Friday 10 August 2012

Oli Pertamina "Taklukkan" Asia-Eropa

 Selama perjalanan, tim hanya mengganti oli tiga kali.

Tim ekspedisi Pertamina Fastron Euro Asia berhasil menaklukkan 15 negara di dua benua Jalur Sutera, atau jalur perdagangan yang paling terkenal di abad ke-19. Tim menempuh jarak 24.300 kilometer (km) dan hanya mengganti oli Fastron Pertamina Gold tiga kali.

Catatan perjalanan menaklukkan Asia-Eropa ini dituang dalam buku berjudul The Journey of Euro Asia. Penulis buku, Irvan Sihombing, menjelaskan, tim ekspedisi yang dipimpin oleh Bucek Dep ini berhasil menempuh 24.300 km, jarak Jakarta-Roma dengan segala medan cuaca.

"Kami melewati berbagai cuaca ekstrem, dari kawasan tropis Indonesia, gurun di Xinjiang, dan pegunungan bersalju sepanjang Kyrgiztan, hingga Iran dengan suhu minus 16 derajat celcius," kata Irvan dalam peluncuran buku The Journey of Euro-Asia di Jakarta, Jumat 10 Agustus 2012.

Menurut Irvan, selama perjalanan, tim hanya mengganti oli tiga kali, yaitu di Malaysia, China, dan pergantian pelumas terakhir dilakukan di Sofia, Bulgaria. Tim ekspedisi mengganti oli saat mobil telah melaju lebih dari 7.000 km.

Ada cerita menarik saat tim mengganti oli di Bulgaria. Teknisi bengkel tempat tim ganti oli bahkan kagum dengan oli Fastron Gold yang masih tetap jernih, walau mobil telah berjalan 7.000 km lebih.

"Teknisinya langsung ambil alat uji tes oli dan ternyata masih bagus. Teknisinya menyatakan oli ini nggak usah diganti hingga 10.000 km," katanya.

Bahkan, imbuhnya, pemerintah Bulgaria langsung menyatakan ingin oli buatan Pertamina tersebut diperjualbelikan di Bulgaria. Kedutaan besar Indonesia di Bulgaria bahkan langsung mengundang para pengusaha setempat untuk mempresentasikan oli Pertamina. (umi)

© VIVA.co.id

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...