Monday 14 May 2012

Wagub Kaltim: ITK Dibentuk untuk Saingi ITB

Jurnas.com | PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Timur telah menyiapkan anggaran Rp100 miliar untuk beasiswa mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Khusus untuk perguruan tinggi, beasiswa diberikan, baik untuk melanjutkan sekolah di dalam negeri maupun di luar negeri. "Hal ini merupakan rangkaian dari itikad Pemerintah Provinsi Kaltim untuk pengembangan sumber daya manusia dan untuk pengembangan dan pembangunan wilayah Kaltim." Demikian dikatakan Wakil Gubernur Kaltim, Farid Wadjdy, di Serpong, Senin (14/5).

Hari ini, Senin, Farid bersama rombongan wali kota se Kalimantan Timur mengunjungi Pusat Penelitian Ilmu dan Teknologi (Puspitek) Serpong dan Kementerian Riset dan Teknologi. Kunjungan yang rencananya berlangsung selama dua hari itu membicarakan peranan riset dan teknologi dalam pembangunan sebuah wilayah.

Ia mengatakan, peran riset dan teknologi dalam pembangunan memang sangat penting. "Tetapi harus diimbangi dengan SDM yang handal," ujarnya.

Untuk pengembangan peran riset dan teknologi itu, Kementerian Pendidikan Nasional akan membentuk Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan. "Institut Teknologi Kalimantan ini akan menyaingi Institut Teknologi Bandung (ITB), bahkan kiat bertekad melebihi ITB," ujar Farid.

Menurutnya, pembentukan ITK tersebut demi mengoptimalkan pembangunan Kalimantan Timur yang masih tertinggal selama ini, padahal memiliki luas wilayah dan kekayaan alam yang melimpah. "Apalagi kita pun sudah memiliki litbang yang bagus," katanya


Jurnas.com

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...