Friday 1 April 2011

Tim Robot UGM Bertanding di Amerika

Tim Robot UGM--ANTARA/Regina Safri/sa

JAKARTA--MICOM: Tim Robot Iron Fire Universitas Gadjah Mada siap bertanding di College Fire Fighting Robot Contest di Hartford City Connecticut, Amerika Serikat, pada 9-10 April mendatang.

Tim robot UGM ini terdiri atas Farid Inawan, Noer Azis Ismail, Luiz Rizki Ramelan (ketiganya dari Jurusan Teknik Elektro 2009) dan Wahyu Wijayanto (Jurusan Teknik Mesin 2008). Selain Iron Fire dari UGM, Indonesia juga mengirimkan Zarqun dari ITB. Dua tim ini akan mewakili Indonesia dalam ajang tersebut.

Menurut Luiz Rizki Ramelan, segala persiapan telah dilakukan termasuk dengan perhitungan perbedaan iklim di USA. Tim UGM akan membawa dua robot Iron Fire yang akan ditandingkan setelah sebelum dilakukan penyempurnaan.

"Desain telah disempurnakan sehingga untuk manuver lebih stabil. Ini diperlukan agar robot bisa menghadapi rintangan seperti uneven floor, sound damper, dan properti," kata Luiz di kampus setempat, Jumat (1/4).

Untuk pertandingan di Hartford, tim robot harus memadamkan lilin pada sebuah labirin. Letak lilin dan start robot akan diacak dengan sebuah sistem pengacak.

Dengan begitu, tim robot tidak akan tahu robot akan start dan lilin berada. Ia menyatakan optimistis akan bisa menyelesaikan tantangan yang akan dijalani oleh robot ciptaanya itu. (OL-5)


MediaIndonesia

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...