0

Hebat, Dokter Indonesia Buat Bor Gigi Dilengkapi Musik

drg Dhanni Gustana -- MI/Sumaryanto/wt

LONDON--MICOM:
Seorang dokter gigi dari RS Dr Sarjito Yogyakarta, drg Dhanni Gustana, memperlihatkan bor gigi yang dilengkapi musik sehingga bisa memperdengarkan musik guna mengurangi atau menghilangkan rasa takut pasien terutama anak-anak saat
operasi.

Dokter gigi Dhanni Gustana menyampaikan penemuannya itu dalam presentasi The Singing Dental Drill And The Finger Dental Drill, An innovative approach in dealing with dental anxiety pada International Association of Paediatric Dentistry 23rd Congress (IAPD2011) di Yunani baru-baru ini.

Kongres yang digelar di gedung Megaron Athens International Conference Centre, Yunani, dari 15 Juni itu diprakarsai The International Association of Paediatric Dentistry (IAPD), organisasi dunia yang mendedikasikan diri terhadap promosi kesehatan gigi untuk anak, dewasa, dan pasien dengan kebutuhan khusus.

Sekretaris Satu KBRI Athena, Yunani, Jani Mediawati Sasanti, Minggu (19/6), menyebutkan kongres yang dilaksanakan secara rutin setiap dua tahun ini bertema Interdisciplinary Approach to Paediatric Dentistry. Jani Mediawati Sasanti menjelaskan hasil kongres diharapkan dapat menunjukkan betapa pentingnya kerja sama berbagai ahli dari disiplin ilmu kesehatan lainnya untuk menunjang kesehatan anak.

Kongres diikuti oleh 1600 peserta, mewakili 79 negara, antara lain Yunani, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Italia, Belanda, Belgia, dan Indonesia. Sebanyak 15 dokter gigi anak dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali ikut hadir dalam kongres yang diadakan menjelang penyelenggaraan Special Olympics World Summer Games 2011 untuk atlet tuna grahita dari seluruh dunia. (Ant/OL-5)


MediaIndonesia
0

Selamat Tinggal Abang Tambal Ban

TEMPO Interaktif, Jakarta - Arifuddin menunggangi sepeda motornya membelah aspal Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Surabaya, tujuannya ke Yogyakarta, sejauh 267 kilometer, mengunjungi teman. Tiba-tiba ban belakangnya ogel-ogelan karena kehabisan udara. "Kena paku," ujarnya. Celingak-celinguk mencari bantuan, hanya gelap yang ia dapati. Sendirian di tengah malam, dia menuntun Honda Megapro, yang berbobot lebih dari 100 kilogram, melewati hamparan sawah serta kebun sampai keringat mengucur deras dan napasnya "Senin-Kamis". Lajang 23 tahun ini memutuskan bermalam di sebuah pom bensin, baru meneruskan misi mencari tukang tambal ban keesokan harinya.

Dia ingin melupakan pengalaman pahit tahun lalu itu. Bersama dua rekannya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, dia menciptakan mesin tambal ban elektrik, yang dinamai Tab-Trik Portable. "Konsepnya sangat sederhana," ujar Arifuddin kepada Tempo pekan lalu. Komponen utamanya adalah pemanas dari baja tahan karat atau stainless steel bergaris tengah lima sentimeter. Seperti di tukang tambal ban, pemanas berguna merekatkan tambalan pada karet ban. Daya panas datang dari listrik. Mahasiswa asal Jepara, Jawa Tengah, ini memasang dua kabel, lengkap dengan pentolannya, sehingga pengguna bisa memilih sumber setrum-dari colokan rumah atau aki sepeda motor. Dari aki berdaya 5 ampere dan 12 volt, inverter mengubah setrum DC jadi AC.

Panas berasal dari lilitan kawat pemanas solder, yang menghasilkan suhu 150 derajat Celsius pada lempengan baja. Arus listrik yang masuk juga melewati unit pengatur waktu, yang mati dalam 13 menit. "Kurang dari itu tambalan tidak merekat maksimal. Tapi, kalau lebih, ban bisa meleleh," kata mahasiswa jurusan teknik elektro tingkat akhir itu.

Arifuddin, Rizal Daus, 26 tahun, dan Sugianor, 22 tahun, merancang alat ini tahun lalu. Rekan satu rumah kos di Jalan Arif Rahman Hakim, Keputih, Surabaya, ini mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa yang diadakan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional pada Oktober 2010. Arifuddin dkk. termasuk di antara 5.000 kelompok yang terpilih mendapat dana penelitian. Pada April lalu, mereka kebagian Rp 6 juta untuk mewujudkan rancangannya.

Karena konsepnya sudah matang, tiga sekawan itu tak menemui banyak kesulitan. Bongkar-pasang dilakukan di laboratorium. Kadang dilanjutkan di tempat kos, yang hanya berjarak sepelemparan batu dari kampus. Mereka mengaku kesulitan membentuk casing dari aklirik. Desain beberapa kali berubah untuk menyesuaikan pembungkus dengan jeroannya. Hampir sebulan, mesin tercipta. Berbentuk kotak berukuran sepuluh sentimeter persegi, dilengkapi laci imut untuk menyimpan lem, karet penambal, pembuka pentil ban, dan aluminium foil.

Belum sempurna memang. Dosen pembimbing mereka, Joko Susila, mengatakan tampilan perangkat itu masih acakadut. "Desainnya masih perlu diperhalus," kata pengajar teknik pengaturan ini.

Tab-Trik Portable ibarat kios tambal ban yang bisa dibawa ke mana-mana. Tapi ini tak akan berguna tanpa mekaniknya. Karena tidak bisa diwakili mesin, penambalan mesti dipelajari dan dikerjakan sendiri. Ibaratnya belajar jadi abang tambal ban. Menurut Arifuddin, menambal ban bukan perkara sulit. "Lihat saja, banyak anak kecil yang jadi tukang tambal ban," katanya.

Arifuddin dkk. telah menyiapkan cara ganti ban dalam manual book alatnya. Ban kempis karena ban dalam sobek biasanya terkena benda tajam. Setelah menghentikan sepeda motor di tempat terang dan aman, hal yang harus dilakukan adalah membuka sekrup pentil dan melepaskan ban luar dari pelek. Permukaan ban dalam yang sobek dibersihkan, lalu bubuhi lem, klep penambal, dan alumunium foil. Nah, mulailah Tab-Trik bekerja. Setelah alat tersebut dicolokkan ke listrik atau aki, bagian yang akan ditambal ditempelkan pada lempeng baja pemanas, lalu ditutup. Tiga belas menit kemudian, tambalan akan melekat sempurna, dan ban siap digunakan kembali, setelah dipompa tentunya.

Menurut Arifuddin, orang awam butuh 30 menit untuk mengerjakan itu. Hampir sama dengan waktu menambal ban di kios pinggir jalan. Ini dengan catatan tidak ada antrean.

Mesin itu menelan modal sekitar Rp 250 ribu. Bagian terbesar adalah membeli inverter, yakni Rp 100 ribu. Arifuddin memperkirakan biayanya bisa ditekan jika alat itu diproduksi massal, menjadi sekitar Rp 150 ribu. Dia berencana mematenkan karyanya tersebut ke Kantor Hak Kekayaan Intelektual di Tangerang, Banten. "Tapi, urung karena belum ada duit," katanya sembari nyengir. Menurut dia, untuk pendaftaran saja butuh Rp 1 juta.

Dengan ukuran mungil, Tab-Trik bisa masuk di hampir semua bagasi sepeda motor, juga ransel. Ditambah pompa dan besi pencungkil ban berukuran 15 sentimeter, mesin ini bisa jadi perangkat wajib untuk sepeda motor, layaknya ban cadangan dan dongkrak untuk mobil, terutama untuk perjalanan jauh. Dengan mesin ini, Arifuddin dkk. sudah mengucapkan selamat tinggal kepada tukang tambal ban.[REZA M., FATKHURROHMAN TAUFIQ]



TEMPOInteraktif
0

Merombak Lintasberita.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Sudah delapan bulan terakhir situs Lintasberita.com masuk ruang "perawatan" di Merah Putih Incubator. Memiliki 5 juta pengunjung setiap bulan dan 2,1 juta konten sepertinya tak cukup untuk membuat posisi Lintasberita menjadi portal agregator berita yang patut diperhitungkan. Perusahaan inkubasi ini ingin "menyulap" situs yang cukup populer di Tanah Air itu supaya lebih atraktif dan dekat dengan penggunanya.

Perubahan pertama dimulai dari nama menjadi Lintas.me. Merah Putih menghapus kata "berita" karena terkesan terlalu serius dan formal. Sebutan itu juga seolah-olah menekankan bahwa situs ini adalah portal berita, padahal sebenarnya bukan.

Kendati sudah berganti nama, domain Lintasberita.com masih dipertahankan. Chief Executive Officer Lintas.me, David Wayne Ika, mengatakan tidak bisa langsung menghapus Lintasberita karena situs itu sudah memiliki pamor di mesin pencari Google. "Dari Lintasberita kami memberikan link ke Lintas.me," kata David dalam peluncuran Lintas.me di Jakarta, Kamis pekan lalu, 16 Juni 2011.

Selain berganti nama, David menjelaskan, ada tiga perubahan mendasar dari Lintasberita ke Lintas.me. "Yang unik adalah desain, personalisasi, dan sosial," ujarnya. Mengenai desain, ia menyulap tampilan Lintas.me menjadi lebih semarak dengan aneka gambar. Ide ini, kata David, diperoleh dari masukan pengguna yang menginginkan berlimpahnya foto di setiap halaman.

Pengunjung Lintas.me bisa melakukan personalisasi atau menentukan jenis berita yang diinginkan untuk tampil di halaman utama dengan cara memilih saluran. Di dalamnya, tersedia kumpulan informasi bisnis, kesehatan, teknologi, olahraga, hobi, gaya hidup, otomotif, dan sebagainya. "Pengguna dapat membuat saluran sendiri dengan memasukkan kata kunci," katanya.

Situs yang didominasi warna putih-biru ini juga terintegrasi dengan Facebook dan Twitter. Di timeline Twitter dan dinding Facebook akan tertera informasi terhangat yang paling banyak ditengok pengunjung. David mengatakan, pada intinya, Lintas.me sama seperti situs agregator lainnya, seperti Reddit.com. "Yang membedakan adalah tampilan dan kontennya," katanya.

Sumber informasi yang dimuat dalam Lintas.me, kata David, berasal dari blog, situs-situs berita media massa, dan microsite. Untuk dapat mengirimkan konten di Lintas.me, pengunjung diwajibkan mendaftar terlebih dulu. David mengingatkan, jangan coba-coba mem-posting konten yang melanggar hukum karena sudah ada mesin penyaring yang otomatis memblokirnya.

Bulan depan, situs yang sudah profit ini berencana menyediakan platform untuk perangkat bergerak, seperti di telepon seluler BlackBerry, Android, Symbian, Windows Mobile, dan iOS. Sembari menunggu aplikasi Lintas.me di ponsel, untuk sementara pengguna dapat mengakses http://m.lintas.me melalui mesin browser ponsel. [RINI KUSTIANI]


TEMPOInteraktif
0

Raih Peluang di Industri Digital, Sekarang!

KOMPAS.com - Lahirnya berbagai peluang di dunia digital tidak lepas dari pertumbuhan pengguna internet yang demikian pesat. Ketika semakin banyak orang menggunakan internet, semakin banyak pula hal yang bisa dihasilkan dan dimanfaatkan. Orang dari tempat yang berjauhan saling terhubung untuk berbisnis dan bekerja sama. Ketika orang-orang mulai melakukan transaksi jual beli online, berbagai peluang muncul. Pada perkembangannya, tumbuh situs-situs online shopping serta sistem pembayaran online yang semakin mudah.

Jika Anda sudah pernah dengar tentang Koprol, jejaring sosial asli Indonesia yang diakuisisi oleh Yahoo!, maka Anda tentunya tahu bahwa masih banyak lagi kisah sukses semacam itu yang sudah dan akan muncul. Bukankah mereka sukses karena mampu memanfaatkan peluang dengan tepat?

Seberapa sering sudah kita mendengar mengenai teknologi digital yang mempermudah hidup? Seberapa sering juga kita mendengar kisah sukses mereka yang bergelut di dunia digital? Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung dan bergabung dalam semua hal ini?

Jawabannya adalah mindset atau pola pikir. Langkah untuk mencapai tujuan yang diinginkan harus dijalankan dengan pola pikir yang sesuai pula.

Salah satu pola pikir yang bisa diterapkan adalah dengan memposisikan digital sebagai sebuah industri. Tidak berbeda dengan industri lain yang telah lahir jauh sebelumnya, industri digital menjanjikan banyak peluang besar. Namun peluang ini tidak akan membuahkan apa-apa jika tidak ada tindakan nyata dari para pelakunya.

Digital tidak akan pernah menjadi sebuah industri bagi orang yang hanya bertindak sebagai konsumen. Untuk mengambil bagian dalam industri digital ini, mari ambil langkah untuk menjadi produsen. Hasilkan karya lokal yang nantinya menjadi kebanggaan bangsa ini dengan menembus dunia internasional.

Sebagai bagian dari komitmen untuk ikut memajukan industri digital di tanah air, IDBYTE membantu menjembatani mereka yang ingin berperan aktif dalam membidik peluang di dunia digital. IDBYTE akan menghadirkan para pembicara dari perusahaan digital kelas dunia seperti Google, Facebook, dan LinkedIn dalam sesi Conference yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2011 di Ritz Carlton Ballroom, Pacific Place, Jakarta. Kesempatan ini merupakan ajang mencari pengalaman dan belajar tentang bagaimana mengembangkan industri digital di Indonesia dari perusahaan-perusahaan global tersebut.

Pengalaman dicari dan dijadikan pijakan untuk mencapai hasil yang lebih besar. Sekarang juga, ubah pola pikir Anda dan jadilah bagian dari nama-nama besar dalam industri digital.

Penulis: Yansen Kamto, Executive Director IDBYTE, dengan latar belakang dari industri digital advertising; saat ini juga menjalankan bisnis digital di bidang gaming dan sepakbola.


KOMPAS
0

IMDb, Aplikasi Bagi Pencinta Film

Aplikasi IMDb untuk penggemar film

KOMPAS.com - Anda pencinta film? Aplikasi IMDb merupakan "kamus" bagi penggemar film, yang dapat menjawab pertanyaan Anda seputar film.

Anda dapat dengan mudah menjelajahi aplikasi IMDb (Internet Movie Database) ini untuk menemukan bintang film idola Anda, sampai film-film yang pernah diputar sepanjang masa, lengkap dengan semua informasi terkait.

Nah, informasi apa saja yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini? Coba Anda klik "browse".

Untuk pengguna iPad dan iPhone di Indonesia, menu "Showtimes" tidak berfungsi. Namun Anda dapat mengecek film-film apa saja yang segera diputar di menu "Coming Soon".

Ketika Kompas.com mengecek "Coming Soon" hari Sabtu (18/6/11), keluarlah info tentang film yang segera diputar yaitu "Green Lantern" yang dibintangi Ryan Reynolds dan Blake Lively, "The Art of Getting By" dengan bintang Freddie Highmore dan Emma Roberts, dan "Mr Popper's Penguins" yang dibintangi Jim Carrey dan Caria Gugino. Juga "Bad Teacher" (Cameron Diaz, Justin Timberlake) dan "Cars 2" (Owen Wilson, Michael Caine), dan "Transformers: Dark of The Moon" (Shia LaBeouf).

Menu lainnya yang bisa Anda klik adalah "US Box Office Results" yang memuat film-film yang paling banyak menghasilkan uang. Sedangkan menu "Moviemeter" merupakan info judul film terbanyak dilihat di IMDb.

Lalu ada menu "Top 250 Movies" yang memuat film-film mana saja yang paling banyak dipilih pengguna IMDb. Juga "Bottom 100 Films" hasil pilihan pengguna IMDb.

Jika Anda penggemar DVD dan Blu-Ray, Anda juga bisa mengecek DVD apa saja yang terbaru dan Anda bisa langsung memesannya di amazon.com. Anda juga dapat melihat DVD yang segera dirilis dan DVD apa saja yang menjadi "bestsellers".

Informasi penting lainnya yang bisa Anda dapatkan dalam aplikasi IMDB adalah "Best Picture Winners" dari "The King's Speech" (2010) sampai "Wings" (1927). Jadi ini semacam perpustakaan tentang film-film Hollywood.

Anda pun bisa mengikuti perkembangan berita-berita seputar film di "Top News" dan "Movie News" dari berbagai sumber mulai dari EW.com, Hitfix, People.com, The Wrap, E! Online, Collider.com, Slash Film, sampai Inside Movie.

Menu "TV" tampaknya tidak pas untuk pengguna iPad dan iPhone di luar Amerika Serikat.

Namun pada menu "People", Anda bisa mendapatkan informasi tentang bintang-bintang idola Anda yang sedang berulang tahun hari ini, bintang film yang paling banyak dilihat di IMDB, dan berita selebriti Hollywood.

Rekomendasi Kompas.com: Aplikasi IMDb di iPad sangat informatif dengan desain yang mudah digunakan. Jika Anda pencinta dan penggemar film Hollywood, Anda wajib mengunduh aplikasi IMDb yang gratis ini di iPad Anda. (Robert Adhi Ksp)


KOMPAS

0

Infomedia Targetkan Rp 1,2 Miliar dari Informasi Jajanan Online

Infomedia (rou/inet)

Jakarta - Infomedia, anak perusahaan Telkom, menargetkan revenue Rp 1,2 miliar dari layanan direktori online dengan segmentasi kuliner. Pendapatan ini diproyeksi datang dari 600 pelanggan dan merchant yang tergabung dalam portal www.infojajan.com hingga akhir 2011 nanti.

"Untuk mengembangkan portal infojajan.com ini nilai investasi yang dialokasikan sebesar Rp 5 miliar," kata Presiden Direktur PT Infomedia Nusantara Muhammad Awaluddin kepada detikINET di gedung Infomedia, Jakarta, Jumat (17/6/2011).

Portal infojajan.com yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi kuliner di Indonesia, menggunakan teknologi berbasis web 2.0 dengan penekanan pada user generated content.

Menurut Awaluddin, hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari informasi, serta melakukan tansaksi dan delivery services dalam direktori kuliner ini.

"Kami ingin infojajan diposisikan orang sebagai referensi atau rujukan utama pecinta kuliner di Indonesia, baik bagi pengunjung maupun bagi merchant yang tergabung dalam portal kami," jelasnya.

Untuk menyosialisasikan situs informasi jajanan online ini, Infomedia pun mulai gencar mengedukasi pasar melalui beragam jejaring sosial, seperti Facebook (facebook.com/info-jajan) dan Twitter (@infojajan.com).

"Follower kami di Twitter nanti diproyeksikan mencapai 20.000 dan friend di facebook sejumlah 6000 dengan proyeksi visitor 100.000 per bulan hingga akhir 2011," kata Awaluddin.

Sejauh ini, lanjut dia, merchant yang telah bergabung dengan infojajan.com antara lain, Sogo Food Hall, KFC, Es Teler 77, Pizza Hut, Someone House, dan lainnya.

Sementara merchant yang sudah mulai berpromosi di infojajan.com, di antaranya Spinelli dengan program buy one get one dan Excellso Coffee dengan program free Ice Lemon Tea.

"Kerja sama dengan beberapa pihak juga terus dikembangkan, di antaranya dengan
lembaga institusi perbankan. Misalnya dalam memberikan diskon pada berbagai
merchant," kata Awaluddin.

Infomedia sendiri mengklaim, coverage dari layanan ini telah meliputi delapan kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Balikpapan dan Bali.

"Kami optimistis, situs ini juga dapat menjadi media yang efektif bagi pemasang iklan dalam memasarkan produk dan layanan yang relevan secara online," pungkas salah satu lulusan terbaik Telkom ini.( rou / fyk )


detikInet
0

Saintifikasi Jamu Gencar Dilakukan

BANDUNG--MICOM: Pemerintah saat ini sedang melakukan saintifikasi jamu untuk mengumpulkan bukti ilmiah dari jamu sehingga jamu bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan diakui dunia internasional.

"Saintifikasi jamu ini sudah dimulai sejak tahun lalu, tujuan ialah bagaimana kita mendukung jamu-jamu yang selama ini tidak didukung bukti ilmiah tapi sekarang bisa didukung oleh bukti ilmiah," kata Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan di Kementerian Kesehatan RI Sri Indrawati, di Kota Bandung, Jumat (17/6).

Sri mengatakan, untuk mendukung bukti ilmiah tersebut pihaknya melakukan pengumpulan data-data dari semua jamu yang ada di Indonesia.

Dikatakannya, saat ini sudah ada 12 rumah sakit dan 62 puskemas di Pulau Jawa yang sudah melakukan saintifikasi jamu ini.

"Yang sudah itu di Jawa Tengah dan Jawa Timur, sampai saat ini ada sekitar 62 puskemas dan 12 rumah sakit yang turut membantu dalam saintifikasi jamu ini," kata Sri.

Ketika ditanyakan tentang berapa jumlah jamu yang sudah disaintifikasi, Sri mengatakan tidak mengatahui jumlahnya.

"Untuk jumlahnya saya kurang tahu, karena untuk data pasti saintifikasi jamu ini ada di Badan Litbang Kesehatan," katanya.

Menurutnya, saintifikasi jamu ini diharapkan bisa terintegrasi dengan pemberian obat.

"Saintifikasi jamu ini adalah sebuah potensi besar bagi kita, karena bahan baku jamu selama ini tidak harus didapatkan dari luar negeri seperti obat," katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedianingsih mengatakan, saintifikasi jamu adalah upaya dan proses pembuktian ilmiah jamu melalui penelitian berbasis pelayanan kesehatan.

"Tujuan adalah untuk memberikan landasan ilmiah penggunaan jamu secara empiris melalui penelitian berbasis pelayanan kesehatan," kata Menkes.

Selain itu, kata Menkes juga menyatakan bahwa saintifikasi ini juga bisa meningkatkan penyediaan jamu yang aman, memiliki khasiat nyata yang teruji secara ilmiah, dan dimanfaatkan secara luas baik untuk pengobatan sendiri maupun dalam fasilitas pelayanan kesehatan. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia
0

Indonesia Mampu Dirikan Perusahaan Semikonduktor

Depok (ANTARA News) - Presiden dan CEO Marvell Technology Group Sehat Sutardja menilai Indonesia mampu mendirikan perusahaan semikonduktor karena generasi mudanya melek teknologi.

"Perlu kerja keras dan terus belajar untuk mengembangkan teknologi," kata Sehat dalam kuliah umum bertajuk Entrepreneurship Through Innovation di Balai Sidang Universitas Indonesia, Depok, Rabu.

Menurut dia, generasi muda Indonesia banyak yang sudah melek teknologi sehingga perlu mendapatkan perhatian besar untuk mengembangkannya. "Kunci sukses adalah belajar dan mau bekerja keras," tegasnya.

Mengenai apakah Marvell akan membuka cabang di Indonesia, Sehat mengatakan akan segera merealisasikannya karena Indonesia berpotensi besar bagi perkembangan teknologi.

Sehat Sutardja adalah putera Indonesia yang menuai sukses besar di dunia. Marvell Technology Group, perusahaan yang didirikannya di Amerika Serikat adalah satu dari lima perusahaan semiconduktor terbesar di dunia.

Ia saat ini menduduki posisi Chairman, President and Chief Executive Officer Marvell Technology Group. Ia adalah lulusan Universitas Berkeley, California dan telah mengantongi lebih dari 260 hak paten atas namanya.

Perusahaan Marvell Technology Group yang kantor pusatnya berkedudukan di California ini mengembangkan teknologi penyimpanan, komunikasi, dan solusi silikon konsumen.

Produk Marvell mencakup switching, transceiver, communication controller, teknologi nirkabel dan solusi penyimpanan yang menggerakkan seluruh infrastruktur komunikasi termasuk bagi pemerintah, perusahaan, perkotaan, dan rumah tangga.

Produk Marvell banyak digunakan di berbagai perangkat elektronika, seperti Cisco Switch, Blackberry, Apple iPod, Xbox 360 dan produk-produk keluaran perusahaan elektronika ternama, seperti Panasonic, Huawei, Toshiba, Fujitsu, Sony Ericson, HP, Samsung, Hitachi, dan lainnya.

Marvell adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang tercantum dalam Majalah Forbes dengan kekayaan bersih 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp9,5 triliun.

Sementara itu peraih Penghargaan BJ Habibie Technology Award (BJHTA) 2010 Dr Eko Fajar Nurprasetyo memperkirakan Indonesia dalam waktu 5-10 tahun mendatang akan mampu memproduksi chipset sendiri secara massal di Indonesia.

"Saya yakin bahwa 5-10 tahun lagi Indonesia akan mampu memproduksi chipset sendiri secara massal di Indonesia," katanya beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke kantor wali kota Depok.

Untuk mewujudkan semua itu katanya ia ingin membuat industri chip di Kota Depok sehingga Depok bisa menjadi pusat industri teknologi yang juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga Depok.(*)[F006/M027]




ANTARAnews
0

Infomedia Luncurkan infojajan.com

Jakarta (ANTARA News) - PT Infomedia Nusantara (Infomedia), bagian dari kelompok usaha Telkom Group, Rabu siang meluncurkan infojajan.com, sebuah portal yang berisi informasi mengenai kuliner di Indonesia.

"Kita sudah lakukan pembaruan yang sesuai kondisi pasar saat ini, buat kami portal ini adalah suatu portfolio pilar birnis digital media dan rich content kami," kata Direktur Utama PT Infomedia Nusantara Muhammad Awalludin dalam jumpa persnya di La Piazza Kelapa Gading Jakarta.

Infojajan.com menurut Awalludin merupakan portal terbesar dan terlengkap di Indonesia yang masuk dalam www.yellowpages.co.id yang bertujuan memenuhi kebutuhan informasi kuliner di Indonesia.

Kemudahan yang ditawarkan kepada pengguna diantaranya kelengkapan informasi tentang tempat-tempat kuliner dari mulai pedagang kaki lima hingga tingkat restoran/cafe papan atas. Tersedia beragam makanan dan rasa maupun asal makanan.

Informasi menu terbaru, diskon, pada gerai tertentu, sharing informasi diantara sesama pecinta kuliner (komentar,review, dan rating), bahkan melalui portal itu "anda akan dengan mudah memperoleh resep menarik untuk uji coba kreasi dan berbagai jenis makanan."

Sementara itu dalam kesempatan yang sama general manager digital media bussiness Infomedia Muhammad Izzudin mengatakan bahwa posisi infojajan.com menjadi trigger yang menarik dalam model bisnis digital media.

Kedepan, menurutnya, infojajan.com akan dikembangkan menjadi aplikasi mobile untuk ponsel pintar semisal Blackberry.

"Informasi di infojajan bukan sekedar alamat saja, melainkan mulai dari posisi atau tempat makan, menu dan harganya. Database kami ada sekitar 17 ribu dan adanya fitur nearby akan membantu kita menemukan tempat menarik terdekat," ujarnya.

Dalam pengambangan, infojajan.com akan melakukan tiga tahapan, pertama membangun portal baru dengan investasi Rp500 juta, kedua layanan pesan dan pembayaran online dalam platform diskon dengan nilai investasi Rp1,5 miliar, ketiga mengembangkan delivery order.

"Kita akan alokasikan sekitar Rp5 miliar untuk pengembangan portal ini kedepan," ujar Awalludin.

Portal Infojajan.com menggunakan teknologi berbasis web 2.0 dengan penekanan pada user generated content yang memberikan kemudahan dalam mencari informasi.

Dengan melihat potensi pasar kuliner di Indonesia Infomedia melalui infojajan.com menargetkan pendapatan sebesar Rp1,2 miliar per tahun dengan jumlah 600 customer sampai akhir 2011.

Saat ini gerai yang tergabung dalam portal itu antara lain Sogo Food Hall, KFC, Es Teler 77, Pizza Hut, Someone House, Spinelli, dan Excelso Coffee.

Jangkauan layanan informasi direktori kuliner infojajan.com meliputi 8 kota besar Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Makasar, Balikpapan, dan Bali. (Yud/S026)


ANTARAnews
0

Mahasiswa UGM Ciptakan Aplikasi "Jagoan Lalu Lintas"

Yogyakarta (ANTARA News) - Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menciptakan aplikasi program permainan komputer bernama "Jagoan Lalu Lintas" untuk memberikan pendidikan tertib lalu lintas kepada siswa sekolah dasar (SD).

"Program yang dikemas dalam bentuk permainan virtual komputer itu akan memberikan edukasi tentang tata tertib lalu lintas bagi anak-anak sekolah dasar," kata salah seorang mahasiswa pencipta program "Jagoan Lalu Lintas", Firdaus Ismail Sholeh, di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, program edukasi itu lahir dari keprihatinan dirinya dan empat temannya, yakni Rifauddin Tsalitsy, Azizah Kartika Nugraheni, Diany Ufieta Syafitri, dan Ardias Nugraheni, terhadap kasus pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi.

"Melalui program itu kami ingin menyampaikan replika virtual reality dari perilaku lalu lintas sehari-hari, agar anak dapat merasakan simulasi berkendara dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan lalu lintas," katanya.

Ia mengatakan, program tersebut diharapkan mampu menjadi intervensi solusi keterbatasan pendidikan lalu lintas yang belum merata dan memudahkan akses masyarakat untuk memanfaatkan program permainan itu sebagai media edukasi tertib lalu lintas.

"Program ini sampai sekarang telah diinstal 22 sekolah dasar di Kota Yogyakarta, dan akan digunakan secara serentak pada tahun ajaran baru 2011/2012. Program itu juga telah digunakan Satlantas Polresta Yogyakarta sebagai media edukasi tertib lalu lintas ke sekolah-sekolah," katanya.

Menurut dia, sekolah-sekolah di Yogyakarta yang telah dilengkapi fasilitas Internet dapat secara langsung memanfaatkan program permainan tersebut dengan membuka lama di http://jogjabelajar.org yang mereka siapkan.

Melalui program "Jagoan Lalu Lintas" itu diharapkan program pendidikan masyarakat tertib lalu lintas dapat lebih efektif dan menjangkau seluruh sekolah di Yogyakarta.

"Program `Jagoan Lalu Lintas` akan didistribusikan ke seluruh sekolah dasar di Kota Yogyakarta melalui kerja sama dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) atas rekomendasi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta," katanya.(L.B015*H010/M008)


ANTARAnews
0

Tempatkan Indonesia ke Peta Digital Global

KOMPAS.com - Seiring dengan melonjaknya pengguna internet dan mobile, Indonesia sekarang dianggap sebagai salah satu negara yang paling terhubung di dunia. Indonesia adalah negara dengan pengguna Facebook terbesar kedua di dunia, rumah dari sekitar 35 juta akun. Facebook bahkan tidak memiliki kantor di Indonesia, tetapi jumlah penggunanya begitu menakjubkan.

Sebuah artikel di CNN.com menyebut Indonesia sebagai "bangsa Twitter". Sekitar 20 persen dari total pengguna internet di sini menggunakan Twitter. Jadi tidak mengherankan jika seringkali Anda menemukan trending topic dalam Bahasa Indonesia, misalnya yang muncul ketika kedatangan Justin Bieber di Jakarta untuk konser World Tour-nya.

Aktivitas e-commerce juga tumbuh sedemikian pesat dibandingkan dengan dua tahun lalu. Laporan ComScore pada Maret 2011 menyatakan bahwa Indonesia mencatat persentase kenaikan terbesar untuk kunjungan ke situs perbankan online di Asia Tenggara, tumbuh 72 persen, sejumlah 749.000 unique visitor.

Business Monitor International memprediksi pengguna internet di Indonesia akan mencapai 153 juta pada tahun 2014, yang mencakup 61,2 persen dari total penduduk di negeri ini. Angka-angka fantastis ini akan terus membuat industri bergerak maju dengan lebih agresif. Momentumnya adalah sekarang.

ID-BYTE memanfaatkan momentum ini dengan lebih kuat lagi. Kami ingin menempatkan Indonesia pada peta digital global sebagai pemain yang kuat dan berpengaruh. Sebagai pengembangan dari Bubu Awards, bulan Juli ini ID-BYTE terdiri dari 4 hari konferensi, lokakarya, dan pameran di Pacific Place, Jakarta. Di sini anda bisa menemukan tren dan teknologi terbaru di dunia digital, serta bertemu dan belajar dari figur-figur ternama di industri digital.

Jadilah bagian dari perayaan terbesar apresiasi digital di Bubu Awards v.07 tahun ini. Saksikan kampanye digital, website, aplikasi mobile dan individu-individu terhebat berstandar global. Resmi sudah. ID-BYTE menyambut Anda ke acara digital terbesar di Indonesia!

Penulis: Yansen Kamto, Executive Director IDBYTE yang berasal dari industri digital advertising, di mana saat ini dia juga menjalankan bisnis digital di bidang gaming dan sepakbola.


KOMPAS
0

BRTI Ungkap Daftar Penawaran Interkoneksi Dua 'Raksasa'

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengungkap Daftar Penawaran Interkoneksi (DPI) milik Telkom dan Telkomsel untuk dimintai tanggapan kepada publik. Hal ini setelah keduanya ditetapkan sebagai operator dominan di Indonesia.

Menurut Heru Sutadi, anggota Komite BRTI, berdasarkan pendapatan kotor (gross revenue) lebih dari 25% secara industri, Telkom merupakan penyelenggara dominan untuk telepon tetap lokal, Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ) dan Sambungan Langsung Internasional (SLI). Sementara Telkomsel adalah penyelenggara dominan untuk jaringan bergerak seluler.

"Untuk itu, BRTI berkewajiban mempublikasikan Daftar Penawaran Interkoneksi (DPI) dua operator tersebut untuk mendapat tanggapan dari publik, khususnya penyelenggara telekomunikasi lainnya," tukas Heru kepada detikINET, Jumat (17/6/2011).

DPI ini merupakan daftar yang berisi tata cara mendapatkan interkoneksi, waktu serta biaya yang dikenakan terhadap operator lain jika ingin berinterkoneksi dengan operator tersebut.

Setelah mendapat tanggapan dari publik, BRTI akan mengevaluasi kembali DPI sebelum kemudian menetapkan DPI tersebut sebagai pegangan DPI operator dominan. Setelah proses ini selesai, operator dominan juga berkewajiban menghitung tarif dasar telekomunikasi yang dilayani untuk kemudian juga dievaluasi oleh BRTI.

"Evaluasi tarif dasar operator dominan ini penting agar operator dominan tidak mendistorsi pasar yang bahkan menimbulkan persaingan usaha tidak sehat seperti misalnya dengan predatory pricing," imbuh Heru.

BRTI mengharapkan, dengan penurunan tarif interkoneksi, hal itu tercermin juga dalam tarif dasar yang nantinya disampaikan operator ke BRTI. Mengingat formula tarif ritel yang ditetapkan adalah: biaya interkoneksi + retail service activity cost + margin.

"Sehingga ada korelasi antara biaya interkoneksi dan tarif ritel," lanjutnya.

Jika ada unsur masyarakat yang ingin mempejari DPT kedua raksasa telekomunikasi tersebut bisa langsung mendapatkannya di situs www.postel.go.id atau www.brti.or.id. Tanggapan diharapkan dibuat secara tertulis dan disampaikan paling lama akhir minggu depan.( ash / rns )


detikInet
0

6 Cara Mencegah Tertipu Kartrid Printer Palsu

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Peredaran kartrid printer palsu cukup mengkhawatirkan, setelah terbongkarnya pabrik produsen produk tiruan tersebut yang beroperasi di Asia Pasifik. Simak 6 cara praktis agar tak dibohongi penjual yang menjajakan kartrid palsu tersebut.

1. Toko Resmi
Lebih baik membeli perangkat yang cukup penting bagi printer ini langsung dari dealer resminya. Mudah kok untuk mencarinya, tinggal search saja di internet. Memang membeli perangkat di dealer resmi identik dengan harganya yang lebih mahal. Namun setidaknya, keasliannya terjamin.

2. Teliti Terhadap Kemasan
Lakukan sedikit pengecekan terhadap kemasan kartrid yang ingin dibeli. Produk palsu biasanya akan berusaha untuk mengkopi penampilan si produk asli semirip mungkin. Namun tetap saja, jika diteliti lebih jauh pasti ada elemen yang tidak bisa ditiru hingga sempurna. Carilah kesalahan ini, dan biasanya hal itu bisa ditemukan pada kemasan/atau boks produk tersebut.

3. Harga
Jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah atau gelontoran diskon. Sejatinya, Anda patut curiga jika kartrid yang dikatakan asli itu dibanderol sangat murah. Namun bukan berarti kartrid asli selalu berharga mahal atau tak bisa didiskon. Cermati toko penjualnya, apakah meyakinkan?

4. Seberapa boros?
Jika Anda sudah dalam posisi kadung membeli, amati penggunaan tinta tersebut. Daya tahan kartrid palsu hampir bisa dipastikan tak sekuat produk original.

5. Kualitas Cetakan
Output atau cetakan hasil kartrid palsu juga bisa menjadi bahan penilaian. Warna dari tinta cenderung menghasilkan kualitas cetakan yang rendah. Coba bandingkan dengan hasil cetakan terdahulu kala menggunakan kartrid resmi.

6. Kinerja
Sebuah kartrid tinta palsu biasanya menyebabkan kekacauan di atas kertas selama pencetakan. Kartrid bisa bocor, kotor, hingga menyebabkan bercak yang memerlukan waktu ketika dibersihkan. Jika menemukan kartrid printer Anda beroperasi seperti ini, bisa jadi itu adalah tiruan.

Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda. Sebab kartrid palsu yang beredar di pasaran berbentuk sangat mirip dengan produk asli. Jika tidak hati-hati dan tergiur harga yang sangat murah, pengguna bisa terbuai dibuatnya.

Namun keberadaan produk tersebut sejatinya merugikan pengguna. Kartrid palsu mengakibatkan kinerja printer menjadi buruk, kapasitas toner lebih sedikit, kualitas cetak rendah dan kebocoran toner. Sehingga berpotensi merusak printer serta dapat membatalkan garansi printer.( ash / fyk )


detikInet
0

30% Dana ICT untuk Palapa Ring Koridor Papua

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemeninfo) saat ini sedang merancang roadmap untuk memanfaatkan dana Information Communication and Technoloy (ICT) fund guna mengembangkan jaringan serat optik pita lebar (broadband) di koridor Papua.

Adapun dana rangsangan yang diberikan pemerintah untuk mengembangkan koridor tersebut sekitar 30 persen dari total proyek per koridor.

“Itu baru skema dan diambil dari ICT Fund, yang berasal dari operator-operator,” kata Menteri Kominfo Tifatul Sembiring di Jakarta, Kamis kemarin.

Dia menjelaskan, pengembangan broadband itu merupakan bagian proyek Palapa Ring. Adapun, Palapa Ring yang sudah dibangun dari Kupang-Mataram. Kemudian, Mataram-Ambon dilanjutkan ke Papua. Sementara yang dari Manado akan diteruskan ke Ternate dan lanjut ke Papua.

Menurut Tifatul, pada dasarnya yang membangun Palapa Ring untuk mengembangkan jaringan brodband di wilayah timur Indonesia itu adalah pihak swasta. Namun, karena wilayah tersebut merupakan wilayah yang kurang komersil, maka pemerintah memberi rangsangan berupa tambahan dana.

Disingung mengenai dana rangsangan ke koridor Papua, dia mengaku, masih dihitung. Kendati demikian, diperkirakan tidak jauh berbeda dari dana rangsangan yang diberikan di koridor Kupang-Mataram. Adapun, dana proyek pengembangan *broadband* di karidor tersebut sekitar Rp150 miliar, sehingga 30 persennya adalah sekira Rp50 miliar, yang diberikan sebagai dana rangsangan.

Dana ICT fund dihimpun dari dana Universal Service Obligation (USO), yang nilainya 1,25 persen dari total pendapatan perusahaan di bidang industri telekomunikasi dan informatka. Dana USO yang dihimpun setiap tahunnya sekira Rp1,2 triliun.

Sementara itu, sisa dana ICT Fund akan dibicarakan bersama Kementerian Keuangan. Namun, dia berharap, bisa dialokasikan sebagian untuk pemenuhan kepada lebih dari 4.400 desa berdering, yang tidak tertutup program USO dan swasta.

“Masih banyak yang bisa digunakan untuk mengatasi kesejangan digital antara kota besar dan kecil. Itu untuk perangsang kreatifitas,” tutur dia. (tyo)


Okezone
0

Indosat Tambah Bandwith BlackBerry Jadi 2,7 Gbs

JAKARTA - Indosat kembali melakukan peningkatan kapasitas link bandwidth hingga 2,7 Gbps untuk jaringan BlackBerry mereka. Layanan BlackBerry tercepat Indosat ini secara resmi sudah bisa dinikmati pelanggan sejak 12 Juni 2011.

”Peningkatan kapasitas link bandwith ini merupakan bagian dari komitmen kami sebagai operator BlackBerry pertama di Indonesia untuk dapat memberikan layanan BlackBerry yang lebih cepat dengan menyediakan kapasitas bandwidth lebih besar ke RIM hingga 2,7 Gbps” klaim Division Head BlackBerry and Mobile Devices Benny Hutagalung, seperti dilansir melalui keterangan resminya, Kamis (16/6/2011).

Selain menghadirkan akses BlackBerry tercepat tersebut, berbagai inovasi lain juga terus dihadirkan bagi pelanggan Blackberry Indosat, antara lain, BB Gaul Maxi, merupakan paket layanan BlackBerry terbaru dari Indosat yang menyediakan paket BB Gaul yang sudah termasuk Layanan Voice + SMS.
Hanya dengan Rp3,000 per hari, pelanggan dapat menikmati kebebasan mengakses jejaring sosial (Facebook, Twitter), BBM, dan instant messenger lainnya.

Caranya pun mudah cukup Ketik “Gaul Maxi ” kirim via SMS ke 889 untuk atifasi layanan BB Gaul Maxi.

Selain itu juga, fasilitas Gratis Akses WiFi IM2 untuk pelanggan BlackBerry Indosat. BBWifi merupakan fitur tambahan pada layanan BlackBerry On Demand (BOD) dan BlackBerry Internet Services (BIS) bylanan berupa akses wifi gratis unlimited pada setiap hotspot IM2.

Cara mengaktifkan IM2 Hot Spot sangat mudah, pilih menu Manage Connections – Non Aktifkan Mobile Network – Aktifkan Wifi - Set Up Wi-Fi Network – Scan Networks lalu pilih icon IndosatNET dan pelanggan dapat langsung menikmati akses gratis layanan data di Hotspot IM2. (tyo)


Okezone
0

Telkom Belajar Online Market dari eBay

Indra Utoyo (Ist.)

Keberhasilan eBay dalam menciptakan online market di internet dengan transaksi jutaan per hari menggugah minat Telkom untuk mengikuti jejaknya.

"Kami sedang belajar dari eBay. Masih penjajakan untuk kerja sama membangun online market di Indonesia," kata CIO Telkom Indra Utoyo kepada media di Gedung Multimedia Telkom, Jakarta, Kamis (16/7/2011).

Nantinya, Telkom akan memposisikan Plasa.com layaknya eBay sebagai tempat jual beli online dengan metode pembayaran melalui Delima (delivery money access) seperti PayPal. "Detailnya belum bisa kami ungkapkan. Namun arahnya pasti ke sana," kata Indra.

Lewat Delima, Telkom juga mulai merambah bisnis pengiriman uang (remmitance). Investasi yang dikeluarkan untuk membesut layanan ini sekitar Rp 15-20 miliar.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah sebelumnya menjelaskan, bisnis pengiriman di Indonesia lumayan besar nilainya. Diperkirakan dari luar negeri ada uang sebesar Rp 154 triliun yang dikirimkan masuk ke negeri ini.

Sedangkan untuk transaksi di dalam negeri yang dikirimkan mencapai USD 1,4 miliar. Semua itu terjadi melalui 300 juta transaksi setiap tahunnya.

"Kami mengharapkan dalam waktu tiga tahun pertama akan ada 20% dari 300 juta transaksi itu yang menggunakan Delima. Hal ini agar dalam jangka waktu tiga-empat tahun investasi yang ditanamkan untuk Delima bisa kembali," jelasnya.

Untuk menjalankan bisnis pengiriman ini, Telkom dibantu oleh beberapa bank besar dalam settlement seperti Bank Mandiri dan BNI.

"Di tahun pertama kami mengharapkan ada sekitar 5-6 juta transaksi melalui Delima dengan dukungan cash point sekitar 1.700 titik. Kami sedang mengupayakan agar cash point-nya terus ditambah, tidak hanya agent to agent, tapi juga untuk transaksi ritel perorangan," jelas Indra.

Telkom menjalankan bisnis remmitance menyusul Indosat dan XL Axiata yang sebelumnya telah mengantongi izin Kegiatan Usaha Pengiriman Uang (KUPU) dari Bank Indonesia. Anak usaha Telkom, Telkomsel, pada tahun lalu juga mengantongi izin KUPU dan telah menjalankan bisnis mobile remmitance.( rou / ash )


detikInet
0

UI Juara Kontes Robot Seni Indonesia

DEPOK--MICOM: Mahasiswa UI berhasil meraih Juara 1 kategori Robot Seni Indonesia dengan desain bertema "Robot Penari Klono Topeng" dalam Kompetisi Robot Tingkat Nasional.

"UI berhasil menyisihkan 101 tim dari 51 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang mengikuti kontes tersebut," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Kamis (16/6).

Kontes robot yang diadakan 11-12 Juni 2011 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta tersebut kata Vishnu juga memperebutkan untuk kategori Kontes Robot Indonesia (KRI), dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang terbagi atas Robot KRCI Beroda, Robot Berkaki, dan Robot Battle.

Sementara itu, untuk kendaraan hemat energi mahasiswa UI juga akan mengikuti kompetisi internasional Shell Eco-marathon Asia (SEM Asia) 2011, dengan mengirimkan tim Nakoela dan Sadewa yang terdiri dari para mahasiswa Fakultas Teknik UI untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi prestisius yang akan berlangsung pada 6-9 Juli 2011 di Sepang International Circuit Malaysia.

Dalam kompetisi SEM Asia 2011 tersebut, Tim Nakoela merancang sebuah mobil bernama Garuda Keshava. Garuda Keshava merupakan mobil hemat energi jenis prototype. Dengan bodi yang ramping dan lekukan yang unik, mobil ini diprediksikan mampu menggondol best design SEM Asia 2011 serta ditargetkan 1000 km dalam 1 liter bensin.

Sedangkan Tim Sadewa merancang urban vehicle yang diberi nama Kalabia. Kalibia merupakan mobil urban yang dapat mencapai target 500 km dalam satu liter bensin. Kalabia adalah mobil ramah lingkungan yang berbentuk menyerupai ikan hiu dengan desain yang aerodinamis dan stabil. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia
0

Ini Dia Cara Membuat Password Hindari Hacker

INILAH.COM, Jakarta – Kasus pembobolan dan pencurian data sensitif akhir-akhir ini kian menakutkan. Hacker (peretas) biasa memanfaatkan password pengguna yang mudah ditebak untuk membobol.

Sejak awal 2011, banyak terjadi pembobolan dan pembajakan yang membuat peretas mampu menembus data yang dimiliki suatu perusahaan. Sebut saja Sony, peretas berhasil menembus 100 juta akun Sony PlayStation.

Selain itu, terdapat perusahan pemasok jet untuk Pentagon, Lockheed Martin, yang jaringan serta database email pelangganya berhasil ditembus peretas. Perusahaan ini sendiri juga diketahui melakukan pemasaran untuk Best Buy dan Target.

Terbaru, Citigroup kecurian informasi kartu kredit nasabahnya. Namun, pada kasus Citigroup, tiga angka yang merupakan fitur keamanan berkode nama CVV di belakang kartu kredit akan menyulitkan peretas menggunakan pembayaran langsung.

Diketahui, peretas menggunakan ‘spyware’ untuk mendapat data pelanggan yang masuk ke situs web dan kemudian melakukan online banking. Bagaimana cara mencegah agar komputer tak bisa ditembus komputer? Yakni dengan membuat password yang kuat. Berikut cara membuat password yang kuat.

Beberapa orang menggunakan nama pertama hewan peliharaannya sebagai password internet default. Selain itu, ada pula orang yang menggunakan tanggal pernikahan dan angka sederhana ‘1234’.

Menurut ahli, orang-orang semacam ini seperti tak memiliki password sama sekali. Ahli menemukan, untuk melawan peretas modern yang memiliki hardware canggih, password komputer setidaknya minimal terdiri dari 12 karakter yang dipilih secara acak dari semua angka, huruf dan symbol keyboard.

Hingga beberapa tahun lalu, password delapan karakter perpaduan angka dan huruf akan memberi perlindungan relatif kuat. Namun kini menurut peneliti senior Georgia Tech Research Institute Richard Boyd, penggunaan prosesor grafis dan robot patroli situs memberi peretas kekuatan yang dibutuhkan guna memecahkan segala macam password kecuali password paling rumit.

Jika Anda hanya menggunakan password delapan karakter, dan hanya membatasi karakter password pada huruf abjad, jelas bisa dipecahkan dalam hitungan menit, papar Boyd. “Password harus sepanjang yang Anda bisa ingat, setidaknya 10-12 panjang karakter,” ujarnya. Peretas menggunakan dua macam trik untuk memecahkan password. Teknik pertama, yakni mencocokkan password dengan kamus nama, tanggal dan frase keamanan umum lain yang sering digunakan.

Jika Anda menggunakan tanggal ulang tahun atau nama hewan peliharaan sebagai password, metode ini akan mudah dipecahkan oleh peretas, lanjut Boyd. Teknik kedua, yakni serangan ‘kekerasan,’ mencoba tiap kemungkinan kombinasi huruf dan angka hingga berhasil.

Teknik ini seperti mencoba tiap kombinasi yang mungkin pada satu kunci, metode ini butuhkan banyak waktu namun kini waktunya sudah bisa diperpendek berkat komputer yang ada saat ini kian cepat dan canggih.

Dengan memperpanjang password hingga 12 karakter, pengguna bisa membuat sebuah serangan ‘kekerasan’ butuh waktu lama untuk memecahkan password pengguna yang akhirnya membuat komputer canggih peretas menyerah dan beralih ke target yang lebih mudah.

Melalui pengacakan karakter secara keseluruhan, password bisa melindungi dari jenis serangan pertama, lanjut Boyd lagi. “Jangan pakai password ‘d9#$mMN30&*f’. Password itu telah diambil,” tutup Boyd santai. [mdr]


Inilah
0

LIPI Temukan Ratusan Mikroba Jenis Baru

PUSAT Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan ratusan isolat mikroba jenis baru dari 13 daerah di Indonesia, seperti Jambi, Bogor, Purwodadi, Lombok, hingga Kupang. "Dari penelitian kami dan identifikasi awal terhadap 6.500 mikroba, 30 persen merupakan isolat mikroba yang kemungkinan merupakan jenis baru," kata Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Dr Puspita Lisdiyanti, pada "Desiminasi dan Workshop Hasil Kerja sama Penelitian LIPI dan Institusi Riset di Jepang" di Jakarta, Rabu (15/6).

Hasilnya telah dipublikasikan 10 jenis mikroba, di antaranya dari jenis actinomycetes, yang memiliki fungsi signifikan sebagai salah satu unsur bahan antibiotik yang berguna bagi manusia, ujarnya. Mikroba jenis actinomycetes ini, menurut dia, berkontribusi sebanyak duapertiga bahan antibiotik di dunia, sedangkan sisanya sebanyak sepertiga bahan antibiotik berasal dari fungi (jamur), sintesis kimia, serta beberapa dari bakteri.

"Banyak kekayaan biodiversitas alam Indonesia yang belum terungkap, misalnya, mikroba. Hanya sebagian kecil saja mikroba kita yang sudah terdeteksi, seperti actinomycetes ini, padahal nilai ekonominya tinggi," paparnya.

Isolasi mikroba yang telah dilakukan pihaknya kemudian menjadi pijakan bagi kolaborasi penelitian berikutnya dengan Pusat Penelitian Kimia LIPI untuk mencari enzim atau bahan aktif yang bisa bermanfaat mengatasi penyakit. "Misalnya, enzim helikase untuk menghambat pertumbuhan virus hepatitis dan enzim manakase yang berguna untuk mendegradasi biomassa seperti sampah," tuturnya.

Kolaborasi riset dari 100 isolatnya dengan lab kimia LIPI juga menemukan bahan aktif mikroba yang arahnya sebagai obat osteoporosis, tambahnya. (Ant/OL-11)


MediaIndonesia
0

Lapan Bantah Matahari Ada Dua pada 21 Juni

JAKARTA--MICOM: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menegaskan bahwa berita tentang akan munculnya matahari kedua yang bernama Aderoid pada 21 Juni adalah berita bohong.

"Itu hoax. Tidak ada bintang atau matahari bernama Aderoid," kata Deputi bidang Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan Prof Dr Thomas Djamaluddin yang dihubungi dari Jakarta, Rabu (15/6).

Dikatakan Djamal, jutaan bintang telah masuk dalam kode katalog astronomi. Yang paling terang cahayanya dari Bumi dan telah diketahui sifat-sifatnya bahkan sudah diberi nama, namun tidak ada yang bernama Aderoid.

Selain itu, sebuah bintang tidak mungkin tiba-tiba muncul dan datang mendekat ke tata surya dan kemudian bersinar bersama-sama matahari menerangi bumi. "Proxima Centauri bintang terdekat dari bumi dengan jarak 4,3 tahun cahaya jika bergerak ke arah Bumi dengan kecepatan cahaya (300 ribu km per detik) saja membutuhkan waktu hingga ratusan tahun," katanya.

Penyebutan bahwa pada 21 Juni Bintang Aderoid jaraknya sangat dekat dengan Bumi yakni sekitar 3.465 mil atau bahkan 34,65 juta mil disebutkan sungguh aneh karena jarak antara matahari dengan bumi mencapai 93 juta mil. Berita tentang akan munculnya matahari kedua yang bernama Aderoid pada 21 Juni sudah tersebar luas melalui pesan singkat maupun messenger. (Ant/OL-5)


MediaIndonesia
0

Gerhana Bulan Terlama Terlihat di Indonesia

TASIKMALAYA--MICOM: Gerhana bulan total yang terjadi, Kamis (16/6) dini hari WIB, menjadi tontonan masyarakat Indonesia dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Fenomena alam langka tersebut menjadi gerhana bulan dengan durasi terlama dalam sejarah.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, fenomena gerhana bulan dinikmati warga dengan mata telanjang dari Perumahan Griya Cicantel Asri. Sebelum melihat gerhana bulan, warga melaksanakan salat gerhana di masjid. Gerhana bulan terjadi dalam durasi 100 menit, dari mulai fase bulan tertutup bayangan hingga tertutup seluruhnya.

Warga yang berkumpul penasaran untuk menyaksikan langsung bulan, yang tertutup penuh bayangan bumi.

Gerhana bulan juga dinikmati warga di Semarang, Jawa Tengah. Sejumlah warga berkumpul di Jalan Pamularsih untuk melihat gerhana bulan total tersebut. Warga mengabadikan gerhana bulan dengan kamera yang mereka bawa. Gerhana bulan terlihat jelas oleh warga dari berbagai sudut Kota Semarang.

Warga melihat detik-detik bulan purnama secara perlahan tertutup total oleh bayangan bumi. (Metro TV)


MediaIndonesia
0

Pemerintah Siap Berikan Insentif untuk Broadband

JAKARTA - Pemertintah berencana memberikan insentif bagi pengembangan broadband di daerah-daerah yang belum berkembang di kawasan Indonesia.

Menteri koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan dari hasil pembicaraan dengan pihak Microsoft, dapat ditarik kesimpulan untuk mengembangkan broadband di daerah yang tensinya rendah.

"Dan itu kita kembangkan dengan pola insentif dari pemerintah supaya yieldnya naik seperti daerah Maluku," ujar Hatta di kantornya, Lapangan Bnateng, Jakarta, Senin (13/6/2011).

Hatta menjelaskan, saat ini para investor kurang tertarik dengan untuk melakukan investasi di daerah tersebut. "Makanya disitu pemerintah masuk melalui services fund," tambah Hatta.

Lebih jauh Hatta mengungkapkan dari situ dana pemerintah akan masuk dan memungkinkan investasi menjadi menarik. "Internal Rate of Return (IRR)nya terangkat karena ada insentif dari pemerintah, pola-pola seperti itu," tuturnya.

Guna mendukung hal tersebut, jelas Hatta maka akan dibetuk suatu tim dengan Microsoft. "Saya minta dikembangkan lagi bersama-sama dengan kantor ini jadi akan membuat tim mereka dengan kita," papar Hatta. (tyo)


Inilah
0

Hatta: Microsoft Ingin Ambil Bagian di MP3EI

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan salah satu perusahaan software terbesar, Microsoft , ingin ambil bagian dalam program MP3EI.

Hatta menjelaskan, Microsolf telah menawarkan salah satu kerjasama untuk mengembangkan program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) terutama pada sisi konektifiti, sumber daya manusia serta inovasi.

"Mereka (Microsoft) sangat interest untuk kembangkan human development dan juga mengembangkan program inovasi melalui pelatihan2 u membentuk kewirausahaan star up company dan mereka sudah melakukan itu," jelas Hatta di Kantornya, Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (13/6/2011).

Selain pada MP3EI, Microsoft juga berencana bekerja sama dalam progrtam mencerdaskan rakyat. "Mereka juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk juga program yang terkait dengan pendidikan," tutur Hatta.

Hatta melanjutkan, Microsoft mempunyai keinginan yang besar terutama pada sisi higher education, karena pendidikan merupakan salah satu unsur yang dapat mendukung MP3EI. "Karena disitulah letak keberhasilan kita untuk mengembangkan inovasi," jelas Hatta.

"Karena dalam masterplan pilar ke tiga adalah IPTEK dan pengembangan teknologi tanpa IPTEK kita ga bisa kembangkan knowladge development kita," tambahnya.

Adapun Koridor yang hendak ditingkatkan, jelas Hatta, merupakan keselruhan koridor. "Ini yang diambil keseluruhan dari sisi dua pilar itu connectivity dan Information and Communications Technology (ICT)," tukas Hatta. (tyo)


Inilah
0

First Media dan Cisco Hadirkan Internet Kecepatan Tinggi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT First Media (FM) Tbk berkolaborasi dengan penyedia akses internet nirkabel berkecepatan tinggi menghadirkan produk terbarunya internet router.

Kombinasi teknologi nirkabel FM dengan Cisco ini memungkinkan pengguna perangkat mobile mengakses internet secara bebas di rumah maupun di kantor.

Direktur Penjualan FM, Dicky Moechtar mengatakan, koneksi nerkabel Wi-Fi ganda ini memungkinkan perangkat dapat dinikmati dengan router Linksys selain Cisco Cable DPC2100R3 yang disediakan untuk pelanggan FM.

Selain itu router Linksys E1000 Wireless-N membawa kekuatan teknologi wireless-N di rumah yang bisa mempercepat akses internet di komputer, printer tanpa kabel, smart phones dan perangkat tanpa kabel lainnya hingga 300 Mbps.

"Sekarang kecepatan sudah tidak menjadi masalah lagi, dengan jaringan ini, pelanggan bisa menggunakan bebas di mana saja di rumah, karena tak terhubung dengan kabel," ujar Dicky.

Dia menjelaskan, perangkat semacam ini sangat cocok bagi pengusaha kecil menengah (UKM) dalam menjalankan bisnisnya, karena dukungan router ini hampir sama dengan dukungan terhadap IT di perusahaan besar. "Permasalahan pada UKM saat ini adalah kesulitan melakukan browsing, karena sangat lamban. Nah dengan produk ini dijamin lebih cepat," tandasnya.


Tribunnews
0

Qualcomm Raih Penghargaan Inovasi

TEMPO Interaktif, Jakarta - Qualcomm bersama dengan Yayasan Grameen, Ruma, dan Bakrie Telecom meraih penghargaan Global Telecoms Business (GTB) karena berinovasi melalui Application Laboratory.

"Proyek AppLab menunjukkan bagaimana penerapan teknologi nirkabel dapat membantu masyarakat di bidang ekonomi," kata John Stefanac, Vice President Qualcomm dan President Qualcomm Southeast Asia Pasific, di Jakarta, hari ini, Senin 13 Juni 2011.

Salah satu AppLab yang berhasil dikembangkan di Indonesia adalah proyek Telepon Pedesaan (Village Phone Operator/VPO) yang bekerja sama dengan Bakrie Telecom.

Model bisnis yang dibangun VPO sangat sederhana. Dalam paket bisnis terdapat sebuah ponsel dan pinjaman untuk usaha kecil yang memungkinkan masyarakat menjual kembali sisa pulsa kepada konsumen mereka. Saat ini AppLap menyediakan lebih dari 7.660 ponsel dan menambahkan berbagai aplikasi di dalamnya.

Kebanyakan pengguna layanan telepon pedesaan ini adalah para ibu rumah tangga dengan total pelanggan sebanyak 725 ribu orang. [RINI K]


TEMPOInteraktif
0

PT Timah Terapkan SAP SRM

TEMPO Interaktif, Jakarta- PT SAP Indonesia menyatakan bahwa solusi SRM (supplier relationship management) PPS 7.0 telah go-live di PT Timah (Persero) Tbk, perusahaan penambang timah terbesar milik negara dan eksportir timah terbesar di dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kristianto Budihardjo, Business Manager PT SAP, Direktur Keuangan PT Timah (Persero) Tbk, Krishna Syarif, dan Hari Tjahjono, Direktur PT Abyor International, dalam jumpa pers di Jakarta hari ini.



“Implementasi SAP SRM bertujuan untuk membantu PT Timah mencapai tujuan bisnis strategis untuk menciptakan proses bisnis yang efektif, transparan, dan adil,” ucap Krishna.



Ketika ditanya soal nilai investasi yang dikeluarkan untuk proses implementasi SAP SRM ini, Krishna enggan menyebutkannya meski ia mengaku tahu nilainya. “Tidak etis lah kalau disebutkan,” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan.



Sebelum diterapkannya SAP SRM, respons terhadap pengumuman pengadaan barang oleh PT Timah selalu minim. Akibatnya, PT Timah sulit mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang baik.



Proses pengadaan dilakukan secara manual. Selain itu, pengumuman pengadaan dilakukan di kantor PT Timah dan vendor harus mengirimkan dokumen secara langsung dalam bentuk hardcopy.



Dengan SAP SRM berbagai permasalahan tersebut dapat diatasi. Komunikasi pun lebih interaktif dan proses pengadaan lebih lancar. Menurut Krishna, efisiensi tercapai hingga 5 persen.



“Dengan sistem ini diharapkan akan ada lebih banyak vendor yang bekerja sama dengan PT Timah,” ujarnya.



Dalam proses implementasi SAP SRM, PT Timah dibantu PT Abyor International mulai dari project preparation, blue print, realisasi, hingga final preparation. Waktunya terbilang singkat hanya 4,5 bulan. “Biasanya hingga 6 bulan,” kata Hari Tjahjono.



PT Timah merupakan perusahaan pertama yang mengaplikasikan SAP SRM 7.0. Ke depan, PT Timah akan mengimplementasikan paket lanjutan dari SAP untuk mendukung SRM.[FIRMAN]


TEMPOInteraktif
0

Jumlah Operator Selular di Indonesia Terlalu Banyak

TEMPO Interaktif, Jakarta - Ada banyak perusahaan operator selular yang memberikan layanan telekomunikasi di Indonesia. Sebut saja Telkom Indonesia, Indosat, XL Axiata, Smartfren, Bakrie Telecom, Natrindo Telepon Seluler (AXIS), dan Hutchison (3).

Vice President Qualcomm dan President Qualcomm Southeast Asia Pasific, John Stefanac mengatakan banyaknya perusahaan operator selular itu tentu membuat masyarakat bebas memilih mana yang sesuai keinginan mereka dan membuat harga lebih kompetitif. "Tapi saya tidak sependapat dengan itu," kata Stefanac di Jakarta hari ini, Senin (13/6).

Menurut dia banyaknya jumlah penyedia layanan telekomunikasi juga membawa sisi negatif. Akibat banyaknya perusahaan yang memberikan jasa telekomunikasi, maka setiap operator akan mendapatkan spektrum jaringan yang kecil karena harus berbagi dengan yang lain. "Ini salah satu penyebab rendahnya kualitas jaringan," katanya.

Menurut dia, idealnya di sebuah negara ada tiga sampai empat operator saja. Di Australia misalnya terdapat tiga operator sementara di Amerika Serikat ada tiga operator selular besar.

Supaya layanan atau konektivitas Internet bisa lebih kencang, Stefanac berpendapat sebaiknya sejumlah operator selular berkolaborasi satu dengan lainnya. Dengan bergabungnya dua atau lebih perusahaan selular maka kapasitas jaringan bisa lebih besar. "Otomatis mereka akan mendapatkan pelanggan lebih banyak karena jaringannya bagus," ujarnya.

Dia menambahkan, Indonesia juga belum memaksimalkan jaringan 3G. Salah satu cara untuk mengoptimasinya adalah dengan membangun lebih banyak Base Transceiver Station (BTS) berbasis 3G di berbagai wilayah.

Dari 60 juta pengguna Internet di Indonesia, 95 persennya mengakses Internet melalui jaringan nirkabel (wireless). Menurut Ketua Masyarakat Telematika, Setyanto P Santosa, ini juga menjadi salah satu pemicu lambannya koneksi Internet. Setyanto mengatakan idealnya jumlah pengguna wireless hanya 60 persen, sedangkan sisanya mengakses Internet melalui fix line atau kabel.[RINI K]


TEMPOInteraktif
0

ICT Berperan Dorong Daya Saing Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Peran teknologi informasi dan komunikasi (ICT) merupakan faktor penting dalam mendorong daya saing dan produktivitas Indonesia yang akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi dalam mencapai visi Indonesia 2025.

"Pemerintah Indonesia harus menempatkan ICT sebagai penggerak ekonomi dan pilar pembangunan untuk daya saing nasional," kata Chairman of Emerging Market Microsoft Corporation Orlando Ayala disela acara Modernisator Speaker Forum "Daya Saing Nasional Menuju Indonesia 2025" terkait dengan World Economic Forum di Jakarta, Senin.

Menurut Ayala, untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, Indonesia harus memiliki fokus mendasar dalam hal pendidikan dan kapasitas untuk inovasi.

Sebagai salah satu pasar berkembang di Asia Paisifik, Indonesia berada di posisi yang tepat dalam meningkatkan daya saing nasional dengan mengubah cara bersaing dalam skala global.

Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-44 dari 139 negara berdasarkan World Economic Forum dalam The Global Competitiveness Report 2010-2011.

Ia menuturkan, terjadi peningkatan peringkat yang didorong oleh lingkungan ekonomi makro yang sehat dan peningkatan indikator pendidikan.

Namun menurut Ayala, masih ada ruang untuk perbaikan di beberapa area, khususnya di bidang infrastruktur, situasi kesehatan, dan kesiapan teknologi.

"Oleh karena itu, sangat penting bagi Indonesia untuk memiliki agenda nasional yang jelas untuk pembangunan ekonomi yang menggarisbawahi pentingnya pemerintah menempatkan ICT sebagai penggerak ekonomi dan pilar pembangunan untuk daya saing nasional," tegas Ayala.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan mengatakan, daya saing Indonesia di WEF akan meningkat tahun ini.

Menurutnya, pemerintah saat ini mengambil keuntungan dari perkembangan teknologi untuk memberikan layanan serta informasi dengan lebih efisien, transparan dan kolaboratif, mulai dari internet dan perangkat mobile yang inovatif hingga jejaring sosial dan "cloud computing".

"Evolusi teknologi ini didorong keinginan kuat dalam hal keterbukaan yang datang berdasarkan fakta bahwa dunia bisnis dan pemerintah kini memiliki kebutuhan yang beragam dan kompleks, di mana tidak ada satu pun perusahaan TI yang dapat mengatasinya sendiri," ujar Gita.

"Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia berkomitmen menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi investor dalam dan luar negeri," katanya.(R017/S026)


ANTARAnews
0

Infrastruktur Teknologi Indonesia Masih Lemah

Jakarta (ANTARA News) - Ketersedian infrastruktur dan sumber daya manusia dalam bidang teknologi di Indonesia dinilai masih lemah untuk memicu daya saing nasional.

Hal itu dikatakan Orlando Ayala, Microsoft Corporation Chairman of Emerging Markets and Chief Advisor to the Chief Operating Officer ketika menjadi pembicara dalam forum "Mendorong Daya Saing Nasional Menuju Indonesia 2025" di Jakarta, Senin (13/6).

"Peran teknologi sangat penting untuk mendorong daya saing nasional," katanya.

Meskipun Indonesia menduduki peringkat ke-44 dari 139 negara, menurut laporan World Economic Forum dalam Global Competitiveness Report 2010-2011, dengan kesuksesan mendorong lingkungan ekonomi makro yang sehat, Microsoft menilai Indonesia harus meningkatkan kualitas pendidikan dan inovasi teknologi.

Sutanto Hartono, Presiden PT Microsoft Indonesia, mengatakan bahwa peran teknologi dapat menciptakan peluang besar bagi kemajuan Indonesia dan membuat masyarakat Indonesia berbasis pengetahuan.

"Pemerintah harus menambahkan anggaran R&D (Resources & Development) untuk inovasi teknologi," kata Hartono..

Salah satunya langkah pemerintah diantaranya akan menjalankan Rencanan Pembangunan Jangka Menengah (RJPM) yang menetapkan penataan kembali kemajemukan Indonesia, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), serta meningkatkan kapasitas dan teknologi.(Adm/S026)


ANTARAnews
0

Semoga Lahir Kaskus-kaskus dan Koprol-koprol Baru

Presdir Bakrie Telecom Anindya Bakrie

JAKARTA, KOMPAS.com
- Program Bakrie Telecom, Media & Technology (TMT) berlanjut dengan peluncuran Nusantara Incubation Fund (NIF), Senin (13/6/2011) di Rasuna Epicentrum Kuningan, Jakarta. Seperti halnya inkubator lain, NIF hadir untuk memberikan dukungan bagi para pemula di bidang industri digital. Dana sebesar Rp 100 miliar dipersiapkan untuk mendukung misi NIF selama 3 tahun.

Principal NIF Anindya Novyan Bakrie mengatakan bahwa dana itu akan dikelola oleh dewan komisi investasi yang terdiri dari 4 anggota. Masing-masing Shinta Dhanuwardoyo, Hasan Yahya, Erick Meijer, dan Jastiro Abi dari Bakrie.

"Dari sini kita harapkan Kaskus-kaskus dan Koprol-koprol baru akan lahir, tapi harus dimiliki orang kita. Walau nanti akan ada yang lain akan investasi, tak masalah," kata Anindya.

Ia mengatakan, dalam tiga tahun ke depan, NIF memiliki misi untuk menjadi pencetak teknopreneur terbanyak se-Asia Tenggara. Ditanya tentang startup yang dibidik, Anindya mengatakan sudah ada banyak yang tertarik. Namun, pihaknya belum bisa memproses sehingga belum bisa mengatakannya sekarang.

Namun, Shinta mengungkapkan, "Dalam tiga tahun ya kita targetkan bisa menangani 30 startup. Jadi ya tiap tahunnya mungkin 10 lah."

Bagi startup yang tertarik untuk diinkubasi, mereka bisa membuka website www. nusantaraincubation.com untuk melihat keterangan lebih lanjut atau langsung mengirimkan proposal bisnis ke ideas@nusantaraincubation.com. Selanjutnya, proposal akan diseleksi oleh Dewan Komisi Investasi.

Proposal bisnis yang diajukan mesti memenuhi panduan, yakni terdiri dari uraian kejelasan tujuan, daya tarik pasar, produk/layanan dan keunggulan kompetitif. Bahan juga harus mencakup model bisnis yang akan dikembangkan dan tim. Shinta mengungkapkan, kejelasan ide bisnis sangat menentukan keputusan Dewan Komisi Investasi.

Startup yang diinkubasi juga akan disupport oleh knowledge partner NIF yang terdiri dari industri-industri di bawah Bakrie. NIF juga menyediakan coach bagi startup sehingga bisa mewujudkan langkah strategis dalam bisnisnya.


KOMPAS

0

Hengky Setiawan Raih Lifetime Achievement Awards

Hengky Setiawan, President dan CEO Telesindo (kiri) menerima penghargaan atas dedikasinya pada industri seluler tanah air (Lifetime Achievement) dari Agung Adiprasetyo, CEO Kompas Gramedia Group (kanan) pada ajang ICA 2011

JAKARTA, KOMPAS.COM
- Ajang Indonesia Cellular Show 2011 (8-12 Juni) berakhir dengan seru sekaligus menggambarkan potret industri seluler di tanah air. Hal itu tampak saat digelar Indonesia Cellular Awards (ICA) yang sudah berlangsung untuk ke-6 kalinya. Secara umum jumlah pengunjung memang menurun, namun sebaliknya industri yang memberikan kontribusi besar bagi ekonomi negeri ini justru meningkat. Paling tidak sangat kelihatan ketika muncul nama-nama baru macam Sonim, sebuah brand ponsel yang mengutamakan durabilitas perangkat untuk keperluan aktivitas luar ruang. Lalu juga berbagai aplikasi seperti Me-Chat maupun Mangga Chat yang juga bakal memeriahkan komunikasi teks. Tablet -yang umumnya ber-OS Android- juga bermunculan bak jamur di musim penghujan. Acer meramaikan lewat Iconia yang digadang sepanjang gelaran ICS. Nexian merilis tablet pertama kalinya, bernama Genius.

Namun sepanjang tahun 2010 hingga pertengahan 2011, industri seluler tidak lagi didominasi oleh "pemain" utama. Lihatlah bagaimana XL Axiata yang banyak melakukan peningkatan kinerja menghasilkan performa keuangan yang membaik, bahkan jumlah pelanggannya menanjak. Setelah memperoleh penghargaan dari Frost & Sullivan tempo hari, XL Axiata mendapat ganjaran sebagai The Best GSM Operator di gelaran ICA 2011. Padahal sebelumnya, Telkomsel seperti tak terkoyahkan. Peningkatan pelanggan itu pula yang membuat operator warna biru ini sukses merebut kategori The Best Customer Growth.

Di kategori operator CDMA, dulu Telkom Flexi begitu amat mendominasi. Sama dengan Telkomsel di GSM area, namun kali ini Bakrie Telecom yang secara umum lebih banyak melakukan terobosan maupun tawaran produk kepada konsumen berhasil menyalip operator inkumben itu. Dan, untuk pertama kalinya Bakrie Telecom menjadi The Best CDMA Operator versi ICA.

Pada kategori ponsel Android, pasar lokal lebih mengenal nama-nama Samsung Mobile, HTC, maupun Sony Ericsson yang hampir semua produknya kini dialihkan ke OS Android. Sementara LG Mobile tengah berbenah dan tak seagresif tiga nama tadi. walaupun memang ada sub brand Optimus yang menjadi gacoan. Toh LG Mobile justru mampu terdongkrak hanya oleh LG Optimus One.

Ponsel CDMA selama kunjung 2010-2011 umumnya dapat terbagi dalam dua kelompok. Pertama yang masih mengandalkan paket voice dan SMS, kedua yang mulai menawarkan paket data mobile internet dengan memanfaatkan tren OS Android atau sekadar akses dunia maya. Maka untuk yang kedua ini tentulah memperoleh nilai sendiri lantaran berani menggebrak pasar agar CDMA tak jatuh pada stigma ponsel murah untuk lapis bawah. Huawei pun menawarkan satu produk dengan input layar sentuh dan dijual melalui paket AHA punya Bakrie Telecom. Kemenonjolannya inilah yang memperoleh poin lebih. Piala pun mendarat buat produk Huawei satu ini.

Perkembangan tablet dari berbagai kategori di bursa ponsel nasional selayaknya mendapat perhatian. Itulah alasan bertambahnya satu kategori Tablet PC. Samsung Galaxy Tab yang laris manis di pasar bersaing ketat dengan Apple iPad. Teknologi layar sentuh dan impresinya lah yang menguatkan produk Apple Corp. ini menang tipis dengan Samsung Galaxy Tab, sekaligus menjuarai kategori The Best Tablet PC untuk pertama kalinya.

Kategori baru menyusul. Kali ini sebuah apresiasi yang didedikasikan bagi para pengembang perangkat lunak bergerak. Sebab bagaimana pun industri ini sudah menjadi ekosistem. Dan para developer adalah komunitas dari ekosistem industri tersebut. Memang belum ada yang semelejit game Angry Birds atau Snaptu misalnya hingga menjadi killer application. Namun sesungguhnya aplikasi bikinan anak bangsa boleh diacungi jempol. Tinggal bagaimana men-delivery kepada awam. Aplikasi Movreak yang berisi tentang film punya daya tarik tersendiri. Sebab itulah aplikasi ini meraih The Best Local Mobile Application ICA 2011.

Seperti menjadi agenda reguler, ICA 2011 juga diramaikan oleh penghargaan kepada insan yang mendedikasikan dirinya pada industri seluler nasional. Beberapa tahun sebelum industri ini menunjukkan gigi pada urun 1995, Hengky Setiawan yang mahasiswa salah sebuah perguruan tinggi di Jakarta Barat berbisnis telepon bergerak yang waktu itu masih sangat mahal. Menjual nomor ponsel di zaman itu juga seperti menawarkan "barang" mewah. Harga sebuah kartu SIM masih di atas dua jutaan rupiah. Belum lagi yang nomor cantik alias pilihan.

Tapi pria berpostur tinggi ini serius betul menjalankan usaha jual ponsel dan dagang kartu starter pack. Ketika paket prabayar dibuat saat krisis moneter di tahun 1998, justru membuat industri ini marak dan sehat. Di situlah, Hengky lalu menjadi distributor sejumlah operator untuk menjual voucher isi ulang. Ibarat bisnis bahan bakar, Hengky yang mengibarkan bendera Telesindo adalah penyalurnya alias pemilik POM bensin.

Dua hari sebelumnya, pada Jumat (10 Juni), pria berusia 42 tahun ini untuk pertama kalinya membagikan pengalaman menjalankan bisnis kepada khalayak di ajang Telesindo Show. Sempet naik pesat, tapi pernah pula dihantam badai. Namun, Hengky yakin bahwa bisnis ini akan terus maju. Bahkan kemudian ia membuat brand sendiri bernama TiPhone. Tak lama lagi perusahaannya ini siap menjajaki Initial Public Offering (IPO) untuk melakukan ekspansi ke lebih banyak bisnis lagi.

Di usia terbilang muda, pergerakan bisnis pria dua putera ini menjadi semacam katalisator bagi operator dan vendor untuk berhadapan langsung dengan konsumen. Bisnis retail telepon seluler telah menjadi nafas Hengky. Ia mengisahkan bahwa dukungan karyawannya telah memicu semangat untuk berdiri sampai sekarang, ketika memberi sambutan singkat selesai menerima penghargaan Lifetime Achievement ICA 2011.

Industri seluler di tanah air terus bergerak dengan dinamikanya. Potretnya telah Anda simak di ajang ICS, siapa yang menikmati buah dari kerja kerasnya sudah pula Anda lihat di gelaran ICA. Akan seperti apa industri ini di masa depan? Tunggu tahun depan. (ANDRA/FORSEL)


KOMPAS