Wednesday 8 August 2012

ITB ciptakan mobil listrik

Bandung (ANTARA News) - Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan mobil listrik sebagai salah satu karya yang akan diikutsertakan dalam karnaval kreativitas ilmu pengetahuan dan teknologi Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17.

Rektor ITB Akhmaloka mengatakan desain mobil tersebut sepenuhnya hasil rakitan ITB kecuali untuk baterei yang masih didatangkan dari Cina.

Para ahli yang terlibat dalam perakitan mobil listrik itu, menurut Akhmaloka, berasal dari fakultas elektro dan informatika, teknik mesin dan dirgantara, serta fakultas seni rupa dan desain ITB.

"Tapi ke depan buat teknologi batereinya sendiri fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam serta teknologi industri akan mengembangkan juga agar kita tidak tergantung," tuturnya.

Untuk mengerjakan mobil listrik itu selama dua bulan, Akhmaloka mengatakan ITB bekerjasama dengan PT Pindad yang menyediakan lokasi workshop.

Dengan menggunakan baterei dari Cina, Akhmaloka menjelaskan mobil berbentuk minibus yang bisa menampung maksimal enam penumpang itu bisa berjalan sekitar 100 meter untuk sekali pengisian baterei.

Mobil berbahan fiber itu didesain secara knock down sehingga bisa diubah menjadi kapasitas dua atau empat penumpang dengan bagasi lebih besar.

Wakil Rektor ITB Bidang Riset dan Inovasi Wawan Gunawan A Kadir menyatakan mobil listrik itu apabila diproduksi secara massal berada pada kisaran harga Rp80juta hingga Rp150 juta.

Mobil listrik yang dipatenkan atas nama ITB itu, menurut Wawan, berbeda dari rancangan mobil listrik nasional yang digodok bersama oleh ITB dengan lima perguruan tinggi lain di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan serta kementerian Riset dan Teknologi.

Mobil listrik tersebut akan dipamerkan dalam karnaval kreativitas iptek pada Rabu pukul 13.30 yang menempuh rute Jalan Ganesha, Jalan H Djuanda, Jl Dipati Ukur, area monmen perjuangan Jawa Barat, Jalan Surapati, Jalan Diponegoro, Jalan H juanda, dan kembali ke Jalan Ganesha.

Peserta karnaval antara lain bus listrik nasional, panser produksi PT Pindad, mobil produksi PT LEN, mobil badan standarisasi nasional, mobil hujan buatan, serta buggy car karya SMKN 8 Bandung.(D013)

(Antara)

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...