Tuesday 5 June 2012

Program siaga influenza diluncurkan di TMII

Jakarta (ANTARA News) - Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek), Kementerian Riset dan Teknologi, meluncurkan Galeri Siaga Pandemi Influenza di TMII untuk meningkatkan kesiapsiagaan anak-anak menghadapi wabah influenza.

"PP Iptek TMII dikunjungi 340 ribu pengunjung yang kebanyakan anak-anak setiap tahun, kami harap mereka juga sekaligus belajar mengenai influenza," kata Direktur Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sukro Muhab di Jakarta, Selasa.

Sejarah sudah mencatat bahwa influenza bukanlah penyakit sederhana dan sangat berpotensi menjadi pandemi (wabah).

Sukro mencontohkan, flu Spanyol pada 1918-1920 yang menimbulkan korban hingga 40 juta jiwa, demikian pula flu Asia (1957-1958), flu Hongkong (1968-1969), flu babi (H1N1) pada 2009, dan kasus flu burung (H5N1).

"Influenza sangat mudah menular dan manusia sangat rentan terhadap virus flu ini. Namun sosialisasi tentang flu selama ini hanya untuk orang tua di seminar yang tidak menarik bagi anak, sehingga pemahaman anak pun kurang," kata Sukro.

Galeri Siaga Pandemi Influenza di PP Iptek terdiri atas 10 alat peraga antara lain simulasi bersin dan etikanya, simulasi batuk dan etikanya, organisme tak nampak, audio visual, model sistem pernafasan, habitat virus, game komputer interaktif, fasilitas "fun activity", fasilitas kegiatan "puppet show" serta fakta dan mitos unik seputar influenza.

Ada pula lima program kegiatan interaktif seputar pandemik influenza, seperti pelatihan siaga pandemi influenza, workshop puppet show dan kompetisinya, fun laboratory, serta fun activities board.

Program baru PP Iptek ini merupakan kerja sama dengan Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dan didanai Kementerian dengan kerja sama ekonomi dan pembangunan Jerman sebesar Rp 1,8 miliar.(D009)


ANTARA News

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...