Friday 1 June 2012

Sepeda untuk Produksi Listrik

Warga kota kini cenderung berolahraga dalam ruang. Biasanya mereka menggunakan treadmill atau sepeda statis. Energi yang dihasilkan lewat kayuhan sepeda statis ternyata dapat dimanfaatkan untuk produksi listrik. Sulaeman Budi Sunarto dari Karanganyar, Jawa Tengah, merancang sepeda untuk itu.

Hal ini tidak mahal. Sepeda dirancang agar ban belakang bisa memutar kumparan alternator atau dinamo amper mobil bekas yang didapat di pasar loak,” kata Budi (49), ketika ditemui di Desa Doplang, Karangpandan, Karanganyar, pertengahan Mei.

Budi merupakan inovator perseorangan. Tahun 1998, ia mendirikan Koperasi Serba Usaha Agro Makmur di Doplang. Orientasinya, untuk membangun kemandirian energi di pedesaan. Rintisan awal dengan membuat bahan bakar bioetanol dari singkong. Kemudian dikembangkan bioetanol dari berbagai limbah pertanian dengan proses fermentasi.

Berbagai penghargaan dari pemerintah atas rintisan energi terbarukan di pedesaan pernah diperolehnya. Yang terbaru, Budi menggunakan sepeda untuk memproduksi energi listrik murah dan ramah lingkungan.

Budi memanfaatkan barang bekas, seperti alternator.

Alternator adalah peralatan elektromekanik untuk mobil. Alat ini mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik diperoleh dari putaran mesin yang dihasilkan dari proses pembakaran. Pasokan listrik kemudian ditampung ke dalam aki atau baterai.

Alternator bekerja pada saat mesin hidup. Ini memasok listrik ke aki agar siap pakai, sama halnya dengan generator sebagai pembangkit listrik. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar jika dibandingkan dengan generator.

Alternator memiliki kumparan medan diam, sedangkan generator dengan kumparan medan berputar. Produksi arus listrik pada alternator menggunakan diode penyearah yang dapat menghasilkan daya lebih besar. Pada generator menggunakan komutator untuk memproduksi arus listrik.

Umumnya, setiap mobil memakai peralatan alternator ini. Industri mobil mulai menggunakan sejak tahun 1967.

 Mudah dan Murah

Penggunaan alternator bermacam-macam. Masyarakat awam kerap menyebutnya sebagai dinamo. Misalnya, dinamo untuk penggerak wiper (pembersih kaca), dinamo motor washer (penyemprot air untuk mencuci kaca), dinamo starter, dan dinamo paling besar untuk memenuhi kebutuhan listrik mobil secara keseluruhan mobil.

Dinamo (alternator) memiliki usia optimum pemakaian di mobil sehingga tidak sulit untuk menemukan alternator bekas. ”Harga alternator bekas yang masih bisa digunakan sekitar Rp 300.000,” kata Budi.

Budi menunjukkan pemasangan dua alternator pada rancangan sepedanya. Rancangannya sederhana. Roda belakang dibuat menggantung. Putaran ban belakang akan menggesek dan memutar pipa silinder sebagai penggerak gerigi. Putaran gerigi dihubungkan pada kumparan pembangkit (stator). Kemudian dihasilkan listrik untuk ditampung ke dalam aki.

Budi mengatakan, sebenarnya alternator perlu ditambah sehingga menjadi empat agar lebih optimal dalam memproduksi listrik. Masing-masing aki dirancang dengan kapasitas 12 volt. Listrik yang diproduksi cukup untuk lampu rendah daya.

Budi menunjukkan, beberapa lampu LED dengan daya listrik bisa disetel 1-3 watt. Ketika disetel optimum 3 watt, sinar lampunya tidak kalah terang dengan lampu tabung.

 Bebas Listrik PLN

Budi mengatakan, sepeda untuk memproduksi listrik di rumah menjadi bagian dari obsesi rumah bebas dari listrik PLN. Budi menggantikan listrik PLN dengan listrik yang dihasilkan dengan sumber energi terbarukan. Tetapi, hal itu tidak bisa semata-mata mengandalkan sepeda kayuh yang kapasitas listriknya masih terbatas.

”Kebutuhan listrik lain dipenuhi dengan panel surya dan generator berbahan bakar bioetanol dan biogas,” kata Budi.

Ia menggunakan dua panel surya berkapasitas 50 watt peak dan satu panel surya 10 watt peak. Selain itu, ada juga beberapa generator berkapasitas lebih dari 1.000 watt dengan bahan bakar bioetanol dan biogas buatan sendiri.

Bioetanol dimanfaatkan Budi untuk pengganti premium kendaraan. Bioetanolnya berkadar rendah, 80 persen, dengan modifikasi kendaraan pada karburatornya. Inovasi bahan bakar untuk kendaraan roda dua juga diterapkan Budi dengan bahan bakar elpiji.

”Satu tabung elpiji kecil dengan kapasitas 3 kilogram mampu menjalankan sepeda motor sampai 600 kilometer,” kata Budi.

Kondisi masyarakat pedesaan yang terisolasi dan tidak mendapatkan listrik dari PLN masih banyak. Budi berpendapat, kemandirian dengan energi murah dan bisa diproduksi sendiri oleh masyarakat menjadi salah satu kunci dalam pembangunan.

”Kemandirian energi bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai masyarakat,” kata Budi. Bahan baku untuk mewujudkan listrik dengan energi terbarukan di Indonesia tergolong berlimpah.

Sepeda kayuh statis penghasil listrik hasil rancangan Budi menjadi contoh. Sepeda itu tak sekadar menyediakan energi listrik, tetapi juga memberikan kesehatan dan vitalitas bagi penggunanya. (Kompas, 1 Juni 2012/ humasristek)

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...