Thursday 3 May 2012

Indonesia Dipercaya Jadi Pusat Informasi Bencana ASEAN

Jurnas.com | INDONESIA dipercaya oleh 10 negara ASEAN menjadi pusat informasi bencana. Hal ini desepakati dengan dibentuknya ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistane (AHA Centre) oleh 10 negara ASEAN, sejak 10 November 2011. "AHA Centre dibentuk dengan tujuan untuk mengantisipasi bahaya bencana di setiap wilayah di negara-negara ASEAN. Hal Ini terkait dengan regional respon untuk mengkoordinasi kegiatan penanganan bencana, "kata Executive Director AHA Centre, Said Faisal, saat ditemui Jurnal Nasional, di Jakarta, Kamis (3/5).

Ia berharap, dengan adanya AHA Centre ini, dapat membantu menyalurkan sebanyak mungkin informasi tentang bencana ke berbagai wilayah di negara-negara ASEAN. “Tentunya kami tidak bekerja sendirian. Kami bekerja sama dengan lembaga-lembaga penanganan bencana di berbagai wilayah di negara-negara ASEAN tersebut,” ujar Said.

Ia mengatakan, sejak awal berdirinya, AHA Centre banyak mendapat dukungan dari negara-negara besar, terutama Jepang. “Mereka sangat mendukung kita dan pendonor utama dalam bidang Information and Communications Technology (ICT),” ujar Said.

Ia berharap, kedepannya semakin banyak informasi yang diberikan kepada masyarakat agar mereka bisa lebih siap bila terjadi bencana. “Sekarang kita lakukan monitoring tentang bencana-bencana di negara ASEAN dan memberikan informasi kembali ke negara-negara tersebut,” ujarnya.


< Jurnas >

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...