Wednesday 2 May 2012

Kepercayaan Konsumen Online, RI Peringkat 3

Indeks kepercayaan Indonesia mencapai angka 118 pada kuartal pertama tahun ini.

VIVAnews - Indonesia menjadi negara nomor tiga yang paling optimistis di dunia dalam hal perdagangan online. Peringkat ini berdasarkan indeks kepercayaan konsumen online Indonesia yang mencapai angka 118 pada kuartal pertama 2012.

Pada kuartal sebelumnya, kepercayaan konsumen Indonesia mencapai indeks 117. Berdasarkan survei global Nielsen, kepercayaan konsumen ini mencapai indeks tertinggi sejak kuartal pertama 2010 dengan indeks 116.

Meski diiringi oleh kemungkinan kenaikan harga bahan bakar minyak, konsumen Indonesia tetap optimistis.

"Mereka optimistis, karena stabilitas perekonomian global dan pemilu Indonesia. Ini berdampak pada kepercayaan konsumen untuk membelanjakan uang pada kuartal mendatang," kata Catherine Eddy, Managing Director Nielsen Indonesia dalam pemaparan survei di kantor Nielsen, Jakarta, Rabu 2 Mei 2012.

Temuan survei ini juga menunjukkan kepercayaan konsumen global meningkat 5 poin, mencapai 94 dan kepercayaan secara menyeluruh meningkat 68 persen dari semua negara yang disurvei. Sebagai catatan, pada kuartal keempat tahun lalu, kepercayaan konsumen meningkat 21 persen dari total negara yang disurvei.

Adapun negara yang teroptimistis di dunia menurut survei Nielsen yakni India. Negeri luas di Asia Selatan itu memiliki indeks kepercayaan konsumen 123 pada kuartal pertama tahun ini. Pada kuartal sebelumnya, kepercayaan konsumen berada pada indeks 112.
Arab Saudi berada di posisi dua dengan indeks 119. Pada kuartal sebelumnya, indeks yang dicapai Arab Saudi adalah 113.

Survei global Nielsen tentang kepercayaan konsumen dan keinginan berbelanja ini dilaksanakan pada 10-27 Februari 2012 di 56 negara. Responden merupakan pengguna internet atau online. Responden dari Indonesia mencapai 502 konsumen. (art)


VIVAnews

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...