Saturday 2 June 2012

Habibie: Sukhoi Itu Perusahan Pesawat Tempur

Perusahaan pesawat tempur dan pesawat komersil memiliki karakteristik berbeda

VIVAnews - Mantan Presiden BJ Habibie menilai Sukhoi sebagai perusahaan pembuat pesawat tempur memiliki karakteristik berbeda dengan produsen pesawat komersil.

"Bagi saya, Sukhoi itu adalah perusahaan pesawat terbang tempur. Itu saya tahu," kata Habibie di Jakarta, Sabtu, 2 Juni 2012.

Menurutnya pesawat tempur memiliki kriteria yang pertama adalah misi. Dalam keadaan apapun harus memenangkan pertempuran. Kedua, keamanan yaitu dalam keadaan apapun sedapat mungkin manusia tidak menjadi korban. Ketiga adalah masalah biaya.

Sedangkan untuk pesawat komersial hal pertama yang diutamakan adalah keamanan. Kedua adalah biaya, karena untuk apa aman namun harganya mahal. Ketiga adalah misi. Misi yang dimaksud Habibi adalah untuk kategori pesawat komersial adalah memenangkan pasar.

Menurut Habibie, jagoan tempur tak bisa menjadi juara pasar. Alasannya sumber daya manusia yang terus mendesain pesawat tempur, tidak bisa menjadi nomor satu dalam mendesain pesawat komersial. Buktinya, tidak ada pesawat komersial Rusia atau China di dunia. "Yang ada hanya dari Eropa dan Amerika," ujarnya.

Sementara ketika ditanya terkait kecelakaan Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak beberapa waktu lalu, Habibie enggan berspekulasi dan lebih baik menunggu dari tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Black box sudah ditemukan, kita tunggu data dari black box itu," ujarnya. (eh)



VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...