Tuesday 18 September 2012

Empat gunung di Indonesia timur berstatus siaga

http://img.antaranews.com/new/2011/07/thumb/20110711082755gunung-lokon.jpgManado - Kepala Bidang Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Bandung, Hendrasto mengatakan, empat gunung di wilayah Indonesia Timur hingga kini statusnya masih siaga.

"Empat gunung ini berada di Sulawesi Utara dan Halmahera," kata Hendrasto, di Manado, Selasa.

Hendrasto mengatakan, tiga gunung api di Sulawesi Utara yang masih berstatus siaga level III yaitu Gunung Lokon di Kota Tomohon, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan, dan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, sedangkan satunya Gunung Gamalama di Halmahera.

Sementara itu, gunung-gunung dengan status waspada yaitu Gunung Dukono di Kabupaten Halmahera Utara, Gunung Gamkonora di Kabupaten Halmahera Barat, dan Gunung Ibu di Kecamatan Ibu Utara Kabupaten Halmahera Barat.

Sedangkan beberapa gunung lainnya yang berstatus normal di Sulawesi Utara yaitu Gunung Mahawu di Kota Tomohon, Gunung Ambang di Kabupaten Bolaang Mongondouw, Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe serta Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Aktivitas vulkanik gunung-gunung ini masih tinggi. Apalagi Gunung Gamalama yang barusan meletus," kata Hendrasto.

Dia menambahkan, Gunung Lokon yang meletus Sabtu (15/9) masih menunjukkan suplai-suplai energi dalam bentuk gempa vulkanik dalam dan dangkal sehingga masih berpotensi terjadinya erupsi debu.

Sedangkan Gunung Soputan, setelah meletus 26 Agustus 2012, masih terekam gempa embusan yang mencapai 70-80 kali dalam satu hari.

Begitupun dengan Gunung Karangetang yang di atas puncak kawah masih menyimpan api diam, dan sesekali diikuti dengan guguran lava pijar.

"Kami tetap berharap warga mematuhi radius-radius bahaya yang telah ditetapkan oleh PVMBG Bandung. Semestinya daerah bahaya ini harus steril. Dan maksud diberikan untuk melindungi keselamatan warga," ungkapnya.(ANT-305/M031)

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...