Sunday 10 June 2012

Indonesia kembangkan udang windu tahan virus

Udang windu (ANTARA/Irwansyah Putra)
Makassar (ANTARANews) - Peneliti Indonesia tengah mengembangkan bibit udang windu (Penaeus monodon) yang tahan penyakit terutama serangan virus sindrom bintik putih (white spot syndrome virus/WSSV).

"Saat ini telah berhasil dikembangkan bibit indukannya. Nantinya indukan ini akan diuji tingkat daya tahannya terhadap penyakit setelah berusia 18-24 bulan," kata Andi Parenrengi, peneliti yang menjadikan temuan ini sebagai bahan desertasinya.

Menurut Andi, bila penelitian ini berhasil dan terbukti bisa menjadi bibit unggul udang windu yang tahan WSSV, besar kemungkinan Indonesia akan kembali bisa menjadi produsen udang yang terbesar di dunia.

Udang windu, atau yang juga dikenal dengan sebutan giant tiger, adalah varietas udang asli Indonesia. Udang jenis ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi, terutama di pasar ekspor.

Namun akibat serangan WVVS yang demikian masif, banyak usaha tambak udang windu yang gulung tikar dan petambak pun beralih memelihara udang putih atau udang vaname (Pennaeus vannamei).

"Meskipun banyak petambak yang berhenti membudidayakan udang windu, kami tetap menjadikan penelitian bibit unggul udang windu tahan virus ini sebagai salah satu fokus pengembangan karena udang jenis ini adalah khas Indonesia," kata Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau (BPPBAP), Dr. Rachmansyah di Maros, Sulawesi Selatan.

Masih menurut Rachmansyah, selain pengembangan bibit unggul, BPPBAP juga berhasil mengembangkan teknik Elisa untuk mendeteksi WSSV yang lebih cepat dan lebih murah di lapangan daripada uji di laboratorium.(E012)


ANTARA News

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...