Tuesday 5 April 2011

Ulat Bulu Probolinggo Spesies Baru di Indonesia

Ulat Bulu Probolinggo Spesies Baru di Indonesia

TEMPO Interaktif, Jakarta --Profesor ilmu serangga dari Institut Pertanian Bogor, Aunu Rauf, menyatakan ledakan populasi ulat bulu di Probolinggo berasal dari spesies yang belum dikenal sebelumnya. Ulat bulu ini berbeda dengan hama yang menyerang sebelumnya. “Ini adalah hama baru di Indonesia,” kata Aunu saat dihubungi Tempo, Selasa.

Sebelumnya ia memperkirakan spesies ulat bulu yang menyebar di Probolinggo merupakan spesies Lymantria marginata. Spesies ini dapat dikenali dari pola yang terbentuk di sayapnya. Spesies jantan memiliki sayap berwarna gelap sementara sayap spesies betina berwarna putih bintik-bintik. Ia juga memastikan spesies baru ini bukan Dasychira inclusa sebagaimana perkiraan para pakar hama. “Warna sayap ngengat di Probolinggo adalah putih polos baik jantan maupun betina,” ujar Aunu di Probolinggo.

Aunu mengatakan, ledakan populasi ulat bulu baru pertama kali terjadi di Indonesia. Tak heran jika peneliti belum bisa memastikan jenis spesies ulat bulu yang berkembang di Probolinggo. "Kami akan bawa spesimennya ke Bogor untuk dipelajari," kata dia.[ANTON WILLIAM]


TEMPOInteraktif

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...