Wednesday 3 August 2011

"Group Chat" Bisa Dilakukan Cukup Lewat SMS

ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menikmati chatting secara berkelompok kini bisa dilakukan lebih praktis lewat SMS. Hal ini karena ada layanan baru SMS GupShup yang diperkenalkan Telkomsel bersama Webaroo. Layanan ini memungkinkan pelanggan bisa berkomunikasi dalam sebuah grup chat, dengan hanya mengirimkan Short Message Service (SMS).

SMS Reply-All memungkinkan pelanggan layanan seluler untuk berkomunikasi dengan banyak orang secara bersamaan dengan menggunakan layanan SMS. Salah satu manfaat untuk aktifitas komunikasi yang membutuhkan koordinasi dan komunikasi dengan banyak orang, misalnya mengadakan pesta, acara keluarga, pertemuan bisnis, atau kegiatan interpersonal lainnya.

"Jika anda mengirimkan satu SMS biasa, sifatnya sangat personal. Sekarang Anda bisa memanfaatkan SMS untuk berkomunikasi dengan lima orang sekaligus untuk merencanakan pertemuan. Bentuknya sama seperti grup chat di layanan Messenger, tapi layanan ini tidak membutuhkan akses internet. Cukup dengan mengirimkan SMS," ujar Beerud Sheth, CEO Webaroo pada peluncuran SMS GupShup di Three House, Kuningan Village, Jakarta, Selasa (2/8/2011).

Satu nomor Telkomsel hanya bisa mendaftarkan 4 nomor Telkomsel lainnya dalam satu grup dan bisa membuat grup-grup lain dengan jumlah masing-masing grup maksimal 5 nomor. Jumlah grup yang bisa dibentuk maksimal sebanyak 25 grup.

Dengan merebaknya ponsel pintar di Indonesia, tidak membuat Webaroo pesimis terhadap inovasi ini. Layanan ini bisa digunakan oleh pengguna ponsel pintar, BlackBerry, iPhone, ketika jaringan akses data sedang tidak stabil dan sulit untuk melakukan chatting melalui layanan messenger.

"Kami percaya, pengguna ponsel selain smartphone masih banyak, dan tidak semuanya bisa terhubung dengan internet. Oleh karena itu, layanan ini bisa menjadi solusi bagi pengguna ponsel apapun, untuk melakukan chatting dan membuat grup chat lewat sms. Anda tidak membutuhkan akses internet sama sekali, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja," tambah Beerud.

Sementara ini, layanan GupShup masih terbatas untuk pelanggan Telkomsel, namun tidak menutup kemungkinan, nantinya akan bekerja sama dengan semua provider di Indonesia. Layanan ini sebelumnya telah sukses di berbagai negara seperti India, Filipina, Sri Lanka, dan Bahrain. Untuk di Indonesia, layanan ini diaktifkan oleh infrastruktur Ericsson IPX.

Banyak ke banyak

SMS GupShup merupakan layanan SMS Reply-All yang meningkatkan kemampuan SMS dari mengirim pesan antara orang ke orang (person-to-person) menjadi banyak ke banyak (many-to-many). Pelanggan Telkomsel dapat memulai percakapan dengan mengirimkan SMS ajakan chatting ke 9199 dengan format : CHAT sampai lima nomor. Tarif SMS untuk memulai chatting hanya Rp 500 dan langsung terkirim ke semua nomor yang diketik.

Sistem kemudian akan membentuk sebuah grup dan menyarankan peserta grup untuk mengirimkan sebuah pesan melalui SMS, Apabila satu orang membalas, maka balasan tersebut akan otomatis terkirim ke semua nomor yang terdaftar. Apabila nomor yang lainnya lagi ikut membalas, maka SMS tersebut juga akan terkirim ke semua nomor yang telah terdaftar. Begitu seterusnya. Tarif untuk balasan SMS pertama sebesar Rp 500, sedangkan untuk SMS berikutnya berlaku tarif Rp 350. Semua SMS yang dikirim otomatis langsung terkirim ke 5 nomor sekaligus dengan hanya satu tarif.

Apabila tidak ingin melakukan chat, ketika mendapat invitation, pemilik nomor bisa membalas SMS invitation dengan mengetik END. Atau, setelah melakukan percakapan dan ingin berhenti duluan, juga bisa melakukan hal yang sama. Untuk bisa bergabung kembali dengan percakapan, harus ada yang mengirimkan SMS invitation kembali atau pemilik nomor bisa mengirim SMS terlebih dahulu.


KOMPAS

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...