0

PENS dan ITS ungguli kontes robot

Surabaya (ANTARA News) - Tim robot dari PENS Surabaya, ITS Surabaya, Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan UGM Yogyakarta mengungguli tim lain dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang digelar di kampus ITB Bandung pada 30 Juni-1 Juli.

Humas PENS Andry Suryandari kepada ANTARA lewat surat elektronik dari Bandung, Minggu bahwa sebagian besar perfoma dari 94 tim robot yang mengikuti kontes robot di Bandung itu mengalami penurunan, namun tim PENS, ITS, UB, dan UGM terlihat unggul.

"Pada putaran pertama KRI, peserta yang sebagian besar berasal dari Regional IV (Jatim) berhasil mencetak kemenangan sempurna (peng on dai gat), yaitu tim ROLPENS (PENS), RI-NHO (ITS), BHATARA (UB), dan JUMP_ACE (UGM)," katanya.

Namun, katanya, tim ROLPENS dari PENS Surabaya mencatat waktu tercepat yakni 1 menit 4 detik.

Menurut dia, ada lima divisi lomba yang dipertandingkan, di antaranya KRI, Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Beroda, KRCI Berkaki, KRCI RSHL (RoboSoccer Humanoid League), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

"Kategori yang menyedot perhatian terbesar dari penonton adalah Kontes Robot Indonesia. Pada kategori ini tim robot wajib menyiapkan tiga buah robot manual dan otomatis yang bertugas mengumpulkan nilai dengan cara mengambil bun dan mengumpulkannya di keranjang," katanya.

KRI tahun ini bertema"Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan" yang diadopsi dari tema pertandingan internasional "Peng On Dai Gat", karena itu pemenang pada kategori ini akan mewakili Indonesia pada ABU Robocon 2012.

Pada kategori RSHL, Robot PENS "EROS" memukau penonton dengan tendangan "back heel" yang mampu memecahkan rekor skor 4-0 ketika melawan tim Hurofu (ITS). Tim lainnya juga tak kalah hebat dalam menendang bola, meski hanya mencetak skor 1-2.

Sementara itu, 16 tim robot juga beradu gerak dalam KRSI bertema Robot Penari Piring. Dengan aksesoris piring di tangan dan dandanan ala penari robot-robot ini melenggok pada empat buah lapangan yang disiapkan oleh panitia.

"PENS yang diwakili oleh tim ERISA bersaing ketat dengan tim V-yu (ITS) dalam perolehan nilai," katanya. (E011)


ANTARA News
0

Kontes robot Indonesia diharapkan cerdaskan bangsa

(FOTO ANTARA/Dewi Fajriani)
Bandung (ANTARA News) - Ajang Kontes Robot Indonesia yang digelar setiap tahun diharapkan tidak saja melahirkan para pemenang yang cerdas, namun juga menghasilkan sumber daya manusia yang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso ketika membuka Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) di Sasana Budaya Ganesha, Institut Teknologi Bandung, Sabtu, mengatakan lulusan pendidikan tinggi seharusnya bisa berkontribusi pada kecerdasan kehidupan bangsa.

"Amanat penting Undang-undang Dasar ada dua hal terkait pendidikan tinggi dan teknologi, yang pertama adalah pemerintah harus mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

Amanat kedua, lanjut dia, adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dua amanat dalam konstitusi itu, menurut Djoko, belum tertuang dalam UU Sistem Pendidikan Nasional dan karena itu harus dimapankan dalam bentuk undang-undang.

Selain itu, kata Djoko, terdapat dua aspek pendidikan tinggi yang belum menjadi standar pendidikan Indonesia, yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Itu belum menjadi standar pendidikan kita dan menjadi pekerjaan rumah bersama," ujarnya.

KRI, KRCI, dan KRSI yang merupakan kontes tahunan diselenggarakan Dijen Dikti Kemendikbud, menurut Djoko, dimaksudkan untuk melahirkan sumber daya manusia cerdas yang menguasai teknologi tinggi, penuh semangat, dan tidak mudah putus asa.

Namun, ia mengakui, masih butuh kerja sama antara industri dan kalangan profesional guna mengimplementasikan karya-karya robot para kontestan dalam kehidupan nyata.

Sementara itu, kontes robot tingkat nasional diikuti oleh 94 tim dari 50 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Kompetisi tersebut terbagi atas empat kategori, yaitu KRI, KRCI beroda dan berkaki pemadam api, KRCI RoboSoccer Jumanoid League (RSHL), dan KRSI.

Pemenang kategori KRI dan KRCI berpeluang mewakili Indonesia dalam kontes robot internasional. Sedangkan untuk KRSI, Djoko mengatakan, pemerintah berupaya untuk menggelar kontes robot seni internasional di Indonesia.(D013)


ANTARA News
0

Warga Nganjuk Bikin Wajan Penangkap Sinyal TV dan Internet

Warga Nganjuk Bikin Wajan Penangkap Sinyal TV dan Internet
Ilustrasi--Dok. MI/Himanda Amrullah/rj
NGANJUK -- MICOM : Seorang warga Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, bernama Imam Bukhori, 50, memproduksi alat penangkap sinyal telepon seluler dan televisi dengan memanfaatkan wajan yang biasanya digunakan untuk penggorengan.

"Bisa dimanfaatkan untuk antena penangkap sinyal, baik televisi maupun telepon seluler," kata Imam saat ditemui di rumahnya, Desa Bancar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, Sabtu (30/6).

Ia mengatakan, untuk penangkap sinyal itu memang hanya memanfaatkan wajan yang ia pesan khusus dari Bojonegoro dengan ukuran sekitar 16 inci.

Untuk proses pemasangan agar bisa menangkap sinyal, Imam hanya perlu melubangi wajan lalu memasang beberapa komponen dan menyesuaikan untuk televisi atau jaringan internet.

Setelah itu, wajan itu juga dipasangi kabel dengan panjang sekitar 20 sentimeter. "Yang berbeda hanya komponen. Kalau televisi, dipasang tanpa booster (semacam komponen untuk penguat sinyal)," ucapnya.

Ide untuk memanfaatkan wajan berawal dari rasa penasarannya tentang alat untuk menangkap sinyal. Terlebih lagi, di daerahnya ternyata sinyal sulit.

Ia lalu melakukan percobaan untuk membuat alat penangkap sinyal. Ia mencoba membuat alat untuk menangkap sinyal pada 2005.

Dari berbagai percobaan yang dilakukan, ia akhirnya berhasil merakit komponen untuk menangkap sinyal. Kompenen yang dirakit itu untuk menangkap sinyal di televisi.

"Kalau parabola itu radiusnya sampai 36 ribu kilometer. Dari penangkap sinyal yang saya buat bisa sampai 40 kilometer jangkauannya. Sinyalnya penuh dan jernih, tanpa bantuan booster," ucapnya.

Saat ini dirinya sudah mulai mengembangkan wajan untuk jaringan internet. Percobaan dilakukan sejak satu tahun lalu dan ternyata berhasil. (Ant/OL-5) 


0

Semen Gresik siapkan dana regional 400-500 juta dolar

Jakarta (ANTARA News) - PT Semen Gresik Tbk (SMGR) tengah menyiapkan dana ekspansi untuk kawasan regional sekitar 400-500 juta dolar AS.

"Perseroan berencana masuk ke pasar internasional, negara kawasan yang dituju Vietnam dan Myanmar, investasinya sekitar 400-500 juta dolar AS," kata Direktur Utama SMGR Dwi Soetjipto usai rapat umum pemegang saham (RUPS) di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan, sebesar 30 persen pendanaan investasi di kawasan regional berasal dari internal, dan sisanya dapat bersumber dari eksternal seperti pinjaman perbankan maupun obligasi.

Menurutnya, penerbitan global bond dapat dilakukan lantaran kebutuhan pendanaan disesuaikan dengan ekspansi di luar negeri.

Dalam proyek di Myanmar, lanjut dia, SMGR akan bekerja sama dengan badan usaha milik negara (BUMN) konstruksi Indonesia.

"Pada pelaksanaannya, kami akan bekerjasama dengan BUMN Indonesia, sedangkan investasinya perseroan cenderung melakukan joint venture dengan perusahaan lokal di Myanmar," kata dia.

Ia memaparkan, perseroan akan membangun basis produksi di Myanmar dengan kapasitas 600.000 ton hingga satu juta ton per tahun.

Sedangkan di Vietnam, lanjut dia, Semen Gresik berencana mengakuisisi pabrik semen yang sudah ada di negara itu.

Ia mengharapkan, kedua pabrik di luar negeri itu dapat beroperasi pada 2013. Saat ini perseroan masih mengkaji kedua pabrik itu.

"Myanmar masih dikaji, diperkirakan 2013 bisa dilakukan investasi. Di Vietnam akan mengakuisisi perusahaan lokal, jadi atau tidak jadinya akan ditentukan setelah dikaji, kalau sesuai 2013 akan mulai," kata dia.

Meski demikian, kata Dwi Soetjipto, pihaknya akan tetap fokus pada pasar domestik yang masih besar seiring dengan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Dampak MP3EI berdampak paling besar terhadap permintaan semen di dalam negeri. Oleh karena itu, Semen Gresik juga telah menambah kapasitas produksi semen menjadi 26 juta ton," kata dia.

Semen Gresik, lanjut Dwi, juga akan membangun pabrik semen baru SGG-III di Sumatra dan SGG IV di Jawa berkapasitas masing-masing tiga juta ton. Pabrik tersebut akan selesai pada 2015 dan triwulan kedua 2016. Total investasi senilai Rp6,96 triliun.

Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis PT Semen Gresik Tbk, Erizal Bakar mengatakan, permintaan semen dalam negeri masih tinggi ke depan meski perekonomian global belum pulih. Hingga Juni 2012, pertumbuhan industri semen sebesar 14-15 persen.

"Kami perkirakan pertumbuhan industri semen sebesar 14-15 persen pada 2012," kata dia.

Sementara dalam RUPS, Semen Gresik akan membagikan dividen sebanyak Rp1,96 triliun atau sebesar 50 persen dari laba bersih tahun buku 2011 yang mencapai Rp3,93 triliun.

"RUPS Semen Gresik menyepakati pembagian dividen. Nilai dividen tahun buku 2011 setara dengan Rp331 per lembar saham," kata Direktur Utama SMGR Dwi Soetjipto.

Selain itu, RUPS juga menyetujui penetapan dana program kemitraan dan bina lingkungan 2012 sebesar satu persen atau Rp39,25 miliar untuk program kemitraan dan 0,5 persen atau Rp9,63 miliar untuk program bina lingkungan.(ANTARA)


ANTARA News
0

Roboboat Undip Raih Hull From Design Award di AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition, Virginia AS

auvsi foundation di indonesiaproud wordpress com
Tim Roboboat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mencetak prestasi membanggakan dengan berhasil mendapatkan Hull From Design Award pada Kejuaraan AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition diselenggarakan pada 20-24 Juni 2012 di Virginia Beach, Amerika Serikat.

Tim Undip tersebut terdiri dari Aldias Bahatmaka, Biwa Abi Laksana, Dandy Kurniawan (Jurusan Teknik Perkapalan), M.Fairuz Luthfa, Bambang Nur Cahyono (Jurusan Teknik Elektro), Jalu Rahmadi Mukti L. (Jurusan Teknik Mesin), dan Diaz Wicaksono (Jurusan Teknik Sistem Komputer)

AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition adalah sebuah kompetisi bergengsi tingkat dunia dalam bidang maritim yang mempertemukan para profesional, peneliti, pengajar, dan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara di dunia.

Mereka berlomba menciptakan teknologi terbaru dan tercanggih untuk kapal tanpa awak dengan sebuah sistem kontrol yang dapat digunakan sebagai alat pertahanan negara.

Selain Undip, Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Trisakti (Usakti) juga ikut ambil bagian dalam kompetisi tahun ini.

Pemenang pertama AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition untuk tahun ini adalah University of Michigan, AS, yang meraih hadiah USD 7.000. Juara dua diraih oleh Villanova University yang berhak atas hadiah USD 5.000. Adapun juara tiga adalah Embry Riddle Aeronautical University mendapatkan USD 3.000. Pemenang keempat berasal dari AS juga, yakni University of Central Florida. Mereka membawa pulang hadiah senilai USD 3.000.

Sementara itu, pemenang penghargaan Technical Ambassadors adalah Virginia Tech, Transportability Award diraih oleh National Cheng Kung University, Taiwan, Hull Form Design Award disabet Universitas Diponegoro, dan Open Source Award dibawa pulang oleh Old Dominion University. Tiap-tiap pemenang penghargaan khusus ini berhak atas hadiah senilai USD 500.




Okezone
0

Pertamina Lubricants Ekspor Pelumas ke-21 Negara

detail berita
Pertamina luncurkan Fastron Techno SAE 10W40 API SN (foto: Septian Pamungkas/Okezone
JAKARTA- Pertamina Lubricants tidak hanya memasarkan pelumas di dalam negeri saja. Produsen pelumas dalam negeri itu juga memasarkan produknya di pasar luar negeri.

"Kami ekspor ke-21 negara. Pasar terbesar ada di Singapura, Australia, China dan Jepang." ungkap Syafanir Sayuti, Retail Marketing Manager Lubricant Business Unit Pertamina saat peluncuran pelumas terbaru Fastron Techno SAE 10W40 API SN, di Jakarta, Sabtu (30/6/2012).

Lebih lanjut Sayuti menambahkan bahwa produk yang baru saja diluncurkan ini belum akan diekspor. "Produknya baru siap dipasaran lokal dua bulan lagi, mungkin ekspor juga siap diwaktu yang bersamaan," katanya.

Sementara itu untuk produk terbarunya Pertamina menargetkan penjualan cukup tinggi. "Penjualan yang kita harapkan dapat menguasai market 20-25 persen di kelasnya." imbuhnya.

Lalu Pertamina membidik segmen mana? "Segmen pasar yang kita bidik kelas premium, mobil yg dibawah kelas premium pun bisa menggunakan pelumas ini." tutup Sayuti. (uky)


0

Mobil Berbahan Bakar Air dari Purworejo

Liputan6.com, Purworejo: Guru dan siswa SMKN 1 Purworejo, Jawa Tengah, mengembangkan air sebagai pengganti bahan bakar minyak untuk menggerakkan kendaraan bermotor. Alat yang digunakan merupakan instrumen tambahan sistem pembentukan hidrogen. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja mesin dan menekan polutan gas buang.

Sistem ini terdiri dari dua buah reaktor. Satu reaktor merupakan pembangkit uap air dan pengendali panas yang menghasilkan uap air panas pada konsentrasi rendah hingga kerapatan ikatan senyawa air merenggang.

Uap air panas itu kemudian dipertemukan dengan gas hidrokarbon hasil dari reaktor karburasi. Gas ini memiliki sifat indotermal yang bereaksi dengan uap air pada kondisi panas dan memiliki konsentrasi rendah hingga terjadi reaksi kesetimbangan.

Alat ini telah diuji coba di kendaraan jenis Toyota Landcruiser. Hasilnya menunjukkan mobil yang biasanya menghabiskan satu liter solar untuk menempuh jarak empat kilometer, setelah menggunakan alat tersebut dapat meningkat jarak tempuhnya menjadi delapan kilometer.

Diharapkan penemuan ini akan mengurangi polusi udara dan dikembangkan bukan hanya untuk mobil, namun juga kendaraan roda dua.(ADO)


0

5 Cara jadi Orang Kaya Manfaatkan Online

 Anda bisa jutawan melalui aktifitas berbasis internet.

Untuk memperoleh uang melalui kegiatan berbasis internet (online) Anda harus menjadi agen pengubah. Ketika Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook, tidak ada yang mengira kekayaannya versi Forbes saat ini bernilai US$17,5 miliar.

Drew Houston, pendiri Dropbox menilai, uang bisa disimpan dalam aktifitas online. Saat ini perusahaan itu telah mengantongi pendapatan US$ 240 juta di 2011.

Eric Lefkofsky misalnya melihat potensi Groupon. Tahun lalu, Lefkofsky tercatat di dalam daftar miliarder versi Forbes dengan kekayaan bersih sebesar US$ 2,9 miliar.

Masih banyak keuntungan-keuntungan yang bisa diraih melalui online. Berikut cara untuk meriah kekayaan melalui online.

1. Membuat video
Pasangan Amy Heidemann dan Nick Noonan, membuat terobosan besar ketika keduanya membuat video musik dengan cover Chris Brown "Look At Me Now". Saat ini video tersebut telah menghasilkan lebih dari 68 juta viewer sejak di-up load April 2011.

Bahkan selang sebulan, perusahaan label papan atas Epic Records menjalin kontrak jutaan dollar. Single "Brokenheart" dari debut album mereka, kini telah masuk kategori platinum.

Membuat video musik terbukti bukan hanya sebuah klip yang bisa menghasilkan uang. Jika Anda cukup beruntung, Anda bisa memvideokan anak Anda, atau hewan peliharaan

YouTube bisa menjadi mitra Anda dalam penggarapan iklan bersama dengan video klip Anda dengan sistem bagi hasil 50 persen.

2. Jual alat dan barang
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan eBay, pasar online yang dirancang untuk jual beli barang-barang. Tahukah Anda dengan memanfaatkan jaringan ini Anda bisa menjadi jutawan. Sophia Amoruso, pendiri toko pakaian online, Gal Nasty, memulai usahanya dengan menjual di eBay. Setelah usahanya berkembang, dia membuat website sendiri, Gal Nasty yang sekarang bernilai US$130 juta.

Saat ini, banyak pilihan menjual barang dagangan ritel melalui online. Etsy adalah sebuah situs yang memfokuskan jual beli kerajinan, sementara Zaarly lebih mengedepankan model.

3. Uangkan Kreativitas Anda
Sebuah data memperkirakan, sekitar 375 miliar foto diambil setiap hari, sementara 72 jam dari video YouTube di-upload setiap menit. Tahukah Anda, bahwa Anda bisa menghasilkan uang dari gambar tersebut? Paya adalah sebuah situs baru T3Media yang memungkinkan pengguna untuk meng-upload dan menjual foto dan video Anda, termasuk Facebook, YouTube dan Vimeo.

Sementara eBay merupakan surga bagi fotografer. Jika Anda mengambil gambar menarik yang layak diberitakan, tidak menutup kemungkinan hal itu akan menjadi sumber iklan.

Gumroad adalah situs serupa yang memungkinkan pengguna untuk menjual sesuatu yang mereka ciptakan, baik itu lagu, program komputer atau buku. Pengguna memilih harga, sementara Gumroad hanya meminta potongan 5 persen dari setiap penjualan.

4. Awali dengan membuat blog
Anda bisa membuat situs yang akan menjadi platform Anda untuk menulis tentang musik, keuangan fashion, atau apa pun minat And. Selanjutnya, Anda bisa membangun hubungan dengan pembaca, sekaligus menarik perhatian perusahaan yang ingin menginginkan situs Anda.

Pada tahun 2008, Johns Wu, pendiri Bankaholic.com, menjual situsnya kepada Bankrate, Inc senilai US$14,9 juta. adapun situs teknologi TechCrunch diakuisisi AOL pada 2010 sebesar US$ 30 juta. Hal ini membuat pendirinya, Michael Arrington, menjadi pria yang kaya raya.

Cara lain untuk menguangkan tulisan Anda, adalah menjual afiliasi program. Anda menempatkan link afiliasi produk Anda di situs mereka. Setiap kali pengunjung membeli produk, otomatis akan mengklik link yang Anda miliki.

5. Sewakan barang-barang Anda
Jika Anda memiliki barang atau properti yang tidak produktif, Anda bisa menyewakannya dengan melalui online mulai adri rental mobil, rumah, apartemen dan produk lain.


0

94 Tim Berlaga di Kontes Robot Nasional

foto
Salah satu tim robot soccer mencoba lapangan pada Kontes Robot Indonesia KRI (26/5). TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Bandung -- Kontes Robot Nasional hari ini dimulai di gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Kontes yang berlangsung dua hari, Sabtu dan Ahad, 30 Juni-1 Juli 2012 ini total diikuti 94 tim. "Semua peserta datang, nggak ada yang mengundurkan diri," kata Ketua Panitia Kontes Robot Nasional 2012, Kusprasapta Mustijarsa, di arena lomba, Sabtu, 30 Juni 2012.

Saking banyaknya tim yang lolos kali ini dari hasil seleksi regional se-Indonesia, lomba dimulai sejak pukul 7 pagi tadi. Pembukaan acara terpaksa ditinggalkan dulu karena pejabat yang rencananya mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan datang terlambat. "Rencananya Menteri tidak bisa hadir karena ikut SBY di Bandung, akan diwakili Dirjen Dikti Djoko Santoso," ujar Kusprasapta.

Di kursi penonton di dalam gedung, sorak sorai pendukung bergema menyemarakkan kontes. Mahasiswa dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang beken dengan sebutan Pens menjadi kelompok paling heboh. Mereka bernyanyi yel-yel juga Iwak Peyek.

Selain heboh dukungan, hasil karya mereka juga meyakinkan. Pada Kontes Robot Indonesia (KRI), nilai robot tim PeNS mencapai 105, jauh lebih tinggi dibanding tim dari kampus lain yang umumnya bernilai 20 atau 30.

Kontes robot nasional 2012 mempertandingkan tiga kategori. Selain Kontes Robot Indonesia, ada Kontes Robot Cerdas Indonesia yang terdiri dari robot pemadam api berkaki, beroda, dan Robosoccer. Ada juga Kontes Robot Seni Indonesia yang mewajibkan robot bisa melakukan Tari Piring asal Sumatera Barat.

Menurut Kusprasapta, hari pertama ini masih berupa babak penyisihan. Semifinal dan final serta pengumuman juara berlangsung di hari kedua, Ahad besok.[ANWAR SISWADI]




0

Mahasiswa Unej Kembangkan Tes Mudah HIV/AIDS

Mahasiswa Unej Kembangkan Tes Mudah  HIV/AIDS
Gambar bagaimana virus AIDS menghancurkan sistem kekebalan tubuh, ilustrasi
REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER--Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember, Jawa Timur, merintis metode tes yang lebih mudah untuk mengetahui penderita yang positif tertular HIV/AIDS.

"Ide awalnya dari diskusi mengenai data dan fakta bahwa tanda-tanda seseorang menderita HIV/AIDS bisa diketahui melalui kondisi rongga mulutnya karena biasanya penderita HIV/AIDS memiliki gusi membengkak dan merah karena infeksi," kata salah seorang mahasiswa FKG Ahmad Syaifuddin di Jember, Jumat.

Tiga mahasiswa FKG Unej, yakni Ahmad Syaifuddin, Alex Willyandre dan Khoirul Anam membuat kajian literatur yang berjudul "Inovasi Microfluidics Chip Berbasis Nucleic Acid Testing sebagai Detektor Antibodi HIV-1 pada Gingival Crevicular Fluid" untuk mengetahui apakah seseorang itu terinfeksi HIV/AIDS.

Kajian literatur itu berhasil menjadi juara pertama dalam ajang "literatur review" dalam rangka "Dentistry Scientific Meeting (DSM) VI 2012" yang digelar oleh FKG Universitas Indonesia di Jakarta.

Menurut Ahmad, deteksi penderita HIV/AIDS kebanyakan memakai tes darah dengan metode ELISA atau Western Blot dan kedua metode itu harus dilakukan di klinik atau rumah sakit tertentu dengan pengawasan tenaga kesehatan yang sudah terlatih dan tes darah biasanya baru diketahui setelah 24 jam.

"Kami bertiga mencoba mencari ide bagaimana mencari alat yang mampu mendeteksi dengan pasti gejala HIV/AIDS tersebut dari kondisi rongga mulut karena metode itu bisa dilakukan dengan cepat, lebih mudah, dan murah," tuturnya.

Setelah melakukan studi literatur kurang lebih selama seminggu, tiga mahasiswa FKG Unej itu memastikan bahwa alat Microfluidics Chip temuan Prof Samuel Sue dari Columbia University, Amerika Serikat, dapat digunakan untuk melakukan tes HIV/AIDS.

"Sebelumnya Microfluidics Chip lebih sering digunakan untuk tes penyakit kelamin dan penyakit lainnya, namun belum digunakan untuk mendeteksi pasien yang tertular HIV/AIDS," paparnya.


0

GMF Tambah Kapabilitas Overhaul Landing Gear Pesawat B737-NG

GMF merupakan perusahaan MRO pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan overhaul landing gear B737-NG 

Ilustrasi
PT GMF AeroAsia berhasil menambah kapabilitas terbaru untuk perawatan pesawat B737-NG setelah menyelesaikan overhaul landing gear pesawat B737-NG milik PT Garuda Indonesia Tbk, induk usahanya.

Overhaul landing gear merupakan perawatan besar terhadap landing gear pesawat berdasarkan ketentuan yang dibuat oleh Boeing Company sebagai pabrik pesawat B737-NG.

“GMF merupakan perusahaan MRO pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan overhaul landing gear B737-NG,” kata Direktur Utama PT GMF AeroAsia, Richard Budihadianto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, hari ini.

Kapabilitas overhaul landing gear ini melengkapi kemampuan yang telah dimiliki oleh PT GMF AeroAsia dalam melaksanakan perawatan pesawat B737-NG. Sampai saat ini, GMF AeroAsia telah memiliki kemampuan melakukan perawatan C-Check untuk pesawat B737-NG. Kapabilitas ini akan terus ditingkatkan dengan menyiapkan sumber daya manusia yang terampil dan handal serta fasilitas perawatan yang memadai.

“Pengembangan kapabilitas kami lakukan sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh manufacture maupun authority,” kata Richard.

Selain pengembangan kapabilitas untuk B737-NG, GMF AeroAsia juga sedang mengembangkan kapabilitas overhaul landing gear untuk pesawat A320. Pengembangan ini ditargetkan rampung tahun 2013 sehingga overhaul landing pesawat A320 sudah dapat dilakukan di GMF.

“Maskapai nasional tidak perlu lagi mengirim pekerjaan overhaul landing gear ke luar negeri sehingga dapat menghemat biaya dan menekan devisa,” katanya.

Dengan kapabilitas terbaru peluang pasar yang bisa dibidik oleh GMF semakin luas. GMF AeroAsia terus mengembangkan kemampuan perawatan untuk mengantisipasi pertumbuhan industri aviasi yang ditandai dengan kehadiran jenis-jenis pesawat terbaru. Tapi pada saat yang sama GMF juga tetap mempertahankan kapabilitas untuk tipe pesawat yang telah digunakan operator seperti B737-Classic.

“Semakin banyak kapabilitas yang kami miliki tentu semakin baik. Apalagi dalam dua tahun terakhir kecenderungan pasar perawatan pesawat di Amerika dan Eropa beralih ke kawasan Asia Pasifik," kata dia.

Selain pengembangan kapabilitas, GMF juga berkomitmen mengembangkan kapasitasnya untuk memenuhi kebutuhan pasar perawatan nasional maupun pasar global. Pengembangan kapabilitas untuk B737-NG dan A320 terus dilakukan karena dua tipe pesawat ini paling banyak digunakan maskapai di dalam maupun luar negeri karena tergolong pesawat yang efisien dalam penggunaan fuel.

Menurut Richard, populasi pesawat B737-NG, baik di Indonesia maupun mancanegara bertambah tiap tahun. Sebagian besar perusahaan penerbangan di Indonesia telah mengalihkan operasional pesawatnya dari B737-Classic dengan B737-NG maupun A320. GMF telah mendapatkan sertifikat approval dari FAA dan EASA untuk perawatan dua tipe pesawat terbaru itu.

Kapabilitas GMF dalam perawatan B737-NG dan A320 ini dilakukan bertahap mulai A-Check hingga kini telah menguasai perawatan C-Check dan dilanjutkan dengan kapabilitas overhaul landing gear untuk component maintenance.

Penambahan kapabilitas ini tentu saja menambah kemampuan GMF dalam menjalankan bisnis perawatan pesawat. Apalagi belum lama ini GMF ditetakan sebagai Authorized Services Facility (ASF) Bombardier yang pertama di Asia Pasifik dan yang keenam di dunia untuk melakukan perawatan pesawat Bombardier tipe CRJ Series (700/900/1000).

GMF AeroAsia telah memiliki sertifikat approval dari DKUPPU (Indonesia), FAA (Amerika Serikat), EASA (Eropa) dan sertifikat approval dari 16 negara lebih untuk menangani perawatan berbagai jenis pesawat buatan Boeing maupun Airbus. Beberapa tipe pesawat yang menjalani perawatan di GMF antara lain B737-Series, B747-Series, B737-NG, A320, dan A330.



BeritaSatu
0

Pertamina Bangun Infrastruktur BBG Rp 2 Triliun

foto
Taksi dan Bus Transjakarta mengisi bahan bakar gas, Jakarta (4/10). TEMPO/Rosdianahangka
TEMPO.CO, Jakarta - PT Pertamina (Persero) bersiap membelanjakan dana senilai Rp 2 triliun untuk membangun infrastruktur penyaluran bahan bakar gas. Menurut Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto, dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk penunjang pengadaan bahan bakar gas.

"Kami mengantongi surat kuasa penggunaan anggaran dari Badan Pengatur Hulu Miyakl dan Gas (BP Migas)," kata dia dalam acara The Italian Converter Kits Industry and Technology di Hotel Shangri-La, Kamis, 28 Juni 2012.

Dana tersebut, kata Hari melanjutkan, akan digunakan untuk membangun 33 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), 20 SPBG on-line, Stasiun Pengisian Induk serta 5 Unit Pengisian Bahan Bakar Gas Portable. Dari seluruh SPBG yang akan dibangun, tiga diantaranya berada di Surabaya. Ia mengatakan proyek tersebut rencananya selesai pada akhir 2012.

"Kami terlebih dulu harus bisa meyakinkan para produsen kendaraan bermotor bahwa pemerintah serius dalam proyek ini," katanya.

Kini, Pertamina dan pemerintah gencar melakukan sosialisasi penggunaan BBG kepada pengguna kendaraan dan pabrikan otomotif. Hari mengatakan hal ini dilakukan dengan cara penyediaan sarana penunjang sebanyak mungkin. Ia juga mengapresiasi promosi converter kit yang dilakukan pemerintah Italia karena sejalan dengan program penghematan bahan bakar yang sedang digenjot pemerintah Indonesia.


0

Renegoisasi Kontrak Karya PT Freeport

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Sefti Oktarianisa, Nidia Zuraya

Renegoisasi Kontrak Karya PT Freeport
Pemerintah berencana merenegoisasi kontrak karya dengan PT Freeport.
JAKARTA -- Peluang renegosiasi kontrak karya PT Freeport Indonesia makin terbuka. Pemerintah dan Freeport sudah memberi sinyal kesiapan melakukan dialog. Meski begitu, belum ada hasil menggembirakan dari dialog tersebut karena kedua belah pihak masih saling menunggu.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini mengatakan, hingga kini pemerintah masih terus mengkaji renegosiasi kontrak karya dengan Freeport. "Masalah teknis sedang dipelajari pemerintah," ujar Rudi kepada Republika, Kamis (28/6).

Jika Freeport memang siap berdialog dengan pemerintah, ujar Rudi, tentunya pemerintah bakal mengajak Freeport untuk bicara sesegera mungkin. Dia berharap, pembicaraan dengan Freeport itu bisa menjadi awal yang baik dalam proses renegosiasi kontrak karya.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto mengatakan, saat ini pihaknya dalam posisi siap duduk bersama dengan Pemerintah Indonesia dalam melanjutkan pembicaraan renegosiasi kontrak karya. "Kami masih menunggu panggilan dari timnya Pak Hatta (Menko Perekonomian,)," ujar Rozik, Kamis (28/6).

Kesiapan Freeport melakukan renegosiasi itu juga termasuk membicarakan soal peninjauan ulang besaran royalti yang harus dibayarkan perusahaan tambang Amerika Serikat (AS) ini kepada Pemerintah Indonesia. Terkait besaran royalti, Rozik mengatakan, pihaknya belum bisa berkomentar banyak karena semuanya masih berproses.

Freeport melakukan penandatanganan kontrak karya untuk masa 30 tahun pada 1967 silam. Kontrak karya itu yang menjadikan Freeport sebagai kontraktor eksklusif tambang Ertsberg, Papua, di atas wilayah 10 kilometer persegi. Pada 1989, Indonesia memberi izin perluasan area eksplorasi hingga 61 ribu hektare.

Freeport menandatangani kontrak karya baru dengan masa berlaku 30 tahun berikut dua kali perpanjangan 10 tahun pada 1991 dan akan berakhir 2041 nanti. Royalti yang diberi Freeport kepada pemerintah hanya satu persen untuk emas, sedangkan royalti tembaga 1,5 hingga 3,5 persen.

Royalti dipandang amat rendah oleh banyak pihak. Alasannya, di negara-negara lain, royalti kepada pemerintah dari pertambangan emas mencapai lima persen, sedangkan tembaga enam persen. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) No 3/2012, pemerintah membentuk tim evaluasi untuk penyesuaian kontrak karya dan perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B).

Renegosiasi dilakukan untuk menyesuaikan isi kontrak. Renegosiasi perlu berjalan agar kontrak karya memberi manfaat optimal bagi bangsa Indonesia dan meningkatkan penerimaan negara. Selain royalti, ada sejumlah hal lain yang juga bakal dinego ulang pemerintah dengan Freeport, seperti luas wilayah dan divestasi.

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRES) Marwan Batubara mengatakan, pemerintah sebaiknya menutup pabrik Freeport jika perusahaan itu menolak menaikkan royalti dalam dialog terkait renegosiasi kontrak karya. Langkah itu penting untuk memperlihatkan bentuk ketegasan pemerintah.

"Yang jelas, Freeport itu sudah menunjukkan sikap penolakannya pada kontrak kerja yang sedang dibahas saat ini," katanya saat dihubungi Republika, Kamis (28/6). Menurut Marwan, sikap itu tecermin dari pernyataan petinggi Freeport dan Kedutaan Besar AS di Indonesia. Tanpa ada ketegasan dari pemerintah, Indonesia akan terus dipermainkan.

Tahun ini, Freeport berencana membayar dividen kepada negara sebesar Rp 1,5 triliun. Dividen ini turun 14,77 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 1,76 triliun. Freeport pernah membayar dividen lebih besar, yakni Rp 2,09 triliun pada 2009, namun 2010 setorannya turun 27,75 persen menjadi Rp 1,51 triliun.
0

Hadapi Lonjakan Trafik, Indonesia Pastikan Siap

Hadapi Lonjakan Trafik, Indonesia Pastikan Siap
Karyawan Indosat memperbaiki Data Distribution Frame (DDF)
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Operator telekomunikasi Indosat memastikan jaringannya telah siap menghadapi lonjakan trafik menjelang liburan Ramadhan dan musim mudik Hari Raya Idul Fitri. Chief Technology Officer Indosat, Hans Moritz, di Jakarta, Kamis (28/6) mengatakan, untuk mendukung kualitas layanan selama Ramadhan, perusahaan telah menyiapkan kapasitas dan kualitas jaringan yang memadai.

"Menyambut Ramadhan dan musim mudik 2012, kami telah meningkatkan kapasitas layanan SMS, suara, dan data," katanya. Khusus untuk trafik suara, kapasitas ditingkatkan 140,6 persen dibandingkan trafik reguler di hari biasa, menjadi 924 juta menit/hari.

Sementara untuk SMS, kapasitas ditingkatkan menjadi 1,4 miliar SMS/hari atau meningkat 62,41 persen dibanding trafik reguler hari biasa. "Sedangkan untuk layanan data, pihaknya meningkatkan kapasitas menjadi 120 terabyte/hari yakni meningkat 197,5 persen dibandingkan trafik reguler hari biasa," katanya.

Pada kesempatan yang sama Director & Chief Commercial Officer Indosat, Erik Meijer, menambahkan, penambahan kapasitas jaringan diharapkan dapat mendukung kesiapan jaringan sekaligus kualitas layanan.

"Kami juga menghadirkan berbagai program layanan untuk mendukung aktivitas masyarakat di bulan Ramadhan," katanya. Sejumlah program yang dihadirkan meliputi program gratis telepon, berkah I-Ring Religi, Berkah Info Ramadhan, Berkah Info Senyum, Berkah Mudik, dan Vas Berkah Ramadhan.
 
 
0

RI Bantu Suntik IMF Rp 9,4 Triliun


Berawal negara kreditur, kini RI menjadi penyumbang IMF.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNVH9KMnTFSHIyEtzxx9X9a-rSyG3638lFpRKjM9qBq9TGuZVDjOnW39dBXOtyXnibhk7NBz-yB53x2Z1mz_oLV5AWfIT2KNHtNAofk4iZhPbmQWsWuScQpSmNkGgoMMatVaIVT3-hBsU/s1600/seragam-timnas-indonesia-garuda01.bmp
VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan, pemerintah Indonesia hanya menganggarkan dana maksimal sebesar US$1 miliar (Rp9,4 triliun) guna menyehatkan likuidasi modal Dana Moneter Internasional (IMF).

Komitmin tersebut menurut Agus dilakukan sebagai bentuk kepedulian Indonesia akan pemulihan krisis global khususnya yang terjadi di kawasan Eropa saat ini.

"Proses pinjaman internasional ke IMF, bertujuan sebagai kekuatan ekonomi dunia, supaya jangan memburuk dan malah membahayakan semua," ujar Agus di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 28 Juni 2012.

Seperti diketahui, IMF membutuhkan suntikan dana sebesar US$430 miliar guna memperkuat permodalannya. Karenan itu Agus berharap, selain fokus pada pemulihan krisis, IMF juga dapat memerhatikan negara-negara berkembang lainnya yang masih memiliki kesulitan finansial.

Kemudian, dengan suntikan dana ini, posisi Indonesia dalam IMF akan lebih kuat. Dari awalnya sebagai negara kreditur, menjadi negara yang berpartisipasi dalam menyehatkan lembaga keuangan internasional tersebut.

"Karena Indonesia juga pernah pinjam IMF di 2006 kita sudah kembalikan. Dan kalau sekarang kita bisa berikan pinjaman ke IMF, kita sedang ada di posisi yang lebih baik," ujarnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan negara G-20 yang dilakukan pekan lalu, telah menyepakati untuk menyelesaikan seluruh komitmen suntikan dana ke-14 tersebut paling lambat saat pelaksanaan pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia 2012 pada oktober mendatang di Tokyo, Jepang. (sj)



0

"MoU RI-Irak Tidak Sebatas Kerjasama Energi"

Ilustrasi. Foto: Corbis
Ilustrasi (Foto Corbis)
JAKARTA (IT) - Pemerintah menyebut kerjasama Indonesia dengan Irak tidak hanya di bidang Minyak dan Gas Bumi tetapi juga di beberapa bidang lain termasuk infrastruktur di luar bidang migas.

"Kerjasamanya bukan hanya di bidang minyak dan gas bumi, kerjasamanya kemarin itu tertarik untuk kerja sama di bidang RnD, listrik, training education, dan infrastruktur di luar Kementerian ESDM," kata Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita Legowo di Hotel Gren Melia, Jakarta, Kamis (28/6/2012).

Evita menambahkan, Untuk memastikan kerjasama Indonesia dengan Irak tersebut, pemerintah menyebut harus ada tindak lanjut dengan mengadakan pertemuan di antara kedua belah pihak.

"Ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan lagi, kalau kami ini targetnya harus segera direalisasi," tambah Evita.

Sementara di bidang energi, khususnya minyak, Evita menyebut, Pertamina sudah siap mengirimkan minyak mentah semester pertama tahun depan. Pertamina menargetkan mengelola tiga blok minyak di negeri mantan Saddam Husein tersebut.

"Kalau kita memerlukan impor crude oil, Irak sudah siap semester I-2013," jelas Evita.

Sebagai informasi, keterlibatan Indonesia-Irak akan diwujudkan dalam bentuk kerjasama Indonesia-Irak dan akan dipayungi dalam program Indonesia Incorporated yang akan memberikan dukungan dalam pembangunan pembangkit listrik, jaringan pipa, perumahan, rumah sakit, sekolah-sekolah, dan pabrik pupuk.

Program ini diinisiasi oleh BUMN dengan Pertamina sebagai lokomotif dan didukung oleh PT PLN (Persero), PT Wijaya Karya (Persero), PT Adhi Karya (Persero), dan PT Hutama Karya (Persero) sebagai subkontraktor. (gna)(rhs


detik
0

Siswa SMP Bantul Ciptakan Robot Tikus

 Robot bergerak berdasarkan pembacaan perbedaan warna putih dan hitam

Robot tikus (Juna Sanbawa/ VIVAnews)
VIVAnews - Sebanyak 14 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, DIY mengikuti lomba robot tingkat SMP. Lomba ini digelar di gedung Dakwah Muhammadiyah, Kabupaten Bantul, DIY, Rabu 27 Juni 2012.

Dari 14 robot yang dipertandingkan ada sebuah robot yang cukup menarik perhatian pengunjung, yaitu robot karya 3 pelajar dari siswi SMP Muhammadiyah, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Robot ini dinamai Mupybot atau singkatan dari Muhammadiyah Piyungan Robot.

Robot memang tidak secepat robot line follower analog (LNA) lain saat menyusuri lintasan. Namun dengan bentuk menyerupai tikus bergerak, menarik banyak pengunjung untuk melihatnya. Mupybot ini dilengkapi tiga roda yang dikemas menyerupai tikus, mempunyai ekor yang terbuat dari karet warna merah.

Sedangkan, tubuhnya terbuat dari styrofoam. Bagian tersebut ditempeli potongan-potongan benang warna coklat mirip bulu tikus sawah.

“Mupybot ini dapat bergerak berdasarkan pembacaan perbedaan warna putih dan hitam pada jalur khusus itu,” kata Puji Astuti, siswi kelas 2 SMP Muhammadiyah Piyungan, pembuat robot.

Ia membuat robot bersama dengan dua temannya, yaitu Nita Rohani dan Santi Rahayu yang sama-sama kelas VIII serta guru pembibingnya Akhid Nuryadin. Mereka mempersiapkan Mupybot ini selama 1 minggu menjelang perlombaan.

“Ide mengemas robot LNA ini dalam bentuk tikus ini juga mendadak. Meski tidak terlalu cepat, paling tidak akurasinya dalam menyusuri perlintasan dapat diunggulkan,” ujar Puji.

Nita Rohani mengatakan, perakitan robot LNA di sekolahnya terbilang masih baru. Namun sistem robot LNA tidak asing di sebagian siswanya. Sebab, sejak kelas 1 sudah ada ekstrakurikuler elektronika.

“Jadi, siswa sudah paham beberapa bagian penyusun LNA. Mulai dari sensor, transistor, osilator, dan sebagainya,” ujar Nita.

Sugito, Wakil ketua Badan Koordinasi Sekolah (BKS) Bantul, menerangkan meski baru pertama digelar, lomba robot tingkat SMP itu sudah diikuti14 sekolah. Tiap sekolah mengajukan satu kelompok dari tiga siswa dansatu guru pembimbing.

“Semoga lomba semacam ini bisa terus berlanjut di masa mendatang. Sebab, robot memegang peranan penting di zaman modrn. Pelajar dari Bantul jangan sampai ketinggalan,” ujarnya.

0

Layani Rute Sulit, Garuda Beli 50 Pesawat

"Saya belum tentu beli ATR dan Q-400 tapi kalau Garuda pasti terjadi."

ATR 72-500 Wings Air
VIVAnews - Maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia Tbk berencana membeli 50 pesawat ATR-72 dan Q-400. Pembelian pesawat ini direncanakan untuk melayani rute-rute pendek dan sulit di tanah air.

"Saya belum tentu beli ATR dan Q-400, tetapi kalau Garuda yang bicara pasti akan terjadi. Paling cepat, semester pertama tahun depan," kata Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar di Garuda City, Cengkareng-Banten, Kamis 28 Juni 2012.

Menurutnya, dengan adanya program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dicanangkan pemerintah, tentunya daerah-daerah di Indonesia akan berkembang.

Padahal, tambah Emisyah, saat ini jumlah pesawat di Indonesia baru mencapai 300-400 unit. Sedangkan kebutuhan pelanggan semakin meningkat dari waktu ke waktu. "Kita melihat ke depan, besar sekali pasarnya," ungkapnya.

Ia menegaskan, Garuda tidak berupaya untuk mematikan pasar maskapai BUMN lainnya yang sudah melayani rute-rute daerah sulit. Dia hanya mengaku bahwa perseroan hanya melengkapi rute penerbangan yang telah ada sebelumnya.

"Kita ini perusahaan terbuka, pemerintah cuma punya 69 persen saham, sisanya kan masyarakat, keputusan ada di pemegang saham," tegasnya.

Kendati demikian, Emirsyah belum bersedia menyebutkan kebutuhan dana untuk membeli pesawat itu. Ia hanya menuturkan bahwa sepanjang tahun ini perseroan menganggarkan belanja modal sebesar US$200 juta.

Diungkapkan juga, pembelian pesawat baling-baling turboprop ATR-72 dan Q400 ini untuk merambah rute-rute kecil sebagai pengumpan (feeder) bagi pesawat yang lebih besar seperti Bombardier CRJ-1000 atau B737-800 NG.

Penjajakan pembelian itu, akan dilakukan pada saat dirinya akan mengunjungi pameran kedirgantaraan Franborough Airshow Inggris pada Juli 2012 mendatang.

Untuk pesawat ATR-72 ini, maskapai Lion Air sudah membeli 60 unit ATR-72 seri 500 dan 600 yang diperuntukkan bagi Wings Air, anak usahanya. Satu unit ATR-72 dihargai US $ 16,5 juta-US$ 20 juta.

Lion Air membeli 27 unit pesawat ATR 72-600s dari pabrikan ATR asal Prancis senilai US$610 juta pada ajang Singapore Airshow, Februari 2012. Sebelumnya, maskapai ini juga sudah memborong 33 unit ATR, sehingga genap menjadi 60 unit hingga akhir 2014.

Pesawat ATR ini akan melayani penerbangan Wings Air, untuk rute pendek di bawah 1 jam masa tempuh. Pesawat ini akan dijadikan fedeer penerbangan Lion Air jenis Boeing 737-900 ER yang akan dioperasikan dari hub di Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Medan, Batam, Makassar, Ambon, dan Manado.

VIVAnews

Garuda Yakin Kalahkan Singapore Airlines
 
JAKARTA, KOMPAS.com — PT Garuda Indonesia optimistis bisa mengalahkan maskapai penerbangan Singapore Airlines. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Garuda Indonesia, sekaligus Ketua INACA, Emirsyah Satar.

Dalam mendorong potensi Garuda, Emirsyah Satar percaya kepada timnya untuk bisa bekerja lebih maksimal. Strategi utama Garuda agar bisa menjadi maskapai nomor satu dengan cara bekerja keras. "Pokoknya apa yang terjadi di Garuda merupakan hasil kerja keras semua orang di Garuda," kata Emirsyah di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Emir juga mengatakan, dalam waktu dekat Garuda akan tumbuh berkembang jauh dari sebelumnya. "Garuda ke depannya kita besar lagi,"ungkap Emirsyah Satar.

Sebagai penerbangan bintang empat, Garuda kini sudah sejajar dengan 32 perusahaan penerbangan dunia, seperti Air France Perancis, JAL Jepang, Dragonair Hongkong, Qantas Australia, dan Korean Air Korea. Garuda sudah keluar dari jajaran bintang tiga, seperti Canadian Air Kanada, Royal Brunei, dan Saudian Airlines Arab Saudi, serta 116 perusahaan penerbangan lainnya. (Adiatmaputra Fajar Pratama)
 
 
0

Indonesia dan Jepang Kerja Sama Atasi Kemacetan

foto
Tempo/Aditia Noviansyah
TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia dan Jepang bekerja sama untuk mengatasi kemacetan melalui intelligent transport system. "Seminar hari ini baru untuk meluaskan informasi, sedangkan investasi nanti dalam tahap berikutnya," ujar Wakil Menteri Infrastruktur dan Transportasi Jepang Naoyoshi Sato, Kamis, 28 Juni 2012. Sato menuturkan intelligent transport system telah diimplementasikan di Jepang dan memberikan manfaat.

Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan menyatakan akan ada konsep bersama di Indonesia untuk mengimplementasikan sistem tersebut. Namun, untuk kebutuhan teknologi, Indonesia harus bekerja sama dengan Jepang. Dia menambahkan, masih harus ada nota kesepahaman yang ditandatangani untuk mengimplementasikan sistem tersebut.

Mangindaan berharap, intelligent transport system dapat diimplementasikan secepatnya. Sistem tersebut menggunakan pendekatan lalu lintas melalui suatu alat pengaturan. Tahun ini ditargetkan sudah ada konsep mengenai sistem itu untuk diterapkan di Indonesia. "Harusnya siap diimplementasikan tahun 2013."

Anggaran untuk proyek tersebut tidak hanya berasal dari Kementerian Perhubungan, tapi juga Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menurut Mangindaan, pembangunan jalan saat ini belum mampu mengimbangi pertumbuhan kendaraan bermotor. "Akibatnya macet di mana-mana, apalagi Jakarta," ujarnya.[MARIA YUNIAR]


0

Untungnya Pakai Bus Listrik

Ini Lho Untungnya Pakai Bus Listrik
Hevina LIPI
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Meskipun harganya lebih mahal dari kendaraan biasa, mobil listrik memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah tidak perlu memakan banyak perawatan seperti mobil mesin bensin dan diesel.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengklaim bus listrik karya mereka, Hevina (Hybrid Electric Vehicle Indonesia), dapat menurunkan biaya operasional 50 persen dan menurunkan biaya perawatan 70 persen.

"Perawatannya (mobil listrik) nyaris tidak ada, tidak ada radiator, tidak perlu ganti air aki, tidak perlu ganti filter, pompa bahkan tidak perlu ganti oli mesin," kata Kepala Penelitian LIPI untuk bus listrik Abdul Hapid dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Jakarta kemarin.

Hebatnya, mobil atau bis listrik tidak pakai knalpot sehingga tidak mengeluarkan karbondioksida dan sangat ramah lingkungan.

"Bayangkan jika banjir atau jalanan tergenang air, anda tidak perlu khawatir air akan masuk ke knalpot mobil anda. Berbeda dengan mobil pada umumnya, jika knalpotnya kemasukan air dan masuk ke mesin, maka siap-siap turun mesin," katanya.

Bis listrik itu menggunakan 100 buah baterai lithium (LiFe Po4) 320 VDC/24 A dan dapat mencapai 147 Hp dengan kecepatan maksimal 5000 rpm, torsi 300 Nm sehingga mampu melaju dengan kecepatan 100 km/jam dan daya jelajah 100 km.

Mesin bus itu murni menggunakan tenaga listrik tapi sistemnya masih sama dengan Hybrid Vehicle, electric vehicle conversion.

Spesifikasinya, tipe Brushless DC motor, nominal voltage 320 VDC, peak power 147 HP/110 kW. Motor 5000 rpm, torsi 300 Nm, controller 280 - 380 VDC/ 600 A, baterai pack lithium, Charger input 220 VAC, output 320 VDC, peforma 100 km/h, 150 km/charge.

"Memang investasi awal mobil listrik itu sangatlah mahal tapi dapat menghemat bahan bakar dua kali lipat dari mobil pada umumnya," katanya.
 
 
0

Bakrie Minta Pemerintah Kendalikan Pertumbuhan Kendaraan

Pembelian kendaraan oleh warga negara harus diatur sedemikian rupa agar jangan bebas sebebas-bebasnya 

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie saat membuka kegiatan Drag Race di Lanud Tabing, Padang, Sumbar, Minggu (17/6). Kunjungan Aburizal Bakrie ke Padang dalam rangka membuka serta memberikan arahan strategi kepada kader dan seluruh anggota DPRD di lima provinsi (NAD, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri) pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemenangan Pemilu Partai Golkar Wilayah Sumatera I di Hotel Pangeran Beach Padang. FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra/Koz/mes/12.
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie meminta pemerintah untuk mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor. Hal itu untuk menghindari kemacetan yang lebih parah di Jakarta dan wilayah lain di Indonesia yang berujung pada kemacetan total (stagnan).

“Pemerintah perlu mengendalikan pertumbuhan kendaraan bermotor yang dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk," kata Aburizal saat membuka seminar nasional bertema “Integrasi Moda Transportasi” di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Jl Slipi, Jakarta Barat, Rabu.

Prinsipnya, menurut politisi yang akrab disapa Ical itu, pemerintah jangan sampai menghalangi hak warga negara untuk membeli kendaraan. Tetapi pembelian kendaraan oleh warga negara harus diatur sedemikian rupa agar jangan bebas sebebas-bebasnya.

"Sehingga terhindar dari kemacetan yang semakin parah,” sambung Ical.

Lebih jauh Ical mengemukakan bahwa solusi permasalahan transportasi di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Tanah Air harus bersifat komprehensif dan terintegrasi. Kebijakan pengendalian pertumbuhan kendaraan bermotor harus dibarengi dengan berbagai kebijakan lain yaitu pembangunan transportasi publik yang memadai, murah, aman, dan nyaman.

“Kebijakan itu dapat diwujudkan dalam pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) berbasis angkutan rel dan Bus Rapid Transit (BRT) yang berbasis angkutan jalan. Kebijakan MRT dan BRT di Jakarta sudah direalisasikan, walaupun belum memuaskan dan memenuhi harapan masyarakat luas," ujar Ical.

Ia juga menekankan pentingnya pembangunan peningkatan kapasitas dan jumlah jaringan infrastruktur jalan. Menurutnya, selama ini kita mendapati kenyataan pahit yaitu pertambahan jalan raya yang terbatas tidak mampu menutupi pertumbuhan kendaraan yang sangat tinggi.

Sementara ketua DPP Partai Golkar bidang Infrastruktur dan Transportasi Rully Chairul Azwar mengemukakan Partai Golkar juga mengusulkan pembangunan jalan bertingkat dua atau tiga (double/tripple decker), baik di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Model itu sebagai solusi mengatasi kemacetan yang terus terjadi.

"Kami menyediakan forum bagi para stakeholder untuk merembukan wacana itu. Model itu untuk menyelesaikan masalah transportansi di ibukota," anjur Rully.

Ia menjelaskan konsep double/tripple decker mengharmoniskan berbagai konsep pengembangan jalan dan moda transportasi massal seperti busway, subway, monorail, dan waterway. Konsep itu juga akan menyelaraskan seluruh konsep yang ada secara terintegrasi dan memiliki kesinambungan program berkelanjutan dengan pengembangan pola tata ruang kota.

"Double/tripple decker akan mengintegrasikan sebuah commonplatform yang berbasis kesetaraan humanis, optimalisasi aset yang ada dan peningkatan efektivitas dan efisiensi," tutur Wakil Ketua Komisi XI DPR ini.


0

Dahlan Iskan Minta Pertamina Beli BBM Langsung dari Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan meminta Pertamina membeli bahan bakar minyak langsung dari sumbernya, bukan dari pedagang (pengecer). Hal itu untuk meningkatkan kapasitas produksi BBM yang diperlukan di Tanah Air.

"Rencananya, di kuartal III-2012, kami minta Pertamina beli bahan mentah BBM langsung dari sumbernya, tidak lewat perantara," kata Dahlan selepas rapat dengar pendapat di Komisi VI DPR, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Menurut Dahlan, Pertamina sebagai perusahaan minyak terbesar seharusnya mengimpor minyak dari kilang-kilang minyak. Saat ini, Pertamina tengah mengkaji rencana pembelian BBM dan minyak dari sumber minyak tersebut. Guna merealisasikan rencana itu, Dahlan menyetujui langkah Pertamina untuk mengakuisisi ladang minyak di Timur Tengah.

"Itu salah satu usulan yang kami berikan agar mereka memiliki sendiri," tuturnya.

Dahlan juga mengingatkan, Pertamina tidak harus mengakuisisi sumber minyak di Irak 100 persen, tetapi bisa juga hanya 100.000 barrel. Di Irak, ladang minyak juga ada yang besar dan kecil sehingga Pertamina bisa memilih mana yang lebih baik cadangan minyaknya.

"Untuk penjatahan minyak dilakukan dua kali, April dan September. Tapi, September ini tidak bisa karena terlambat. Kami minta April untuk penjatahan," katanya.

Sebelumnya, Deputi Perdana Menteri Irak Hussain Ibrahim Saleh al-Shahristani pernah menawari Pertamina untuk berinvestasi di Irak. "Saya sudah bicara dengan Karen (Direktur Utama Pertamina). Namun, Pertamina lebih tertarik dengan lapangan produksi daripada lapangan yang harus dieksplorasi," ujarnya.