Wednesday 7 November 2012

BMKG minta warga Jakarta waspadai puting beliung

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di Jakarta. BMKG menyebut, cuaca malam ini berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang.

"Peringatan hujan lebat dan potensi angin kencang. Kriteria kita angin kencang di atas 20 knot-25 knot, 45 km/jam dari awan-awan yang ada di langit," kata Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem BMKG Pusat Kukuh Ribudianto kepada merdeka.com, Rabu (7/11).

Menurut dia, dengan melihat kondisi awan yang hitam pekat, maka berpotensi menimbulkan hujan lebat dan angin kencang, bahkan angin puting beliung. Kejadian alam ini akan berlangsung selama dua jam mulai pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB.

"Biasanya pendek durasinya tergantung kejadian hujan di satu wilayah. Untuk prakiraan, lihat perkembangan, setiap ada potensi akan di update," lanjutnya.

Berdasarkan citra satelit, wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem ini terjadi di hampir seluruh Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur bagian selatan.

Terkait bahaya, Kukuh meminta agar warga sekitar Jabodetabek untuk berhati-hati terhadap petir dan angin kencang. "Kalau hujan tergantung wilayahnya, kalau rendah maka bisa tergenang," pungkasnya.(mdk/tyo)


0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...