Saturday 1 December 2012

Tol Cisumdawu Mulai Dibangun

cisumdawu112Bandung - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, mencanangkan tanda dimulainya pembangunan jalan bebas hambatan (tol) Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jawa Barat tahap I. Pencanangan pembangunan dilakukan di lokasi pekerjaan interchange Rancakalong, Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

“Pekerjaan konstruksi saya harapkan bisa berjalan tepat waktu. Syukur jika bisa lebih cepat,” katanya seusai melakukan pencanangan tanda dimulainya pembangunan.

Menurut Menteri PU, sebenarnya pembangunan jalan tol ini sudah dibicarakan sejak 2005 dan kontrak pekerjaan dilakukan November 2011. Namun sekarang (2012-red) pekerjaannya baru bisa dimulai akibat harus menyelesaikan sejumlah masalah administrasi.

Pekerjaan konstruksi jalan tol ini sendiri merupakan bagian dari rencana pembangunan jalan tol yang tercantum dalam rencana strategis (Renstra) Kementerian PU 2010-2012 untuk menambah jaringan jalan tol di pulau Jawa sehingga bisa mengurangi kemacetan.

Selain itu Menteri PU juga berharap pembangunan Tol Cisumdawu akan menjadi sarana pembelajaran dan pelatihan bagi rencana pembangunan jalan dan jembatan seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Djoko Murjanto, dalam laporannya menerangkan, pembangunan tahap I tol ini mempunyai panjang 6,3 Km dengan nilai kontrak Rp 1,022 triliun dengan pendanaan 90 persen pinjaman China dan 10 persen APBN murni dan diharapkan selesai pengerjaannya 2014. Sedangkan pekerjaannya sendiri dikerjakan oleh konsorsium Shanghai Construction Group (China) dengan Wijaya Karya dan Waskita.

“Keseluruhan tol Cisumdawu mempunyai panjang 60,28 Km, dengan kebutuhan biaya Rp 5 Triliun dan terbagi menjadi 6 seksi pembangunan Seksi I Cileunyi-Tanjungsari sepanjang 9,80 Km, seksi dua Tanjungsari-Sumedang sepanjang 17,51 Km, Sumedang-Cimalaka 3,73 Km, Cimalaka-Legok 6,96 Km, Legok-Ujungjaya 16,35 Km, dan seksi enam Ujungjaya-Kertajati sepanjang 4 Km,” kata Djoko Murjanto.

Djoko Murjanto menambahkan, pembangunan jalan tol Cisumdawu sepanjang 60,28 Km ini akan menghubungkan Bandung dengan rencana pembangunan Bandara Internasional Kertajati dan tol Cikampek-Palimanan serta diharapkan akan mempersingkat waktu tempuh Bandung-Sumedang menjadi 15 menit yang saat ini 2 jam sekaligus juga sebagai pengamanan aset nasional ruas jalan Cadas Pangeran.

Pelaksanaan peletakan batu pertama Tol Cisumdawu ini juga dihadiri oleh anggota Komisi V DPR RI Eldie Suwandie, Anggota DPD RI Profesor Surya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Masrianto, Kepala Badan Pengelola Jalan Tol Ahmad Ghani Ghazali, serta Kepala Pusat Komunikasi Publik Waskito Pandu.(faisal)


0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...