Monday 24 September 2012

Presiden SBY: Indonesia tidak akan masuk jebakan SDA

http://img.antaranews.com/new/2012/09/thumb/2012091014.jpgNew York - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menekankan bahwa Indonesia tidak akan terlena dengan kekayaan sumber daya alam dan akan memberikan nilai tambah bagi sumber daya alam yang ada.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Yudhoyono di hadapan para pengusaha New York Stock Exchange di Wall Street, New York, Senin pagi waktu setempat.

"Kami tidak akan menggunakan sumber daya alam secara tidak bertanggung jawab. Kami paham jika sumber daya alam juga dapat mendatangkan kutukan, membuat malas, memicu korupsi dan konflik serta musnahnya biodiversitas dan degradasi lingkungan," kata Presiden.

Oleh karena itu, tambah Presiden, Indonesia mengesahkan UU yang mewajibkan seluruh bahan mentah diproses di Indonesia sebelum diekspor pada 2014.

Menurut Presiden, kebijakan itu akan mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja baru dan memicu inovasi.

"Itu juga akan menciptakan stabilitas sosial dan ekuitas yang lebih besar," katanya.

Presiden memaparkan hal itu untuk membantah bahwa Indonesia yang kaya sumber daya alam sepenuhnya menggantungkan pertumbuhan ekonominya pada sumber daya alam yang ada.

Di hadapan para pengusaha New York, Presiden menjamin upaya Indonesia untuk menghapus mitos ketergantungan tersebut.

Pada hari pertama kunjungan kerjanya di New York, Presiden menghadiri Indonesia Investment Day (IID) yang kali ini mengusung tema "Indonesia Rise as Asia`s New Economic Power House: Transformation, Opportunities, and Partnership for All."

Dalam kunjungan itu Presiden juga sempat meninjau lantai bursa New York dengan didampingi antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Perindustrian MS. Hidayat.(G003/Z002)

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...