Sunday 10 April 2011

Telkom Siap Sinergikan Fixed dan Mobile Internet

JAKARTA--MICOM: Untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan layanan akses internet berkecepatan tinggi, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) berencana menggabungkan layanan internet fixed wireless broadband dengan highspeed wireless broadband.

"Dalam waktu dekat Telkom akan menyodorkan kemudahan baru yang menggambungkan stabilitas fixed internet broadband dengan kenyamanan internet mobile," jelas Operation Vice President Public Relation Telkom Agina Siti Fatimah di Jakarta, Minggu (10/4).

Ia menjelaskan, pihaknya terus berupaya menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, baik dari segi tarif, paket, maupun lifestyle (gaya hidup).

Selama ini menurutnya, Telkom telah mampu menyediakan layanan internet cepat yang stabil melalui layanan TELKOMSpeedy dan TELKOMSELFlash.

"Telkom terus meningkatkan pemasaran produk akses internet cepat Speedy dengan menargetkan pencapaian 2,5 juta-2,7 juta pelanggan hingga akhir tahun 2011," jelas Agina.

Sementara itu, jumlah pelanggan Speedy terus tumbuh secara signifikan dan telah mencapai hampir 1,7 juta pelanggan tahun 2010.

"Pada 2010 layanan Broadband TELKOMSpeedy mencatat peningkatan pendapatan sebesar 38% dan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 44%," tambah dia.

Secara nasional, Telkom masih sangat dominan dalam pemasaran produk akses internet cepat dengan menguasai sekitar 80% pangsa pasar dibandingkan dengan kompetitor lain.

Menurut Agina, berbagai inovasi dan pengembangan terus dilakukan terhadap produk Speedy, seperti peningkatan kualitas jaringan dan infrastruktur serta memperbanyak konten untuk memenuhi berbagai segmen pelanggan.

"Tidak hanya sisi kecepatan akses yang ditingkatkan, tetapi juga bandwidth. Misalnya, pelanggan Speedy dengan kecepatan akses 1 Mbps, infrastrukturnya harus lebih bagus dari sekarang sehingga akses internetnya bisa lebih nyaman," ujarnya.

Ia menambahkan masalah kualitas jaringan dan akses internet yang bagus membuat pelanggan lebih loyal untuk menggunakan Speedy. Beberapa waktu lalu Telkom telah meluncurkan program Home Speedy Home yang merupakan layanan internet yang betul-betul tanpa batasan kuota atau Real Unlimited.

Sementara itu, untuk mereka yang membutuhkan layanan internet mobile, melalui anak perusahaannya, Telkom telah menyediakan TELKOMSELFlash. TELKOMSELFlash adalah layanan internet tanpa kabel (wireless) untuk seluruh pelanggannya (kartuHALO, simPATI dan Kartu As). Layanan ini didukung dengan teknologi HSDPA/3G/EDGE/GPRS TELKOMSEL yang dapat menghasilkan kecepatan download sampai dengan 7.2 Mbps.

"TELKOMSELFlash menawarkan suatu pengalaman baru dalam melakukan koneksi jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan lokasi akses yang dapat dilakukan dimana saja dalam jaringan HSDPA/3G/EDGE/GPRS TELKOMSEL," terangnya.

Dari data penjualan, paket bundling modem TELKOMSELFlash sepanjang tahun 2010 melonjak lebih dari 200 persen dibandingkan tahun 2009. Pelanggan TELKOMSELFlash menurut Agina saat ini telah mencapai lebih dari 4 juta pelanggan. Layanan TELKOMSELFlash terus dikembangkan untuk berbagai kebutuhan segmen dan layanan, antara lain layanan TELKOMSELFlash untuk iPad.

Menyadari bahwa lifestyle sebagian masyarakat Indonesia cenderung semakin mobile, Telkom mencoba menggabungkan segmen fixed wireless broadband dengan highspeed wireless broadband.

"Artinya, pelanggan Speedy tetap bisa menikmati internet yang stabil di rumah, tetapi ketika ia berada diluar rumah tetap bisa terhubung dengan internet," jelas Agina.

Layanan yang menggabungkan fixed dan mobile tersebut menjadikan aktivitas bisnis, sosial, dan personal kini semakin lancar.
"Aktivitas bertukar informasi di Twitter, berbagi foto di Flickr, menonton video di Youtube, update status di Facebook, baca dan kirim e-mail, serta berselancar kini dapat dilakukan dimana-mana," terangnya.

Saat ini Speedy merupakan penyedia layanan internet yang memiliki Gateway terbesar di Indonesia dengan backbone hingga Terrabite per second.

Speedy juga akan semakin mudah diakses walaupun sedang berada di luar rumah atau kantor. Menurutnya, Telkom akan menambah titik-titip hotspot Speedy di ruang-ruang publik.

"Saat ini, kapasitas jaringan Speedy mampu melayani 2,5 juta pelanggan dan masih akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan yang ada," tambah dia.

Untuk meningkatkan penetrasi pelanggan Speedy, Telkom menjalankan strategi bundling dengan produk-produk lainnya, seperti YesTV (Telkom Vision) dan telepon rumah, serta melalui penerapan skema tarif yang lebih menarik. (Atp/OL-3)


MediaIndonesia

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...