0

56 Tim Bersaing di Kontes Robot Indonesia

Ilustrasi
MEDAN--MICOM: Sebanyak 56 tim dari 25 perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah regional I Sumatera bersaing pada kontes robot Indonesia dan kontes robot cerdas Indonesia 2012 yang diselenggarakan di STMIK Potensi Utama Medan, 4-6 Mei 2012.

Kasubdin Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti Kemendikbud, Bahrum MM di Medan Sabtu (5/5) mengatakan, Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI) merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka menumbuhkan minat generasi muda pada teknologi terutama pengembangan riset dalam bidang robotika.

Kontes diawali dengan perlombaan di tingkat regional yang terdiri dari lima regional. Regional I digelar di Medan, regional II di Bandung, regional III Semarang, dan Yogyakarta, regional IV Surabaya dan regional V di Makassar.

Pemenang tingkat regional akan mengikuti kontes tingkat nasional yang dijadwalkan Juni 2012 di Bandung, Jawa Barat.

Pemenang kontes di tingkat nasional tersebut, nantinya akan mewakili tim Indonesia berlaga di Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robot Contest 2012 di Hongkong pada 19 Agustus 2012.

"Untuk regional I ini diikuti 56 tim dari 25 perguruan tinggi. Pada kontes ini para peserta yang dibagi kepada 4 kategori, yakni KRI (Gulungan), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) "Beroda", dan KRCI Berkaki dan Humanoid League," katanya.

Dewasa ini para mahasiswa Indonesia telah menunjukkan peningkatan dalam bidang robotik yang dibuktikan dengan keberhasilan meraih prestasi di beberapa kontes robot tingkat internasional.

Misalnya meraih tiga emas dalam ajang kompetisi robot dan lomba robot cerdas, "Trinity College Fire - Fighting Home Robot Contest" di Amerika Serikat pada April 2012.

"Prestasi mahasiswa Indonesia dalam bidang teknologi robot dapat dikatakan cukup membanggakan di dunia internasional. Dalam waktu dekat ini kita juga akan mengirimkan tim ikut kontes robot di Hongkong dan Meksiko," katanya.

Ketua panitia Rusli Tanjung mengatakan, kontes tersebut diselenggarakan Direktorat Penelitian Pengabdian pada masyarakat Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia sebagai upaya mengembangkan riset dalam bidang robotika.

KRI dan KRCI merupakan ajang kontes robot yang ke 14 kalinya diadakan secara nasional di Indonesia oleh Dirjen Dikti Kemendikbud dan untuk tahun 2012 ini, STMIK Potensi Utama menjadi tuan rumah di regional I Sumatera.

Pada Kontes Robot Indonesia tersebut merupakan kontes yang melibatkan tiga buah robot yang terdiri dari robot otomatis, robot manual dan robot kolektor.

Setiap tim beranggotakan tiga mahasiswa ditambah seorang pembimbing dengan durasi lomba 3 menit yang terdiri dari 2 metode dan peserta dikelompokkan 4 group untuk memilih juara 1, 2, 3 dan harapan. (Ant/X-12/ip)


MediaIndonesia
0

Teknologi Nuklir Bisa Sejahterakan Rakyat

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Teknologi nuklir dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal ini dikemukakan Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.
"Karena itu harus terus dilakukan sosialisasi pentingnya tenaga nuklir untuk tujuan damai dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Agung Laksono di Jakarta, Sabtu.

Agung menjelaskan, para ahli di bidang teknologi nuklir tentunya telah dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk agar pemanfaatan teknologi nuklir tidak seperti yang terjadi di Fukushima, Jepang, pascatsunami. "Dengan adanya sosialisasi dan pendekatan secara terus menerus diharapkan penerimaan masyarakat juga semakin tinggi, dan resistensi terhadap teknologi nuklir semakin berkurang," katanya.


REPUBLIKA.CO.ID
0

Pembatasan BBM, Esemka Tidak Kurangi CC Mesin

TEMPO.CO, Surakarta – Rencana pemerintah membatasi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi berdasarkan kapasitas mesin tidak membuat produsen mobil Esemka berniat membuat mobil berkapasitas mesin kecil.

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengatakan pengembangan saat ini justru ke arah pembuatan mobil dengan persneling otomatis. “Kapasitas mesin tetap 1.500 cc. Tidak kami turunkan,” katanya kepada wartawan, Jumat, 4 Mei 2012.

Menurut dia, belum ada kepastian dari pemerintah soal pembatasan BBM bersubsidi berdasarkan kapasitas mesin. Lagi pula, dia menilai, Esemka selayaknya bisa lebih maju dengan membuat mobil berkapasitas mesin lebih besar.

“Kami tidak ingin bikin di bawah 1.500 cc, seperti 750 atau 1.000 cc. Kami ingin lebih maju dengan buat yang kapasitas mesinnya lebih besar,” ujarnya.

Menyikapi masalah penghematan energi, dia mengatakan tidak hanya dengan kapasitas mesin yang lebih kecil. Penghematan energi bisa dilakukan dengan membuat mobil berbahan bakar gas atau listrik. “Itu semua sudah ada dalam rencana pengembangan kami. Yang terpenting saat ini, Esemka lolos uji emisi dulu,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pelayanan Solo Techno Park Gampang Sarwono mengatakan bisa saja Esemka membuat mobil dengan kapasitas lebih kecil demi menyikapi pembatasan BBM bersubsidi.

“Kami tidak hanya buat mobil dengan satu tipe. Ada banyak tipe yang akan dikembangkan, misalnya yang kapasitas mesinnya lebih kecil dari 1.500 cc,” katanya. Namun dia mengatakan rencana pengembangan di atas baru dimungkinkan terwujud setelah Esemka masuk tahap produksi massal.

“Kalau sekarang, saya tidak bisa bicara banyak. Yang penting Esemka lolos uji emisi dan bisa produksi massal,” kata dia. Saat ini dia menyebutkan sudah ada 10 ribu pemesan mobil Esemka, yaitu untuk kapasitas mesin 1.500 cc dan 2.000 cc.

Menurut dia, setelah lolos uji emisi, maka yang jadi perhatian adalah memenuhi pesanan di atas. “Sehingga kalau pengembangan varian terbaru, kami akan bikin yang 2.000 cc,” ujarnya. [UKKY PRIMARTANTYO]


TEMPO.CO
0

Sepuluh Tips Tingkatkan Keamanan Komputer Mac

KOMPAS.com - Saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna Mac OS X di seluruh dunia. Jumlah ini terus berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Namun, malware Mac OS X pun juga terus bertambah, termasuk Trojan seperti Mac OS X version of DNSChanger, dan serangan terhadap Mac OS X yang meledak di tahun 2011.

Pada September 2011, versi pertama Mac OS X Trojan Flashback muncul, dan meluas sampai Maret 2012. Menurut data yang dikumpulkan Kaspersky Lab, hampir 700 ribu pengguna terinfeksi sampai dengan awal April ini, dan jumlah tersebut bisa terus meningkat. Meskipun Mac OS X merupakan sistem yang cukup aman, namun tetap saja sebagai pengguna perlu mengambil beberapa langkah untuk menghindari serangan itu.

Costin Raiu, Kaspersky Lab Expert memberikan rekomendasi mengenai 10 tips sederhana untuk meningkatkan keamanan Mac.

1.    Buatlah akun non-admin untuk kegiatan sehari-hari
Akun default pada Mac OS X Anda adalah pengguna administrator, dan penulis malware dapat mengambil keuntungan dari sana untuk menginfeksi komputer Anda. Untuk kegiatan sehari-hari, Kaspersky merekomendasikan Anda untuk membuat akun non-admin dan log in menggunakan akun administrator jika ada keperluan saja.

Untuk membuat akun tersebut, masuklah ke dalam pilihan “Accounts” pada “Sistem Preference” kemudian buatlah akun non-administrator. Gunakan akun baru ini untuk kegiatan sehari-hari seperti email dan browsing. Hal ini sangat membantu untuk membatasi kerusakan dari ancaman zero-day dan serangan malware drive-by.

Mac1


2.   Gunakan browser dengan sandbox dan mempunyai solid track record dalam memperbaiki isu keamanan dalam prompt manner.
Kaspersky merekomendasikan Google Chrome, untuk beragam alasan, salah satunya adalah karena Google Chrome lebih sering diperbaharui dibandingkan dengan browser Safari milik Apple. Sebagai tambahan untuk sandbox, Chrome dilengkapi dengan versi sandbox dari Flash Player yang memberikan penghalang yang signifikan untuk website berbahaya. Google Chrome juga memiliki mekanisme pembaharuan yang stabil yang menghilangkan pembatas pada kerapuhan keamanan. Pastikan browser barunya sebagai browser utama.

Mac2

3.   Hapus Flash Player yang berdiri sendiri
Sayangnya Flash Player milik Adobe kerap kali menjadi target hacker dalam mengambil alih komputer Anda. Versi lama dari Flash Player sangat beresiko pada saat Anda melakukan browsing di internet. Untuk menghapus Flash, Anda bisa menggunakan dua pilihan yang disediakan Adobe, untuk versi 10.4 – 10.5 dan 10.6 dan lainnya.

Mac3

4.  Perbaiki masalah pada Java
Seperti halnya dengan Flash Player, Java juga merupakan target para hacker untuk menanamkan malware dalam perangkat Anda.

Kaspersky merekomendasikan untuk menghapusnya dari komputer. Sayangnya, Apple tidak memperkenankan Oracle untuk memperbaharui Java untuk Mac secara langsung. Mereka melakukannya sendiri, biasanya beberapa bulan kemudian. Hal ini membuat window of exposure pada Mac membutuhkan waktu lama daripada pengguna PC.

Pilihan Java Preferences terdapat pada /Application/Utilities; jangan centang kotak di sebelah daftar versi pada tab General.

Mac4

Jika Anda membutuhkan Java untuk aplikasi spesifik, sangat penting untuk menonaktifkan Java pada Safari dan browser lainnya. Untuk Safari, masuklah ke dalam Preference > Security > Web Content dan jangan centang “Enable Java”.

5. Jalankan “Software Update” dan tambahkan langsung pada perangkat jika update sudah tersedia.
Belakangan ini banyak penyerangan terhadap Mac OS X mengambil keuntungan dari software tua atau tidak terbaharui. Biasanya Microsoft Office, Adobe Reader/Acrobat, dan Java Oracle, namun banyak aplikasi lainnya yang dapat disalahgunakan juga. Office untuk Mac 2011 lebih baik daripada keamanan Office untuk Mac 2008. Jika Anda masih menggunakan 2008, Kaspersky merekomendasikan untuk memperbaharuinya menjadi 2011. Kapanpun Anda melihat Apple “Software Update”, pastikan Anda melakukan perbaikan dan reboot perangkat jika diperlukan.

6. Gunakan pengelolaan kata sandi untuk mengatasi penyerangan phising.
Kabar baiknya adalah, tidak seperti Windows, Mac memiliki pengelolaan kata sandi yang sudah terpasang dalam sistem “Keychain.”

Jika memungkinkan, coba untuk membuat frase unik, dan kuat untuk sumber dan simpan mereka dalam keychain daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. Kapanpun pelaku kriminal dunia maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda – Gmail, Facebook, eBay, PayPal dan lainnya. Oleh karena itu, dengan memiliki kata sandi yang kuat dan unik pada setiap sumber, mampu menciptakan keamanan yang lebih kuat untuk keamanan online.

Hal lain adalah ada banyak saran yang lebih rumit seperti memiliki keychain yang terpisah dengan 3 – 5 menit waktu, untuk kata sandi yang penting. Apa yang dimaksud dengan kata sandi yang penting? Seperti sumber-sumber yang dapat menciptakan kerugian financial: eBay, PayPal, online banking, dan lain-lain. Jika terjadi, maka Anda tidak akan kehilangan seluruh kata sandi.


7.  Jangan aktifkan IPv6, AirPort dan Bluetooth jika tidak dipergunakan
Matikan koneksi jika tidak dipergunakan atau tidak diperlukan. Hal ini diperuntukkan untuk IPv6, AirPort dan Bluetooth yang menjadi celah bagi para hacker dalam menyerang. IPv6 merupakan protocol komunikasi terbaru yang dapat dipergunakan pada Mac.

Untuk menonaktifkannya, Anda dapat memilih menu Apple > System Preference dan kemudian tekan Network. Jika Network Preference dikunci, klik pada icon kunci dan masukkan kata sandi Admin untuk melakukan perubahan. Pilih network service yang Anda inginkan dengan IPv6, seperti Ethernet atau AirPort. Klik Advanced dan klik TCP/IP. Klik pada Configure IPv6 menu yang muncul (biasanya diatur secara otomatis) dan pilih Off.

Info lebih lanjut lihat http://support.apple.com/kb/HT4667.

8. Nyalakan full disk encryption (Mac OS X 10.7+) atau Firevault
Pada Mac OS X Lion, Apple memperbaharui solusi encryption (FileVault) dan menambahkan full disk encryption, yang dikenal dengan sebutan “FileVault 2”. Hal ini memberi keuntungan pada keamanan untuk keseluruhan disk dibandingkan dengan home folder dan bisa sangat berguna jika laptop Anda dicuri.

Info lebih lanjut lihat http://support.apple.com/kb/HT4790.

9.  Perbaharui Adobe Reader menjadi Versi 10 atau yang lebih baru
Adobe Reader telah menjadi target incaran bagi pelaku kriminal dunia maya pada platform Windows dan masih menjadi peringkat tertinggi diantara perangkat di seluruh dunia. Versi 10 juga beberapa keamanan yang membuatnya lebih aman daripada versi sebelumnya. Pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya dengan cara mengunduh pada halaman Adobe – sayangnya, banyak dari versi lama masih tersedia untuk diunduh dan sangat membingungkan.

10. Pasang solusi keamanan yang bagus.
“Mac tidak terinfeksi virus” telah menjadi tema yang biasa kita dengar sejak iklan 2006 dengan gambaran PC yang “sakit” dan Mac yang “sehat”. Enam tahun telah berlalu dan situasi telah berubah dramatis. Tahun 2011, pelaku kriminal dunia maya mulai menekan DNSChangers dan memalsukan anti-virus pada pengguna Mac dengan cara yang agresif. Trojan Flashback yang muncul September 2011 menyebabkan gebrakan besar pada Maret 2012 yang terhitung setengah juta pengguna di seluruh dunia terinfeksi.

Saat ini, solusi keamanan sangat penting untuk pengguna Mac. Anda dapat mengunduh dan mencoba Kaspersky Anti-Virus for Mac. Untuk pengguna Mac OS X, pilihan seperti Little Snitch dapat digunakan untuk menentukan kapan program muncul untuk digunakan pada saat koneksi internet dan memberikan Anda pilihan untuk mengijinkan atau menolak koneksi ini.


KOMPAS.com
0

eReferal, Sistem Rujukan Kesehatan Elektronik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Telkom meluncurkan 'eReferral' yakni sistem rujukan kesehatan secara elektronik yang memudahkan berbagai layanan kesehatan kepada para pasien khususnya dalam memberikan akurasi data dan kecepatan.

"Isi eReferral terdiri dari data demografi, rekam medik, pengobatan dan lainnya," kata Director of Project Business eHealth PT Telkom Saiful Hidayat di Jakarta, Sabtu.

Saiful menjelaskan, program tersebut dapat meningkatkan kolaborasi dari tingkat pelayanan tingkat puskesmas, rumah sakit umum daerah, rumah sakit umum pusat, dinas kesehatan daerah hingga ke tingkat pusat.

"Dengan adanya sistem ini maka bisa mempermudah pelaksanaan sistem badan penyelenggara jaminan sosial karena semuanya akan terkoneksi dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan, pada tahun 2014 adalah awal perubahan sistem kesehatan di Indonesia.
"Pada tahun itu seluruh kesehatan di Indonesia dijamin oleh pemerintah dengan sistem jaminan sosial nasional yang diimplementasikan melalui sebuah badan pemerintah yang dikenal dengan badan penyelenggara jaminan sosial," katanya.

Dengan adanya badan penyelenggara jaminan sosial, kata dia, maka teknologi akan sangat berperan. "Teknologi akan sangat dibutuhkan untuk mempermudah layanan kesehatan karena bisa menyediakan data lengkap mengenai siapa dan penyakit apa yang bisa dibawa langsung ke rumah sakit dan lain sebagainya," katanya.

Sistem koneksi elektroNik di bidang kesehatan, menurut dia, akan menghasilkan efisiensi nasional.


REPUBLIKA.CO.ID
0

Kemkominfo targetkan bangun Wifi di 745 kabupaten

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan pembangunan "Wireless Fidelity" (Wifi) di 745 kabupaten di Indonesia.

"Program Wifi di 745 kabupaten di Indonesia ini dikerjakan dalam kerangka Kewajiban Pelayanan Umum (KPU), tujuannya agar masyarakat mendapat internet gratis dengan kecepatan yang bagus," kata Kepala Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kominfo H. Santoso di Jakarta, Jumat.

Rencananya wifi yang disediakan secara gratis selama 24 jam tersebut akan berkecepatan 2 megabyte.

"Pengoperasian wifi pertama akan dilakukan pada Juni 2012 di Ambon, bertepatan dengan momen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), lokasi pendirian wifi diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing," jelas Santoso.

Pembangunan wifi itu adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mencapai target agar seluruh wilayah Indonesia sudah memiliki jaringan internet pada 2015, sesuai komitmen pemerintah pada konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

"Selain wifi kami juga berupaya untuk melakukan `upgrading` desa punya internet atau desa pinter di 1.330 desa dengan kewajiban penggunaan sistem operasi maksimal satu berbasis `opensource` dan berlisensi," tambah Santoso.

Program selanjutnya adalah pembangunan Nusantara Internet Exchange (NIX) di 33 ibu kota provinsi, saat ini yang baru selesai baru di Medan, Palembang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Jayapura dan Ternate.

"Kami ingin memasang `gateaway` agar akses internet di daerah dapat cepat namun tidak mahal, rencananya pada perayaan kemerdekaan RI tahun ini, `gateaway` di 25 provinsi lain sudah selesai," ungkap Santoso.

Sejumlah proyek tersebut dikerjakan dalam kerangka Kewajiban Pelayanan Umum atau Universal Service Obligation (KPU/USO) yaitu bentuk tanggung jawab pemerintah dalam penyediaan layanan umum di bidang telekomunikasi bagi masyarakat.

Sejak 2006, KPU mewajibkan penyedia jasa layanan telekomunikasi (vendor) menyerahkan kontribusi sebesar 0,75 persen dari pendapatan untuk membangun jaringan telekomunikasi di daerah terpencil di Indonesia, dan pada 2009 jumlah kontribusi tersebut dinaikkan menjadi 1,25 persen untuk dikelola oleh BP3TI.

"Tahun lalu jumlah USO yang diserahkan perusahaan adalah sebesar Rp3,6 triliun dan sejak 2009 rata-rata kontribusinya adalah Rp1,4 triliun dari 286 operator," jelas Santoso.

Uang tersebut, menurut Santoso, akan kembali ke operator karena pemerintah menetapkan model sewa jasa dengan subsidi operasi terendah kepada operator yang akan membangun jaringan di daerah.

"Artinya uang yang mereka berikan juga akan kembali ke mereka karena pihak yang mengerjakan program tersebut juga operator sendiri, bila mereka memenangi tender yang ditetapkan pemerintah," ungkap Santoso.

Hingga 2011, dalam kerangka USO sudah hadir 31.029 desa dering (desa yang terjangkau layanan telepon) yang dibangun oleh dua operator yaitu PT Telkomsel dan Icon Plus.

Sedangkan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) telah terbangun di 5.748 titik di seluruh Indonesia dalam 11 paket wilayah. (T.D017/R010) 



ANTARA News
0

UGM koleksi ratusan fosil manusia purba

Tulungagung, Jawa Timur (ANTARA News) - Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta kini mengoleksi ratusan fosil manusia purba.

Menurut Ketua Kepala Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi, Fakultas Kedokteran UGM, Rusyad Suryanto, koleksi itu hasil penelitian yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

"Termasuk penelitian yang dilakukan di wilayah Jawa Timur di Kabupaten Tulungagung ini," kata dia di Tulungagung, Jumat.

Ia menjelaskan, selama ini tim peneliti UGM telah melakukan penelitian fosil manusia purba di berbagai wilayah, yaitu Bali, Papua dan Jawa Barat serta Jawa Tengah.

Langkah itu, menurut dia, sebagai bentuk penyelamatan sejarah atas peristiwa yang terjadi tentang kehidupan manusia purba.

"Demikian juga observasi yang kami lakukan di Tulungagung ini," ucapnya, menambahkan.

Sejak Kamis (3/5), sejumlah ahli arkeologi UGM dan Universitas Airlangga, menggelar observasi fosil dan subfosil kehidupan manusia purba di sekitar Goa Song Genthong, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung.

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung hingga selama empat hari itu, dikonsentrasikan di dua mulud Goa Song Genthong. Pada penelitian hari pertama, ditemukan beberapa benda yang diduga bagian dari subfosil kehidupan manusia purba.

Rasyad menjelaskan, meski telah ditemukan beberapa benda, namun pihaknya belum memastikan bahwa-benda itu merupakan artefak purbakala yang sedang mereka cari.

Tetapi ia memastikan bahwa di area yang tengah mereka gali itu memang terdapat jejak sisa manusia purba dengan mengacu temuan sejumlah subfosil pada tahun lalu.(KR-ZIZ/C004)

0

Pesawat Tanpa Awak Karya Siswa SMA

Kompas/Iwan Setiyawan  - Siswa SMA Negeri 2 Kota Depok mencoba pesawat terbang tanpa awak di Kantor Kemendikbud di Jakarta, Rabu (2/5/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com Siswa SMA Negeri 2 Kota Depok berhasil membuat pesawat ringan tanpa awak, dengan penggerak tiga baling-baling.

Pesawat itu dipamerkan dan didemonstrasikan pada pemeran Hari Pendidikan Nasional di Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta, Rabu (2/5/2011) ini.

Pesawat itu awalnya dibuat untuk diikutkan dalam lomba robot tingkat pelajar. Alfin dan Rendi yang menjadi anggota tim perakit pesawat menjelaskan, pesawat itu dapat difungsikan untuk mendeteksi korban bencana alam.

"Dengan dilengkapi kamera video dan GPS, pesawat ini dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan korban di lokasi bencana. Pesawat ini mampu terbang hingga jarak dua kilometer," kata Rendi.

Keunikan lainnya, pesawat karya pelajar itu dibuat dari bahan-bahan sederhana, seperti rangka dari aluminium dan pelindung baling-baling dari baskom plastik yang dipotong. Tenaga penggeraknya menggunakan baterai kering.

"Untuk baterai masih menjadi salah satu kendala karena hanya tahan sekitar tiga hingga lima menit. Kami sedang memesan baterai yang lebih tahan lama. Semoga malam ini sampai, dan kita bisa sempurnakan pesawat," tutur Alfin.

Meskipun sederhana, keberhasilan pesawat ini untuk terbang menunjukkan bahwa pelajar SMA telah mampu mengaplikasikan teknologi untuk membantu kehidupan manusia.


KOMPAS.com
0

E-commerce Indonesia Masih Mencari Jati Diri

IDEA - Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) didirikan di Jakarta, Kamis (3/5/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki 55 juta pengguna internet, dengan 57 persen memilih berbelanja secara online. Namun, belum ada aturan hukum yang mengatur keamanan transaksi online. Dengan adanya asosiasi e-commerce, diharapkan akan semakin banyak perusahaan e-commerce yang bisa bertanggung jawab secara hukum.

Hal ini disampaikan Daniel Tumiwa, Country Manager Multiply.com yang dipercaya sebagai Ketua dewan pengurus Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) yang diresmikan hari ini, Kamis (3/5/2012) di Jakarta.
"Selama ini transaksi e-commerce mengacu kepada Undang-undang ITE. Pemerintah sedang menggodok aturan baru yang mengatur pelaksanaan UU tersebut. Gunanya asosiasi ini nantinya, untuk membantu pemerintah menganalisis kebutuhan industri," jelas Daniel saat ditemui Kompas.com usai jumpa pers.

Menurut Daniel, aturan hukum e-commerce di Indonesia belum jelas, karena e-commerce memiliki bisnis model yang beragam. Masing-masing bisnis model tersebut harus memiliki aturan hukum yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhannya.

Empat bisnis model yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sebagai berikut :
1. Marketplace
Yakni tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dalam satu website. Di dalam marketplace akan ditemukan integrasi pembayaran dan pengiriman. Contohnya BliBli.com, Multiply.com, Plasa.com, dan Tokpedia.com.
2. Classified Ads
Yakni transaksi yang terjadi karena adanya iklan baris di website. Model bisnis seperti ini yang paling sulit dilacak karena transaksinya yang kebanyakan terjadi secara offline. Iklan baris secara online hanya berfungsi sebagai informasi, bukan tempat transaksi. Contohnya Berniaga.com, Kaskus.us, dan Tokobagus.com.
3. Daily Deals
Model bisnis seperti ini menguntungkan pelanggan karena selalu ada diskon dan penawaran menarik setiap hari. Semakin banyak calon pembeli, maka diskonnya akan semakin besar. Contohnya DealGoing.com.
4. Online Retail
Yakni perusahaan retail yang sudah sukses melakukan transaksi bisnis di ranah offline kemudian pindah ke ranah online untuk memperluas pasar. Contohnya Bhinneka.com dan Gramedia.com.

Selain aturan yang belum jelas karena banyaknya bisnis model, kendala e-commerce di Indonesia adalah kurangnya edukasi kepada masyarakat selaku pelanggan. Untuk itulah asosiasi ini nantinya akan berfungsi.

"Asosiasi ini akan menetapkan standar keanggotaan bagi perusahaan e-commerce. Perusahaan yang ingin menjadi anggota misalnya harus berbadan hukum, harus memiliki costumer service 24 jam, dan standar lainnya. Kami belum bisa mempublikasikan standarnya seperti apa. Tapi harapan kami adalah, anggota asosiasi akan menjadi perusahaan yang bisa dipercaya oleh pelanggan karena memiliki standar-standar tersebut," tutup Daniel.


KOMPAS.com
0

Beli Tiket Apa Saja di Tiket.com

Dokumentasi Tiket.com - Managing Director Tiket.com Mikael Gaery Undarsa

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli segala macam tiket dalam satu situs, inilah obsesi Tiket.com. Situs e-commerce pendatang baru ini memberi layanan pemesanan dan pembelian tiket online untuk pesawat, hotel, konser musik dan bioskop.

Tren metode pembayaran online menginspirasi 7 programmer muda yang doyan traveling untuk mendirikan Tiket.com. Sektor industri pariwisata dan hiburan menjadi ruang lingkup bisnis mereka.

Tiket.com mulai dikembangkan pada Agustus 2011, dan sudah bisa diakses sejak Desember 2011 dengan menyediakan bahasa Indonesia dan Inggris serta satuan pembayaran dollar dan rupiah. Sampai akhirnya, pada Kamis (3/5/2012) di Jakarta, para pendiri percaya diri meluncurkan Tiket.com secara resmi.

Menurut Managing Director Tiket.com Mikael Gaery Undarsa, saat ini konten di Tiket.com masih fokus kepada kebutuhan lokal. "Jadi sementara ini kami belum melayani pemesanan atau pembelian tiket pesawat dan hotel untuk ke luar negeri," ujar Mikael.

Untuk hotel, saat ini Tiket.com telah bekerja sama secara langsung dengan lebih dari 550 hotel di 50 kota di Indonesia, mulai dari penginapan non bintang hingga hotel bintang 5.

Dalam kategori penerbangan, sementara ini Tiket.com bekerja sama dengan 3 maskapai penerbangan untuk perjalanan domestik, yakni Sriwijaya Air, Batavia Air dan Lion Air. Sayangnya, Tiket.com belum melayani pemesanan tiket kereta api ataupun kapal laut.

Di sektor hiburan, Tiket.com bekerjasama dengan perusahaan pengelola bioskop Blitzmegaplex untuk tiket nonton film. Ini merupakan kali pertama di Indonesia perusahaan bioskop menjadikan pihak ketiga untuk menjual tiket mereka. Sementara untuk tiket konser dari musisi lokal dan internasional, Tiket.com bekerja sama dengan 5 promotor.
Sebagai platform e-commerce, Tiket.com tentu menyediakan pembayaran dengan kartu kredit berlabel Visa ataupun Master Card.

Namun, mereka menyadari bahwa masyarakat Indonesia belum sepenuhnya percaya dengan transaksi online, apalagi transaksi yang harus mengisi data rinci kartu kredit mereka. Karen itulah, Tiket.com menyediakan transaksi dengan cara transfer langsung dari rekening pelanggan di Bank Mandiri, BCA ataupun KlikBCA.

Untuk memberi rasa aman kepada pelanggannya, Tiket.com menghadirkan layanan customer service bagi pelanggan yang ingin bertanya seputar transaksi dan konten Tiket.com, dari pukul 8 pagi sampai 10 malam.

Tak hanya itu, Tiket.com juga menyediakan Live Chat untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Tombol Chat Live tersedia di kanan atas halaman Tiket.com. Tinggal isi nama dan alamat email, maka pelanggan sudah bisa chatting untuk menanyakan segala hal.

Berkantor di jalan KS Tubun, Jakarta Barat, Tiket.com mendapat suntikan dana dari investor lokal perorangan, atau disebut angel capital. Saat ini Tiket.com diasuh oleh setidaknya 25 karyawan, 7 di antaranya khusus menangani customer service dan live chat.


KOMPAS.com
0

Telkom Tawarkan Groovia TV

Telkom Tawarkan Groovia TV
MI/Adam Dwi/ip
JAKARTA--MICOM: PT Telekomunikasi Indonesia meluncurkan layanan baru televisi interaktif berbasis Internet Protokol bertepatan dengan perhelatan ICT Expo 2012 di Jakarta, 3-5 Mei.

"ICT Expo 2012 merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat untuk mengetahui dan mencoba produk media dan edutaintment Telkom," kata Direktur Solusi TIK dan Portofolio Strategis Telkom Indra Utoyo ketika mendampingi Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Ashwin Sasongko yang meninjau stan Telkom di Balai Sidang Jakarta, Kamis (3/5).

Layanan televisi interaktif itu diberi nama Groovia TV dan Groovia Lite yang dijanjikan berbeda dengan televisi biasa karena memiliki berbagai fungsi multimedia terkini.

"Groovia TV memiliki fungsi pause dan rewind, bisa karaoke sesuai permintaan dengan jutaan lagu yang tersimpan di server kita," kata seorang sales Telkom.

Teknologi itu merupakan salah satu bentuk teknologi web 2.0 yang memungkinkan pengguna meminta siaran televisi yang terlewatkan diputar kembali.

Melalui kerja sama dengan sejumlah studio Holywood dan lokal, GrooviaLite juga menghadirkan sejumlah konten film, sementara fitur music streaming juga hadir atas kerja sama dengan sejumlah label musik.

Untuk mengakses layanan itu, pengguna cukup mengakses ke www.groovialite.com tanpa dipungut biaya selama masa promosi.

Aplikasi GrooviaLite untuk ponsel iPhone dan Android dapat diunduh di laman internetnya, sementara dalam waktu dekat aplikasi tersebut juga akan hadir di AppStore milik Apple serta Google Play. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia
0

LKBN ANTARA turut ramaikan "ICT Expo 2012"

Jakarta (ANTARA News) - Perum LKBN ANTARA turut berpartisipasi dalam "ICT Expo-IT Indocomm 2012" yang merupakan ajang bagi para penggiat industri teknologi informasi dan komunikasi.

"Sasaran kegiatan kami dalam pameran ini adalah mengenalkan berbagai produk dan layanan Kantor Berita ANTARA, baik yang relatif baru maupun yang sudah cukup dikenal masyarakat seperti portal berita," kata Asisten Manajer Kemitraan dan Protokoler LKBN ANTARA, Eru Peni, ketika ditemui di Balai Sidang Jakarta (JCC), Kamis.

Peni mengatakan, ANTARA juga tengah gencar mempromosikan layanan terbarunya yaitu Sistem Manajemen Dokumen (DMS) yang sejalan dengan tren "cloud computing" yang tengah berkembang di sektor industri.

"Sesuai dengan tema pameran kali ini, kami juga mendorong agar sistem "cloud computing" terus diadopsi oleh beberapa mitra dan pelanggan," kata Peni.

Selain itu, kata Peni, pihaknya juga tetap mengenalkan unit usaha lain ANTARA seperti Indonesian Market Quotes (IMQ), layanan berita VSAT, portal berita antaranews.com, layanan ANTARA Foto, dan departemen pendidikan jurnalistik.

Secara terpisah ANTARA juga mendukung pelaksanaan ICT Expo 2012 dengan menjadi media partner kegiatan yang diikuti berbagai komunitas TIK di Indonesia dan Asia Pasifik.

Sejumlah perwakilan dari perusahaan TIK dari Malaysia, China, Taiwan, dan Singapura juga tampak menyemarakkan acara yang akan berlangsung pada 3-5 Mei 2012 itu.

Informasi tambahan tentang ICT Expo 2012 kali ini dapat diakses melalui laman www.ictindonesia.com.(T.P012/Y008)


ANTARA News

0

BNI Ajak Mahasiwa FE USU Berwirausaha

Jurnas.com DIREKTUR Utama PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk, Gatot Mudiantoro Suwondo, hari ini, Kamis (3/5), memberikan materi perkuliahan seputar "business wisdom" kepada para mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara yang akan melakukan praktik bisnis dalam kuliah umumm kewirausahaan.

Dalam kuliah tersebut, juga sekaligus diterapkan praktik bisnis melalui Entrepreneurship Development Program (EDP). Di mana, modal usaha nantinya akan dimasukkan sebagai tabungan ke BNI sebesar Rp500 juta. "Uang tersebut tidak diterima langsung oleh mahasiswa. Mahasiswa akan menggunakan uang yang dicetak khusus oleh Puslitbang FE USU," kata Dekan FE USU, Jhon Tafbu Ritonga.

Meski begitu, kata Jhon, uang tersebut dapat diambil bila mahasiswa tersebut telah lulus kuliah. "Selama 3-4 tahun mendatang, uang tersebut diharapkan bisa berkembang menjadi Rp5 miliar," kata John.

Peserta kuliah sebanyak 1.000 mahasiswa angkatan tahun 2011 dan sekitar 70 persennya perempuan. Jhon menuturkan, dari jumlah mahasiswa tersebut, akan terbagi sebanyak 250 kelompok bisnis, yang akan dibimbing sebanyak delapan tim monitoring. Mentor tersebut direkrut dari dalam maupun luar kampus oleh Dekan FE USU. "Masing-masing kelompok diwajibkan membuat business plan (rencana bisnis)," kata Jhon.

Kemudian, katanya, para mahasiswa mempraktikkan dalam student saturday market (SSM) FE USU sejak 5 Mei 2012. Jadi, setiap sabtu mahasiswa menggelar usaha dengan berbagai jenis produk usaha.

Diharapkan, kata John, dengan kegiatan tersebut dapat melahirkan sebanyak 100 perusahaan baru berbadan perseroan terbatas.

Menurutnya, program tersebut dirancang sebagai "business real game" yang akan menjadi simulasi atau laboratorium ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro.

John mengatakan, tujuan praktik bisnis tersebut untuk mendorong mahasiswa menjadi wirausaha, baik sebelum maupun setelah lulus Diploma 3 (D-3) dan Strata-1 (S-1), mengembangkan bisnis selama kuliah mapun usai lulus kuliah, mempelajari pendidikan keuangan secara simulatif dan realistik. Selain itu, juga untuk ikut ambil bagian dalam "Gerakan Ayo ke Bank Ayo Berbisnis".
0

Indonesia Dipercaya Jadi Pusat Informasi Bencana ASEAN

Jurnas.com | INDONESIA dipercaya oleh 10 negara ASEAN menjadi pusat informasi bencana. Hal ini desepakati dengan dibentuknya ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistane (AHA Centre) oleh 10 negara ASEAN, sejak 10 November 2011. "AHA Centre dibentuk dengan tujuan untuk mengantisipasi bahaya bencana di setiap wilayah di negara-negara ASEAN. Hal Ini terkait dengan regional respon untuk mengkoordinasi kegiatan penanganan bencana, "kata Executive Director AHA Centre, Said Faisal, saat ditemui Jurnal Nasional, di Jakarta, Kamis (3/5).

Ia berharap, dengan adanya AHA Centre ini, dapat membantu menyalurkan sebanyak mungkin informasi tentang bencana ke berbagai wilayah di negara-negara ASEAN. “Tentunya kami tidak bekerja sendirian. Kami bekerja sama dengan lembaga-lembaga penanganan bencana di berbagai wilayah di negara-negara ASEAN tersebut,” ujar Said.

Ia mengatakan, sejak awal berdirinya, AHA Centre banyak mendapat dukungan dari negara-negara besar, terutama Jepang. “Mereka sangat mendukung kita dan pendonor utama dalam bidang Information and Communications Technology (ICT),” ujar Said.

Ia berharap, kedepannya semakin banyak informasi yang diberikan kepada masyarakat agar mereka bisa lebih siap bila terjadi bencana. “Sekarang kita lakukan monitoring tentang bencana-bencana di negara ASEAN dan memberikan informasi kembali ke negara-negara tersebut,” ujarnya.


< Jurnas >
0

Olah Serabut Kelapa agar Bernilai Ekonomi Tinggi

Serabut kelapa pada sebagian masyarakat biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sapu dan keset. Bagi sebagian yang lain, serabut kelapa bahkan hanya menjadi limbah yang dibuang. Namun, di tangan Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM M) Pengabdian Masyarakat UGM tahun 2012 di wilayah Kulon Progo, serabut kelapa diolah menjadi bahan industri yang bernilai ekonomi tinggi.

Adalah Agustina P.R.M., Ismianti, Ahmad Juwari, Ari Akbar D., dan Wibowo Prasetyo, mahasiswa UGM yang menggagas pemanfaatan serabut kelapa menjadi bahan pengganti kapas untuk bantal. Kelima mahasiswa yang didampingi oleh dosen pembimbing, Subejo, S.P., M.Sc., Ph.D., memanfaatkan serabut kelapa sebagai bahan pembuat bantal karena di wilayah Kulon Progo cukup melimpah serabut tersebut dan belum dimanfaatkan secara optimal.

Menurut Subejo, proses pembuatan bantal berbahan serabut kelapa sangat sederhana. Pada tahap awal, cukup dilakukan penyemprotan agar serabut dapat direkatkan satu dengan yang lain. Setelah itu, serabut yang telah direkatkan dibentuk sesuai dengan yang diinginkan. "Untuk bentuk dan ukuran ini bisa dibuat sesuai keinginan, bebas saja dan tidak menutup kemungkinan dibentuk sesuai kebutuhan masyarakat," ujar dosen Fakultas Pertanian UGM ini, Selasa (1/5).

Sejauh ini, warga Dusun Sungapan, Galur, Kulon Progo, terutama ibu-ibu PKK, menyambut baik ajakan Tim PKM M UGM. Mereka berharap program akan terus berlanjut. Ismianti, mahasiswa Fakultas Teknik UGM, mengaku gembira melihat respon masyarakat terhadap program ini. Masyarakat Dusun Sungapan terlihat antusias dalam mengembangkan program pembuatan bantal berbahan serabut kelapa."Sepertinya mereka berharap agar desa mereka dapat menjadi pusat pengolahan limbah serabut kelapa karena mereka sudah tahu hasil dari pengolahan serabut kelapa ini mampu meningkatkan pendapatan mereka," terang Ismianti.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo juga memberikan respon yang sama. Bahkan pada tanggal 29 April 2012, di Desa Tirtorahayu, Kecamatan Galur, Kulon Progo, telah dilakukan launching produk hasil praktik pengembangan olahan limbah kelapa oleh kelompok ibu-ibu anggota PKK. Kegiatan yang dihadiri oleh Asekda Bidang Perekonomian dan Staf Ahli Bupati Kulon Progo ini menampilkan berbagai varian bantal. (ugm.ac.id/ humasristek)
0

Survei: 43 Persen Pengguna Buka Internet Cuma dari Ponsel

operamobile
KOMPAS.com - Hasil survei yang dilakukan Opera menyebutkan 56 persen pengguna browser mobile Opera hanya mengakses web dari perangkat bergerak.

Hasil lain, sebanyak 43 persen pengguna browser mobile non-Opera, juga mengaku hanya mengakses web dari perangkat mobile, seperti ponsel dan tablet.

Artinya, cukup banyak responden tak mengakses internet/web dari komputer desktop/laptop dan sangat bergantung pada browser mereka di perangkat bergerak.

Survei ini dilakukan sepanjang November 2010 hingga November 2011. Survei mencakup 34 ribu responden di 22 negara dari 4 benua.

Pengguna memilih solusi penjelajahan web dengan mengoptimalkan browser di perangkat bergerak mereka, salah satu diantaranya adalah Opera.

Bahkan, di Amerika Serikat, sebagian besar pengguna smartphone hanya membuka website dari ponsel pintar mereka.

Dengan hadirnya Opera, perusahaan ini mengklaim mampu memberikan kemudahan bagi pengguna perangkat bergerak, seperti pengguna laptop dan smartphone.

Browser Opera pada smartphone memiliki fitur yang lengkap, sehingga tak jauh berbeda dengan browser Opera untuk desktop dan laptop.

Fungsi fitur-fitur tersebut diantaranya :
1. Address Bar, untuk mengetik alamat URL yang dituju.
2. Search Field, untuk mencari web atau konten tertentu.
3. Back, untuk kembali ke halaman sebelumnya.
4. Bookmarks, untuk mengingat halaman favorit sehingga bisa diakses kembali kapan saja.
5. Tabs, untuk membuka halaman baru tanpa menutup halaman web yang sedang dibuka.
6. Menu, untuk memilih fitur-fitur dan layanan lain yang disediakan Opera.


Sumber : Slashgear
0

Sepuluh Perusahaan Gagas Asosiasi E-commerce Indonesia

KOMPAS.COM/ DIDIK PURWANTO - Asosiasi e-commerce Indonesia diresmikan pendiriannya di Jakarta, Kamis (3/5/2012).
JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh perusahaan e-commerce di Tanah Air menggagas berdirinya Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Asosiasi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas e-commerce yang dijalankan melalui platform setiap anggotanya.
Visi Asosiasi ini antara lain untuk menciptakan industri yang sehat, serta menjadi jembatan dan menjalin hubungan yang baik antar pemain dalam industri dengan para mitra industri secara berkesinambungan, termasuk diantaranya dengan pemerintahan dalam hal regulasi yang berkaitan dengan kepentingan industri.

Untuk mewujudkan visi tersebut, idEA akan fokus kepada pengembangan sumber daya manusia dalam industri e-commerce.
"Selain itu, idEA juga akan membuat standar-standar yang bisa digunakan oleh perusahaan e-commerce dalam kegiatan komersial di ranah online," ujar Daniel Tumiwa, ketua idEA, dalam jumpa pers di Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (3/5/2012).

Selama tahap persiapan, Asosiasi E-Commerce Indonesia akan diurus oleh Dewan Penasehat yang terdiri atas :
1. Wiliam Tanujaya (Tokopedia.com) selaku ketua
2. Ken Dean Law (Kaskus.us)
3. Kusumo Martanto (BliBli.com)
4. Edward Kim (DealGoing.com)
5. Edi Taslim (Gramedia.com)
6. Hendrik Tio (Bhinneka.com)
7. Dwi T. Cahyono (Multiply.com)
8. Remco Lupker (TokoBagus.com)
9. Jullian Gafar (Berniaga.com)
10. Aris Siswoko (Plasa.com)
Sedangkan Dewan Pengurus yang akan menaungi semua kegiatan operasional adalah Daniel Tumiwa sebagai ketua dan Arnold Sebastian Egg (TokoBagus.com) sebagai wakil ketua.

Menurut Daniel, isu-isu e-commerce yang akan diurusi oleh Asosiasi ini di antaranya :
1. Edukasi kepada masyarakat tentang e-commerce yang aman dan bertanggung jawab.
2. Regulasi pemerintah yang pro industri.
3. Hak kekayaan intelektual.
4. Sistem pembayaran pada e-commerce.
5. Kejahatan cyber.
6. Perlindungan pelanggan e-commerce.
7. Kerja sama logistik.

Asosiasi yang baru terbentuk ini, akan melakukan langkah awal yakni mengurusi persyaratan keanggotaan bagi perusahaan lain yang ingin bergabung. Dengan seleksi dan persyaratan yang ketat, diharapkan anggota asosiasi ini adalah perusahaan e-commerce yang memiliki standar transaksi online yang bisa dipertanggung jawabkan.


KOMPAS.com
0

Modernisasi Jaringan Telkom Dimulai

Pembangunan serat optik ditargetkan selesai 100 persen pada 2016.

VIVAnews - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) secara resmi mematikan jaringan (phase out) akses telekomunikasi kabel tembaga yang selama ini melayani kebutuhan telekomunikasi di kawasan Segitiga Emas Sudirman-Thamrin-Kuningan. Phase out ini menandai dimulainya implementasi Next Generation Network (NGN).

"Phase out yang dilakukan pada Senin (30/4) menandakan transformasi bisnis dari perusahaan berbasis Infokom menjadi Telecommunication Information Media, and Edutainnment (TIME). Ini serius dilakukan dan tidak pernah berhenti," ungkap Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah, dalam keterangan tertulis, 2 Mei 2012.

Telkom akan melakukan pembangunan serat optik secara nasional, dari ujung barat hingga ujung timur dengan total panjang 23.713 km. Pembangunan serat optik ditargetkan selesai 100 persen pada 2016.

Rinaldi melanjutkan, aksi modernisasi jaringan kabel tembaga sudah dilakukan sejak 2011. Proyek ini ditargetkan selesai tahun 2015 mendatang.

Di tahun 2011 jaringan akses sebanyak 360.000 satuan sambungan layanan di 8 Sentral Telepon Otomat (STO) di dua kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Surabaya telah dilakukan dengan nilai investasi sekitar Rp1 triliun

STO yang dimodernisasi adalah di Cengkareng, Gandaria, Kebayoran Baru, Semanggi1, Slipi, Rawamangun dan Kelapa Gading. Sedangkan untuk wilayah Surabaya meliputi di Injoko dan Manyar.

Sedangkan tahun ini, Telkom melakukan program modernisasi jaringan akses dengan target sebanyak 2,4 juta satuan sambungan layanan di 66 Sentral STO dengan alokasi dana sebesar 4 triliun rupiah. Areanya meliputi Jakarta, Bandung, Cirebon, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Solo, Surabaya, Yogyakarta, Bandarlampung, Medan, Padang, Palembang dan Pekanbaru.

Hingga 2015 program modernisasi jaringan akses ditargetkan sebanyak 13 juta satuan sambungan dengan kemampuan true broadband. Total investasi secara keseluruhan sekitar US$2 miliar.

“Modernisasi ini akan menjadikan Telkom menuju jaringan information and communication technology (ICT) nasional berbasis IP dan optical network yang menjadi tulang punggung terbentuknya next generation nationwide broadband network (NG-NBN),” ucap Rinaldy.

Untuk diketahui, jika menggunakan kabel tembaga kecepatan akses yang didapat hanya mampu menyalurkan maksimal hingga 4Mbps. Sementara serat optik mampu menyalurkan bandwith hingga 100Mbps dengan teknologi berbasis multi service access node (MSAN) & gigabit passive optical network (GPON).

Untuk mendukung peningkatan bandwidth yang dimiliki, Telkom menyiapkan kapasitas bandwidth gateway Internet sebesar 123 giga bit per second (Gbps), dengan didukung infrastruktur content deliver network (CDN) Google, Youtube, Akamai sebesar 82 Gbps di Jakarta, Batam dan Surabaya
serta  peering domestik sebesar 32 Gbps.

“Telkom percaya konten di masa depan yang banyak diminati adalah video. Peningkatan kapasitas ini menjadikan semua konten di masa depan bisa dilayani dan konvergensi antara layanan seluler dan Fixed bisa terjadi,” ucap Rinaldi. (umi)


VIVAnews
0

Mahasiswa USU Kembangkan Mobil Hemat Energi

(Ant/Irsan Mulyadi/Koz/Spt). Puluhan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) melihat uji jalan Mobil Mesin USU ketika peluncuran di Medan, Sumut, Senin.
Mobil karya 14 mahasiswa Teknik Mesin USU tersebut, akan mengikuti Shell Eco-Marathon di Sepang, Malaysia pada Juli 2012. Keunggulan mobil karya mahasiswa USU ini ialah hemat energi dan ramah lingkungan.

Medan, (Analisa). Mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengembangkan mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang diberi nama "Mesin USU" hasil karya 14 mahasiswa Fakultas Teknik perguruan tinggi negeri itu.
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu di Medan Senin (30/4) mengatakan, mobil hemat energi "Mesin USU" akan diikutkan pada lomba Shell Eco Marathon (SEM) Asia pada Juli 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia yang juga diikuti 145 tim dari 17 negara.

Selain USU, dalam lomba tersebut Indonesia juga akan diwakili oleh 17 tim lain yakni empat tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS), dua tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kemudian tiga tim dari Universitas Indonesia (UI), satu tim Politeknik Negeri Jakarta, dua tim dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), satu tim universitas Gadjah Mada (UGM), dan satu tim dari Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung.

USU sendiri mengirimkan satu tim yang diberi nama tim "Horas". Ke-14 mahasiswa yang akan mengikuti lomba itu juga diharapkan dapat membawa semangat yang dapat mewakili semua warga Sumatera Utara.

Manager tim Horas, Munawir R Siregar mengatakan masih ada beberapa bulan lagi untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada kendaraan tersebut, terutama dalam hal mengurangi bobot mobil.

Mereka menargetkan bahan bakar sebesar 200/km/liter untuk mobil Mesin USU yang diciptakan itu.

Pemenang Shell-Eco Marathon adalah kendaraan yang dapat bergerak jarak terjauh dengan menggunakan bahan bakar atau energi paling sedikit. (Ant)

0

Senjata Biologi Melawan Artritis

Siang itu, raut muka Ajat Sudrajat tampak segar. Penderitaannya jauh berkurang meski tak secara total bebas dari derita akibat artritis reumatoid. Hal itu terjadi setelah ia mengikuti uji klinis obat biologi tocilizumab.

Banyak perubahan yang saya alami,” kata Ajat, Jumat (13/4), pada konferensi media ”Monoterapi Tocilizumab: Transformasi Nyata bagi Pasien Artritis Reumatoid” di Jakarta.

Ajat (44) dari Sumedang, Jawa Barat, berprofesi sebagai perawat. Ia merupakan satu dari 39 pasien artritis reumatoid di Indonesia yang berpartisipasi untuk uji klinis tocilizumab dalam program ”Picture Ina” di Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin Bandung.

Tocilizumab adalah penghambat reseptor interleukin-6. Obat ini berbahan baku protein, bukan bahan kimia obat, sehingga disebut obat biologi. Obat diberikan lewat infus empat minggu sekali sebanyak enam ulangan.

Uji klinis tocilizumab dilangsungkan pada periode Februari 2011 hingga Januari 2012 di lima pusat studi meliputi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, RS Hasan Sadikin Bandung, RS dr Sardjito Yogyakarta, RS dr Soetomo Subaraya, dan RS Syaiful Anwar Malang.

Ketua Asosiasi Reumatologi Indonesia Handono Kalim mengatakan, artritis reumatoid tidak bisa pulih sepenuhnya. Pengobatan hanya mengurangi dampak penyakit (remisi). Hasil analisis uji klinis terhadap 39 pasien, tingkat remisi dari total 28 persendian tubuh yang diperiksa mencapai 85 persen. Tingkat remisi dari total persendian dikenal sebagai diseases activity score-28 (DAS-28).

”Hasil uji klinis ini memberikan harapan baru bagi penderita artritis,” kata Handono.

Nyeri persendian

Penyebab artritis reumatoid belum diketahui secara pasti. Gejala awal penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri dan terjadi proses kerusakan sendi. Dalam dua tahun pertama, ditengarai 70 persen penderita artritis reumatoid mengalami kerusakan tulang sendi.

Artritis reumatoid menyebabkan anemia, dan bisa mengganggu organ jantung. Pengenalan secara dini artritis reumatoid sangat penting untuk efektivitas pengobatan. ”Gejala dini artritis reumatoid di antaranya bengkak dan nyeri sendi di jari,” ujar Handono.

Menurut dia, artritis reumatoid merupakan gangguan otoimun, dalam hal ini sistem kekebalan tubuh menyerang sendi. Interleukin-6 dalam darah merupakan mediator kunci peradangan sendi.

”Peningkatan interleukin-6 di dalam darah berkontribusi meningkatkan peradangan, pembengkakan, kerusakan, dan kehancuran tulang sendi. Terapi tocilizumab menghambat dan mengikat interleukin-6 sehingga mengurangi peradangan,” kata Handono.

Menurut dia, prevalensi artritis reumatoid di Indonesia pada penduduk dewasa (di atas 18 tahun) berkisar 0,1 persen hingga 0,3 persen. Pada anak dan remaja prevalensinya satu per 100.000 orang. Diperkirakan jumlah penderita artritis reumatoid di Indonesia 360.000 orang lebih.

Nyeri yang dirasakan Ajat di hampir seluruh persendian tubuh membuat ia tidak leluasa bergerak, merasa lelah berkepanjangan dan turun kualitas hidupnya. Dari video yang direkam beberapa bulan lalu, kelihatan wajah Ajat lesu, sangat berbeda dengan kondisi saat ini.

Sebelum pengobatan, persendian jari Ajat membengkak. Ia kesulitan memegang gelas. Ketika shalat, Ajat tampak kesakitan saat hendak membungkuk (ruku’). Apalagi ketika bersujud, rasa nyeri di seluruh persendian tubuh menghalanginya. Saat berjalan, Ajat tampak tertatih dan berat melangkahkan kaki.

”Profesi saya perawat, semestinya membantu orang lain. Tetapi, akibat artritis, hampir seluruh aktivitas saya membutuhkan bantuan orang lain,” kata Ajat.

Rasa nyeri dan perasaan menjadi beban bagi orang lain menimbulkan depresi.

Hal serupa dialami Anny Siregar, yang juga menjadi peserta uji klinis tocilizumab Indonesia. Penderitaan Anny akibat artritis jauh berkurang setelah diterapi dengan obat biologi itu.

Handono mengatakan, biaya pengobatan artritis reumatoid dengan terapi tocilizumab memang tidak sedikit. Tetapi, ini penting dilakukan untuk memulihkan kualitas hidup penderita.

”Tocilizumab kini sudah mendapat persetujuan dan terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan,” kata Presiden Direktur Roche Indonesia Mike Chricton. Roche adalah perusahaan farmasi yang mengembangkan serta memegang hak paten tocilizumab.

Efek samping

Menurut situs Drug.com, pengguna tocilizumab perlu berhati-hati. Tocilizumab meningkatkan risiko terkena infeksi serius, bahkan sering fatal, termasuk tuberkulosis dan infeksi jamur. Selain itu juga bisa menimbulkan sakit kepala, pusing, muntah, gangguan penglihatan, dan reaksi alergi.

”Untuk itu, pasien yang menderita infeksi perlu diobati lebih dulu,” kata Arya Wibitomo, Kepala Manajemen Medis Roche Indonesia.

Terapi tocilizumab mendapat persetujuan di Jepang tahun 2005, di Uni Eropa pada Januari 2009, dan di Amerika Serikat pada Januari 2010. Saat ini sudah 90 negara menyetujui penggunaan tocilizumab. (Kompas, 2 Mei 2012/ humasristek)
0

Mahasiswa ITS rancang kran hemat air wudhu

Surabaya (ANTARA News) - Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro ITS Surya Mahendra bersama dua rekannya merancang kran hemat air, terutama untuk kran air wudhu.

"Kalau dipakai kran air wudhu bisa menghemat 1,5 liter air. Biasanya, setiap orang membutuhkan empat liter air wudhu, tapi dengan kran itu hanya 2,5 liter," katanya di Surabaya, Rabu.

Didampingi dosen pembimbing Suwito, ia menjelaskan, penghematan itu dapat dilakukan dengan menggunakan sensor dan alat otomatis yang disebut "solenoid valve".

"Kran hemat air itu memang memakai baterai berdaya enam watt, tapi dalam kondisi tidak dipakai memakai 0,1 watt. Untuk pengganti baterai bisa menggunakan sel surya," kata mahasiswa semester 6 itu.

Menurut dia, sel surya mampu menyerap energi 100 watt saat matahari bersinar terang dan bisa disimpan untuk kebutuhan malam hari.

"Yang jelas, saat merancang alat yang dapat dibuat dalam waktu satu jam itu karena saya sering menyaksikan kran wudhu di masjid yang tidak dimatikan," katanya.



Dipuji Dahlan

Suwito mengatakan, kran hemat air itu sempat dipuji Menteri BUMN Dahlan Iskan saat berkunjung ke ITS pada 1 April 2012.

"Pak Dahlan Iskan memuji karena ajaran agama bahwa boros itu temannya setan seringkali sulit dipraktikkan, tapi ajaran agama untuk tidak boros itu akan terlaksana dengan kran hemat air. Jadi, teman-teman ITS bisa berdakwah lebih efektif," katanya.

Alat itu juga sempat dipamerkan dalam Expo ITS dan loka karya "Selamatkan Air Sekarang" beberapa waktu lalu.

"Insya Allah, kami akan mencoba untuk merealisasikan alat itu pada Masjid Manarul Ilmi ITS untuk menyemarakkan Hardiknas," katanya.

Lain halnya dengan alat rancangan mahasiswa Jurusan Elektro lainnya yakni Maulana Djatikusuma.

"Saya merancang alat deteksi kedalaman air banjir di kawasan tertentu," katanya.

Dengan alat itu, kata mahasiswa semester 6 tersebut, kedalaman air banjir di wilayah tertentu dapat dihubungkan dengan "traffic light" untuk menampilkan kedalaman air banjir pascalampu merah itu.

"Kalau ketinggian air banjir melebihi ukuran ban mobil, maka seorang pengendara dapat membelokkan mobilnya untuk menghindarinya, sekaligus tidak menyebabkan mobilnya mogok yang akhirnya menimbulkan kemacetan panjang," katanya.

Hingga saat ini, alat yang dirancangnya itu masih memiliki radius deteksi 200 meter hingga satu kilometer.

"Jadi, alat itu mirip `early warning system` yang mendeteksi cekungan kedalaman air," katanya.  (E011/M029)
 
 
0

Kebun energi akan jamin ketersediaan biofuel

Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merekomendasikan skenario perkebunan energi yang diharapkan mampu menjamin ketersediaan bahan bakar nabati (biofuel) untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

"Kebun energi ini misalnya perkebunan sawit yang dikhususkan untuk bahan baku biodiesel, tidak boleh untuk keperluan lainnya seperti komoditas ekspor," kata Deputi Kepala BPPT BIdang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM), Dr Unggul Priyanto kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Ia menyatakan prihatin, produksi biodiesel saat ini hanya sekitar 10 persen saja dari kapasitas terpasang pabrik biodiesel yang mencapai sekitar 4 juta kiloliter per tahun karena pengusaha CPO (minyak sawit mentah) lebih senang mengekspornya ke pasar internasional terkait harganya yang sedang bagus Rp8.500 per liter.

Kondisi yang lebih parah, lanjut dia, dialami oleh bioethanol yang hanya diproduksi 1 persen dari kapasitas produksinya yang sekitar 300 ribu kiloliter per tahun, berhubung bahan bakunya berupa singkong, tebu dan sejenisnya lebih digunakan sebagai bahan pangan.

Menurut Kepala Balai Rekayasa Desain dan Sistem Teknologi BPPT Dr Adiarso, wilayah Indonesia sebenarnya sangat luas dan potensial dikembangkan menjadi area industri biodiesel yang berkelanjutan dan terintegrasi dari industri hulu sampai ke hilir.

Saat ini lahan sawit sudah mencapai 8,4 juta ha dari keseluruhan potensi seluas 45 juta ha, padahal produksi CPO saat ini sudah berlebih yaitu sekitar 25 juta ton per ha, ujarnya.

"Seandainya 0,5 persen atau sekitar sejuta ha saja dijadikan perkebunan energi dengan menanam kelapa sawit, maka bisa diproduksi biodiesel sebanyak 75 ribu barrel per hari, suatu jumlah yang sangat besar, termasuk untuk kebutuhan B10 (campuran 10 persen biodiesel dan 90 persen solar) atau bahkan B20 sekalipun," katanya.

Melalui kebun energi, lanjut dia, juga dimungkinkan dikembangkan pula beberapa jenis tanaman lainnya untuk produksi bioethanol seperti singkong, tebu sorgum dan lainnya, tergantung dari kecocokan lahan.

Pada prinsipnya, ujar dia, perkebunan energi ini merupakan sebuah entitas bisnis perkebunan milik pemerintah yang nantinya menjalankan usaha khusus dalam penyediaan energi bagi masyarakat.

Bila konsep ini berhasil, urainya, sangat dimungkinkan pasokan biofuel akan stabil termasuk harganya yang bisa menjadi cukup murah di bawah harga solar bersubsidi Rp4.500 per liter.

"Brazil adalah contoh negara yang berhasil mengembangkan bioethanol dari tanaman tebu. Indonesia seharusnya juga bisa," katanya.(D009)



0

LIPI-KIST kembangkan 15 sumber energi alternatif

Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Korea Institute of Science and Technology (KIST) melakukan penelitian bersama untuk mengembangkan 15 bahan limbah pertanian dan perkebunan menjadi sumber bahan bakar alternatif.

"Kami sudah mendaftar 15 bahan baku yang mengandung selulosa dan hemi-selulosa seperti tandan kosong kelapa sawit dan pelepah kelapa sawit," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Syahrul Aiman, di Pusat Penelitian Kimia Serpong, Tangerang Selatan, Selasa.

Menurut Ketua Proyek Kerjasama Produksi Bioetanol LIPI-KIST, Haznan Abimanyu, limbah pertanian dan perkebunan yang akan digunakan antara lain batang singkong, bagas tebu, jerami, dan bonggol jagung.

"Paling tidak bahan itu mengandung selulosa sebesar 25 persen, lebih tinggi lebih bagus," kata Haznan.

Haznan menjelaskan, pihaknya mengembangkan sumber energi alternatif  bioethanol karena bahan tersebut memiliki kandungan oksigen tinggi tinggi, emisi gas karbon monoksida lebih rendah 19 hingga 25 persen dari premium, angka oktan tinggi (sebesar 129), dan proses pembakaran lebih sempurna.

Syahrul menambahkan, proyek penelitian sumber energi alternatif yang juga meliputi kajian tekno-ekonomi itu akan selesai dua tahun lagi.(I026) 



ANTARA News
0

Pakar: bahan bakar bioetanol perlu mesin khusus

Jakarta (ANTARA News) - Penggunaan bahan bakar bioetanol untuk kendaraan bermotor membutuhkan mesin khusus yang mampu menampung uap alkohol, demikian dikatakan Peneliti Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Haznan Abimanyu.

"Jadi, bioetanol dapat digunakan sebagai bahan aditif (campuran) atau sebagai bahan bakar murni untuk kendaraan," kata Haznan selepas peresmian proyek pionir produksi bioetanol lignoselulosa LIPI dengan Korea Institute of Science and Technology (KIST) di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) Serpong, Tangerang Selatan, Selasa.

Haznan mengatakan nilai oktan pada bahan bakar premium sebesar 88 dapat ditingkatkan dengan bioetanol hingga 90 atau 92.

"karena alkohol mudah menguap maka diperlukan ruang bakar yang sanggup menampung uap alkohol yg begitu cepat, selain titik bakar etanol yang lebih cepat dari premium," kata Haznan.

Di Indonesia bahkan negara lain, menurut Haznan, belum terdapat mesin kendaraan yang dapat menggunakan bahan bakar murni bioetanol.

"Yang ada sekarang adalah mesin dengan fleksibel yang pakai campuran etanol," kata Haznan.

LIPI-KIST mengembangkan proyek percontohan produksi bioetanol berbasis lignoselulosa yang mampu menghasilkan etanol dengan kemurnian 99,5 persen sebanyak 10 liter per hari.
(I026)


0

Stroberi Ampuh Obati Luka Lambung

JAKARTA--MICOM: Sekelompok ilmuwan Italia, Serbia, dan Spanyol percaya, buah stroberi dapat mengurangi seminimum mungkin kerusakan mukosa (lapisan lendir) lambung akibat alkohol.

Dr Sara Tulipani dari University of Barcelona, Spanyol, yakin bahwa efek positif stroberi berkaitan dengan sifat asli antioksidan.

Stroberi mengaktifkan pertahanan antioksidan dan enzim tubuh. Penelitian ini menunjukkan, efek positif stroberi untuk mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan generasi radikal bebas dan bentuk aktif oksigen.

Selain itu, stroberi juga dapat memperlambat pembentukan ulkus (luka) lambung, gastritis atau peradangan mukosa lambung, yang berkaitan dengan konsumsi alkohol maupun infeksi virus.

Para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus. Selama sepuluh hari, sebagian tikus diberi  40 miligram ekstrak stroberi  per kilogram berat badan.

Lalu, tikus tersebut diberikan alkohol, dan peneliti menganalisis perut tikus-tikus percobaan itu. Ternyata, tikus-tikus yang diberikan ekstrak stroberi, memiliki luka usus yang lebih kecil jika dibandingkan dengan yang lain. (geneiusbeauty/Metrotv/OL-9)


MediaIndonesia
0

Kepercayaan Konsumen Online, RI Peringkat 3

Indeks kepercayaan Indonesia mencapai angka 118 pada kuartal pertama tahun ini.

VIVAnews - Indonesia menjadi negara nomor tiga yang paling optimistis di dunia dalam hal perdagangan online. Peringkat ini berdasarkan indeks kepercayaan konsumen online Indonesia yang mencapai angka 118 pada kuartal pertama 2012.

Pada kuartal sebelumnya, kepercayaan konsumen Indonesia mencapai indeks 117. Berdasarkan survei global Nielsen, kepercayaan konsumen ini mencapai indeks tertinggi sejak kuartal pertama 2010 dengan indeks 116.

Meski diiringi oleh kemungkinan kenaikan harga bahan bakar minyak, konsumen Indonesia tetap optimistis.

"Mereka optimistis, karena stabilitas perekonomian global dan pemilu Indonesia. Ini berdampak pada kepercayaan konsumen untuk membelanjakan uang pada kuartal mendatang," kata Catherine Eddy, Managing Director Nielsen Indonesia dalam pemaparan survei di kantor Nielsen, Jakarta, Rabu 2 Mei 2012.

Temuan survei ini juga menunjukkan kepercayaan konsumen global meningkat 5 poin, mencapai 94 dan kepercayaan secara menyeluruh meningkat 68 persen dari semua negara yang disurvei. Sebagai catatan, pada kuartal keempat tahun lalu, kepercayaan konsumen meningkat 21 persen dari total negara yang disurvei.

Adapun negara yang teroptimistis di dunia menurut survei Nielsen yakni India. Negeri luas di Asia Selatan itu memiliki indeks kepercayaan konsumen 123 pada kuartal pertama tahun ini. Pada kuartal sebelumnya, kepercayaan konsumen berada pada indeks 112.
Arab Saudi berada di posisi dua dengan indeks 119. Pada kuartal sebelumnya, indeks yang dicapai Arab Saudi adalah 113.

Survei global Nielsen tentang kepercayaan konsumen dan keinginan berbelanja ini dilaksanakan pada 10-27 Februari 2012 di 56 negara. Responden merupakan pengguna internet atau online. Responden dari Indonesia mencapai 502 konsumen. (art)


VIVAnews
0

KERJASAMA KONSORSIUM PENELITIAN KAPAL PERANG NASIONAL TYPE DESTROYER TAHUN 2012 – 2014

altAkademi Angkatan Laut (28/04/12),- Indonesia masih belum mandiri dalam bidang pertahanan dan alat utama sistem senjata (alutsista). Dengan berbekal keinginan yang kuat untuk mewujudkan kedaulatan sistem pertahanan nasional, ITS melalui Konsorsium Pengembangan Kapal Perang Nasional (KPKPN) menggagas pembuatan kapal perang anti radar. Tak tanggung-tanggung, riset ini didanai pemerintah senilai Rp 1,8 Miliar tiap Tahunnya. ITS tak bekerja sendiri, mengingat riset ini adalah riset nasional, maka ITS dibantu oleh beberapa perguruan tinggi negeri lain. Yaitu Akademi Angkatan Laut (AAL), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Konsorsium ini bermula dari workshop inisiasi bidang kapal perang yang dilaksanakan Agustus 2011 lalu. Dari workshop itulah ITS mengambil langkah lebih lanjut terkait penelitian kapal perang tersebut. Termasuk pembuatan proposal untuk kemudian diajukan ke pemerintah. ''Pembuatan proposal untuk konsorsium ini telah selesai sejak akhir tahun 2011,'' ungkap Hendro Nurhadi Dipl Ing PhD, Ketua KPKPN. Baru seteleh itu, digelar workshop nasional bidang kapal perang pada akhir Februari lalu.

Penggarapan kapal perang ini dibagi menjadi tujuh kelompok kerja berdasarkan bagian kelengkapan kapal. Ketujuh kelompok kerja tersebut masing-masing menangani karakterisasi komposit, metalurgi fisik, ship standard and Mission Requirement, auto pilot, steering control, material untuk radar dan Combat Material System (CMS). Dari pembagian tersebut, Mayor Laut (E) Oman Sukirman, M.T dari AAL berperan dalam kegiatan Ship Standard and Mission Requirement serta pengumpulan data primer, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo dari UNS turut serta dalam pembuatan karakterisasi komposit. Sedangkan metalurgi fisik ditangani oleh Prof Dr Ir Bondan Tiara Sofyan dari UI.

“Kapal yang banyak sekarang ini sebagian besar merupakan produk-produk lama. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Indonesia terus menerus bergantung pada negeri lain padahal potensi dalam negeri sangat besar” papar Mayor Oman dalam paparan sesi ke-2 workshop di Nasdec (22/2).

Keunggulan kapal perang ini nantinya yaitu dibuat dengan material anti radar. ''Anti radar baru pertama kali diterapkan di pesawat tempur Amerika. Konon wartawan tidak bisa mendekat dari jarak 100 meter,'' jelas Drs Mochamad Zainuri M.Si yang juga ditemui saat konferensi pers diskusi ilmiah di Nasdec (22/2). Zainuri yang telah meneliti bahan anti radar sejak tahun 2005 itu mengungkapkan bahwa material anti radar yang digunakan pada kapal tersebut dibuat dari pasir besi. Hingga saat ini, material tersebut telah berhasil dibuat dan dapat menyerap radar hingga 99 persen.

“Kerjasama penelitian dengan perguruan tinggi besar, tentu sangat mengangkat bendera AAL dimata akademisi di seluruh Indonesia. Apalagi kerjasama besar ini hanya melibatkan perguruan tinggi yang memiliki peneliti-peneliti yang dianggap oleh Kementerian Ristek paling berkompeten” kata Gubernur AAL Laksda TNI Agus Purwoto.

Jenderal berbintang dua ini menegaskan pula bahwa dirinya sangat mendukung bentuk kerjasama ini apalagi bila melibatkan Kadet dan Dosen AAL secara aktif. “Hal tersebut guna lebih meningkatkan kemampuan analisis para Dosen AAL maupun Kadet, serta lebih menimbulkan kemauan untuk mengembangkan Alutsista yang ada khususnya milik TNI AL” tegas orang nomor satu di AAL ini. (bagpen AAL).
0

Hari ini Bakorkamla Resmi Luncurkan Kamla-4801


TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Jika tidak ada aral melintang, Rabu (2/5/2012), Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) Republik Indonesia akan meresmikan penamaan sebuah kapal patroli pertama yang berukuran 48 meter.

Kabag Persidangan, Humas dan Protokol (PHP) Bakorkamla Kolonel (KH) Edi Fernandi mengatakan bahwa penamaan kapal yang ditujukan untuk mendukung pengamanan di perairan Indonesia tersebut akan diresmikan langsung Kalahar Bakorkamla Laksamana Madya Y Didik Heru Purnomo di galangan kapal PT Palindo Marine Batam.

Peluncuran kapal itu juga akan dihadiri pejabat 12 stakeholder Bakorkamla dan pemerintah daerah setempat.

Kepala Pelaksana Harian Bakorkamla Laksamana Madya Y Didik Heru Purnomo saat ditemui Tribunnews Batam di Pasific Hotel mengatakan bahwa kapal senilai Rp 60 miliar yang mulai dikerjakan sejak November 2011 menggunakan mesin berkecepatan 22 knot per jam dan mampu mengantisipasi cuaca yang terbilang ekstrim di laut.

"Dengan kecepatan tersebut, kapal ini mampu bergerak hingga batas 200 mil laut (sekitar 370 kilometer) dari lepas pantai sehingga efektif untuk pengamanan laut di perairan Indonesia," terang Didik.

”Kalau ukuran 48 meter jauh lebih berani dan aman menghadapi cuaca,” pungkasnya.

Kapal ini bermesin penggerak 3 buah masing-masing bertenaga 1400 HP, berbadan bawah kapal baja dan berbadan atas kapal aluminium dan direncanakan diawaki 35 anak buah kapal (ABK).

Ketika disinggung mengenai nama kapal yang akan diberikan untuk kapal patroli 48 meter Bakorkamla, Didik menjelaskan kapal tersebut diberi nama KAMLA-4801.

"Iya itu namanya, mudah-mudahan dalam tahun ini juga kita akan lakukan penamaan kapal dengan jenis yang sama," terang Didik.

0

Pola letusan gunung api berubah sejak 2004

Jakarta (ANTARA News) - Sejak gempa besar mengguncang Aceh pada 26 Desember 2004, pola letusan gunung api berubah, kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono.

"Banyak riset membuktikan perubahan pola itu," kata Surono usai pemaparan hasil penelitian gempa dan gunung api di Indonesia oleh peneliti Indonesia dan Jepang di Jakarta, Selasa.

Surono mencontohkan, perubahan paling menonjol terlihat pada pola letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sejak tahun 1.600 letusan gunung api itu tidak dikenali tapi pada Agustus 2010 mengagetkan penduduk setempat karena tiba-tiba memuntahkan lava, debu dan pasir.

"Bagaimanapun deformasi tektonik memang berpengaruh pada aktivitas vulkanik," katanya.

Saat itu gunung yang memiliki ketinggian 2.460 meter dan letusannya tidak pernah dipantau tersebut harus diubah dari gunung api tipe B menjadi tipe A dengan status awas yang harus diamati selama 24 jam.(D009)



ANTARA News
0

Bang Kumis Siap Danai Riset Mini Truk SMKN 4 Jakarta

JAKARTA (Pos Kota) – Tidak lolosnya uji emisi, mobil Esemka karya siswa SMK Surakarta menjadi pelajaran Pemprov DKI Jakarta untuk tidak terburu-buru mempromosikan karya yang sama oleh para siswa. Kendati demikian Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengaku siap mendanai riset untuk mengkaji pemberian nama yang laik terhadap kendaraan tersebut sebelum dipasarkan.

“Saya akan mendukung pendanaan riset untuk pemberian nama mini truck SMKN 4 untuk kelak menjadi nama yang layak untuk dipasarkan.Sekali lagi,orang Jakarta tidak ingin terburu-buru,tetapi bekerja dengan sistematis,” kata Fauzi Bowo, Minggu (29/4/2012).

Menurut orang nomor satu di ibukota ini, mini truck buatan siswa SMKN 4 Jakarta merupakan ikon dari hasil kerja keras para siswa dan tenaga pengajar dalam dunia pendidikan.

Seperti diketahui siswa SMKN 4 Jakarta sukses merakit mesin mobil yang didatangkan secara terurari (completely knoked down) dari China. Kapasitas produksi mini truck sebanyal lima unit per minggu. Meski pengerjaannya dilakukan oleh pelajar, perakitan mini truck ini mengacu pada standar baku perakitan mobil dengan pengawasan kualitas yang ketat sehingga bisa meminimalisir cacat produksi.

Tak heran, mini truck tersebut lolos uji emisi di Laboratorium Balai Termodinamika, Motor, dan Propulsi (BTMP), Serpong, Jawa Barat yang diselenggarakan pada 27 April 2012. Dalam ujicoba tersebut, mini truck dipasang mesin bertsandar euro 2. Mini truck atau truk mini ini berhasil melewati tiga aspek pengujian emisi gas buang. Pertama, uji kadar karbon monoksida (CO) minitruck yang berhasil mencapai 1,14 gram per kilometer atau lebih rendah dari standar yang ditetapkan sebesar 1,25 gram per kilometer.

Sebelumnya dalam Gebyar Hari Pendidikan Nasional di Monas, Jakarta, Sabtu (28/4/2012), Gubernur DKI, Fauzi Bowo, sempat mengendarai truck yang memiliki dua varian tersebut. Yakni berbahan bakar standar dan varian kedua adalah berbahan bakar hibrida.

“Mobil buatan siswa SMK 4 merupakan sebagian kecil karya nyata dalam dunia pendidikan di Jakarta,” ucap pejabat yang akrab disapa Bang Kumis ini.

Untuk harganya, mini truck berbahan bakar standar dibanderol Rp 125 juta rupiah (on the road). Sedangkan, mini truck hibrida seharga Rp 132 juta rupiah (on the road). Untuk kapasitas, mini truck di kedua varian tersebut seberat 2,5 ton. Panjangnya 2,8 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 40 centimeter. Hingga siang ini, mini truck hibrida sudah terjual 2 unit. (guruh/sir)


Poskota
0

Wilujeng Surfing 2012 Rampung Digelar Politeknik Telkom

BANDUNG, KOMPAS - Politeknik Telkom akhirnya merampungkan rangkaian kegiatan dalam rangka festival teknologi informasi dan komunikasi yang digelar dari Sabtu (28/4) dan berakhir pada Minggu (29/4).

Selain memberikan pemahaman mengenai TIK kepada masyarakat, acara bertajuk Wilujeng Surfing 2012 itu diharapkan menjadi wadah interaksi antara perguruan tinggi, pemerintah, bersama masyarakat.

Hal tersebut diutarakan Humas Politeknik Telkom, Nina Kurnia Hikmawati, Minggu. Selama dua hari digelar setidaknya 21 seminar mengenai berbagai topik terkait TIK.

"Kami mengharapkan masyarakat kian tersadarkan dan aktif terlibat sebagai relawan TIK," ujar Nina.

Beberapa tema seminar yang digelar dalam acara tersebut seperti cara video blogging, membuat radio online, hingga diskusi terkait media sosial dan pengaruhnya terhadap Indonesia. Beberapa tema menarik lainnya seperti mengunduh musik ilegal di internet serta TIK dan peranannya dalam pemberantasan korupsi. (eld)


KOMPAS.com
0

Telkom Akan Tinggalkan Kabel Tembaga demi Internet Kencang

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) akan meninggalkan jaringan telepon kabel tembaga secara bertahap mulai hari ini (30/4/2012).

Selanjutnya, operator milik pemerintah ini akan mengganti kabel di setiap tower dengan kabel fiber optic.

Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah menjelaskan jaringan telepon kabel fiber optic akan membantu jaringan komunikasi lebih optimal. Selain itu akan mempercepat koneksi internet.

"Penggantian jaringan telepon kabel itu akan dilakukan siang ini. Kami akan mengganti jaringan telepon kabel tembaga dengan fiber optic," kata Rinaldi di Jakarta, Senin (30/4/2012).

Langkah tersebut merupakan strategi radikal yang dibuat oleh Telkom untuk merevitalisasi jaringan kabel miliknya. Selama ini, jaringan kabel tembaga hanya bagus untuk komunikasi suara. Sementara untuk internet, kecepatannya belum maksimal.

Rinaldi mengakui jumlah pelanggan layanan telepon tetap kabel (fixed wireline) semakin menurun yang saat ini mencapai sekitar 8,5 juta satuan sambungan telepon (SST). Di sisi lain, terjadi peningkatan pelanggan data internet Speedy yang saat ini telah mencapai 2 juta nomor.

"Saat terjadi penurunan layanan voice, Telkom harus terus mencari terobosan untuk meningkatkan layanan data," ujarnya.

Untuk menyelesaikan penggantian jaringan kabel tembaga tersebut, Telkom menggandeng PT Inti (Persero).

Rencana penggantian kabel tembaga menjadi kabel fiber optik memakan waktu tiga tahun hingga selesai. Targetnya dalam tahun ini, akan ada 1 juta kabel fiber optik yang akan terpasang.

"Keseluruhan selesainya 2015. Sebelumnya ada tahap-tahapnya, sekitar 1 juta sambungan tahun ini," tambah Rinaldi.

Sekadar catatan, hari ini pukul 13.30 WIB akan dilakukan peresmian penggantian jaringan telepon kabel tembaga menjadi kabel fiber optik di Sentral Telepon Otomatis milik Telkom di jalan Gatot Subroto Jakarta. Untuk peresmian acara tersebut, akan hadir Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dan mantan Dirut Telkom sebelumnya.


KOMPAS.com