Monday 25 March 2013

China bangun sistem operasi nasional berbasis Ubuntu


China bangun sistem operasi nasional berbasis Ubuntu

Untuk mengurangi ketergantungan pada Microsoft dan Apple, China menunjuk Canonical Ubuntu sebagai basis sistem operasi terbarunya.

Dikutip dari The Verge (22/03), penunjukan Canonical Ubuntu dilakukan sebagai bagian dari rencana lima tahun China untuk mempercepat perkembangan dan promosi software berbasis open source. Rencananya Ubuntu nantinya dapat diunduh secara legal dan gratis oleh seluruh masyarakat di negara ini.

Untuk langkah awal, Canonical, perusahaan pengembang software Ubuntu, akan melakukan kerja sama dengan National University of Defence Technology (NUDT), China. Kerja sama akan dimulai pada bulan April mendatang untuk merilis versi desktop baru berbasis Ubuntu bernama Kylin. Kylin akan dibuat dengan menyematkan aplikasi dan fitur yang berfokus pada pasar China.

Selain itu, sudah terdapat rencana untuk mengintegrasikan Ubuntu dengan Baidu maps, salah satu fitur dari Baidu. Baidu sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan internet asal negara China. Rencana integrasi kedua pihak ini juga akan membuat pengguna Ubuntu dapat mengakses link ke layanan belanja China, Taobao dan melakukan pembayaran online ke seluruh bank China. Tujuan akhir dari integrasi ini adalah untuk menggabungkan elemen-elemen lokal negara China yang tidak ditemukan di Windows atau Mac OS.

China juga berencana untuk memperluas kerja samanya dengan Ubuntu. Nantinya bukan hanya PC yang menggunakan sistem operasi ini, tetapi juga perangkat mobile dan internet. Rencana ini bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan China untuk memerangi dominasi Android di negaranya.

Hal tersebut terkait dengan laporan dari Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi China yang menyatakan keprihatinan atas dominasi Android di pasar smartphone negaranya. Tepat dua minggu setelah laporan ini, China langsung memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan Ubuntu. Tidak menjadi sebuah kebetulan bukan?



source: merdeka

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...