Wednesday 6 June 2012

Tifatul: Saatnya Menuju Indonesia Connected

Jakarta - Indonesia sebagai negara besar dengan kepulauan yang tersebar, mempunyai modal penting dalam dunia Information Communication Technology (ICT). Tentu saja lebih penting lagi untuk menghubungkan teknologi dari pulau yang tersebar tersebut.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Indonesia sudah mempunyai roadmap yang jelas soal ICT untuk menuju Indonesia Connected.

"Tahun ini kita sudah 80% yang namanya Palapa Ring telah selesai dibangun. Nantinya, akhir tahun 2012 akan tuntas. Sehingga kawasan Papua seperti Manokwari akan terhubung internet," tegasnya, saat membuka Indonesia Cellular Show (ICS) & Festival Komputer Indonesia (FKI) 2012.

Palapa Ring merupakan program pembangunan infrastruktur jaringan dengan teknologi serat optik yang dialokasikan khusus bagi kawasan timur Indonesia.

Setelah rampung, pemerintah akan menargetkan program yang disebut Indonesian Informatif yang akan selesai pada 2014. Fungsinya agar teknologi yang masuk dapat menfilter informasi yang ada.

"Program ini bertujuan agar masyarakat aware terhadap informasi bukan provokasi yang informasinya tidak jelas," tandasnya.

Demi mendukung program Indonesia Connected ini, diselenggarakan pula ICS yang berbarengan dengan perhelatan Pameran Festival Komputer Indonesia (FKI).

Pameran telekomunikasi terbesar di Indonesia ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) selama lima hari, mulai dari tanggal 5-10 juni 2012 mendatang.

"Acara yang berlangsung selama lima hari ini akan menargetkan 200 ribu pengunjung. Diharapkan akan membuat perusahaan telekomunikasi bisa lebih dekat dengan konsumennya," tukas Ketua Asosiasi Telekomunikasi Indonesia (ATSI) Sarwoto Atmosutarno.

ICS kali ini akan menitikberatkan pada tema utama 'The Aplication Network in Corporation to Develop Indonesia Economic Growth', yakni membahas secara dalam manfaat jaringan broadband nasional dalam meningkatkan ekonomi negara.

"Ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk mempersiapkan indonesia sebagai negara digital melalui National Broadband Plan," tandasnya.( rns / ash )


detik

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...