Thursday 17 May 2012

ITB Bikin 4 Robot Baru

TEMPO.CO, Bandung - Institut Teknologi Bandung akan menurunkan empat tim untuk meraih juara pada seleksi Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia 2012. Seleksi regional II KRI dan KRCI kali ini akan digelar di kampus ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu 26 Mei 2012.

Empat tim tersebut akan bertanding di empat kategori, yaitu Kontes Robot Indonesia, robot beroda dan robot berkaki pemadam api di Kontes Robot Cerdas Indonesia, serta tim Robo Soccer atau robot pemain sepak bola.

Semuanya merupakan robot baru. Robot berkaki veteran juara KRCI nasional 2011 dan Trinity College, Amerika Serikat 2012, seperti Yaqut, dipensiunkan. "Kita sedang siapkan robot pengganti generasi baru," kata anggota tim Imanudin Yahya, Rabu 16 Mei 2012.

Robot beroda juga dibuat baru. Harganya mencapai Rp 10 juta. Robot berwarna merah beroda tiga itu sudah dites di arena lomba buatan sendiri yang berbentuk labirin. "Tanpa halangan, kecepatannya bisa 23 detik," ujar Haris, anggota tim robot Zarfan ITB.

Robot baru lainnya hasil rakitan buatan Korea untuk robot humanoid (seperti manusia). Tiga robot dalam tim itu akan bergerak otomatis sebagai pemain sepak bola yang terdiri dari kiper, pemain belakang, dan penyerang. "Tadinya mau bikin kerangka robotnya sendiri, bukan beli jadi, tapi waktu dan dananya enggak cukup," kata anggota tim robot Technische Hogeschool, Ahmad Ishtar Terra.

Menurut Ketua Panitia Seleksi Kontes Robot Regional II Bandung, Kusprasapta Mutijarsa alias Soni, seleksi akan diikuti 67 tim robot. Mereka berasal dari perguruan tinggi di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. Tiga pemenang dari tiap kategori lomba berhak berlaga di tingkat nasional. Final itu akan berlangsung di gedung Sasana Budaya Ganesha ITB pada 30 Juni-1 Juli 2012. [ANWAR SISWADI]


0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...