Tuesday 12 June 2012

Banyumas Andalkan Energi Terbarukan dari PLTMH

Banyumas Andalkan Energi Terbarukan dari PLTMH
BANYUMAS--MICOM : Pemkab Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), mengandalkan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) untuk mencukupi kebutuhan listrik di wilayah terpencil. Pembangunan PLTMH tersebut juga sebagai bagian dari upaya penghematan energi karena menggunakan sumber energi terbarukan.

Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Banyumas Anton Adi Wahyono menyatakan sampai sekarang di wilayah Banyumas terdapat enam PLTMH yang tersebar di sejumlah daerah.

"Dari enam PLTMH tersebut mampu melayani tidak kurang dari 500 rumah yang ada di sekitar lokasi PLTMH," katanya, Selasa (12/6).

Menurut Anton, potensi di Banyumas masih cukup banyak terutama yang bersumber dari sungai-sungai yang memiliki hulu di Gunung Slamet.

"Setidaknya ada 11 titik yang bisa dimanfaatkan untuk membangun PLTMH. Dengan adanya PLTMH ini akan menambah pelayanan listrik bagi daerah yang tidak terjangkau layanan PLN," ujar Anton.

Dikatakan Anton, PLTMH menjadi andalan Banyumas karena selain bisa menjangkau di wilayah terpencil terutama di daerah pegunungan juga merupakan energi listrik terbarukan. "PLTMH yang ada di sini langsung tersalur ke rumah penduduk dan pemeliharaannya dilakukan warga sendiri," tambahnya. (LD/OL-10) 


MediaIndonesia

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...