Monday 4 June 2012

TIM EKSPEDISI KHATULISTIWA SUBKORWIL 04/MURUNG RAYA TEMUKAN POTENSI WISATA AIR TERJUN DAN GUA BAHUTA

Palangkaraya, Setelah Tim Penjelajah Ekspedisi Khatulistiwa Sub Korwil 04/Murung Raya menemukan berbagai jenis flora dan fauna, kini ditemukan lagi air terjun. Air terjun ini ditemukan oleh Tim Penjelajah I dipimpin Lettu Inf Muhtar di Desa Saruhung. Air terjun ini mengalir menuju turbin PLTA yang digunakan sebagai sumber listrik bagi warga sekitar.

Di desa Kolam, Tim Penjelajah I juga menemukan air terjun dengan ketinggian sekitar 20 m. Dari perkampungan terdekat (Desa Kolam) jarak air terjun ini sekitar 3 km masuk ke dalam hutan. Saat ini hanya masyarakat setempat yang mengetahui keberadaan air terjun tersebut, mereka biasa menggunakan air terjun ini sebagai sumber air bersih.

Selanjutnya, tim ekspedisi I ini menemukan lagi air terjun, sekitar 4 km dari perkambungan (Desa Kolam). Ketinggiannya sudah mencapai 35 m, dengan air yang cukup deras. Masyarakat bisa mencari ikan digenangan air terjun ini.

Selain air terjun, Tim Penjelajah I juga menemukan gua di Desa Kolam. Masyarakat setempat menamakan ini Gua Bahuta. Gua ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat untuk menyembuhkan orang sakit. Ketika sakit mereka akan bertapa dan saat itu mereka akan mendengar suara binatang sejenis anjing. Jika mereka mendengan suara tersebut, mereka percaya mereka akan sembuh. (Mayor I Gusti Ngurah Sidemen – Papen Sub Korwil 04/Murung Raya / Dispenad)(tniad)

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...