Monday 4 February 2013

Pria Jepang Buat Buku Soal Hidupnya di Indonesia

Jakarta | Seorang penulis asal Jepang, Hisanori Kato, menulis pengalaman yang dirasakannya selama delapan tahun tinggal di Indonesia. Pria asal negeri sakura ini secara detail berbagi kisah tentang dirinya di Indonesia.

Ketika berada di Indonesia, Kato mengatakan dirinya berprofesi sebagai dosen Sastra Jepang selama delapan tahun, yaitu 1991 sampai 1994 di Jakarta International School, Jakarta. Setelah itu, ia mengajar di jurusan bahasa Jepang di universitas di Amerika Serikat (AS), Filipina, dan Australia.

Kemudian, Kato kembali ke Indonesia selama kurun waktu 2004 sampai 2009 dan mengajar di Universitas Nasional (Unas), Jakarta Selatan. "Namun, dari berbagai tempat yang pernah saya singgahi, Indonesia adalah negara yang paling berkesan," ujar Kato kepada Republika di Jakarta, Senin (4/2).

Menurut Kato, Indonesia memiliki sesuatu yang harus dipelajari negara lain, termasuk negara asalnya sendiri. "Orang Indonesia memiliki humor, keluwesan, hangat, dan adanya gotong royong," tutur pria yang kini menetap di Jepang ini.

Namun, Kato juga merasa kesal dengan sifat warga Indonesia yang memiliki sifat tidak tepat waktu, mencontek, sampai malas, tapi hanya mengatakan ‘tidak apa-apa’.

Karena terkesan dengan kisah hidupnya selama d Indonesia, Kato memutuskan untuk menuliskannya dalam sebuah buku. Diperlukan waktu selama 1,3 tahun bagi Kato untuk menyusun buku sampai dipublikasikan.

Kato berharap, banyak warga indonesia membaca bukunya untuk menyadari potensi negaranya dan memperbaiki apa yang menjadi kekurangan negaranya.


 ● Republika 

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...