Friday 15 June 2012

rumput laut bisa jadi bungkus bumbu

Rumput laut (ANTARA/Zabur Karuru)
Jakarta (ANTARA News) - Para peneliti Indonesia terus mengembangkan produk-produk olahan dari rumput laut, dan yang terbaru adalah pengembangan rumput laut sebagai kemasan ramah lingkungan.

Saat ini peneliti dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2B-KP) telah berhasil mengembangkan kemasan ramah lingkungan untuk mi instan menggunakan ekstrak rumput laut berupa karaginan dan tapioka.

Kemasan bumbu di mi instan--makanan yang banyak dikonsumsi di Indonesia--selama ini memakai plastik. Bekas kemasan ini kemudian menjadi persoalan karena plastik tidak bisa didaur ulang secara cepat.

Kemasan bumbu mi instan dengan rumput laut temuan peneliti BBRP2B-KP ini berupa film, lembaran tipis transparan yang bisa dimakan.

Sebagai kemasan bumbu mi instan, seluruh kantung bumbu bisa langsung dicelupkan dan diseduh bersamaan dengan mi instan, sehingga penyajiannya pun lebih praktis, bersih, dan tidak mengubah citarasa.

Selain cocok digunakan sebagai kemasan bumbu mi instan, rumput laut juga potensial sebagai kemasan makanan ringan lainnya dan obat-obatan.(E012)


0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...