tercatat hanya 32,67 persen blog terlacak diperbarui dalam tiga bulan terakhir. Menariknya ada di Indonesia juga ada 27 persen tren blog berisi hal-hal yang berhubungan dengan budaya pop korea.[DIAN YULIASTUTI]


TEMPOInteraktif
0

Mengintip Gaji Lewat Gajimu.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebuah portal memperkenalkan hasil survei tentang gaji berbagai profesi. Situs www.gajimu.com ini bisa menjadi alat untuk memantau besaran gaji bagi para karyawan dan pencari kerja

Gajimu.com mempunyai beberapa kanal informasi, seperti survei gaji, cek gaji, gaji minimum, gaji pejabat negara, gaji selebritas, dan tips karier. Sayangnya belum banyak informasi gaji dan jenis pekerjaan di Indonesia.

Survei gaji ini dicetuskan oleh Wage Indicator Belanda. Mereka menjabarkan data yang diperoleh dari 190 ribu kuesnioner yang diisi pengunjung situs ini selama 2009-2010 di seluruh dunia.

Di Indonesia mereka mendapatkan dari 5.200 responden selama sembilan bulan hingga Februari ini. Mereka mendapatkan hasil analisa gaji dan upah lembur di 23 negara.

Anggota tim Wage Indikator Nadia Pralitasari mengatakan hasil yang diperoleh dari survei ini cukup menarik. Menurutnya semakin banyak pengisi survei ini datanya makin akurat.

"Dan ini bisa menjadi acuan mengukur gaji kita saat ini, calon karyawan juga penting melihat besaran upah ini," ujar Nadia di Jakarta.

Menurut data yang masuk, empat dari 10 pekerja tahun lalu bekerja melebihi jam kerja yang ditentukan.

Di Indonesia dari 5200 responden, 34 persen bekerja lembur atau melebihi jam kerja. Ironisnya hanya 6,6 persen yang mendapatkan upah lembur.

Hasil lainnya yakni ternyata ketidakpuasan akan penghasilan berbanding terbalik dengan kepuasan hidup.

Hampir separuh responden mengatakan tidak puas dengan gajinya. Hanya 19 persen yang puas dan 13 persen sisanya mengaku tak peduli.

Tetapi 65 persen responden mengaku memilih lima tingkat kepuasan tertinggi. "Berarti responden bahagia dengan hidupnya. Faktor yang dominan adalah mereka senang dengan kesehatan mereka," ucap Nadia.

Umumnya para responden ini senang dengan pekerjaannya meski gajinya kurang memuaskan karena faktor lingkungan kerja dan kolega yang baik.

Ketua AJI Indonesia Nezar Patria mengatakan situs ini cukup menarik meskipun belum lengkap, terutama perbandingan data di negara yang tingkat produktivitasnya tinggi seperti Jepang, Cina, dan Korea Selatan.

Nezar juga mengatakan saat ini cara paling jitu untuk menaikkan gaji adalah berpindah tempat kerja. Bidang media merupakan salah satu bidang yang sangat dinamis. Perpindahan awak perusahaan media di semua lini sangat tinggi.

Nezar juga menjelaskan hasil survei gaji atau upah layak untuk wartawan. Dari hasil survei 26 kota hampir sebagian media belum memenuhi standar upah layak untuk jurnalis.

"Di Jakarta saja standar Rp 4,7 juta untuk jurnalis lajang yang baru diangkat belum terpenuhi," ujar Nezar.

Di situs ini pengunjung bisa melihat upah minimum semua kota, berapa rata-rata penghasilan beberapa profesi seperti sopir, perawat, sekretaris, dan tenaga lepas.

Pengujung juga bisa menghitung gaji mereka sendiri. Meski jenis pekerjaan belum terlalu komplet, pengunjung masih bisa mendapatkan beberapa aturan ketenagakerjaan dan tips berkarir.[DIAN YULIASTUTI]


TEMPOInteraktif
0

Tawarkan Fitur Baru Kelas Berat, Antivirus Gratisan avast! 6 Dirilis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sudah lama diantisipasi, avast! versi 6 akhirnya dirilis. Hal terbaik yang diakui dari program antivirus ini adalah set keamanan kelas berat yang bisa diperoleh pengguna , mutlak secara cuma-cuma.

Tak ada perkecualian dalam edisi terbaru, juga tak berbayar, namun dengan kualitas jauh lebih mumpuni. Muncul sejumlah teknologi tambahan yang sebagian besar hanya ditemukan dalam produk berbayar.

Menginstal aplikasi tidak butuh waktu lama dan layar-layar pemandu penginstalan yang harus anda lewati sangat tipikal dengan program-program lain sejenis. Anda hanya akan diminta memilih konfigurasi (serta menyaksikan daftar panjang lapisan-lapisan pelindung) antara jenis tipikal atau minimal, atau tipe kostumisasi sesuai kebutuhan.

Dalam pengujian tidak ada perbedaan antara pengaturan dua langkah pertama. Modul yang ditawarkan pun sama dengan versi terdahulu. Bahkan ukuran file yang diinstal sama dengan yang tertera dalam layar konfigurasi.

Langkah berikut anda akan ditawari untuk menginstal Google Chrome dalam sistem, bila kehadiran browser web tidak terdeteksi dalam komputer anda. Anda bisa melewati dan langsung menuju prosedur instalasi berikut dan membuat restore poin sebelum menempatkan semua file ke dalam komputer.

Semua produk antivirus saat ini menyajikan pilihan quick scan (pemindaian cepat), sesegera mungkin begitu proses instalasi selesai, tak terkecuali avast!. Dalam pengetesan memang tak terlihat estimasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu, atau muncul balok yang merekam kemajuan pemindaian. Namun, berdasar pengamatan Softpedia, quick scan yang dilakukan berlangsung sangat cepat.

Program ini menyediakan pemutakhiran otomatis yang terhubung ke basis data asli perilis program. Kemudian langkah terakhir penginstalan adalah pendaftaran aplikasi demi memperoleh manfaat layanan dalam periode lebih lama dari 30 hari.

Menduduki tempat teratas dalam daftar perubahan avast! 6 adalah fitur AutoSandbox. Tujuan fitur ini adalah untuk mematikan file-file mencurigakan dalam lingkungan yang terisolasi dari sistem anda. Langkah itu dilakukan berdasar perilaku file tersebut, apakah mencerminkan ancaman atau tidak.

Kabar baik dari freeware ini, avast! 6 hadir dengan antarmuka ramah yang mudah digunakan serupa dengan versi sebelumnya. Ia menampilkan pula statistik cepat untuk setiap komponen perlindungan yang menjadi titik berat software.

Rangkaian lapisan pelindung telah ditingkatkan menjadi 8 lapis. Kini program ini juga menjaga anda aman dan terlindung dari eksekusi skrip yang kerap berjalan sembunyi-sembunyi di sistem PC anda.

Aplikasi juga memberikan kemanan ketat terhadap malware yang mencoba meraih sistem, terutama lewat pengunduhan P2P, berbagi file lewat fasilitas pesan instan, email atau jaringan.

AutoSandbox terbukti menjadi aset besar dalam sistem mengingat ia tetap membiarkan anda menjalankn program berpotensi tak diinginkan namun dalam lingkungan terisolasi. Proses itu pun berjalan tanpa mempengaruhi data anda. Penghadang laman-laman tak diinginkan juga menjadi tambahan manis dari beberapa fitur baru.

Hanya saja, beberapa kejadian kurang sedap muncul pula pada pengoperasian avast! 6. Aplikasi mengalami crash ketika ia diuji coba menghadapi ancaman tertentu. Fitur WebRep yang berfungi mengidentifikasi laman di internet dalam tingkatan skala bahaya, dianggap masih pemula. Ia tak begitu banyak membantu hingga sejumlah pengguna dan penulis kode mulai berkontribusi lewat rating--sehingga ada alasan pengembang avast! untuk memutakhirkan program mereka.

Namun di atas itu semua, avast! 6 tetap menjadi salah satu solusi pembunuh virus gratis di pasaran. Ia didesain dengan standar rata-rata namun pilihan fitur diberikan bagi pengguna lebih canggih. Dalam pengetesan terbatas, program ini mampu mendeteksi dan menghadang sebagian besar ancaman utama.

Software ini cocok digunakan oleh komputer kebanyakan. Namun OS yang direkomendasikan adalah Windows 7 karena tidak menambah beban terhadap sistem.


Republika
0

UMY Ciptakan Alat Pengukur Karbonmonoksida

YOGYAKARTA--MICOM: Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Muhammad Syukri menciptakan alat pengukur karbonmonoksida di udara yang dapat diakses melalui telepon seluler.

"Melalui alat itu masyarakat dapat mengetahui tingkat kadar karbonmonoksida (CO) yang ada di udara, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya udara yang bersih," kata Muhammad Syukri di Yogyakarta, Sabtu (26/2).

Menurut dia, alat tersebut mampu diakses melalui telepon seluler, sehingga masyarakat yang ingin mengetahui kadar pencemaran gas karbonmonoksida di suatu tempat dapat mengaksesnya. Alat itu juga dapat digunakan lembaga pemerintah untuk memantau tingkat polusi udara.

"Cara kerja alat ini cukup sederhana, yakni diletakkan di tempat yang diduga banyak polusi misalnya ruangan untuk merokok, jalan raya, terminal, garasi, dan tempat parkir. Alat itu sudah dilengkapi sensor, sehingga ketika ada asap atau udara yang mengandung gas karbonmonoksida, langsung akan terdeteksi," katanya.

Selanjutnya sinyal akan diteruskan ke mikrokontroler, sebuah alat yang digunakan untuk memproses atau mengolah dan mengontrol sinyal masukan. Alat itu kemudian disambungkan dengan sebuah telepon seluler yang berfungsi menerima pesan dan membalas pesan yang masuk.

"Jika ingin mengetahui kadar karbonmonoksida suatu tempat, orang tinggal mengirimkan pesan pendek (sms) dengan format tertentu ke nomor telepon seluler yang telah disambungkan ke alat tersebut," katanya.

Menurut dia, jika ingin mengetahui kadar karbonmonoksida, orang tinggal sms dengan mengetik DT dan dikirimkan ke nomor telepon seluler yang sudah disambungkan, dan pesan tersebut akan masuk dan dibalas oleh alat itu. Misalnya, memperoleh balasan sms kadar CO:25 ppm.

"Saya berharap melalui alat ini akan lebih memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui kadar karbonmonoksida di lokasi tertentu tanpa harus menunggu di tempat itu. Tinggal meletakkan alat tersebut, kemudian mengirimkan sms, dan akan diketahui hasilnya," katanya.

Dengan demikian, kata dia, ketika mengetahui tingginya kadar karbonmonoksida akan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya udara bersih, dan bahaya polusi udara.

Ia mengatakan karbonmonoksida berbahaya bagi manusia. Pada kadar 100 hingga 800 part per million (ppm) dapat menyebabkan sakit kepala, rasa mual, dan muntah.

"Pada tingkat yang lebih tinggi dapat menyebabkan ketidaksadaran, kerusakan otak, bahkan kematian. Sifat-sifat itulah yang kemudian menjadikan gas CO dijuluki sebagai pembunuh diam-diam atau the silent killer," katanya. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia
0

Semburan Lumpur Lapindo Baru Berhenti 26 Tahun Lagi

TEMPO Interaktif, Jakarta -Semburan lumpur panas Lapindo, yang sudah berlangsung selama lima tahun, diprediksi baru akan padam sekitar 26 tahun lagi.

Temuan tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of the Geological Society edisi terbitan bulan ini.

Prediksi yang ditulis oleh Richard Davies dan kawan-kawan itu dianggap paling dapat dipercaya sejauh ini.

Davies, ahli geologi dari Universitas Durham, Inggris, mengatakan sebelum ini sulit untuk memprediksi kapan semburan lumpur Lapindo bakal padam.

Sebab, kata dia, banyak faktor yang mempengaruhi. “Kami pernah melakukan estimasi pada 2008, tapi kini metodologi yang digunakan lebih maju,” katanya.

Selain itu, Davies menambahkan, dalam tiga tahun terakhir banyak perdebatan tentang apa penyebab utama semburan itu sesungguhnya.

“Sekarang kita bergerak dari ingin mengetahui penyebabnya menjadi mencari tahu kapan semburan akan berhenti,” tutur Davies.

Penyebab semburan tetap menjadi perdebatan menarik. Ada yang percaya bahwa ini akibat kesalahan pengeboran ada pula yang percaya bahwa gempa bumi berkekuatan 6,3 pada skala Richter penyebabnya.

Sejak 29 Mei 2006, sumur Lapindo menyemburkan lumpur setara dengan 40 kolam renang standar Olimpiade setiap harinya. Namun kini mulai berkurang.

Menurut Davies, kuatnya semburan lumpur Lapindo berarti lumpur dan gas yang ada di bawah Sidoarjo sangat banyak. Ini bisa berlangsung puluhan tahun. AFP | FIRMAN


TEMPOInteraktif
0

Indonesia Pasar Terbesar Multiply

Peter Pezaris, pendiri dan CEO Multiply.

JAKARTA, KOMPAS.com
- Setelah beroperasi selama 7 tahun, Multiply akhirnya membuka kantor cabang di Indonesia. Perwakiilan Multiply di Indonesia dipimpin Daniel Tumiwa sebagai Country Manager sejak Oktober 2010 lalu dan akan membuka kantor pertamanya di Jakarta, April mendatang.

Tidak banyak perusahaan online yang serta merta membuka kantor di Indonesia meski layanannya sangat populer di sini. Di antaranya, Yahoo yang sudah punya perwakilan, sementara Google, Facebook, maupun Twitter belum berencana membuka kantor di sini.

Kehadiran kantor perwakilan di Indonesia menunjukkan keseriusan Multiply untuk menggarap pasar di Indonesia. Apa gerangan yang melatarbelakangi Multiply sehingga baru masuk ke Indonesia sekarang?

"Waktunya tepat. Indonesia saat ini merupakan negara di peringkat pertama dalam hal jumlah pengunjung di Multiply dan pertumbuhan pengguna tertinggi," kata Peter Pezaris, pendiri dan CEO Multiply dalam perbincangan dengan media di Jakarta, Jumat (25/2/2011), didampingi Country Manager Multiply di Indonesia Daniel Tumiwa.

Ia mengatakan, saat ini Multiply dikunjungi sekitar 5 juta orang setiap bulan. Situs yang awalnya ditujukan untuk menyediakan layanan berbagi artikel, foto, dan video tersebut kini juga telah berkembang menjadi tempat pilihan membuka gerai penjualan secara online. Pengguna di Indonesia termasuk banyak yang membuka gerai online di Multiply. Saat ini, jumlah gerai online di Indonesia telah mencapai 25.000 merchant dan tumbuh rata-rata 2.000 gerai setiap bulan.

"Indonesia adalah pasar yang kami lihat sangat potensial. Operasional dan jumlah staf di Indonesia mungkin yang paling besar daripada di negara lain," ujar Peter Pezaris. Sebelumnya, Daniel Tumiwa berjanji kantor perwakilan Multiply di Indonesia akan dibuka mulai April mendatang dengan jumlah staf sekitar 35 orang.


KOMPAS

0

Multiply Segera Buka Kantor di Indonesia

Daniel Tumiwa (kiri) Country Manager Multiply Indonesia dan Peter Pezaris, Pendiri dan CEO Multiply di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com
- Penyedia layanan online Multiply dalam waktu dekat akan segera membuka kantor cabangnya di Indonesia. Multiply telah menunjuk Daniel Tumiwa sebagai Country Manager sejak Oktober 2010 lalu dan akan membuka kantor April mendatang.

"Saya bisa katakan bulan April bisa jalan. Sampai Maret akan ada 35 orang staf yang direkrut," kata Daniel Tumiwa dalam perbincangan di Jakarta, Jumat (25/2/2011). Dengan membuka akntor di Indonesia, Multiply akan fokus melakukan program marketing dan membantu pengguna agar dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan lebih baik.

Ia mengatakan, program pertama yang akan dilakukannya adalah edukasi kepada pengguna Multiply maupun pengguna internet di Indonesia. menurutnya, Multiply yang telah berusia 7 tahun selama ini mungkin sudah dikenal, namun banyak pula pengguna yang mulai beralih ke layanan lain.

"Kalau ditanya mau dibawa ke arah mana Multiply, tentu tujuannya untuk para merchant. Kami ingin mencapai suatu titik di mana, mercahant memilih berjualan di Multiply daripada di tempat lain. promosi mungkin bisa di mana saja, tapi jualannya di Multiply," ujar Daniel yang sudah berpengalaman di berbagai perusahaan yang mengusung merek global.

Daniel selama ini dikenal sebaai salah satu orang yang terlibat langsung dalma kelahiran MTV Indonesia. Ia juga yang mulai mempopulerkan ring back tones, full track download, dan digital right management di pasar musik digital di Indonesia dengan mendirikan Digital Music Market saat menjabat Direktur Marketing dan Penjualan Universal Music Indonesia. Ia juga terlibat dalam pengenalan kampanye No Frill Flying saat Air Asia diluncurkan di Indonesia. Terakhir ia memimpin digital media di PT Djarum dan membawa 7Langit sebagai pengembang aplikasi mobile.

Ia mengatakan mulai tahun ini, Multiply akan menambah fitur-fitur baru yang memudahkan pengguna membuka gerai online. Saat ini sudah ada layanan Marketplace sebagai tempat promosi toko online dan barang yang akan dijual. Ke depan, fitur social media akan diperkuat untuk memudahkan penjual dan pembeli melakukan komunikasi dan transaksi.

Multiply berawal sebagai layanan berbagi artikel, foto, dan video di internet sejak tahun 2004. Namun, dalam perkembangannya banyak pengguna yang memanfaatkannya untuk membuka gerai toko online. Berkantor pusat di Boca Raton, Florida, AS, Multiply adalah anak perusahaan Myriad International Holdings yang satu grup dengan Naspers Limited, konglomerat media multinasional yang berpusat di Afrika Selatan.


KOMPAS

0

Uji Jaringan, Telepon ke Sesama Flexi Gratis

Jakarta - Telkom ingin memperkuat posisi Flexi di pasar fixed wireless access (FWA) dengan memperkuat infrastruktur jaringannya. Untuk menguji kemampuan jaringannya, digelarlah program telepon gratis ke sesama pelanggan Flexi.

"Tujuan utama dibuatnya program pemasaran ini untuk memperkokoh positioning Flexi sebagai operator penyedia jasa telekomunikasi paling irit," kata Executive General Manager Telkom Flexi, Mas'ud Khamid di Sarinah, Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Telkom sendiri baru saja meluncurkan program Flexi Bebas Bicara dengan tarif Rp 0 ke sesama pelanggan (on-net) tanpa syarat dan registrasi.

Program yang berlaku mulai hari ini hingga Desember 2011 itu dapat digunakan pelanggan Flexi prabayar (Trendy) maupun pascabayar (Classy) di wilayah Jabodetabek Serang, Karawang, Purwakarta (Sekapur), Rangkasbitung, Pandeglang, dan Banten.

"Kami baru saja selesai melakukan pembenahan sebagian besar jaringan dan
infrastuktur. Selama ini BTS (Base Transceiver Station), BSC (Base Station
Controller), dan MSC (Mobile Switching Controller) dihubungkan dengan radiolink, sekarang diganti dengan serat optik. Perubahan ini signifikan menaikkan kualitas dan kapasitas," jelas Mas'ud.

Dijelaskannya, ada sekitar empat juta pelanggan di Jabodetabek, Sekapur, Rangkasbitung, Pandeglang, dan Banten yang dapat menikmati program Flexi Bebas Bicara.

Pengguna Flexi bisa menelepon sehari penuh selama 24 jam tanpa time band. Selain gratis melakukan percakapan lokal ke sesama, pengguna Flexi juga bisa menikmati gratis nelpon Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) antar kode area tersebut.

Sementara, bagi pelanggan Flexi lain yang melakukan Combo di dalam wilayah program ini dapat ikut menikmati benefit dari program Flexi Bebas Bicara Rp 0.

Selanjutnya diharapkan Mas'ud, pelanggan Flexi pada 2011 bisa tumbuh sekitar 10%-11% setelah pada 2010 berhasil memikat 18 juta pengguna dengan Average Revenue Per User (ARPU/rata-rata penggunaan per pelanggan) sekitar Rp 30 ribu per bulan.

"Kami lebih optimistis menatap tahun ini karena jaringan semakin modern sehingga bisa menggarap mobile broadband lebih serius selain suara dan SMS," tegasnya.( rou / rns )


detikInet
0

Daya Beli Produk TI di Bogor Meningkat Pesat

Jakarta - Minat masyarakat Bogor akan produk berbau teknologi, khususnya gadget seperti laptop dan tablet PC, tengah berkembang pesat. Itu sebabnya, daerah yang dijuluki Kota Hujan ini mulai diserbu oleh para distributor produk TI.

Salah satunya ialah PT Satusolusi Intermedia Utama, distributor produk teknologi yang menyediakan layanan purna jual dan pemasaran ritel untuk produk Sony dan Samsung.

"Ada tiga alasan mengapa Bogor tengah berkembang, booming infrastruktur yang bagus, jumlah penduduk yang banyak, dan daya beli yang meningkat," kata Abbi Angkasa Perdana, Presiden Direktur Satusolusi Intermedia Utama, kepada detikINET di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Menurutnya, Bogor merupakan pasar yang potensial bagi lahan bisnis produk teknologi karena belum banyak pemain besar yang mengeksplorasi pasar di daerah tersebut. "Kami coba memanfaatkan momentum ini mumpung kebutuhan akan gadget mutakhir sedang tinggi di Bogor," kata Abbi.

Sejumlah alasan itu pula yang membuat Satu Solusi yakin untuk membuka Samsung Center dan Sony Center di Mal Botani Square, Bogor. Rencananya, kedua pusat layanan produk TI tersebut akan mulai beroperasi, Minggu 27 Pebruari 2011.( rou / ash )


detikInet
0

Situs PSSI Jebol, Akun Pengguna Terancam 'Ditelanjangi'

Username & password yang dibobol

Jakarta - Sekelompok hacker mengklaim telah berhasil membobol situs Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Tak ayal, sejumlah akun pengguna situs tersebut pun dapat dengan mudah 'ditelanjangi' dedemit maya.

Peretas yang mengklaim membobol situs PSSI membeberkan beberapa kelemahan situs tersebut. Seperti lemahnya proteksi terhadap script ilegal yang bisa disuntikkan ke dalam database. Modus ini biasa dikenal dengan teknik SQL Injection.

Hal itu pun bukan kelakar belaka. Sebab, pelaku menunjukkan kepada detikINET username dan password pengguna situs PSSI yang bisa dengan mudah didapat.

"Aku sudah kasih informasi kepada administrator dengan membuat table baru di dalam database. Script seperti ini seharusnya sudah di-patch (ditambal)," ujar pelaku yang tidak ingin disebutkan identitasnya, Jumat (25/2/2011).

Meski telah berhasil masuk ke dalam situs PSSI, namun hingga kini pelaku belum ada niat untuk merusak database atau mengubah tampilan situs (deface) seperti penyerangan pada umumnya.( eno / ash )


detikInet
0

Perancis Tawarkan Satelit Nonkomersial

Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com
— Pemerintah Perancis menawarkan kepada Indonesia satelit nonkomersial yang dapat digunakan antara lain untuk meramalkan cuaca dan iklim. Perancis memang dikenal memiliki kapasitas untuk mengembangkan satelit.

"Di samping investasi lain, Perancis juga memasukkan sejumlah usulan, antara lain di bidang kelistrikan dan satelit. Perancis sangat akrab dalam meluncurkan satelit. Oleh karena itu, mereka menawarkan satelit-satelit nonkomersial, misalnya untuk ramalan cuaca untuk iklim ekstrem dan pertahanan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Hatta telah berunding dengan Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Industri Perancis Christine Lagarde dengan delegasinya, yang antara lain terdiri atas 40 pemimpin bisnis asal Perancis. Dalam pertemuan itulah muncul tawaran satelit tersebut.

Saat ini sekitar 100 perusahaan asal Perancis menanamkan modal di Indonesia. Mereka antara lain perusahaan ritel Carrefour, perusahaan minyak Total, dan AXA Insurance. "Mereka membawa 40 pengusaha mulai Total sampai perusahaan yang baru ke Indonesia. Saya melihat ada optimisme dari Perancis untuk mendapatkan investasi yang cukup besar," ujar Hatta.


KOMPAS

0

Intel: Indonesia Pasar yang Sangat Menarik

Santhosh ViswanathaN, Country Manager Intel Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com
— Intel menunjuk Santhosh Viswanathan sebagai Country Manager yang baru di Indonesia sejak Oktober 2010. Santosh bertanggung jawab terhadap seluruh operasional dan pengelolaan bisnis perusahaan produsen prosesor terbesar itu di Tanah Air. Dalam perbincangan dengan media, Kamis (24/2/2011), ia menegaskan komitmen Intel dalam mengembangkan pasar di Indonesia.

"Indonesia adalah pasar yang menarik, baik dilihat dari perspektif Asia Pasifik maupun dilihat dari perspektif global," kata Santosh. Salah satu alasannya, pertumbuhan pengguna internet yang sangat pesat. Pengguna layanan media sosial di Indonesia juga menjadi sorotan tersendiri baginya. Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna Facebook tertinggi di Asia Pasifik dan penetrasi pengguna Twitter tertinggi di dunia.

Santosh menyatakan, Intel berkomitmen mendorong ekosistem industri komputer di Tanah Air dengan menggandeng mitra lokal. Langkah itu antara lain dilakukan dengan tetap menyediakan box processor untuk pasar ritel dan secara rutin memberikan pendampingan teknis kepada para produsen komputer lokal. Tidak hanya itu, Intel juga akan membantu dalam hal pemasaran melalui berbagai saluran promosi yang dapat digunakan mitra lokal.

Selain itu, lanjut Santosh, Intel juga mendorong naiknya penetrasi pengguna PC di Indonesia. Menurutnya, hadirnya teknologi turut menjadi faktor yang akan memicu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Karena itu, Intel akan terus berupaya meningkatkan jumlah pengguna PC di Indonesia. Intel juga akan terus berupaya menggandeng mitra operator telekomunikasi agar teknologi yang telah disediakan dapat dimanfaatkan untuk terkoneksi ke internet.

"Saat ini penetrasi PC di Indonesia masih sangat rendah. Data terakhir baru sekitar 5 persen. Padahal, hasil riset menunjukkan bahwa penggunaan teknologi terkait dengan pertumbuhan ekonomi," ucap Santosh. Ia mengatakan, kenaikan penetrasi komputer sebesar 10 persen akan menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 1 persen.

Potensi pasar komputer di Indonesia dinilainya juga masih sangat tinggi dengan pertumbuhan hingga 60 persen pada tahun lalu. Meski digempur smartphone dan tablet, ia yakin pasar PC, notebook, dan netbook masih tetap tinggi karena menurutnya itu merupakan produk komplementer. Intel akan tetap mengembangkan netbook agar lebih hemat daya dan fungsional berbasis Atom generasi baru dan akan memperluas portofolio netbook, notebook, dan tablet dengan MeeGo.


KOMPAS

0

Fitur Urban English Telkomsel Raih Penghargaan Internasional

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Telkomsel Tbk berhasil meraih penghargaan tingkat internasional pada malam penganugerahan Global Mobile Awards 2011 di sela-sela berlangsungnya GSMA Mobile World Congress 2011 di Barcelona, Spanyol, baru-baru ini.

Predikat sebagai Best Mobile Learning Innovation untuk layanan Urban English menjadikan Telkomsel satu-satunya perusahaan telekomunikasi selular di Indonesia yang memperoleh pengakuan sebagai yang terbaik pada ajang penghargaan bagi perusahaan-perusahaan teknologi komunikasi dan informasi terkemuka di seluruh dunia tersebut.

"Penghargaan internasional ini merupakan bukti bahwa kami terus berinovasi dalam memberikan layanan berkualitas, sejalan dengan misi Telkomsel untuk menjadi penyedia solusi layanan mobile lifestyle terbaik dan terdepan di Asia Pasifik,” kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno.

Dewan juri Global Mobile Awards 2011 menilai Urban English sebagai “sebuah inovasi sederhana dan menarik yang mudah digunakan dengan memanfaatkan layanan suara untuk melayani pelanggan”. Pada ajang penghargaan bertaraf internasional tersebut, Urban English berhasil mengungguli inovasi mobile learning lainnya, yakni program BBC Learning English untuk BBC Janala, program inisiatif edukasi global Connect To Learn yang dikembangkan Ericsson bersama The Earth Institute Columbia University dan Millennium Promise, program Bridgeit yang dikembangkan Nokia dan The Pearson Foundation, dan CellCast Solution milik OnPoint Digital, Inc.

Urban English merupakan inovasi layanan edukasi Bahasa Inggris melalui ponsel pertama di Indonesia, hasil kerjasama Telkomsel dengan Urban Planet Mobile, sebuah perusahaan penyedia layanan mobile education yang berbasis di Amerika Serikat. Urban English memfasilitasi pelanggan untuk mempelajari Bahasa Inggris setiap hari melalui SMS audio. Metode pembelajaran yang mengombinasikan membaca dan mendengarkan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan berkomunikasi yang lebih baik, sehingga pelanggan bisa memahami pelajaran Bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Pelajaran Bahasa Inggris yang disediakan Urban English terfokus pada kata dan frase yang digunakan dalam berbagai situasi sosial untuk beragam kalangan, mulai dari pebisnis internasional hingga pelajar.

Pelanggan bisa memilih layanan pembelajaran Bahasa Inggris untuk pemula, pebisnis, bahkan Bahasa Inggris gaul yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Topik yang dibahas dalam Urban English pun bervariasi, seperti: hiburan, shopping, kuliner, dan sebagainya.

Pengguna kartuHALO, simPATI, dan Kartu As bisa berlangganan layanan Urban English hanya dengan Rp 500 untuk setiap SMS konten yang diterima. Caranya mudah, cukup hubungi *252*5# untuk memilih pelajaran Bahasa Inggris bagi Pemula, Bisnis, atau Gaul, selanjutnya pelanggan akan menerima SMS berisi link untuk memainkan audio pelajaran Bahasa Inggris setiap harinya. Layanan Urban English kini telah dinikmati sekitar 200.000 pelanggan Telkomsel.


Tribunnews
0

RI 'Tergoda' India Bangun Rumah Super Murah Rp 5-10 Juta

Jakarta - Rencana pengembangan rumah super murah seharga Rp 5-10 juta untuk orang miskin, ternyata terinspirasi dari India yang mampu membangun rumah seharga US$ 300 atau sekitar Rp 2,7 juta.

Hal ini yang membuat Presiden SBY melemparkan wacana pengembangan rumah super murah seharga Rp 5-10 juta per unit.

"Memang waktu kunjungan Pak Presiden ke India, disebutkan US$ 300 untuk rumah murah di India," kata Deputi Bidang Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Pangihutan Marpaung kepada detikFinance, Jumat (25/2/2011).

Pangihutan mengatakan dirinya memang pernah mendengar biaya pembangunan rumah sangat murah di India. Di India proses pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat berbahan dinding dari lumpur dengan beberapa kemungkinan bahan campuran agar lebih kuat.

Menurutnya jika hal itu dicoba di Indonesia, sangat mustahil dilakukan karena kondisi India jauh berbeda dengan Indonesia. Secara geografis Indonesia masuk zona gempa.

"Saya nggak tahu spesifikasinya. Saya juga nggak tahu metode bangunnya, apakah materialnya. Kalau bicara mungkin?, ngggak mungkin rasanya," katanya.

Ia mencontohkan di program kementerian perumahan rakyat ada namanya program peningakatan kualitas perumahan swadaya atau semacam 'bedah rumah'. Kementerian perumahan rakyat memberikan stimulan seharga Rp 5 juta hanya untuk pergantian komponen dinding dan atap perunit rumah swadaya tersebut.

"Jadi itu saja lebih besar dari US$ 300 kan," katanya.

Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, kemarin di Bali menjelaskan, beberapa waktu lalu dirinya sempat diberi tugas oleh Presiden untuk membuat rumah seharga US$ 300.

"Saya akan berusaha untuk melaksanakan tugas itu, dengan sebaik-baiknya," tandasnya.

Dikatakan Suharso pelaksanaan pembangunan rumah murah sebelumnya pernah dilaksanakan di Atambua. Pada waktu itu, pengembang dari REI (real estate Indonesia) menunjukkan pembangunan rumah murah yang hanya dibangun selama 3 hari dengan biaya pembangunan sekitar Rp 5 juta. Ukuran rumah yang dibangun seluas 30 meter persegi.

Jauh sebelumnya Suharso juga pernah mengatakan bahwa dirinya sempat tertantang untuk membuat rumah murah, karena pemerintah India sempat menanyakan kemungkinan pembangunan rumah sangat murah di Indonesia. Hal ini terjadi saat kunjungan delegasi pemerintah Indonesia ke India beberapa waktu lalu.

"Waktu di India, kita ditanya apakah ada rumah seharga US$ 300 di Indonesia. Kita bilang gak ada," ujarnya. (hen/dnl)


detikFinance
0

BI: Cadangan Devisa RI Bisa Capai US$ 120 Miliar

Jakarta - Terus derasnya aliran modal asing ke Indonesia sepanjang 2011 ini diperkirakan bakal membuat cadangan devisa Indonesia terus meningkat hingga US$ 110-120 miliar pada akhir tahun.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menyatakan, meskipun cadangan devisa Indonesia saat ini berada di posisi US$ 98 miliar, namun hingga semester pertama ini belum bakal menyentuh US$ 100 miliar.

Kenaikan outlook sovereign rating dari lembaga pemeringkat Fitch juga diperkirakan Darmin belum akan membuat aliran dana asing terus bertambah dan membuat cadangan devisa RI tembus US$ 100 miliar di semester pertama.

"Itu memang kita perkirakan semester pertama ini belum tembus US$ 100 miliar, jangan terlalu cepat," ujar Darmin saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Namun, hingga akhir tahun, Darmin yakin cadangan devisa bisa mencapai kisaran US$ 110-120 miliar.

"Perhitungan kita akhir tahun memang akan bergerak antara US$ 110-120 miliar tapi itu sebetulnya kita sudah mencoba menghitung, nggak ada rumusnya yang menghitung pas, tapi lebih kurang pas," tegasnya.

Darmin menilai, cadangan devisa Indonesia saat ini sudah cukup kuat untuk menahan jika terjadi pembalikan modal asing besar-besaran dari Indonesia (sudden reversal).

"Tapi sebetulnya jika cadangan devisa US$ 90-an miliar sudah memenuhi, termasuk persoalan itu (memenuhi kalau terjadi sudden reversal)," pungkasnya.(nia/dnl)


detikFinance
0

6 Kabupaten di Jatim Juga Merasakan Suara Dentuman dan Getaran

File detiksurabaya.com

Surabaya - Suara dentuman dan getaran di lereng Gunung Wilis, yang belakangan juga disertai retakan tanah tidak hanya terjadi di Trenggalek, Ponorogo, dan Nganjuk. Data yang masuk di Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Jawa Timur, fenomena alam misterius tersebut juga terjadi di 3 kabupaten lainnya.

Kepala Seksi Mitigasi Bencana Geologi ESDM Jatim Swasta Katriatmojo mengatakan, 3 kabupaten lain yang juga melaporkan fenomena alam serupa adalah Tulungagung, Madiun dan Bojonegoro. Meski demikian di daerah-daerah tersebut belum dilakukan penelitian, sehingga belum diketahui apakah penyebabnya.

"Yang terakhir melaporkan Bojonegoro, tapi detailnya bagaimana saya belum membaca," kata Swasta kepada detiksurabaya.com, seusai melakukan penelitian bersama BMKG pada temuan retakan tanah di Desa Margopatut, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jumat (25/2/2011).

Fenomena alam yang sementara diduga terjadi karena faktor kegempaan tersebut, lanjut Swasta, mulai muncul sejak awal Januari 2011 di Kabupaten Ponorogo dan Madiun. Disusul pada awal Fenruari di Trenggalek, Nganjuk, Tulungagung dan Bojonegoro. "Mungkin memang saling susul, karena sama-sama di lereng Wilis," sambungnya.

Ditanya mengenai penyebab kejadian berantai ini, Swasta masih berpegang pada hasil penelitian yang dilakukannya bersama BMKG. Ditemukannya sumber gempa berkekuatan 0,5 - 3 mmi pada kedalaman 3 - 5 kilometer di Nganjuk, ditengarai juga akan ditemukan di daerah lain yang merasakan dentuman dan getaran tersebut.

"Saya hanya berharap, semoga ini bukan karena aktifitas vulkanik Wilis," tegas Swasta.

Dari rangkaian kejadian aneh tersebut, ESDM Jatim belum bisa memberikan rekomendasi saran tindak kepada daerah yang merasakan, sebelum penelitian secara mendalam selesai dilakukan. Sejauh ini banyak imbauan permintaan masyarakat tidak resah yang disampaikan, ditambah masukan menutup retakan dengan tanah liat apabila memang terjadi.

"Itu masukan termudah yang bisa dilakukan, agar retakan tidak berubah menjadi longsor berskala besar. Semoga BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) bisa merespon dan melakukannya," pungkas Swasta.(bdh/bdh)


detikSurabaya
0

Tiga Prioritas Intel 2011

Santhosh Viswanathan

Jakarta (ANTARA News) - Intel Indonesia mengutarakan tiga prioritas utama yang akan dikerjakannya dalam tahun ini, yaitu pengembangan broadband, pendidikan, dan kerja sama dengan industri lokal.

Setidaknya tiga hal itulah yang akan menjadi perhatian utama Santhosh Viswanathan, Country Manager baru Intel untuk wilayah Indonesia, yang disampaikannya kepada awak media dalam acara perkenalannya di Jakarta, Kamis.

Santhosh yang menduduki jabatannya itu mulai November 2010 mengatakan, broadband sangat penting bagi negara, misi Intel adalah untuk membuat broadband menjadi terjangkau, dan dapat diakses oleh semua orang.

Dalam membantu dunia pendidikan di Indonesia, Intel menetapkan program bernama "Intel Teach". Program yang sebenarnya sudah ada sejak 2007 lalu sudah memberikan pendidikan teknologi informatika kepada 50.000 guru di Tanah Air.

Santhosh mengatakan, pendidikan adalah membangun kesuksesan untuk jangka panjang.

Sementara terkait dengan bisnis intinya, Intel akan kerja sama dengan pengembang lokal.

Santhosh mengungkapkan bahwa Intel akan meluncurkan prosesor baru untuk netbook pada kuartal keempat, meski ia belum mengungkapkan nama dan bagaimana prosesor baru yang direncanakan itu.

Dalam kesempatan itu Santhosh juga mengungkapkan keyakinannya bahwa berkembangnya ponsel pintar bukan tanda dari berakhirnya era netbook.

"Tidak, sama sekali tidak. Biarkan saya bicara mengenai Indonesia. Saya pikir itu suatu terobosan. Anda bisa selalu mengucapkan salam pada ponsel pintar anda. Pikirkan mengenai seseorang membutuhkan keyboard, dan semua orang membutuhkan keyboard," kata Santhosh.(ENY/S026)



ANTARAnews
0

BPPT-Bridgestone Kembangkan Rekayasa Genetika untuk Tanaman Karet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Bridgestone Corporation Jepang bekerja sama meningkatkan kualitas dan produktivitas karet alam dengan rekayasa genetika. "Kami sedang meneliti soal penyakit jamur akar putih yang membahayakan bagi tanaman karet," kata perekayasa biologi molekuler BPPT Dr Wahyu Purbowasito pada Penandatanganan MOU BPPT dengan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) di Jakarta, Kamis.

Dikatakan Wahyu, penyakit jamur akar putih (Rigidoporus microporus) menurunkan produktivitas karet hingga 5-10 persen, dengan menyerang akar tanaman dan kemudian merobohkan batang karet secara bertahap.

Penyakit ini salah satu penyebab Indonesia yang memiliki lahan karet sampai tiga juta hektare namun produktivitasnya hanya dua juta ton per tahun, sementara Thailand hanya memiliki lahan karet dua juta ha namun menjadi penghasil karet terbesar dunia dengan produktivitas tiga juta ton, katanya.

"Selain itu, rendahnya mutu karet Indonesia juga disebabkan belum adanya sentuhan teknologi dalam hal pembibitan serta masih mengandalkan panen dari karet hutan yang ditanam tanpa budidaya," katanya.

Kalaupun ada, ujarnya, hanya menggunakan teknik okulasi yang menggabungkan dua tanaman, yang akarnya kuat dan yang dahannya menghasilkan getah karet yang bagus dan banyak. "Sayangnya teknik ini tidak berkembang. Karena itu kami mulai mengembangkan teknik biologi molekuler dan rekayasa genetik agar pencarian bibit unggul akan lebih mudah dan sesuai yang diinginkan," katanya.

Sementara itu, pimpinan Bridgestone Corporation, Yoichi Takenami, mengatakan, Indonesia harus mengembangkan tanaman karet karena selain hanya bisa tumbuh di tropis, karet sangat penting bagi dunia.
Kepala BPPT Dr Marzan A Iskandar mengatakan, selain mengembangkan kerja sama rekayasa genetika tanaman karet, BPPT dan AIST juga bekerja sama di bidang energi bahan bakar nabati (biofuel) dan biomassa dari limbah sawit.

Kerja sama antara BPPT dan AIST juga mencakup bidang lingkungan, survei geologi, nanoteknologi, material, manufaktur dan teknologi informatika.


Republika
0

Daewoo International Dukung Industri Pertahanan Indonesia

Jakarta, DMCDaewoo International Corporation sebagai perusahaan Korea yang bergerak di bidang perdagangan dan investasi saat ini membawahi tiga anak perusahaan yaitu Daewoo International Corporation, Daewoo Engineering & Construction Company Limited serta Daewoo Corporation. Daewoo International Corporation tumbuh dan berkembang, sebelum akhirnya memutuskan untuk menjadi satu payung dengan Posco yang merupakan perusahaan ketiga terbesar didunia dalam pembuatan besi baja sejak Oktober 2010.

Daewoo International Corporation yang mengedepankan misinya untuk menjadi perusahaan kelas dunia di bidang perdagangan, investasi dan pengembangan menyampaikan keinginannya untuk mendukung industri pertahanan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Vice Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) Daewoo International Corporation Korea (South) Lee, Dong-Hee saat bertemu dengan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Eris Herryanto, S.Ip., M.A, Rabu (23/2), di kantor Kemhan, Jakarta. Dalam pertemuan singkat tersebut, Sekjen Kemhan selaku wakil Menhan RI didampingi oleh Kabadan Ranahan Kemhan Laksda TNI Susilo.

Selain itu, pihak Daewoo mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun selama ini dengan pemerintah Indonesia. Pihak Daewoo juga menyampaikan bahwa perusahaan Daewoo International telah mengembangkan sayapnya di bidang pengembangan pendidikan dengan mendirikan institut keuangan (finance institute). Kepada Sekjen, Vice Chairman juga menyampaikan bahwa perusahaan Daewoo International saat ini tidak lagi bergerak dalam bidang perdagangan (trade) tetapi lebih fokus bergerak di bidang keuangan termasuk diantaranya bidang leasing.

Seperti dijelaskan Sekjen bahwa minggu lalu PT Krakatau Steel melakukan kerjasama dengan Posco dalam penyediaan raw material untuk membuat kapal laut bermuatan besar karena PT Krakatau Steel sendiri untuk saat ini belum dapat memproduksi plat besar untuk jenis kapal laut.

Menurut Sekjen Posco untuk saat ini masih menjadi satu-satunya perusahaan yang memproduksi plat besar untuk jenis kapal laut. Untuk itu Sekjen berharap Posco juga dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lokal lainnya seperti Koja Bahari.

Ditambahkan Sekjen bahwa saat ini juga pemerintah Indonesia masih menjalin hubungan dan kerjasama dengan pemerintah Korea khususnya dalam pembuatan kapal Landing Platform Dock (LPD) yang sempat tertunda lebih dari setahun. (ER/SR)


DMC
0

Porsi Budget Iklan Online di Indonesia masih Kecil

JAKARTA--MICOM: Dari keseluruhan budget iklan yang dikucurkan di Indonesia, hanya 10 persennya yang dialokasikan pada media online atau masih jauh dari yang diharapkan.

Menurut data yang diungkapkan oleh Staf Ahli bidang Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika Henry Subiakto, total belanja iklan di Indonesia pada 2009 mencapai US$4,9 miliar atau setara Rp43,39 triliun (kurs Rp8.855).

Menurut Nukman Luthfie, Online Strategist dari Virtual Consulting, sampai sekarang belum ada survei yang meneliti iklan online dan data mengenai belanja iklan online itu biasanya diambil dari pemilik portal.

"Budget iklan terbesar tetap di televisi karena paling luas jangkauannya," kata Nukman di sela seminar bertajuk Perkembangan dan Pemanfaatan Media Online dan Mobile Untuk Peningkatan Kinerja Perusahaan di Auditorium Adhiyana Wisma Antara di Jakarta, Selasa (22/2).

Minimnya budget itu karena seluruh industri yang terkait periklanan belum mengenal media online dengan baik.

"Khusus untuk 'target audience' pengguna Internet, strategi iklannya harus benar," kata Nukman.

Perusahaan harus memahami perilaku dari pasar yang menjadi target.

Menurut Nukman jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sesuai bagi periklanan UKM (Usaha Kecil Menengah) karena CEO mereka turun langsung dalam pemasaran, berbeda dengan perusahaan besar dimana pemimpin menyerahkan pemasaran kepada anak buahnya.

Nukman mengatakan terjadi pergeseran komunikasi pada masyarakat, mereka tidak lagi mendengarkan iklan tetapi mendengarkan orang lain. Jumlah pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 35 juta. Sedangkan 80% ponsel di Indonesia mampu mengakses website dan wap. Sebanyak 46% pengguna aktif Twitter mengakses melalui perangkat mobile.

Konsumen cenderung membutuhkan waktu lama sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Mereka akan melakukan pencarian mengenai barang itu di Internet mengenai bagus tidaknya sebelum memutuskan untuk membeli. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia
0

PTDI - EADS siap bikin pesawat militer C295

CN235

JAKARTA:
PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) kembali berkongsi dengan pabrikan pesawat asal Eropa, European Aeronautic Defence and Space Company (EADS)-CASA untuk membuat pesawat militer C295.

Direktur Utama PTDI Budi Santoso mengatakan saat ini pihaknya telah siap membuat pesawat C295, dan untuk tahap pertama perseroan membidik proyek pengadaan pesawat di lingkungan TNI.

“Seperti diketahui, TNI ada proyek penggantian pesawat Fokker 27, dan kami membidik proyek tersebut dengan menawarkan pesawat C295. Pembuatan akan dilaksanakan bila kontrak telah diperoleh,” ujarnya, hari ini.

Menurut Budi Santoso, komponen lokal dalam pesawat C295 lebih dari 40%, sehingga perseroan berpotensi ditunjuk langsung oleh pemerintah. Permodalan akan disediakan oleh EADS, dan PTDI akan mengerjakan pembuatan pesawatnya.

“Untuk profit sharing dengan EADS, kami masih membahasnya. Kerja sama ini kami jalin dengan EADS setelah sebelumnya sempat mengalami kerenggangan ketika pemerintah tidak melibatkan Cassa dalam proyek N250,” lanjut Budi Santoso.

C295 merupakan pesawat kemiliteran yang mampu menjalankan berbagai fungsi, terutama untuk keperluan patroli maritim. Di lingkungan NATO, pesawat ini dilengkapi dengan sistem misil terbaru antikapal selam dan kapal permukaan.

Pesawat ini juga bisa berfungsi sebagai pesawat angkut ringan, yang mampu mengangkut personil militer hingga 70 orang. Sejauh ini pesawat C295 telah dipakai di berbagai negara. NATO menggunakan pesawat ini untuk operasi militer di Irak dan Afganistan.

Budi Santoso mengatakan EADS merelokasi pabrik pesawat Casa 212 yang sebelumnya berada di Spanyol. Hal ini lantaran biaya produksi di Eropa jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan di Indonesia.

“Seluruh pabrik pembuatan pesawat itu sekarang berada di Bandung. Produksi Casa 212 dikirim ke Thailand serta Vietnam,” katanya.

PTDI memiliki kapasitas produksi sebesar 12 unit setahun untuk setiap jenis pesawat yang diproduksi.

Sejauh ini pesawat-pesawat yang diproduksi PTDI adalah N-2130, N-250, NC-212, CN-235, N-219. Pada awal berdirinya, BUMN ini menghasilkan pesawat Sikumbang, Belalang, Kunang, serta Gelatik (diproduksi dengan lisensi dari CEKOP Polandia yang sekarang dikenal dengan nama PZL).

Untuk helikopter, produksi PTDI a.l. NBO 105 (lisensi dari MBB Jerman), NBK 117, NBell 412 (lisensi dari Bell Helicopter, AS), NAS 330 Puma (lisensi dari Aerospatiale, Prancis), NAS 332 Super Puma yang merupakan pengembangan dari Puma,serta Tailboom.(er)


Bisnis
0

Krisis Pangan-Minyak dan Riset Ilmiah

LAPORAN IPTEK

”Ada hubungan yang jauh lebih dekat antara harga pangan dan energi (dalam kurun waktu dua tahun terakhir).”
(Robert B Zoellick, Presiden Bank Dunia, 19 Februari 2011)

Geger politik yang melanda Timur Tengah dan Afrika Utara yang memproduksi sekitar 35 persen minyak dunia sejak akhir tahun lalu, dan semakin menghangat hari-hari ini, rupanya ikut memengaruhi harga minyak. Meski sejauh ini belum tampak ada gangguan berarti dalam produksi dan pemasokan, geger yang ada sudah sempat mengerek harga minyak mentah jenis Brent hingga 102 dollar AS per barrel.

Krisis politik, ditambah dengan kekhawatiran bahwa krisis akan meluas ke Iran, juga Arab Saudi, diakui memang telah memunculkan kecemasan bahwa itu akan menimbulkan efek serius terhadap harga minyak dan ketersediaannya.

Situasi yang ada sekarang bisa dikatakan telah masuk pada ”zona bahaya”, ujar Faith Birol, ekonom kepala di Badan Energi Internasional (Steven Erlanger, IHT, 21/2).

Menurut Birol, naiknya harga minyak menimbulkan tekanan inflasi dan mengancam pemulihan ekonomi.

Tentang hubungan harga minyak dan pangan yang makin terkait, seperti disinggung pada awal tulisan ini, alasannya bisa ditemukan pada biofuel. Bahan bakar bio ini makin banyak dibutuhkan saat harga minyak tinggi dan pengadaannya membuat lahan pertanian yang digunakan untuk menanam tanaman pangan menyempit. Namun, selain yang terkait dengan pengadaan bahan bakar bio, harga pangan juga ikut naik karena berbagai produksinya membutuhkan minyak, seperti untuk membuat pupuk, transportasi, dan penggunaan peralatan pertanian.

Krisis membayang

Dikaitkan dengan banyaknya gangguan cuaca ekstrem, melambungnya harga minyak membuat ancaman krisis pangan makin nyata. Ya, seperti dikatakan Ker Chung Yang, analis investasi di Phillip Futures (The Business Times, 21/2), sekarang ini kita tengah menghadapi krisis pangan lagi—yang kedua dalam tiga tahun ini.

Permintaan tinggi di China, India, dan negara-negara lain yang pertumbuhannya baik, tak dimungkiri, ikut menaikkan permintaan akan pangan, khususnya daging dan bahan lain untuk mendukung produksinya. Karena lahan juga dialihfungsikan untuk produksi daging, produksi serealia yang juga dibutuhkan manusia pun ikut turun.

Pada sisi lain, tidak sedikit hasil biji-bijian yang tidak digunakan untuk pangan, tetapi untuk membuat etanol yang digunakan untuk bahan bakar mobil. Dari 416 juta ton produksi biji-bijian Amerika Serikat pada 2009, sebanyak 119 juta ton digunakan untuk membuat etanol. Ini setara dengan pangan yang bisa untuk memberi makan 350 juta orang selama satu tahun.

Tren serupa diamati untuk wilayah Eropa yang membutuhkan banyak minyak diesel yang dihasilkan dari tanaman, khususnya dari kelapa sawit. Hal ini, seperti juga disinggung di atas, membuat lahan pertanian untuk tanaman pangan menciut.

Jadi, kalau harga minyak bertahan tinggi, atau terus membubung, harga pangan pun akan ikut terkerek naik. Dan, kita tahu bahwa faktor minyak baru satu di antara faktor lain yang ada. Faktor lain yang dominan tidak lain adalah cuaca. Pada 2010, ada La Nina yang secara umum menghasilkan musim panas yang basah. Namun, kita juga ingat, di Rusia ada kekeringan hebat yang membuat terjadinya kebakaran besar yang juga merusakkan panen biji-bijian. Hal itu, seperti disinggung Ker, membuat Rusia mengurungkan ekspor, kebijakan yang juga sempat mengguncangkan pasar global.

Kaji ulang kebijakan

Menyimak perkembangan di atas, wajar jika lalu muncul pertanyaan, ”Jadi, dunia segera dilanda kelangkaan pangan?” Peter Timmer, Guru Besar Emeritus Bidang Studi Pembangunan Universitas Harvard, bisa menjawab cepat bahwa yang akan langka adalah ”pangan murah”. Namun, potensi suplai pangan sendiri sebenarnya masih besar.

Problem muncul karena banyak pemerintah mengabaikan upaya riset pertanian, selain investasi di infrastruktur pedesaan serta pelatihan untuk petani kecil guna mendorong ke arah produksi lebih tinggi (The Wall Street Journal, 22/2).

Menarik bahwa riset pembangunan infrastruktur pedesaan dan pelatihan petani agar lebih mampu meningkatkan tingkat produksi merupakan faktor mendasar dalam soal ini. Dalam kaitan ini pula apa yang disampaikan mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla dalam seminar tentang kemiskinan yang diselenggarakan harian Kompas di Jakarta, Senin (21/2), terasa relevansinya.

Kalla meyakini, apa yang dilakukan di lembaga penelitian pertanian di Subang untuk benih padi atau di Pasuruan untuk gula memang besar peranannya guna peningkatan produksi. Pesannya jelas, kalau di sini produksi padi per hektar baru 5 ton, sedangkan di tempat lain bisa 8 ton, berarti yang membedakan memang cara berproduksi yang lebih memanfaatkan benih lebih unggul dan cara tanam serta manajemen lebih canggih.

Jangan diulang kembali apa yang dikemukakan oleh Peter Timmer bahwa apa yang sekarang ini dialami adalah karena kelalaian dalam riset. Di Afrika Sub-Sahara, riset pertanian tak pernah mengalami kenaikan anggaran antara pertengahan 1980-an dan pertengahan 1990-an, sedangkan di Asia yang lebih makmur kenaikan hanya 5 persen per tahun. Ada kenaikan produksi di Asia dan hasilnya tentu jauh antara Asia dan Afrika. Namun, kenaikan 5 persen di tengah tantangan yang makin besar belum mencukupi.

Apa yang disampaikan oleh mantan Wapres di atas seiring dengan pandangan yang berorientasi jangka panjang dan fundamental. Tentu masalah mendesak diatasi dengan langkah cepat. Namun, di tengah realitas bahwa lahan pertanian akan menyusut dari waktu ke waktu—baik untuk pembangunan permukiman maupun tanaman bahan bakar—respons yang masuk akal adalah dengan menaikkan tingkat produksi pada lahan yang menciut. Tak bisa lain, di sini yang amat menentukan adalah riset benih dan teknik tanam yang lebih unggul.[NINOK LEKSONO]


KOMPAS
0

Telesindo Adakan Lomba Aplikasi Android

Model menunjukkan TiPhone A85v dan A88, smartphone Android yang memadukan layar sentuh dan keypad QWERTY.

JAKARTA, KOMPAS.com
- Telesindo Group menyelenggarakan lomba aplikasi untuk ponsel berbasis Android. Lomba terbuka untuk umum, tidak dikenakan biaya, dan berlangsung sejak 22 Februari hingga 25 Mei 2011. Hadiah ratusan juta disediakan untuk pemenang 1,2,3, dan 10 pemenang harapan.

"Biasanya pengguna Android menggunakan aplikasi dari Android Market dari luar negeri. Kita mencoba membuat kejuaraan untuk memperbanyak aplikasi lokal," kata Endy Indra Purwanto, Vice President Product Telesindo Group di Jakarta, Selasa (22/2/2011) menjelaskan latar belakang diadakannya kompetisi tersebut.

Ia mengatakan, saat ini banyak pengembang aplikasi di Tanah Air yang kreatif, namun kesulitan untuk memasarkan produk buatannya. Melalui lomba tersebut, pihaknya juga akan membantu mereka untuk mengkomersilkan aplikasi buatannya.

Semua aplikasi yang masuk akan diberi kesempatan untuk memajang produknya di T-Market, toko aplikasi online yang khusus dikembangkan untuk ponsel berbasis Android buatan TiPhone. Aplikasi yang menang juga punya peluang besar mendapat dukungan marketing seperti dalam aktivitas pemasaran yang dilakukan Telesindo.

"Kita berencana, nantinya aplikasi bisa dijual dengan cara memotong pulsa dengan bekerja sama dengan operator sehingga pengguna lebih mudah dan percaya," jelas Rudi Raharjo, Kepala Divisi Multimedia Telesindo Group. Sementara hak cipta tetap di tangan pembuat aplikasi sehingga ia juga tetap bisa menjualnya ke toko aplikasi lainnya termasuk ke Android Market.

Menurut Agus Hamonangan, Ketua Komunitas id-android, salah satu kendala yang dihadapi pengembang aplikasi karena Google sampai saat ini belum mengizinkan aplikasi berbayar di Android Market di Indonesia. Adanya toko aplikasi lokal dapat membantu mengatasi hambatan yang dialami para pengembang. Hadirnya T-Market juga memperkaya saluran distribusi aplikasi yang kini tersedia selain di Android Market.

"Kekurangan lainnya aplikasi lokal masih sangat sedikit. Dengan adanya kompetisi, mudah-mudahan banyak aplikasi dibuat para developer kita," ujarnya. Ia mengatakan, dari sekitar 6.000 anggota komunitas id-android saat ini, sekitar 600 di antaranya diperkirakan punya kemampuan mengembangkan aplikasi.

Saat ini T-Market hanya dapat diakses melalui TIS, layanan internet unlimited hasil kerja sama Telkomsel dan Telesindo Group. TIS sudah dibenamkan di ponsel-ponsel Android buatan TiPhone Mobile Indonesia yang kini sudah tersedia dua tipe yakni A85 dan A88 masing-masing memadukan keypad QWERTY dan layar sentuh. Namun, Telesindo berencana memperluas layanan semacam itu ke operator lainnya baik GSM maupun CDMA. TIS menyediakan pilihan langganan Rp 50.000 per bulan, Rp 20.000 per minggu, atau Rp 5.000 per hari.


KOMPAS

0

Awas Jebakan Berita Bohong

Internet berisi informasi tanpa batas dan interaksi bebas antar penggunanya. Sayangnya kondisi ini memudahkan penyebaran hoax alias informasi tidak benar, hanya dengan sekali klik.

Keberadaan hoax mungkin hampir sama tua dengan usia internet itu sendiri. Dulu, info ini beredar melalu surat elektronik. Sekarang penyebarannya lebih mudah dan cepat dengan adanya berbagai media sosial.

Saat ini dunia maya dihebohkan dengan Surat Terbuka dari Putri Nurdin Halid yang dimuat sebuah media online. Tulisan ini langsung disebarkan melalui ribuan retweet dan link ke Facebook. Ratusan orang berkomentar dengan anggapan bahwa tulisan tersebut benar-benar ditulis oleh putri Nurdin Halid. Informasi ini menyesatkan, karena tulisan itu adalah satire yang ditulis oleh seorang pengguna layanan tersebut.

Produk jurnalisme selalu mencantumkan 5W dan 1H: Apa, kapan, siapa, dimana, bagaimana dan kenapa. Tanpa enam hal ini, sebuah tulisan layak dicurigai sebagai bukan produk jurnalisme. Jika tulisan itu benar surat dari putri Nurdin, pasti ada keterangan bagaimana putri Nurdin Halid bisa sampai ke situs itu.

Ada juga beberapa laman satire yang mencantumkan kalimat peringatan. Di luar negeri, beberapa situs memang mengkhususkan diri memuat berita plesetan. Ini juga pernah terjadi di Indonesia. Tengok kehebohan berita agama Irfan Bachdim. Para perempuan penggemar Irfan Bachdim dikabarkan membentuk sebuah agama, sehingga berita ini menuai banyak kecaman. Situs berita satire itu sejatinya telah memuat disclaimer yang menyebut bahwa semua berita yang dimuat adalah guyon belaka. Ketidaktelitian pembaca membuat berita tersebut dikira nyata.

Nah, tentu saja tak semua hoax mengakui dirinya sebagai hoax. Informasi hoax bisa dihindari dengan penggunaan logika. Sebagai contoh, pesan berantai yang mengancam akan memblokir akun Blackberry Messenger pengguna jika tidak menyebarkan pesan tertentu. Pesan ini tidak logis, karena Research in Motion adalah perusahaan berdasar hukum yang tak mungkin begitu saja melakukan pemblokiran terhadap pelanggannya.

Cara lain adalah dengan memastikan waktu terjadinya sebuah peristiwa sebelum ikut menyebarkan. Pesan berantai soal "Dian UGM yang sakit kanker stadium 4" sudah beredar di dunia maya selama bertahun-tahun. Ada kemungkinan bahwa pada awalnya pesan ini bukan berita bohong, tapi kemudian terus menyebar sehingga menjadi hoax. Sebaiknya mencantumkan tanggal jika menyebarkan permintaan bantuan secara viral.

Terkadang melakukan percobaan terhadap informasi yang disebarkan juga menyenangkan. Misalnya, informasi bahwa makan permen Mentos setelah minum Coca Cola berbahaya bagi kesehatan. Saya lalu mencoba memasukkan permen Mentos ke dalam Coca Cola, dan ternyata minuman itu benar-benar menyembur ke luar botol. Meski demikian kedua produk itu tidak berbahaya meski dimakan berurutan.

Prinsipnya adalah tidak terburu-buru menyebarkan sebuah informasi. Baca dan pahami terlebih dahulu lalu cek kebenarannya. Sangat mudah, hanya butuh beberapa saat untuk mencari informasi lewat mesin pencari. Jika sebuah informasi terbukti hoax, hentikan rantai penyebarannya. Jika sebuah informasi adalah satire atau plesetan, pahami sesuai dengan konteksnya.

Famega Syavira Putri, penulis, editor Yahoo! Indonesia.





Yahoo