Monday 26 March 2012

Andapun Bisa Membuat Turbin Angin Sendiri

Menghasilkan sendiri listrik dari sumber energi angin merupakan salah satu impian bagi mereka yang peduli dengan lingkungan. Sayangnya, perangkat itu saat ini masih terbilang relatif mahal. Namun Anda tetap bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia di sekeliling Anda. berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa Anda ubah menjadi sebuah pembangkit listrik tenaga bayu yang murah dan mudah.

Roda Sepeda Bekas

Rotor atau bagian berputar adalah bagian yang paling penting dari sebuah pembangkit listrik tenaga bayu. Rotor ini yang berfungsi memindahkan energi angin ke sebuah generator untuk menjadi energi listrik.

Beberapa waktu lalu, seperti yang dikutip dari Treehugger, seseorang yang menyebut dirinya supergokue1 membuat sebuah rotor dari roda sepeda bekas. Dalam video yang diunggahnya ke Youtube, dia mendemonstrasikan kemampuan roda sepeda bekas tersebut dalam menangkap energi angin.

Untuk membuat ide inovatif tersebut, supergokue1 memerlukan selotip aluminium yang sering digunakan untuk membungkus pipa pendingin udara dalam gedung-gedung komersial. Selotip aluminium tersebut digunakan untuk membungkus jari-jari roda yang berdekatan menjadi sebuah bilah rotor sembari memberi bentuk pada bilah tersebut. Hasilnya, rotor mampu berputar kencang.

Proyek yang dilakukan supergokue1 ini masih belum selesai. Rencananya dia akan menggunakan dua buah generator DC untuk mengubah energi kinetik rotor menjadi listrik pada kedua roda sepeda bekasnya.

Pipa PVC

Kali ini pipa PVC bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah pembangkit listrik tenaga bayu dengan sumbu vertikal atau vertical axis wind turbine.

Seperti yang dikutip dari Instructable, sebuah ide yang diunggah oleh Faroun di laman tersebut konon mampu menghasilkan daya hingga 100 Watt hanya dengan beberapa perlengkapan sederhana dan murah.

Faroun menjelaskan bahwa dia hanya membutuhkan 8 buah pipa PVC dengan panjang yang sama, sepasang pipa saluran pembuangan, as roda sepeda bekas, roda bekas sepeda roda tiga, kabel-kabel dan DC motor.

Dengan beberapa bahan yang mudah didapatkan tersebut, Faroun berhasil mendemonstrasikan turbin angin sumbu vertikalnya. Hanya sayangnya, sepertinya Faroun belum memikirkan tentang bagaimana melindungi turbin anginnya dari terjangan angin di atas 35 kilometer per jam.

Plywood

Selain itu Anda juga bisa membuat turbin angin sumbu vertikal dengan menggunakan plywood. Hanya saja penggunaan bahan ini membutuhkan cara yang lebih rumit dibandingkan dua cara di atas, tetapi masih tetap bisa Anda lakukan dengan ekstra kerja keras.

Seperti yang dikutip dari Windstuffnow, turbin angin yang dinamakan Lenz2 ini sebagian besar dibuat dari plywood, aluminium dan magnet sebagai generatornya.

Bagian yang membutuhkan kerja ekstra adalah pada saat membuat bilah rotor, dimana dibutuhkan peralatan memotong plywood dan aluminium foil. Selain itu membangun alternator juga membutuhkan perhatian dan ketelitian yang lebih. Anda bisa membangunnya dengan melihat referensinya di sini.

Kecepatan Angin Cukup
Bahan apapun yang akan Anda ubah menjadi pembangkit listrik tenaga bayu, pastikan Anda sudah menemukan lokasi dengan kecepatan angin yang cukup untuk memutar rotornya. Jika tidak, maka pembangkit listrik tenaga bayu Anda akan menjadi monumen karya Anda yang tak terpakai. (planethijau.com/ humasristek)


Ristek

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...