0

Tersangka Peretas Komputer Bos Bumi Plc

http://static.republika.co.id/uploads/images/square/bumi_resources_100719191711.jpgLondon | Kisah saga Bumi Plc masih berlanjut. Akhir pekan lalu sebuah investigasi yang dilakukan oleh detektif swasta menunjukkan komputer milik Bos Bumi Plc, Samin Tan, telah diretas. Sang peretas ini diduga sengaja diminta untuk membobol dokumen penting milik Tan yang memicu kisruh di tubuh perusahaan tambang tersebut.

Sebuah penyelidikan menunjukkan bahwa peretas mengambil informasi dari komputer Tan. Kemudian seorang pembisik dikirim ke Bumi untuk melaporkan hal tersebut agar Bumi jatuh ke jurang kekacauan.

Oktober tahun lalu, Bumi meluncurkan penyelidikan terhadap apa yang dilaporkan oleh pembisik tersebut. Diduga terjadi ketidakjujuran dalam laporan keuangan anak usaha Bumi Plc, Bumi Resources.

Tan menuduh pendiri Bumi Plc Nathaniel Rothschild telah membaca surat elektronik miliknya sementara pemilik lain Bumi Plc, yakni Keluarga Bakrie menduga telepon dan e-mail Tan telah diretas.

Rothschild membantah dirinya mengakses surat elektronik Tan. Ia mengaku sama sekali tidak mengetahui apapun tentang laporan dari pembisik tersebut.

Lantas siapa tersangka peretas komputer milik Tan? Seperti dilansir laman The Guardian, Sabtu (12/1) investigasi yang pertama kali diterbitkan oleh Times pada Jumat (11/1) mengatakan peretas yang membobol e-mail milik Tan mengaku sebagai seorang peneliti yang bekerja di salah satu situs pencari terkenal, Wikipedia.

Diduga peretas itu bernama Steve. Namun, Steve berdalih Wikipedia ingin mempublikasikan sebuah artikel tentang kisruh Bumi dan meminta waktu untuk wawancara dengan Tan.

"Perlu dicatat ini sangat mencurigakan karena bukan standard Wikipedia yang menghubungi individu untuk sebuah artikel," tulis laporan tersebut. E-mail yang berisi tautan artikel tentang Tan disinyalir telah menginfeksi komputer Tan dengan perangkat lunak berbahaya. Laporan pembisik kemudian muncul, yang berisi informasi tentang laporan keuangan.


0

Pertamina optimalkan pemanfaatan energi terbarukan

http://img.antaranews.com/new/2012/09/small/2012091407.jpgPetani merawat tanaman sayuran di sekitar sumur panas bumi (geothermal), kawasan dataran tinggi Dieng, Desa Karang Tengah, Batur, Banjarnegara, Jateng, Kamis (13/9). Energi tersebut dimanfaatkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) merupakan energi terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan karena tidak ada pembakaran sehingga tidak mempengaruhi emisi udara dan sumber air sekitarnya. (FOTO ANTARA/Anis Efizudin)

Bandung | Peresmian Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Unit V Kamojang dengan kapasitas 30 MegaWatt yang dibangun Pertamina Geothermal Energy (PGE) merupakan bentuk optimalisasi pemanfaatan energi terbarukan.

"Proyek dari Pertamina Geothermal Energy ini bagian dari tekad Pertamina mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan, terutama panas bumi," kata Direktur Hulu Pertamina, Muhammad Husen, di PGE Area Kamojang, Kabupaten Bandung, Sabtu.

Husen mengatakan, Pertamina menyambut baik penugasan dari pemerintah untuk segera memanfaatkan energi panas bumi yang sangat besar potensinya di Indonesia.

Selain peresmian pembangunan PLTP Kamojang Unit V, juga dilakukan peresmian pengembangan lapangan panas bumi Lahendong untuk suplai uap ke PLTP Unit 4 Lahendong oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik.

PLTP Unit V Kamojang yang dikelola PGE merupakan pengembangan dari empat unit PLTP yang sudah ada dengan kapasitas terpasang saat ini 200 MW. Diharapkan Unit V dapat mulai beroperasi pada akhir 2014 dan menambah kapasitas terpasang sebesar 30 MW.

Lokasi PLTP Unit V Kamojang berdampingan dengan lokasi PLTP Unit IV Kamojang pada lahan seluas 3,85 hektar, yang terletak 42 km sebelah tenggara Kota Bandung atau 23 sebelah Barat Laut kota Garut.

Pembangkit pertama di Kamojang mulai beroperasi pada 1982 dengan kapasitas sebesar 30 MW.

PGE juga terus melanjutkan pengembangan lapangan panas bumi di Lahendong, Sulawesi Utara, dan pengembangan itu untuk pasokan uap ke PLTP Unit IV Lahendong yang dioperasikan PT PLN (Persero) dengan kapasitas terpasang 20 MW.

Lahendong seluas 12 km persegi, memiliki sumber daya sekitar 300 MW dengan cadangan terbuktikan sebesar 80 MW, dan merupakan pendukung pasokan listrik di Sulawesi Utara, yang 40 persen diantaranya bersumber dari energi panas bumi.

Dalam kesempatan itu pula, Wacik mengatakan, "Mengembangkan energi baru dan terbarukan merupakan prioritas utama, BBM untuk listrik makin langka dan mahal."

Jero mengatakan, energi panas bumi di Indonesia masih belum seluruhnya dikerjakan, sementara potensi energi bersumber dari panas bumi mencapai 29.000 Mega Watt atau 40 persen dari total potensi panas bumi di dunia.

Selama ini pemakaian bahan bakar fosil masih menempati peringkat pertama penyedia listrik di Tanah Air. Untuk membiayai pembelian bahan bakar itu, saban tahun APBN tergerus secara signifikan; sementara potensi dari energi terbarukan selain berbasis bahan bakar fosil membentang jelas di depan mata.

"Sebelumnya masih empat persen saja yang sudah dikembangkan, dari potensi 40 persen yang ada, namun sekarang sudah mulai meningkat menjadi enam persen, dan saya harap bisa terus ditingkatkan," ujar Wacik.(V003)

 Energi terbarukan prioritas Kementerian ESDM

http://img.antaranews.com/new/2012/12/small/2012121829.jpgMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik (ANTARA/Prasetyo Utomo)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan, energi baru dan terbarukan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) merupakan prioritas utama yang harus dikembangkan mengingat potensi Indonesia sangat besar.

"Mengembangkan energi baru dan terbarukan merupakan prioritas utama, BBM yang digunakan untuk membangkitkan listrik semakin langka dan mahal," kata Jero Wacik saat memberikan sambutan peresmian PLTP di PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, Kabupaten Bandung, Sabtu.

Jero mengatakan, energi panas bumi di Indonesia masih belum seluruhnya dikerjakan, sementara potensi energi bersumber dari panas bumi mencapai 29.000 megawatt atau 40 persen dari total potensi panas bumi di dunia.

"Sebelumnya masih empat persen saja yang sudah dikembangkan, dari potensi 40 persen yang ada, namun sekarang sudah mulai meningkat menjadi enam persen, dan saya harap bisa terus ditingkatkan," ujar Jero.

Dengan potensi yang sangat besar tersebut, lanjut Jero, pihaknya menginginkan adanya optimalisasi dari energi baru dan terbarukan seperti energi panas bumi.

"Saya harapkan Pertamina segera mengembangkan pembangunan unit-unit yang lain baik di Kamojang maupun lokasi lain di Indonesia dan tidak perlu untuk menunggu waktu yang lama," tambah Jero.

Jero menegaskan, saat ini kebutuhan listrik terus naik, oleh karena itu tidak ada cara lain dengan mengembangkan potensi sumber energi baru dan terbarukan.

"Kalau dahulu ada hambatan terkait masalah hutan dan tarif, namun sekarang sudah terselesaikan dan diharapkan bisa terus dikembangkan," ujar Jero.

Pembangkit PLTP Kamojang Unit V yang merupakan pengembangan dari empat unit PLTP sebelumnya, akan mulai beroperasi pada tahun 2014 mendatang.

Kapasitas yang terpasang di Kamojang adalah 200MW, dan pengembangan PLTP Kamojang Unit V dan Lahendong merupakan bagian dari proyek 10.000MW tahap dua.(V003/S023)


ۥ Antara
0

Kuala Namu Bandara Terbaik di Indonesia

Kuala Namu punya sistem navigasi lebih canggih dibanding bandara lain.

Terminal Kuala Namu, Sumut
Jakarta | Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, menilai jika telah beroperasi, bandara Kuala Namu di Sumatera Utara dapat mengalahkan bandara-bandara internasional yang ada di Indonesia.

Dahlan yang mengunjungi bandara tersebut bersama beberapa perwakilan perusahaan plat merah Angkasa Pura I dan II menilai dari sisi pelayanan pada penumpang, bandara itu akan memberikan pelayanan yang terbaik. Interior dari bandara tersebut juga telah memenuhi standar internasional.

"Bahkan menurut saya untuk toilet lebih bagus dari Bandara Shanghai," katanya seperit disampaikan Kepala Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi, kepada VIVAnews, Sabtu 12 Januari 2013.

Dahlan memaparkan, keunggulan bandara tersebut ketimbang bandara lainnya di Indonesia antara lain, sistem navigasi yang lebih canggih dan ada stasiun pengisian bahan bakar pesawat yang terintegerasi dengan bandara.

"Jadi tidak perlu lagi mobil Pertamina muncul di dekat pesawat," ujarnya.

Dahlan mengatakan, integrasi antara bandara dan stasiun kereta api Medan Besar harus dipastikan pembangunan dapat berjalan baik, sehingga tujuan integrasi transportasi umum tersebut dapat terwujud. "Stasiun kereta api di Medan mungkin yang terbaik di Indonesia jika sudah selesai finishingnya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Dahlan juga menyempatkan diri untuk mengecek sistem tiket elektronik yang diterapkan di stasiun tersebut. Menurutnya, sistem ini baik untuk mendisiplinkan para penumpang.(adi)


0

Mobil Listrik Ahmadi Produksi Tahun Ini

 1000 Mobil listrik Ahmadi siap dijual pertengahan tahun ini

Jakarta | Mobil listrik Ahmadi yang mirip dengan Hyundai Atoz garapan Dasep Ahmadi akan dipasarkan di Indonesia mulai pertengahan 2013. Tahap pertama, Dasep menargetkan akan menjual 1000 unit mobil dengan bermacam type mobil seperti Lux dan Grand.

Mobil listrik yang sempat dipopulerkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan ini akan dijual dengan harga sekitar Rp 200 juta.

"Ya kita usahakan bisa pertengahan tahun ini, ini kan mobilnya ada yang di bawah Rp 200 juta dan ada di atas Rp 200 juta," ucap pencipta mobil listrik, Dasep Ahmadi ketika dihubungi merdeka.com di Jakarta, akhir pekan ini.

Dasep mengatakan akan menjual mobil hemat energi ini dengan cara menawarkan ke kantor kantor Jabodetabek. Dan dia yakin mobil ini akan bisa bersaing dengan mobil menggunakan bahan bakar minyak maupun mobil listrik lainnya.

"Strategi penjualannya ya ritel saja, kalau ada perusahaan yang ingin memakai kita akan tawarkan," katanya.

Mobil garapan Dasep ini, dipopulerkan oleh Dahlan dan sudah diuji hingga 1000 kilometer. Dalam uji coba penyempurnaan mobil ini pernah beberapa kali mogok di jalan Thamrin Jakarta. Walaupun demikian dia mengatakan saat ini mobil tersebut telah disempurnakan. Untuk tahap pertama, mobil ini hanya akan dijual di Jabodetabek.

"Yang pernah dipakai Pak Dahlan juga (dijual), itu kan namanya Evina, kita juga akan pasarkan itu.".

Hingga saat ini, belum ada perusahaan yang memesan mobil tersebut. "Belum ada, PLN juga belum memesan. Belum ada yang memesan," katanya.(mdk/arr)

 Mobil listrik Ahmadi diprediksi tidak akan laku

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio pesimis rencana penjualan mobil listrik Ahmadi yang dipopulerkan Dahlan Iskan, akan laku di pasar Indonesia.

Padahal rencananya, mobil tersebut akan mulai dipasarkan pada pertengahan tahun ini. Ketidaktersediaan infrastruktur menjadi penyebab tidak lakunya mobil hemat energi dan tanpa polusi ini.

"Menjual mobil tidak seperti menjual kacang goreng. Pengisian listriknya tidak tersedia. Di Negara lain ada dia pengisian listrik dan ini perlu waktu. Saya belum yakin sampai sekarang," ucap Agus ketika dihubungi merdeka.com di Jakarta, akhir pekan ini.

Dia menegaskan apabila yang akan digunakan masyarakat umum, kendaraan belum tersertifikasi. Padahal, untuk mendapatkan sertifikat mobil baru harus menjalani beberapa tes seperti tes uji coba di sirkuit, uji coba jalan raya serta telah diuji coba tabrakan. "Saya mempertanyakan apakah sudah ada sertifikatnya," katanya.

Dia menegaskan dalam penjualan mobil faktor keselamatan dan kemanan sebagai faktor utama yang harus dijelaskan. Sertifikasi harus dikeluarkan oleh pihak pihak yang berwenang seperti Kementerian Perhubungan, Menristek, Kementerian Perdagangan dan lain sebagainya.

"Kalau mau produksi tengah tahun, keselamatan dan keamanan saya pertanyakan. Mobil yang beredar tes uji tengah jalan raya dan sirkuit tes keselamatan, tes keamanan," katanya.

Sebelumnya, Mobil listrik Ahmadi yang mirip dengan Hyundai Atoz garapan Dasep Ahmadi ditargetkan akan dipasarkan di Indonesia mulai pertengahan 2013. Tahap pertama, Dasep menargetkan akan menjual 1000 unit mobil dengan bermacam type mobil seperti Lux dan Grand.(mdk/arr)

 Tak laku di Indonesia, Ahmadi akan merambah Norwegia

Pencipta mobil listrik Ahmadi, Dasep Ahmadi melirik penjualan mobil listriknya ke Norwegia. Menurutnya Norwegia menjadi peminat serius yang tertarik dengan mobil hemat energi ini. Penjualan ke Norwegia merupakan pilihan kedua jika mobil tersebut tidak laku di Indonesia.

"Norwegia itu pintu darurat, jika target penjualan 1000 mobil (Indonesia) dalam negeri tidak tercapai kita akan kesana," kata Dasep ketika dihubungi merdeka.com di Jakarta, akhir pekan ini.

Dia mengaku sudah didatangi didatangi perwakilan kedutaan Norwegia. Mereka mengatakan tertarik memesan mobil listrik ini untuk kendaraan operasional di negaranya. "Kemarin kedutaan Norwegia datang ke tempat kami, dia tertarik untuk beli.".

Jika sampai ke Norwegia, maka mobil listrik Ahmadi akan berganti nama. Dasep sudah menyiapkan nama baru untuk Ahmadi. Nama Ahmadi akan diganti menjadi Evina. "Mereknya nanti Electric Vehicle Indonesia, brandnya atau nama dagangnya gitu," tegas Dasep yang bengkelnya berada di Depok, Jawa Barat.

Dasep memastikan tidak ada yang berbeda antara Ahmadi dan Evina. Tipenya pun sama. Pihaknya menegaskan siap mengirim Ahmadi ke Norwegia.(mdk/arr)


0

Pemerintah Fokus Promosi Lima Tempat Eksotis RI

"Kami ingin mengembangkan destinasi lain di Indonesia selain Bali."

Jakarta | Indonesia terkenal dengan berbagai obyek wisata yang eksotis. Pada 2013 ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif fokus untuk menggarap lima tempat cantik untuk turis asing, yaitu Bromo - Tengger - Semeru, Komodo, Wakatobi, Toraja, dan Sanur.

"Kami ingin mengembangkan dan mempromosikan produk-produk dan destinasi-destinasi lain di Indonesia selain Bali," kata Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Esthy Reko Astuty, dalam keterangan tertulis, Sabtu 12 Januari 2013.

Untuk itu, Indonesia berpartisipasi dalam ajang promosi pariwisata terbesar di Belanda, Vakantiebeurs 2013 di Utrecht, Belanda yang berlangsung dari 8 – 13 Januari 2013. Partisipasi Indonesia dalam bentuk anjungan Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini didukung pula dengan keikutsertaan Garuda Indonesia.

Ia menjelaskan lima obyek wisata Indonesia akan dipromosikan lebih serius di berbagai ajang pameran promosi pariwisata dan misi penjualan, sementara itu pemerintah juga akan mempersiapkan undangan kunjungan ke Indonesia bagi para konsultan pariwisata dan media.

Menurutnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah berkomitmen untuk mengembangkan 16 lokasi pariwisata strategis nasional (destinasi baru selain Bali) sampai dengan tahun 2014 dan mempromosikan 7 wisata minat khusus.

Tempat-tempat strategis dan wisata minat khusus sangat penting dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Tujuh segmen minat khusus juga sebelumnya sudah diidentifikasi: budaya dan sejarah, alam dan ekowisata, olahraga rekreasi, kapal pesiar, kuliner dan belanja, kesehatan dan kebugaran, dan Pertemuan/Konvensi (MICE).

"Hingga November 2012, pariwisata di Indonesia menikmati pertumbuhan 5,09 persen dibanding periode yang sama di tahun 2011. Wisatawan dari kawasan Eropa, khususnya dari Inggris dan Belanda merupakan sasaran utama untuk pasar Indonesia," ujarnya.

Kunjungan wisatawan dari Belanda meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2010, Indonesia menerima 158.957 wisatawan Belanda, meningkat menjadi 157.693 wisatawan atau 2,88 persen pada 2011. Sementara itu, target untuk pasar Belanda untuk tahun 2013 adalah 175.000 wisatawan.

Esthy juga mendorong wisatawan dari Belanda untuk tidak hanya pergi ke destinasi wisata utama dan terkenal seperti Bali tetapi juga untuk menjelajahi daerah-daerah lain di Indonesia.

"Misalnya Sumatera, Jawa, Lombok, Flores, Kalimantan, Sulawesi atau Papua Kami yakin bahwa destinasi lainnya akan menawarkan pengalaman yang berbeda dan suasana yang sebaik atau bahkan lebih baik dari Bali. Namun, masalah konektivitas dan aksesibilitas tetap menjadi tantangan utama, " katanya.


0

Mobil Listrik ITB Diserahkan ke Proyek Nasional  

http://statik.tempo.co/data/2012/08/08/id_134714/134714_275.jpgBandung | Institut Teknologi Bandung tak ikut “berlomba” dalam pembuatan mobil listrik massal karya sendiri. Daripada bekerja sama langsung dengan industri, ITB menyerahkan purwarupa mobil setrum ke proyek Mobil Listrik Nasional (Molina).

Wakil Rektor Bidang Riset ITB Wawan Gunawan mengatakan, ITB punya purwarupa mobil listrik. Mobil itu dirancang satu platform namun bisa dipakai untuk beragam jenis kendaraan. Misalnya untuk mobil keluarga, angkut barang, dan berkursi empat. “Sekarang semua jenis itu sedang ditingkatkan pemakaiannya,” katanya kepada Tempo, Kamis, 10 Januari 2013.

ITB melakukan riset jangka panjang untuk baterai mobil listrik yang andal. Hasilnya nanti, ujar Wawan, akan diserahkan ke pemerintah untuk diproduksi massal. Tahapan itu bagi ITB menjadi masalah karena kampus sulit berbisnis langsung dengan industri.

Wawan mencontohkan kesulitan itu dari pengalaman riset inovasi ITB tentang upgrading coal yang sanggup meningkatkan kalor batubara muda. Saat ditawarkan ke industri tambang batubara, posisi ITB tak bisa sebagai mitra bisnis. “ITB mau dikasih lahan (tambang batubara) sampai 40 persen, tapi kalau usahanya rugi ITB diminta ikut menanggung. Ya kami tidak bisa,” katanya.

Proyek Mobil Listrik Nasional dibentuk oleh pemerintah medio 2012 lalu dengan koordinator Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kajian dan purwarupa proyek itu melibatkan 5 kampus, yaitu UI, ITB, UGM, UNS, ITS, serta BPPT dan LIPI. Beberapa mobil listrik dari lembaga tersebut sudah dipamerkan ke publik tahun lalu.


0

Dahlan: Indonesia Harus Kuasai Mobil Listrik

http://statik.tempo.co/data/2013/01/05/id_159825/159825_275.jpgSurabaya | Menteri Badan Usaha Milik dan Negara Dahlan Iskan mengatakan Indonesia harus siap memproduksi mobil listrik secara massal. Pasalnya, mobil listrik ini sangat dibutuhkan untuk masa depan. "Karena suatu saat minyak bumi akan habis," kata Dahlan, Kamis, 10 Januari 2013.

Walaupun belum habis, Dahlan mengatakan akan semakin banyak orang yang menggunakan minyak bumi sehingga harganya kian mahal. Penggunaan minyak bumi pun akan lebih hemat jika seluruh mobil menggunakan tenaga listrik.

Dahlan berharap tak ada kesalahan masa lalu terulang. Dahulu, kata dia, Indonesia tidak siap dengan teknologi mobil bensin sehingga seluruh mobil hasil impor. Oleh karenanya, Indonesia dianggap harus memulai sedini mungkin teknologi mobil listrik.

"Mumpung negara maju juga baru mengembangkan. Jadi kita sama-sama memulai," ujarnya. Mobil listrik saat ini tengah dikembangkan oleh Jepang, Amerika, dan Eropa.


 
0

Ini Dia Fungsi USB Flashdisk yang Tersembunyi

http://m.itoday.co.id/timthumb.php?src=http://www.itoday.co.id/images/stories/itoday-images/usb-flash-disk-31.jpg&h=auto&w=140&a=tlJakarta | Sebuah alat penyimpanan mobile yang bernama Flashdisk tentu sudah banyak yang mengenalnya. Perangkat ini sudah biasa digunakan oleh setiap orang sebagai penyimpan ataupun untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya.

Akan tetapi tak banyak orang yang mengetahui kalau flash disk ternyata banyak memiliki fungsi yang tersembunyi, dan memiliki kemampuan untuk beberapa hal yang cukup mengagumkan. Misalnya : Bisa mengunci dan juga membuka komputer, atau bahkan juga bisa meningkatkan kinerja komputer Anda.

Berikut ini ada empat fungsi yang tersembunyi yang bisa dilakukan oleh USB Flash disk dengan perangkat komputer windows Anda :

1. Bisa Mengunci dan Membuka Komputer.
Flash disk memang dapat di gunakan sebagai kunci untuk bisa mengunci dan juga membuka perangkat komputer Anda.

Untuk bisa menggunakan fungsi ini, Anda memang harus memasang aplikasi yang bernama Predator. Situs tersembunyi flash disk ini akan memang berfungsi layaknya lock Functiion manual windows, hanya saja memang jika menggunakan flash disk Anda tidak perlu repot-repot memasukkan kata kunci atau pasword lagi.

2. Bisa Menghubungkan ke jaringan Wi-Fi dengan cepat
Flash disk ternyatais memang bisa digunakan untuk bisa menghubungkan komputer ke dalam jaringan Wi-Fi secara cepat mungkin tanpa kita harus memasukkan kata kunci / password secara berulangkali. Hal ini memang dimungkinkan pleh karena windows juga mempunyai fitur yang memang bisa menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang memang telah digunakan. Kemudian data tersebut akan bisa kita simpan kedalam flash disk dengan cara klik ikon wireless klik kanan pada Wi-Fi yang baru saja digunakan lalu klik properties. Perhatikan juga Tab Connection, klik pada link Copy this network profile to a USB Flash drive klik Next, maka seketika windows akan dengan cepat menyalin konfigurasi dan juga pengaturan profile tersebut ke flash disk.

Dan Untuk menggunakan di komputer lain, colokkan flash disk anda lalu double klik file setup SNK.exe maka pada profil jaringan akan segera terinstal pada komputer yang sudah siap untuk dikoneksikan.

3. Bisa Meningkatkan kecepatan komputer anda
Flash disk memang juga bisa digunakan untuk bisa meningkatkan kinerja komputer yang lambat. Dan dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama readyboost. Dan jika kinerja pada hard disk memang lebih lambat dari flah disk Anda, maka readyboost akan bisa membaca cache file yang memang sering dibuka dari flash disk, sehingga bisa meningkatkan kecepatan pada komputer.

4. Bisa Menginstall webserver portable
Memiliki web server yang bisa dan mudah dibawa ke mana mana tentu saja akan cukup mengasyikan, hal itulah yang memang bisa Anda lakukan dengan flash disk anda . Sebab flash disk anda dapat digunakan untuk web server portable. Dan dengan menginstall server2go pada flash disk, Anda juga bisa menjalankan web server dan dengan cepat di komputer manapun tanpa anda harus melakukan instalasi lagi. Dan Jika Anda memang seorang web developer, tentu saja ini akan sangat membantu anda, sebab Anda juga bisa melakukan presentasi di mana saja dan dengan web server di kantong Anda.

Itulah beberapa fitur yang tersembunyi yang perlu di ketahui dan dimiliki flash disk yang memang ternyata tak hanya bisa digunakan sebagai alat simpan pindah data saja.


itoday
0

Roy Suryo Menpora, Situs Resmi Presiden SBY Dihack!

http://m.itoday.co.id/timthumb.php?src=http://www.itoday.co.id/http://www.itoday.co.id/images/stories/itoday-images/Roy_Suryo.jpg&h=auto&w=140&a=tlJakarta | Nama politisi Partai Demokrat, Roy Suryo, dalam dua hari belakangan, mendadak jadi bahan perbincangan. Pakar telematika itu sibuk menjawab pertanyaan wartawan soal pengangkatan Roy sebagai Menpora dan penyerangan situs resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, presidensby.info.

Pada Rabu (09/01) pagi, situs resmi SBY diserang peretas. Hacker yang menamakan diri Jemberhacker Team itu menggantikan tampilan situs presidensby.info. Tampilan muka situs berubah menjadi layar hitam dan tertulis jemberhacker.web.id : "! Hacked by MJL 007 ! This is a PayBack From Jember Hacker Team."

Terkait itu, Roy Suryo menegaskan bahwa situs Kementerian dan Lembaga kerap dihack seperti situs resmi SBY. Menurut Roy, aksi hacker itu, tidak pernah menyerang secara langsung kepada server atau menyerang pada situs asli.

Keterangan Roy itu dibenarkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoinfo) Tifatul Sembiring. Tifatul memastikan bahwa bukan server situs resmi SBY yang dihack. "Yang di-hack adalah Domain Name System (DNS) yang dipakai oleh situs presiden. Yaitu soft player yang ada di Texas. Jadi ada namanya, jemberhacker dia mengalihkan IP address ke jemberhacker," ungkap Tifatul kepada wartawan.


itoday

0

Pemerintah Tender Jalan Perbatasan Kalimantan-Malaysia

Tender tersebut dibagi menjadi empat buah paket pekerjaan.

http://us.media.viva.co.id/thumbs2/2011/05/15/111085_jalan-trans-kaltim-di-bengalon--kutai-kartanegara--kalimantan-timur_209_157.jpg
Trans Kaltim
Kementerian Pekerjaan Umum mulai menggelar tender untuk jalan perbatasan Kalimantan Barat dengan Malaysia. Tender tersebut dibagi menjadi empat paket pekerjaan.

Pekerjaan pertama adalah pembangunan jalan batas Kabupaten Sambas-Kabupaten Sanggau, batas Temajuk-Sambas, Singkawang-Tebas Bypass Sambas-Tanjung Harapan-Galing, dan jalan batas Kabupaten Sanggau-batas Kabupaten Sintang.

"Secara total ada 27,5 kilometer dari empat paket tersebut," ujar Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Tujuh, Andriananda, kepada VIVAnews, Jumat 10 Januari 2012. Keempat proyek tersebut bernilai total Rp 220 miliar.

Direktur Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Winarno, menambahkan, pembangunan jalan perbatasan Kalimantan dilakukan secara bertahap. Sebab, penyelesaian jalan perbatasan Kalimantan bukan merupakan hal yang mudah.

"Medan yang dihadapi sulit, aksesibilitas yang terbatas, dan permasalahan lahan yang juga terus menjadi masalah dengan hutan lindung," katanya.

Kepala Pusat Pengolahan Data Kementerian Pekerjaan Umum, Danis Sumadilaga, mengungkapkan, proses tender seluruhnya diharapkan bisa selesai pada Februari ini, sehingga pada Maret 2013 pekerjaan bisa dilakukan.

Secara keseluruhan, jalan di perbatasan Kalimantan memerlukan dana Rp 7,8 triliun untuk membangun jalan sepanjang 1.755 kilometer.

Sementara itu, Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, mengatakan bahwa kendala pembangunan di wilayah Kalimantan, terutama daerah perbatasan adalah permasalahan hutan lindung.

Untuk itu, paket pengerjaan jalan di sekitar perbatasan harus menunggu izin dari Kementerian Kehutanan.(art)


0

Amerika Adukan Aturan Kuota Impor Pangan RI ke WTO

AS menilai kebijakan Indonesia tidak konsisten terhadap aturan WTO.

http://us.media.viva.co.id/thumbs2/2011/01/07/102822_kebutuhan-pangan_209_157.jpgAmerika Serikat secara resmi mengadukan kebijakan Indonesia yang membatasi impor produk hortikultura, produk hewan, dan hewan kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Dalam aduannya, Amerika Serikat menyatakan kebijakan impor pangan Indonesia menggunakan kuota, sehingga akan berpengaruh signifikan dalam perdagangan kedua negara.

"Kebijakan Indonesia ini sangat bertentangan dan tidak konsisten terhadap aturan WTO," tulis pernyataan WTO seperti dikutip Reuters, Jumat 11 Januari 2013.

WTO menyatakan, jika tidak terjadi penyelesaian dalam 60 hari, akan diproses dalam arbitrase. Sebelumnya, beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Uni Eropa, dan Kanada juga mempertanyakan kebijakan kuota impor Indonesia ini.

Indonesia mengalami defisit perdagangan selama empat bulan berturut-turut pada April-Juli 2012. Indonesia berencana untuk swasembada pangan guna menekan impor pangan yang melonjak.

Kementerian Perdagangan RI sebelumnya mengeluarkan Permendag Nomor 30/M-DAG/PER/5/2012 tentang ketentuan impor produk hortikultura pada 7 Mei 2012. Dalam aturan tersebut, impor hortikultura diperketat, termasuk supermarket dilarang mengimpor langsung produk hortikultura, produk hewan, dan hewan. (art)


0

Wawancara Tokoh - Penerbangan Indonesia Menuju Standard Internasional

Penulis: Gatot R
Fotografer: Suharso Rahman

Menhub Evert Ernest Mangindaan
Menyiapkan sumber daya manusia harus secara maksimal. Jangan lagi berpikir lingkup nasional, tapi sudah harus sejajar dengan standar internasional.

Santun dan kalem adalah pesona dari sosok Evert Ernest Mangindaan, Menteri Perhubungan yang dilantik Presiden Yudhoyono pada 19 Oktober 2011 lalu. Namun pria yang pada bulan Januari ini tepat berusia 70 tahun itu masih terlihat energik terutama saat mengungkapkan pendapat-pendapatnya. Berbagai dunia pernah dirambah. Mulai dari militer aktif, pengajar di militer, olah raga (sepak bola, judo dan karate), dan sekarang merambah ke dunia transportasi.

Dengan sifatnya yang senang belajar, tidak sulit untuk mempelajari dunia transportasi yang saat ini terus berkembang. Pertengahan Desember lalu, pria yang menyayangi keluarga ini menerima Angkasa untuk memberikan gambaran ke depan tentang sumber daya manusia di transportasi udara.

Bagaimana pandangan Bapak secara umum tentang dunia transportasi udara nasional pada tahun 2013?


Bicara 2013 harus dikaitkan sejak 2008. Sektor penerbangan sempat turun tahun 2008. Namun setelah itu tumbuh sangat pesat. Pertumbuhan ekonomi nasional kita sejak 2008 naik di atas angka 6%. Makanya kita masuk G20. Pertumbuhan sektor penerbangan kita pun naik dengan rata-rata 15%. Kalau kita prediksi pertumbuhan ekonomi nasional kita tahun 2013 sekitar 6,3%, saya yakin sektor penerbangan juga akan naik. Yang harus kita antisipasi adalah penyiapan bandara. Yang ada ditingkatkan, yang belum ada kita bangun baru. Bagaimana maskapainya? Saya kira akan banyak maskapai yang datang baik nasional maupun internasional.

Apakah yang sebaiknya dikurangi dan apakah yang sebaiknya dipertahankan dan ditambahkan?

Sebenarnya tidak ada yang an sich dikurangi tapi beralih. Yang dikurangi adalah ketergantungan pada manusia. Dari manual, mekanik menjadi elektrik atau teknologi. Kesalahan sering terjadi karena faktor manusia. Beralih ke elektrik, tidak bergantung pada manusia akan menjadi lebih efisein. Dalam rangka pelayanan publik, juga harus dikurangi prosedur yang berbelit-belit.

Yang dipertahankan adalah standarisasi untuk kebutuhan nasional, tambahkan standardisasi untuk kebutuhan internasional. Jadi, standar nasional harus sekaligus standar internasional.

Misalnya untuk pilot, selain lisensinya bisa dipakai secara nasional, juga harus bisa dipakai secara internasional.

Secara spesifik, bagaimana pandangan Bapak tentang sumber daya manusia di dunia transportasi udara nasional?


Terus terang kita kelabakan untuk menghadapi kebutuhan sumber daya manusia. Baik pilot, teknisi dan navigasi. Belum lagi kru-nya. Ke depan, kebutuhan kita akan pilot dan yang lainnya akan semakin banyak karena banyaknya pesawat yang akan datang. Dari luar negeri juga banyak yang minta pilot kita. Saya katakan, jangan ditahan kalau ada yang diminta pihak luar negeri. Serahkan saja, kita cetak lagi. Kan kita juga senang kalau rakyat kita sejahtera.

Menurut Bapak, bagaimana cara meningkatkan jumlah sumber daya manusia penerbangan tersebut?

Sekarang kita sudah konsepkan, ada yang dibentuk dan dididik oleh kita (pemerintah), ada yang oleh swasta. Saya baru didatangi teman-teman yang ingin mendirikan sekolah pilot. Saya izinkan semua. Asal connect dengan sekolah yang kita bina. Maksudnya standarnya harus jelas. Kurikulumnya harus jelas agar standarnya jelas. Kalau bisa international standard. Harus internasional karena kita mengikuti perkembangan teknologi. Kita juga tidak bisa lepas dari peraturan ICAO.

Bapak lama berkecimpung dalam dunia pendidikan terutama di jajaran TNI. Apa sebenarnya yang harus diberikan dalam dunia pendidikan?

Sebagai pengajar saya punya konsep Three in one. Yang pertama harus ditingkatkan intelektualnya. Kedua soal mental termasuk salah satunya tentang nasionalisme. Yang ketiga adalah fisik yang tangguh. Jangan sakit-sakitan apalagi menggunakan narkoba. Tiga hal ini harus betul-betul dimiliki oleh insan perhubungan udara. Karena mereka bertanggung jawab terhadap ratusan penumpang yang dibawa.

Dapatkah metode di TNI diadopsi untuk pendidikan di dunia penerbangan?

Semua bisa kecuali satu yaitu tidak boleh terlalu keras. Kita di militer menggembleng mental untuk jadi pejuang. Harus dilatih untuk tidak mengenal menyerah dalam kondisi apapun. Jangan menggerutu duluan sebelum mengatasi masalah. Kedua rela berkorban. Nyawa pun aku serahkan demi bangsa dan negara. Ketiga yakin kebenaran perjuangan kita. Keempat percaya pada diri sendiri. Karena kita sekolah kita harus punya prinisip: kalau orang lain bisa, aku pun pasti bisa. Semua itu bisa diterapkan di pendidikan sipil tapi jangan terlalu keras.

Sebagai seorang purnawiraan TNI, Bapak terlihat santun dalam bersikap.

Sikap santun saya mungkin terbawa dari kedua orang tua yang semuanya guru. Sejak kecil saya diajari santun, tidak berkelahi. Kalau di keluarga, saya paling lembut dan manut sama orang tua. Apalagi dulu saya kekar. Bagian kerjaan yang berat, saya yang nanganin. Tapi di luar rumah jangan coba-coba cemooh saya. Saya latihan karate, judo supaya orang jangan meremehkan saya. Saya pernah juara junior judo dan karate se-Makassar.

Bagaimana konsep Bapak mengelola sebuah Kementerian Perhubungan?

Terbawa dengan perilaku, konsep saya ya begitu. Yang pertama saya punya peraturan pedoman leadership yang diambil dari falsafah Jawa. Yaitu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani, Waspodo Purbawisesa (menjaga jangan ada salah), Ambeg Param Arta (mendahulukan kepentingan yang lebih besar), Prasojo (sederhana dalam bertindak), Saktiya atau toleransi, Gemi Nastiti dalam hal materi, Bloko atau transparansi istilah jaman sekarang, serta Legowo atau lapang dada.

Yang kedua, kemampuan manajemen. Kemampuan manajerial harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Saya coba mengarahkan ke bawahan saya juga begitu. Harus berpikir: programming dulu baru bicara budget. Mission oriented bukan budget oriented.


Angkasa
0

Pemerintah Memberikan Suntikan Dana Kepada 8 BUMN

Jakarta | Menjelang penutupan tahun lalu, Presiden SBY menyetujui suntikan modal negara untuk 8 BUMN yang jumlah totalnya mencapai triliunan rupiah. BUMN apa saja yang dapat?

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Kamis (10/1/2013), suntikan modal untuk BUMN tersebut telah disetujui melalui peraturan pemerintah (PP) yang diteken SBY di akhir tahun.

Adapun daftar BUMN yang mendapat suntikan modal dari APBN-P 2012 yang disetujui di akhir-akhir tahun tersebut adalah:

PT Askrindo sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 107 Tahun 2012 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Desember 2012, mendapatkan tambahan modal negara sebesar Rp 831 miliar. Tambahan modal negara ini diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012.

Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 108 Tahun 2012 tertanggal 24 Desember 2012 memperoleh tambahan penyertaan modal negara sebesar Rp 1,169 triliun, yang dananya bersumber dari APBN 2012;

PT PAL memperoleh tambahan penyertaan modal negara Rp 600 miliar dari APBN 2012 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 110 Tahun 2012 tertanggal 24 Desember 2012;

PT Pindad sebesar Rp 2 triliun dari APBN 2012 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 111 Tahun 2012 tertanggal 24 Desember 2012;

PT Industri Kapal Indonesia memperoleh Rp 200 miliar dari APBN 2012 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 112 Tahun 2012 tertanggal 24 Desember 2012;

PT Garam memperoleh Rp 100 miliar dari APBN 2012 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 113 Tahun 2012 tertanggal 24 Desember 2012; dan

PT DI sebesar Rp 400 miliar dari APBN 2012 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 116 Tahun 2012 tertanggal 28 Desember 2012.

PT Damri sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 115 Tahun 2012 tertanggal 27 Desember 2012 memperoleh tambahan penyertaan modal negara sebesar Rp 11,048 miliar.

Tambahan penyertaan modal negara bukan kepada Damri tidak berupa uang tunai sebagai BUMN-BUMN lainnya, tambahan modal negara kepada Damri dalam bentuk pengalihan barang milik Kementerian Perhubungan berupa 37 unit bus Hyundai HD Mighty 136-B yang pengadaannya bersumber dari APBN 2010.


ۥ Detik
0

Telkom Akan Pasang 100.000 WiFi di Sekolah-sekolah

http://img.beritasatu.com/images/medium/12122012142504.jpgMahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, Tangerang, sedang menikmati program internet di lingkungan kampus mereka tanpa melalui sambungan kabel. Survei APJII 2012 menyebutkan ada 65 juta pengguna internet di Indonesia.

 Pemasangan WiFi itu rencananya bakal dirampungkan tahun ini.

Jakarta PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berencana menggelar 100 ribu titik hotspot di sekolah-sekolah seluruh Tanah Air pada tahun 2013. Hingga kini perseroan telah memasang WiFi di 3.000 sekolah.

“Di sekolah-sekolah tersebut rata-rata di pasang 3 sampai 4 titik hotspot, investasi kami dalam menggelar WiFi sekitar Rp 10 sampai 15 juta per satu sekolah,” kata Direktur Enterprise & Wholase Telkom, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Kamis (10/1).

Awaluddin menerangkan, program pembangunan WiFi di sekolah yang bernama IndiSchool ini dimaksudkan untuk memberikan pemerataan akses internet dan penyampaian konten edukasi kepada komunitas pendidikan di sekolah.

“Pada program ini kami tidak fokus kepada laba, Telkom fokus gelar dulu infrastrukturnya,” jelas dia.

Pada tahap awal Telkom bakal memberikan akses internet dengan kecepatan 1 Mbps, untuk digunakan sekolah-sekolah mengakses berbagai konten edukasi. Menurut Awaluddin, Indischool membawa konten edukasi yang sesuai kebutuhan sekolah dan lingkungan pendidikan dengan harga terjangkau.

Adapun, harga paket yang ditawarkan Rp 1000 per hari, Rp 20.000 per 30 hari, dan 100.000 per enam bulan.

“Kami juga menggandeng Microsoft, Intel, dan IBM untuk mengembangkan konten pendidikan, untuk pengembangan konten, paling lambat kita mulai di semester dua 2013,” jelas dia.


0

Pemerintah Optimis Mampu Pasok Energi Untuk Mobil Listrik

http://m.itoday.co.id/timthumb.php?src=http://www.itoday.co.id/images/stories/itoday-images/98776.jpg&h=auto&w=140&a=tlJakarta Pemerintah menjamin pasokan energi untuk mobil listrik sangat cukup walaupun telah ada satu juta unit mobil listrik pada tahun ini. Hal ini sebagai antisipasi terjadi pertumbuhan permintaan mobil listrik dimasa depan.

"Kebutuhan listrik kan tiap tahun bertambah tapi kita sudah antisipasi jika mobil listrik ada, mulai dari stasiun pengisian mobil listrik," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman, Rabu (9/1).

Berapapun mobil listrik yang ada, bahkan jika pada 2013 ada satu juta unit mobil listrik, pasokan listrik tetap cukup dan ada, khususnya untuk Jawa-Bali.

"Walau tahun ini ada satu juta unit dan mobil listrik diproduksi massal, pasokan listrik ada dan cukup khususnya jika melihat kondisi pasokan cukup untuk Jawa-Bali," ungkapnya.

Namun hingga sampai saat ini, pihak Kementerian ESDM belum mengeluarkan anggaran khusus untuk menyiapkan infrastruktur pengisian mobil listrik.

"Tidak ada anggaran khusus untuk infrastruktur mobil listrik, yang jelas dari sis pasokan listrik sudah cukup berapapun yang diproduksi, apalagi kita sudah ada cadangan listrik 30% di Jawa-Bali, bahkan dibeberapa tempat sudah aman pasokannya," pungkasnya.*


 itoday
0

Negara-negara yang dahului Indonesia beri nama jalan Soekarno

Jakarta | Jokowi kembali membuat gebrakan baru untuk Jakarta. Kali ini Jokowi berniat akan memberi nama jalan baru di Jakarta dengan nama proklamator, Ir. Soekarno. Mantan wali kota Solo ini mengaku telah merencanakan penamaan ini sejak lima hari lalu.

Bukan tanpa alasan Jokowi memberi nama 'Ir. Soekarno' pada jalan yang akan dibangunnya ini. Sosok Soekarno dinilai punya tempat di hati rakyat Indonesia.

"Bung Karno, masa saya harus bilang, semua warga tahu, karena Bung Karno proklamator," jelasnya Jokowi.

Ironinya, tak ada nama jalan Ir. Soekarno di Indonesia. Soekarno selalu dipasangkan dengan Mohammad Hatta sebagai dwitunggal. Karena itu namanya selalu Jalan Soekarno-Hatta. Bandara Internasional Cengkareng pun diberi nama Soekarno-Hatta.

Tercatat ada beberapa negara yang mengabadikan nama Soekarno sebagai nama jalan. Negara-negara ini menganggap Soekarno punya andil besar bagi bangsa mereka. Berikut adalah negara tersebut.(mdk/ian)

1. Mesir

Pribadi Soekarno begitu membekas di hati Presiden Mesir kala itu Gamal Abdul Naseer. Puncaknya ketika Konferensi Asia Afrika, keduanya semakin dekat. Berkat aktifnya Soekarno dalam lembaga perdamaian ini, nama Soekarno pun dibubuhkan untuk jalan di Mesir.

Letaknya bersebelahan dengan Jalan Sudan, Daerah Kit-Kat Agouza Geiza. Uniknya, nama jalan ini menjadi Ahmed Soekarno. Tujuannya tak lain, untuk membuktikan bahwa Presiden pertama Indonesia ini beragama Islam.(mdk/ian)

2. Maroko

Berkat peran aktifnya di Konferensi Asia Afrika, lagi-lagi Soekarno mendapatkan penghargaan dari tanah Afrika. Selain Mesir, Maroko juga menjadi negara yang mengabadikan nama Soekarno menjadi jalan di Rabat, Maroko.

Bahkan jalan ini langsung diresmikan sendiri oleh Soekarno bersama dengan Raja Muhammad V pada 2 Mei 1960. Semula jalan ini bernama Sharia Al-Rais Ahmed Soekarno namun sekarang dikenal dengan Rue Sukarno.(mdk/ian)

3. Pakistan

Hubungan Pakistan dan Indonesia amat dekat saat Orde Lama. Saat itu Soekarno berjasa pada Pakistan dengan mengirimkan TNI untuk membantu pengamanan Pakistan saat berperang melawan India.?

Sebaliknya, pada saat konfrontasi militer Indonesia-Belanda, dikomandoi Quaid Azzam Ali Jinnah, tentara Pakistan mampu menahan pesawat Belanda yang saat itu singgah di Pakistan.

Berkat peristiwa-peristiwa tersebut,Pakistan pun mengabadikan nama Soekarno di dua tempat penting di Pakistan yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar, di Lahore.(mdk/ian)

4. Rusia

Umat muslim di Rusia memang patut berterima kasih pada Soekarno. Berkat pembicaraan Soekarno dengan Presiden Nikita Kruschev, gudang senjata di St Petersburgh kembali ke fungsi awalnya yakni masjid. 

Hal ini tentukah bukan kebetulan, Soekarno yang kala itu mengunjungi St. Petersburgh melihat masjid biru di St. Petersburgh telah berubah fungsi menjadi gudang senjata. Prihatin, Soekarno pun lantas membicarakan masalah ini ditengah pembicaraan bilateral dengan Rusia.

Tak disangka kabar gembira pun menghampiri Soekarno, meski saat itu berstatus sebagai negara komunis nyatanya Rusia pun memperhatikan saran Soekarno dan mengembalikan fungsi tempat ini menjadi masjid.(mdk/ian)


Merdeka
0

Perbedaan Ahmadi dan Tucuxi

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/09/136690/250x125/perbedaan-ahmadi-dan-tucuxi.jpgJakarta Era mobil listrik di tanah air lahir untuk menyikapi persoalan tingginya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Indonesia. Mobil konvensional yang masih mengandalkan minyak sebagai bahan bakar, menyedot subsidi BBM cukup tinggi.

Pemerintah mengeluarkan imbauan agar mobil pribadi menggunakan BBM non subsidi. Imbauan tersebut ternyata bergigi. Konsumsi BBM masih sangat tinggi.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tiba-tiba muncul dengan ide mobil listrik. Dia meyakini, mobil listrik mampu menjadi solusi alternatif dari persoalan yang ada. Sebab, kendaraan ini tidak lagi mengandalkan BBM.

Dahlan muncul bersama mobil listrik yang diberi nama Ahmadi. Mobil ini sejenis Hyundai Atoz berwarna hijau. Penciptanya adalah Dasep Ahmadi. Dahlan sendiri yang menjemput Ahmadi ke bengkelnya di Depok, Jawa Barat dan memperkenalkan ke publik.

Kemunculannya membuat Dahlan makin optimis akan masa depan mobil listrik di Indonesia. Bahkan, mobil listrik digadang-gadang sebagai mobil masa depan nasional.

Tidak berselang lama dari kemunculan Ahmadi, Dahlan menyampaikan bahwa dia tengah mempersiapkan mobil listrik mewah sejenis Ferrari. Mobil itu diberi nama Tucuxi. Penciptanya adalah Danet Suryatama.

Dahlan memamerkan mobil barunya tersebut ke khalayak umum. Walaupun akhirnya, umur mobil mewah tersebut tidak lama karena berakhir tragis ketika Dahlan melakukan uji coba. Tucuxi mengalami kecelakaan dan menabrak tebing. Kondisi mobil tersebut rusak parah.

Dari dua mobil listrik andalan Dahlan tersebut, terdapat beberapa perbedaan mulai dari komposisi mesin hingga tentu saja biaya yang dikeluarkan. Berikut beberapa perbedaan antara mobil karya Dasep Ahmadi dan Danet Suryatama.(mdk/noe)

1. Gearbox

Gearbox atau transmisi adalah salah satu komponen utama yang disebut sebagai sistem pemindah tenaga. Gearbox berfungsi untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin ke salah satu bagian mesin lainnya.

Mobil listrik Ahmadi dilengkapi dengan gearbox. Sementara mobil listrik Tucuxi tidak dilengkapi gearbox. Dahlan Iskan menuding, ketiadaan gearbox dalam Tucuxi menjadi penyebab utama kecelakaan saat uji coba beberapa waktu lalu.

"Karena Tucuxi tidak memakai gearbox, maka kekuatan rem ada di rem itu sendiri. Tidak ada bantuan apapun," ujar Dahlan saat jumpa wartawan di Taman Ismail Marzuki, Selasa (8/1).(mdk/noe)

2. Biaya pembuatan

Membandingkan antara Ahmadi dengan Tucuxi tentu tidak bisa melupakan biaya yang dibutuhkan untuk pembuatannya.

Biaya pembuatan atau investasi mobil listrik Ahmadi sekelas Hyundai Atoz yang dibuat oleh Dasep Ahmadi jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil listrik Tucuxi buatan danet Suryatama yang disebut-sebut sejenis Ferrari.

Menurut Dasep, biaya pembuatan mobil listrik Ahmadi bisa mencapai Rp 200-300 juta. Mobil ini diperkirakan akan dijual seharga RP 300 juta per unit. Untuk pembuatan mobil sendiri saat ini menghabiskan waktu sekitar 1,5 tahun.

Sementara untuk mobil listrik Tucuxi, Dahlan mengaku menghabiskan dana sebesar Rp 3 miliar yang diambil dari kantong pribadinya sendiri. Dahlan menyebut, jika berhasil diproduksi massal, mobil ini rencananya dijual seharga Rp 1,5 miliar.(mdk/noe)

3. Beda kasta

Kemunculan mobil listrik Ahmadi dan Tucuxi tidak berselang lama. Setelah sukses memperkenalkan Ahmadi, Dahlan langsung menyampaikan bahwa dia tengah mempersiapkan mobil listrik yang lebih mewah, yakni Tucuxi yang disebut-sebut sekelas Ferrari.

"Ini (mobil listrik Ferrari) untuk masyarakat kelas atas. Yang hijau (Ahmadi) untuk kelas menengah," ungkap Dahlan ketika ditemui di Monas, Jakarta, Kamis (20/12).(mdk/noe)

4. Mesin dalam negeri dan impor

Salah satu perbedaan antara Ahmadi dan Tucuxi terlihat pada komponen mesinnya. Jika digadang-gadang sebagai mobil nasional masa depan, tentu komponennya harus 100 persen buatan dalam negeri.

Dalam pembuatan Ahmadi, mesin merupakan buatan Indonesia. Sedangkan baterai atau accu lithium masih sulit diperoleh di Indonesia.

Sedangkan untuk Tucuxi, komponen mesin didatangkan langsung dari luar negeri. Tim perakit mobil listrik Tucuxi harus mencari kelengkapan sparepart hingga ke Amerika dan Singapura.(mdk/noe)

5. Mogok dan tabrak tebing

Perbedaan lain antara Ahmadi dan Tucuxi adalah nasib saat uji coba atau test drive. Nasib Ahmadi bisa disebut masih lebih beruntung dibanding Tucuxi.

Saat uji coba pertama, Dahlan mengemudikan Ahmadi dari bengkelnya di Depok, Jawa Barat ke kantor BPPT di kawasan Sudirman-Thamrin. Uji coba pertama gagal. Ahmadi mogok di depan Kedutaan Jepang di Jl. Thamrin. Ahmadi kehilangan tenaga karena baterainya habis.

Sementara Tucuxi berakhir tragis. Mobil mewah yang dikendarai Dahlan saat uji coba 1.000 kilo meter, mengalami kecelakaan di daerah Magetan. Tucuxi menabrak tebing dan kondisinya rusak parah.(mdk/noe)


0

Dua kali situs Presiden SBY diretas

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/10/136728/250x125/dua-kali-situs-presiden-sby-diretas.jpgJakarta Situs resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) beralamat http://www.presidensby.info berubah tampilan. Situs yang biasanya memuat kegiatan presiden ini, hanya menampilkan layar hitam dan tidak bisa membuka konten-konten di dalamnya. Situs SBY sedang diserang peretas.

Para peretas tidak menyampaikan pesan secara khusus, setelah berhasil meretas situs milik Presiden SBY tersebut. Hanya ada gambar dengan ikon labu mirip gambar pocong, dan bertuliskan jemberhacker.web.id dan layar hitam, serta tulisan "! Hacked by MJL 007 ! This is a PayBack From Jember Hacker Team."

Tidak lupa, para peretas mencantumkan alamat surat elektronik mereka, yakni Jemberhackerterorrist@gmail.com pada bagian bawah situs tersebut. Identitas para peretas juga dicantumkan, antara lain Unwanted, Wayc0de, RSHx0r, Akinari, After01, Admin07, Anarchy666, ChengCheng, Star.anggam, d3ViLfac3, dillahdejavu, SiuM4n, T0L3, dan Endy Hacker Id.

Meski presidensby.info mengalami penyerangan, situs resmi istana kepresidenan yang beralamat di http://www.presidenri.go.id tetap aman dari serangan hacker. Sementara, belum ada situs-situs pemerintah lainnya yang mengalami nasib serupa.

Istana langsung bertindak cepat usai mengetahui situs resmi milik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang beralamat di http://www.presidensby.info di serang peretas. Salah satunya melakukan koordinasi dengan Bareskrim Polri.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Kemenkominfo dan Reskrim Polri, sekiranya ada hal atau tindakan yang perlu diambil," ungkap Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha di Jakarta, Rabu (9/1).

Peretas situs resmi Presiden SBY mengaku aksinya meretas situs tersebut karena Presiden SBY dinilai gagal memimpin Indonesia. Sudah dua periode memimpin, SBY dianggap tidak mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

"Ketidakberhasilan SBY dalam memimpin negeri tercinta ini, membuat kita (JHT) melakukan pembalasan terhadap SBY," kata perwakilan JHT kepada merdeka.com, kemarin.

Tidak hanya itu, peretas juga menilai kepemimpinan SBY merupakan masa subur pertumbuhan koruptor di Tanah Air. Bisa dipastikan, dari tingkat pusat sampai daerah, korupsi menjadi budaya yang cepat berkembang, ibarat jamur tumbuh di musim hujan.

"Korupsi semakin merajalela, rakyat miskin di mana-mana! Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin," terangnya.

Kasus situs resmi Presiden SBY yang diretas bukan terjadi pertama kali ini saja. Pada tahun 2007 lalu, situs presidensby.info juga pernah di-hack.

Tampilan muka situs presidensby.info kala itu diubah isinya oleh peretas dengan beberapa tuntutan. Isinya, meminta agar Presiden SBY menurunkan harga bandwith agar internet bisa diakses secara murah oleh masyarakat. Mereka juga menuntut agar SBY mendukung Indonesia Goes to Open Sources (IGOS).

Berikut sebagian tuntutan yang terpampang dalam situs presidensby.info:

"Berantas KKN, pornografi dan pornoaksi di negeri kita tercinta ini. Saya kira Anda telah menyaksikan bagaimana azab yang telah menimpa bangsa ini. Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, dan Kecelakaan baik di udara, laut maupun darat yang telah merenggut anak dari ibunya, yang telah memisahkan adik dari kakaknya. Kurang apalagi? Tanah Longsor? Lumpur Sidoarjo? Mungkin sebentar lagi bencana yang akan lebih besar lagi. Tidakkah kita malu terhadap Tuhan? Sudah diperingatkan berulang kali tetap saja membangkang dan tidak ingat kepada-Nya. Agar permintaan kami ini diperhatikan dan dilaksanakan. Karena pemimpin yang baik pasti mendengarkan suara rakyatnya. Terima kasih. Hormat Kami, Qwerty Meski situs www.presidensby."
(mdk/ian)