Wednesday 8 August 2012

Adhi Karya bangun monorel Rp 3,7 triliun

http://img.antaranews.com/new/2011/09/thumb/20110921monorel-batal.jpgJakarta (ANTARA News) - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) berencana membangun monorel sepanjang 13 kilometer (km) dengan kajian teknikal dimulai akhir tahun ini dan investasi monorel diperkirakan menelan biaya Rp 3,7 triliun.

Menurut Direktur Utama ADHI Kiswodarmawan di Jakarta, Rabu, kebutuhan dana pembangunan monorel diperoleh dari kas internal 30 persen atau Rp 1,117 triliun dan pinjaman perbankan sebesar 70 persen atau Rp 2,608 triliun. Perseroan pun telah memilih bank BUMN sebagai kreditur.

Dalam pengerjaan monorel ini, perseroan berencana menggandeng PT Jasa Marga Tbk dan PT PLN Persero. Namun, untuk merealisasikan proyek tersebut perseroan terlebih dahulu mengkomunikasikan dengan Pemda DKI Jakarta.

"Nanti, skema bisnis monorel adalah konsorsium BUMN, pemda DKI, dan konsorsium bank BUMN," kata Kiswodarmawan saat ditemui usai acara `Temu Akbar Engineering BUMN 2012`.

Ia menambahkan persiapan konstruksi monorel ini diperkirakan membutuhkan waktu 2,5 tahun, sementara masa konsesinya sekitar 30 tahun. Monorel diproyeksikan akan beroperasi penuh pada 2015 mendatang.

"Tarif monorel ini Rp 9.500 per orang. Kalau dapat subsidi bisa Rp 9.000 dengan mempertimbangkan inflasi 5 persen," tuturnya.

Ia menghitung kapasitas gerbong monorel ini dapat menampung 200 orang, dengan kapasitas angkut 77.500 orang per arah per hari serta setiap empat menit kereta monorel akan datang.

"Monorel ini akan melewati 16 stasiun. Nanti akan terhubung dengan MRT Dukuh Atas-Istora-Senayan, serta kereta komuter di Dukuh Atas," ungkapnya.
(KR-SSB)

(Antara)

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...