Wednesday 12 December 2012

"Consumer Broadband Research Centre" Milik Telkomsel

http://assets.kompas.com/data/photo/2012/08/15/2046253p.JPGIlustrasi: Petugas memantau jaringan Telkomsel melalui ruang Supervisory and Monitoring Network Performance (SUPERMAN) di Kantor Telkomsel, Jakarta, Rabu (15/8/2012). [Foto KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO]

Bandung � Telkomsel kini memiliki Consumer Broadband Research Centre (CBRC) yang diresimkan tanggal 26 November 2012 lalu di kompleks Telkom Gegerkalong, Bandung.

Fasilitas seperti ini dimiliki pertama kali di Indonesia oleh Telkomsel dan diperuntukkan agar pegawai mereka kian terampil dengan gadget berikut operating system yang kian membeludak.

Dalam acara yang berlangsung Rabu (12/12/2012), wartawan berkesempatan menjadi angkatan pertama dari kalangan eksternal Telkomsel yang mendapatkan materi dari CBRC Telkomsel.

Di sana, materi yang didapatkan adalah pengenalan sistem operasi yang biasa dipakai oleh gadget pengguna Telkomsel seperti Blackberry OS, iOS, Windows Phone, dan Android.

Penjelasan diberikan oleh para broadband ambassador yang masing-masing menerangkan sistem operasi mobile berikut aplikasi yang sering dipakai.

Misalnya untuk iOS, diperkenalkan fitur iCloud untuk menyimpan data di awan dan bisa sewaktu-waktu ditarik bila berganti handset atau ponselnya hilang.  Ada pula penjelasan mengenai aplikasi Evernote yang bermanfaat untuk kebutuhan para jurnalis dalam menyiapkan tulisan, foto, dan rekaman suara yang bisa diakses kapan saja di perangkat lain yang terhubung internet.

"Tujuan pelatihan ini adalah mengajarkan konsumen untuk bisa memaksimalkan penggunaan gadget yang mereka miliki," ujar Training Management CRBC Telkomsel, Sandy Gusmansyah.

Dengan pelatihan kepada pegawai Telkomsel, Sandy berharap mereka yang berada di garda depan dalam berinteraksi dengan konsumen bisa memiliki pengetahuan umum mengenai gadget yang biasa dipakai.

Tujuan awal dari pelatihan, para petugas layanan konsumen minimal bisa memahami seluruh operating system dari gadget dan bisa mengoperasikannya.

Akhirnya, lanjut Sandy, kualitas petugas layanan konsumen akan meningkat karena mereka bisa memberikan solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen.

Pelatihan di CRBC bisa berlangsung dalam satu minggu. Terdapat tiga tingkatan materi dari awal sampai lanjutan untuk diterima peserta. Sayangnya, kunjungan wartawan hanya berlangsung dalam hitungan jam sehingga materi yang disampaikan sebatas pengenalan saja.

Sandy mengatakan bahwa pelatihan yang diberikan CRBC Telkomsel juga terbuka untuk masyarakat di luar pegawai Telkomsel tapi harus dari institusi tertentu dan sudah membuat janji sebelumnya.

caption: CRBC Telkomsel yang mulai beroperasi pada 26 November 2012. Fasilitas ini menjadi pusat pelatihan karyawan Telkomsel agar menguasai perangkat mobile berikut sistem operasinya. Tujuan dari fasilitas ini adalah meningkatkan kualitas layanan dari pegawai Telkomsel yang biasa berhadapan dengan konsumen.


Kompas

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...