Thursday 31 March 2011

T-Cash akan Mengusung Teknologi RFID dan NFC

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel tengah mengembangkan inovasi baru untuk layanan mobile wallet TelkomselCash (T-Cash). Layanan yang sebelumnya berbasis SMS tengah dikembangkan menjadi layanan berbasis Radio Frequency Identification (RFID). dan Near Field Communication (NFC) di Indonesia pada tahun 2011.

RFID merupakan teknologi identifikasi data jarak jauh yang bisa ditanamkan dalam kartu selular ponsel dan kemudian digunakan untuk melakukan pembayaran. '' Implementasi layanan ini sebelum semester dua tahun ini,'' kata VP Channel Management Telkkomsel, Gideon Edi Purnomo, di Jakarta, Kamis.

Menurut Gideon, ujicoba layanan menggunakan RFID tengah dilakukan. ''Bisnis model untuk layanan ini tengah kami siapkan. Di sekitar Mei hingga Juni kita harapkan sudah difinalisasi," ia menjelaskan.
'' kata Gideon kemudian.

Selain RFID, Telkomsel juga tengah mengembangkan layanan berbasis dan Near Field Communication (NFC). NFC serupa dengan RFID hanya teknologi itu tidak dibenamkan pada kartu selular tetapi dipasang langsung pada ponsel. Implementasi NFC diperkirakan tahun depan.

Menurutnya teknologi ini punya potensi menggeser kebiasaan transaksi masyarakat dari menggunakan uang tunai atau kartu kredit kepada sistem pembayaran mobile menggunakan telepon selular.

"Tentu saja akan mengubah kebiasaan orang karena mereka tidak lagi perlu membawa uang tunai tetapi dengan ponsel segalanya bisa dilakukan. Lebih praktis," tukas Gideon.

Menggunakan teknologi mobile terbaru itu, pengguna ponsel bisa melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan ponsel ke alat pindai yang biasanya dipasang di kasir. Seperti pada kartu kredit atau debit, hanya tidak perlu digesek.

Harapannya setelah diperkenalkan pada paruh kedua tahun ini teknologi pembayaran online akan marak digunakan tahun 2012 dan mencatatkan transaksi yang tinggi.

"Tahun ini adalah tahun edukasi, biar masyarakat belajar tetapi kami berharap tahun depan teknologi ini akan semakin ramai digunakan dan mencatat tingkat transaksi yang tinggi," kata Gideon.


Republika

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...