Sunday 5 February 2012

500 anak ikuti Regional Robot Olympiad 2012

Regional Robot Olympiad 2012 (Foto suarakawan.com)

Surabaya (ANTARA News)
- Sebanyak 500 anak dari berbagai kota di Jawa Timur mengikuti "Regional Robot Olympiad 2012" di Surabaya pada 3-5 Februari 2012, wujud besarnya minat anak-anak di daerah itu dalam keahlian merakit robot.

"Setiap tahun para peserta yang mengikuti kegiatan ini selalu meningkat. Apalagi, tahun lalu total pesertanya mencapai 380 anak," kata "Center Manager ROBO Kidz" Area Surabaya Pusat, Yuliana Yenny, ditemui dalam "Regional Robot Olympiad 2012" di West Atrium Grand City, Surabaya, Jumat.

Menurut dia, pada agendanya yang memasuki tahun keenam ini pada umumnya para peserta berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, dan Kediri.

"Bahkan, ada beberapa peserta lomba yang datang dari Semarang, Solo, dan Bali," ujarnya.

Dengan besarnya minat dari para peserta, ia menilai, kondisi tersebut membuktikan bahwa kemampuan merakit dan pemrograman robot kian berkembang di Tanah Air, termasuk di Surabaya.

"Selain itu, sejumlah anak yang beruntung memiliki bakat dan mendapatkan dukungan sangat besar dari orang tua mampu mempunyai `softskill` yang makin bertambah," ucapnya.

Apalagi, kata dia, selama ini banyak sekolah favorit di sejumlah daerah memiliki ekstra kurikuler merakit dan memprogram robot.

"Akibatnya, kini persaingan melakukan hal tersebut semakin ketat," katanya.

Ia optimistis, kegiatan yang ideal ditekuni tiap anak sejak usia tiga tahun tersebut dapat membantu mereka untuk belajar membuat robot. Bahkan, membangun wawasan berpikirnya agar tidak menjadi individu yang mudah menyerah dengan segala tantangan hidup.

"Kedepan, dengan keahlian tersebut mereka mudah mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi," katanya.

Mengenai lomba itu, lanjut dia, memiliki sejumlah kategori seperti "Robot Programming" Tingkat SMP, "Programming" SMA, dan "Prerobotic 4" (Pemrogramman dengan WeDo). Lomba tersebut, salah satunya merakit robot seperti "Ghost Rider".

"Sementara, dalam babak penyisihan soal yang kami berikan sama terhadap setiap peserta, tetapi saat final mereka dibebaskan berkreasi. Dari masing-masing kategori diambil enam finalis," ujarnya.(KR-DYT/C004)


ANTARA News

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...