Thursday 30 August 2012

Menristek: PPTI-O Strategis untuk Wujudkan Industri Otomotif Nasional

PUSAT Pengembangan Teknologi dan Industri Otomotif (PPTI-O) yang akan segera dibentuk pemerintah dinilai sangat strategis karena berfungsi mengintegrasikan, mensinergiskan, dan mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan nasional untuk mewujudkan industri otomotif nasional yang mandiri. Demikian dikatakan Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta pada acara Puncak Peringatan Hari Teknologi Nasional di Bandung, Kamis (30/8).

"PPTI-O diperlukan untuk mendukung industri otomotif karena industri ini sangat kompleks dan membutuhkan penanganan yang komprehensif dan berkelanjutan, "katanya.

Dikatakan Menristek, untuk membentuk PPTI-O tersebut, telah dilakukan rapat koordinasi di kantor Menteri Koordinator Perekonomian dan kemudian dan selanjutnya dibentuk tim koordinasi antar berbagai pemangku kepentingan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Riset dan teknologi serta pihak industri otomotif.

Untuk mendukung terciptanya industri otomotif nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menerbitkan Roadmap Pengembangan Mobil Listrik Nasional yang bertujuan untuk mengembangkan sistem transportasi ramah lingkungan dan berkelanjutan, kemandirian industri otomotif dan ketahanan nasional.

Menristek Gusti Muhammad Hatta mengatakan pada tanggal 26 Juni 2012, telah dilakukan peluncuran (launching) terhadap serangkaian acara Hari Teknologi Nasional dengan bidang utama fun-drive mobil listrik.

Pada Puncak Peringatan Hari Teknologi Nasional tersebut, juga diselenggarakan pameran mobil listrik. Mobil-mobil listrik yang dipamerkan merupakan karya anak bangsa inovator mobil listrik, antara lain Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta sejumlah perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Madah, Institut Teknologi Surabaya, dan Universitas Negeri Sebelas Mares (UNS).

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...