Saturday 5 May 2012

eReferal, Sistem Rujukan Kesehatan Elektronik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Telkom meluncurkan 'eReferral' yakni sistem rujukan kesehatan secara elektronik yang memudahkan berbagai layanan kesehatan kepada para pasien khususnya dalam memberikan akurasi data dan kecepatan.

"Isi eReferral terdiri dari data demografi, rekam medik, pengobatan dan lainnya," kata Director of Project Business eHealth PT Telkom Saiful Hidayat di Jakarta, Sabtu.

Saiful menjelaskan, program tersebut dapat meningkatkan kolaborasi dari tingkat pelayanan tingkat puskesmas, rumah sakit umum daerah, rumah sakit umum pusat, dinas kesehatan daerah hingga ke tingkat pusat.

"Dengan adanya sistem ini maka bisa mempermudah pelaksanaan sistem badan penyelenggara jaminan sosial karena semuanya akan terkoneksi dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan, pada tahun 2014 adalah awal perubahan sistem kesehatan di Indonesia.
"Pada tahun itu seluruh kesehatan di Indonesia dijamin oleh pemerintah dengan sistem jaminan sosial nasional yang diimplementasikan melalui sebuah badan pemerintah yang dikenal dengan badan penyelenggara jaminan sosial," katanya.

Dengan adanya badan penyelenggara jaminan sosial, kata dia, maka teknologi akan sangat berperan. "Teknologi akan sangat dibutuhkan untuk mempermudah layanan kesehatan karena bisa menyediakan data lengkap mengenai siapa dan penyakit apa yang bisa dibawa langsung ke rumah sakit dan lain sebagainya," katanya.

Sistem koneksi elektroNik di bidang kesehatan, menurut dia, akan menghasilkan efisiensi nasional.


REPUBLIKA.CO.ID

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...