Monday 10 December 2012

Tol Gempol-Pasuruan Mulai Dibangun

faisal-sub
Probolinggo PT. Transmarga Jatim Pasuruan (TJP) anak perusahaan PT. Jasa Marga memulai pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,15 Km dengan nilai investasi Rp 2,7 triliun. Pembangunan jalan tol ini selain untuk mendorong laju perekonomian di Jawa Timur juga mendukung pengembangan pariwisata salah satunya   Gunung Bromo.
 
“Gunung Bromo merupakan obyek wisata yang sangat terkenal. Namun untuk menempuhnya dari Bandara Juanda, Surabaya cukup memakan  waktu sehingga perlu  dipersingkat dengan  pembangunan jalan tol,” kata Direktur Utama PT TJP Hengki Herwanto  seusai menandatangani perjanjian kontrak dengan kontraktor pelaksana pembangunan tol Gempol-Pasuruan Seksi I PT Adhi Karya dan PT Waskita Karya di kawasan Wisata Gunung Bromo, kemarin.

Menurut Hengki, untuk tahap awal jalan tol ini akan dibangun Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13 Km dengan nilai investasi Rp 547 milyar. Ruas ini dimulai pembangunannya  awal tahun 2013 dan selesai 2014.

Setelah itu pembangunan akan dilanjutkan ruas Rembang-Kota Pasuruan. Dan terakhir dari Kota Pasuruan hingga kecamatan Grati. “Jika pekerjaan lancar kami harapkan seluruh jalan sudah selesai pada pertengahan 2015,” kata Hengki.

Jalan Tol Gempol-Pasuruan sendiri menurut Hengki nantinya akan terintegrasi dengan jalan tol relokasi Porong-Gempol dan Gempol-Pandaan yang juga tengah dikerjakan. PT TJP sendiri merupakan perusahaan patungan dimana 90 persen sahammnya dimiliki PT Jasa Marga dan 10 persen milik PT Jatim Marga Utama milik Pemda Jatim.

Dalam penandatanganan kontrak pekerjaan konstrsuksi kemarin hadir antara lain Dirut PT Jasa Marga Adityawarman, perwakilan Pemda Jatim, beberapa direksi anak perusahaan PT Jasa Marga, serta musisi dan aktivis lingkungan hidup Ebiet G. Age. Kehadiran Ebiet G. Ade selain untuk menghibur undangan juga menyerahkan sumbangan berupa tanaman Trembesi untuk penghijauan ditepi jalan tol.

“Kami memang menerima sumbangan tanaman penghijauan dari masyarakat untuk ditanam di sepanjang tepian jalan tol. Langkah ini sebagai dukungan kami terhadap gerakan satu milyar pohon,” kata Hengki.

Sedangkan Dirut PT Jasa Marga Adiyawarman mengatakan, pihaknya menanamkan  investasi pembangunan jalan tol di Jawa Timur senilai Rp 96 triliun. Dana itu diperuntukan pembangunan tol Gempol-Pasuruan Rp 2,7 triliun, Surabaya-Mojokerto Rp 3,5 triliun, dan Gempol-Pandaan Rp 1,5 triliun.(faisal/sir)

Teks Gbr- Dirut PT TJP Hengki Herwanto menerima sumbangan tanaman Trembesi dari musisi yang peduli lingkungan Ebiet G. Ade. (faisal) 

Poskota

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...