Wednesday 16 May 2012

Kontes Robot Cerdas di Bandung Seleksi 67 Tim

TEMPO/Suryo Wibowo
TEMPO.CO , Bandung: Seleksi regional II Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) 2012 bakal digelar di kampus ITB Jatinangor pada Sabtu, 26 Mei mendatang. Seleksi akan diikuti robot buatan 67 tim asal kampus di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat.

Menurut Ketua Panitia Seleksi Kontes Robot Regional II Bandung, Kusprasapta Mutijarsa alias Soni, ada tiga kategori lomba tahun ini. Kontes Robot Indonesia, berupa robot besar seperti mobil yang bisa dikendarai pengendalinya, diikuti 14 tim. Misi robot KRI sekarang mengambil replika kue bakpau di menara kerucut lalu memasukkannya ke dalam keranjang. "Tugas itu mengadopsi aturan lomba kontes robot di Hong Kong," ujarnya di Gedung Rektorat ITB, Rabu, 16 Mei 2012.

Adapun Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) mengadu keandalan robot-robot pemadam api, baik berkaki maupun beroda, dengan alat pemadam berupa air atau angin. Jumlah pesertanya mencapai 45 tim.

Kategori terbaru di KRCI yaitu Robo Soccer Humanoid. Lomba robot bertanding sepak bola itu diikuti delapan tim, enam di antaranya berasal dari Bandung, seperti ITB, Institut Teknologi Telkom, dan Maranatha. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Robo Soccer dimainkan tiga lawan tiga robot yang bergerak otomatis tanpa kendali pemain.

ITB dalam ajang kali ini menurunkan empat tim, yaitu satu tim robot KRI, dua tim robot KRCI, dan satu tim Robo Soccer. Menurut anggota tim robot cerdas berkaki, Imanudin Yahya, mereka mempersiapkan robot jagoan baru dengan bahan pemadam dari air. Begitu pula untuk robot cerdas beroda. Semua robot itu kini masih dalam penyempurnaan dan belum diuji mengejar target waktu tercepat.

Begitu pula robot humanoid yang bergerak seperti manusia. Tiga robot pemain sepak bola ITB, menurut anggota tim Technische Hogeschool, Ahmad Ishtar Terra, kini sedang dilatih  bertanding. "Penyerang berhadapan dengan bek (pemain belakang) dan kiper (penjaga gawang)," katanya kepada Tempo.

Total ada 300 lebih tim robot yang ikut seleksi kontes di 5 wilayah regional 2012, seperti di Medan, Semarang, dan Ujung Pandang. Para juara 1-3 nantinya akan bertarung untuk kontes tingkat nasional yang bakal berlangsung di gedung Sasana Budaya Ganesha ITB pada 30 Juni-1 Juli 2012.  [ANWAR SISWADI]


0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...