Thursday 14 June 2012

Tim Robot UGM Punya Graha Robotika

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Menjelang digelarnya Kontes Robot Nasional 2012, 29-30 Juni dan 1 Juli 2012 di Bandung, tim robot UGM kian solid. Apalagi saat ini tim robot UGM telah memiliki Graha Robotika yang dipusatkan di lantai 3 Perpustaan Unit II UGM.

Manajer umum tim robot UGM, Sarjiya PhD menuturkan, tahun-tahun sebelumnya perkembangan robotika UGM masih terpecah-pecah antarfakultas dan jurusan sehingga kurang efektif dan efisien. Maka dengan adanya Graha Robotika itu bisa menyatukan beberapa jurusan yang selama ini fokus pada pengembangan robotika.

''Baik dari Fakultas Tekinik, MIPA serta Sekolah Vokasi bisa bersatu dalam pengembangan robot,'' tuturnya pada soft launching Graha Robotika UGM.

Ditambahkan, perkembangan robotika di perguruan tinggi saat ini telah menjadi ikon kualitas dan prestasi sebuah perguruan tinggi. Selain itu juga sebagai sarana promosi perguruan tinggi tersebut baik di kancah nasional maupun internasional.

Perkembangan robotika UGM, menurutnya, dari tahun ke tahun terus menunjukkan prestasi yang membanggakan. Bukan hanya prestasi dan kejuaraan di tingkat nasional namun tingkat internasional pun pernah diraih.

''Pernah juara satu dan dua pada Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest di AS dan meraih dua medali emas dan satu medali perak pada Robogames 2012 di San Mateo California,'' imbuhnya.

Senada dengan Sarjiya, Direktur Kemahasiswaan UGM Drs Haryanto MSi menambahkan, kesuksesan tim robot UGM tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, seperti dukungan dari tim sukses, tim manajemen dan tim suporter. Diakuinya, sebelum berkembang pesat seperti sekarang ini, robotika di UGM baru sebatas hobi saja.

''Berawal dari hobi menjadi ko-kurikuler seperti saat ini. Kesuksesan dan prestasi yang diraih tidak lepas dari dukungan banyak pihak termasuk suporter mahasiswa,'' tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Robot UGM Damar Satrio Guntoro mengatakan, pada Kontes Robot Nasional 2012 mendatang tim robot UGM akan tampil pada semua divisi. Untuk divisi Kontes Robot Indonesia (KRI) UGM akan tampil dengan robot Jump-Ace, Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Beroda dengan robot Armada, KRCI berkaki dengan 1-DA, KRCI Humanoid Soccer dengan Alfarobi dan KRSI dengan robot Rosebir yang nantinya akan memperlombakan gerakan tari piring dari Minangkabau.( Bambang Unjianto / CN34 / JBSM
 
 

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...