Wednesday 28 November 2012

Sri Mulyani Masuk Jajaran 100 Orang Pemikir Global

Sri Mulyani berada dalam jajaran pemikir top dunia bersama Presiden AS Barrack Obama (7), Pendiri Microsoft Bill Gates (5), Menlu AS Hillary Clinton (3). 

Sri Mulyani Indrawati
Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali mengharumkan nama bangsa. Wanita yang saat ini menjabat direktur pelaksana Bank Dunia (World Bank) ini masuk dalam jajaran 100 orang pemikir di dunia (The 100 Global Thinkers).

Wanita lulusan Universitas Indonesia (UI) ini berada diperingkat 72.

Sri Mulyani berada dalam jajaran pemikir top dunia bersama Presiden AS Barrack Obama (7), Pendiri Microsoft Bill Gates (5), Menlu AS Hillary Clinton (3), pengusaha George Soros (21) dan pengusaha AS Warren Buffet (42).

Tokoh lain yang masuk jajaran ini adalah Presiden bank sentral Eropa Mario Draghi (20). Adapun Ikon demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi, berada di peringkat teratas.


Sri Mulyani yang menjadi Menteri Keuangan RI periode 2005-2010 ini dikenal sebagai sosok dibalik keberhasilan Indonesia keluar dari krisis global 2008 lalu. Wanita kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962 ini mampu menberantas korupsi dan melakukan reformasi keuangan di jajarannya.


Pemikirannya membuat Indonesia mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi hingga 6 persen di tengah negara-negara dunia yang mencatat pertumbuhan negatif.


Pemikiran Sri Mulyani sangat simpel yakni bagaimana memangkas instrumen fiskal yang membuat investor enggan berinvestasi di Indonesia. Justru sebaliknya, kebijakan wanita periah Ph.D. of Economics dari University of lllinois AS ini membuat kebijakan yang mampu mendorong perdagangan investasi, dan inovasi.


Pemikiran Sri Mulyani ternyata berhasil. Wanita yang pernah menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di 2008 ini mampu membawa Indonesia menjadi negara ketiga di dunia yang mencatat pertumbuhan dibawah China dan India.


Sri Mulyani juga memprediksi, Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi menyeramkan di dunia. Bahkan wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat  Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meramalkan pada 2030 mendatang Indonesia akan berada di peringkat tujuh negara dengan ekonomi terbesar sejajar dengan Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan (BRICS) serta Inggris dan Jerman. 


Sebelum masuk jajaran orang pemikir global, Sri mulyani beberapa kali masuk di jajaran elit orang berpengaruh dunia. Sri Mulyani pernah masuk wanita berpengaruh  dunia dalam "The Most Powerful Women You've Never Heard Of". Nama Sri Mulyani berada pada urutan ke-18 dari 25 perempuan paling berpengaruh di dunia itu.


Sri juga pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura.


Dia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.


Foreign Policy adalah majalah dua bulanan didirikan pada 1970 oleh Samuel P. Huntington dan Warren Demian Manshel. Majalah ini diterbitkan oleh the Washington Post Company di Ibu Kota Washington, D.C. Topik majalah ini mencakup politik, ekonomi, integrasi, dan ide global.


0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...