Friday 3 February 2012

Unhas Dipercaya Kaji PLTA Karama

MAMUJU--MICOM: Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, memberikan kepercayaan kepada Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk melakukan kajian terkait rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Karama oleh investor China.

Hal itu ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan naskah kerja sama antara pemprov Sulbar dan Unhas yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulbar, Jumat (3/2).

Penandatanagan MoU antara pemprov dan Unhas ini dalam rangka penyusunan aksi pendayagunaan lahan dan pemukiman kembali masyarakat terkait PLTA Karama yang ada di wilayah Kabupaten Mamuju. Penandatangan MoU ditanda tangani langsung oleh Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, Bupati Mamuju, Suhardi Duka dan Rektor Unhas Prof Dr Idrus A Paturusi.

Gubernur dalam kesempatan itu menyampaikan, kerja sama Unhas ini telah dilaksanakan sejak 2010 terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Sulbar. "Jadi penandatangan yang kita laksanakan sekarang ini merupakan lanjutan dari kerja sama pada 2010. Namun kali ini terkhusus untuk melakukan kajian rencana pembangunan PLTA Karama,"kata Anwar Adnan Saleh.

Ia mengatakan, rencana pembangunan PLTA Karama dimulai sejak 2009. Saat itu, pemprov Sulbar pun telah banyak berdiskusi dengan bupati Mamuju, Suhardi Duka termasuk DPRD itu sendiri. Bahkan kata dia, dirinya pun melakukan kunjungan ke China untuk melihat langsung pembangunan energi terbarukan terbesar di dunia itu.

Gubernur mengatakan, dirinya tak pernah melaksanakan program pembangunan jika muaranya untuk menyengsarakan rakyat. "Tidak ada dalam kamus saya untuk menyengsarakan rakyat. Rencana PLTA Karama ini akan diawali kajian secara akademis oleh tim Unhas,"katanya.

Sedangkan Rektor Unhas Idrus Paturusi, mengatakan, pihaknya akan bekerja secara obyektif untuk pembangunan PLTA Karama. "Unhas tetap netral dalam melakukan kajian apa pun. Kami tidak akan disusupi dengan kepentingan mana pun," tukasnya. (Ant/OL-2)


ANTARA News

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...