Saturday 2 February 2013

BNPB Klaim Modifikasi Cuaca Berhasil Cegah Banjir Jakarta

http://akualbana.files.wordpress.com/2009/12/bnpb1.jpgJakarta | BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengklaim, upaya modifikasi cuaca yang dilakukan BNPB dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), sejak 26 Januari lalu untuk mengantisipasi banjir di Jakarta, berhasil dilakukan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, curah hujan yang jatuh di wilayah Jakarta dan sekitarnya berkurang secara signifikan.

"Ada dua faktor yang menyebabkan hujan berkurang. Pertama adalah pengaruh modifikasi cuaca, yang mampu menjatuhkan awan-awan menjadi hujan sebelum masuk Jakarta,"kata Sutopo dalam pernyataan tertulisinya, Sabtu (2/2).

Menurutnya, hingga saat ini, sudah dilakukan 14 sorti penerbangan dengan pesawat Hercules C-130 dengan kapasitas sekali terbang 4 ton bahan semai dan 1 kali dengan Casa 212-200 membawa 800 kg bahan semai. Pembakaran flare untuk menghambat pertumbuhan awan dilakukan di 25 lokasi.

Faktor kedua, menurut Sutopo, adalah kondisi cuaca regional yang kurang mendukung terjadinya hujan ekstrem di sekitar Jakarta. Dikatakan Sutopo, tidak adanya siklon tropis di selatan Indonesia, dan tidak adanya pengaruh seruak dingin (cold surge) dari Siberia Selatan yang masuk ke wilayah Indonesia menyebabkan tidak adanya hujan ekstrem di sekitar Jakarta.

"Kombinasi antara upaya manusia dan alam inilah yang menyebabkan Jakarta aman dari banjir besar hingga saat ini,"ujar Sutopo.

Dia menerangkan, hari ini, Sabtu (2/2), cluster awan sudah terbentuk sejak pagi di barat laut menuju wilayah Jabodetabek. Sorti pertama dengan Hercules membawa 4 ton NaCl terbang pukul 09.39-11.33 Wib mencegat awan-awan di sekitar Teluk Jakarta hingga sebelah barat Lampung.

Pantauan radar menunjukkan awan target jatuh menjadi hujan. Sorti kedua pada 14.25-15.40 Wib dengan Hercules dengan 4 ton NaCl menyemai di atas Pandeglang, Serang, Cilegon dan utara Merak.

Sorti ketiga dengan Casa membawa 800 kg menyemai sekitar Pandeglang pada ketinggian 15 ribu kaki. Di bawah dioperasikan ground based generator (GBG) dengan membakar 36 flare di 13 lokasi dan GBG sistem larutan diaktifkan di 3 lokasi selama 5 jam. "Hasilnya hujan berkurang di Jabodetabek,"katanya.


Jurnas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgooV1VxZtEsH4vI20hI-r2oQ16VSeAVhaU051orN-_f14Dy4r7Abm-QuaFrw4Y1yHdzPjiTzcgMX9SJi0KfjrQRJwsPhAAscD9wCxqg1CxOhldL5FQjlgoagk76DSQbpmT__OEVvhDSXM/s35/cinta-indonesia.jpg

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...