Tuesday 9 October 2012

Indonesia Jadi Negara Besar pada 2015

 Mimpi itu bisa terwujud jika Indonesia bisa memanfaatkan 4 kekuatan.

Tokoh muda Indonesia yang tergabung dalam "Forum Garuda Muda," meyakini Indonesia bisa bangkit menjadi bangsa yang besar. Syaratnya, para pemuda memiliki tekad agar negara ini bisa bangkit. 

Salah satu tokoh muda bangsa, Anindya N Bakrie, menyatakan, Indonesia saat ini sebetulnya sudah masuk menjadi negara besar. Dengan menempati peringkat 16 ekonomi terbesar dunia, Indonesia bisa bergerak lebih maju ke peringkat 12. Posisi ini menjamin Nusantara bisa lebih stabil dan maju.

"Ada 4 hal yang membuat Indonesia besar," ujar Anindya dalam acara diskusi bertajuk "Menatap Indonesia 2025" di Hotel Trans Luxury, Bandung, Selasa, 9 Oktober 2012.

Hal besar pertama yang dimiliki Indonesia adalah dari sisi ekonomi. Hampir 50 persen perekonomian ASEAN berada di Indonesia. Selain itu, penduduk Indonesia merupakan terbesar kedua di dunia, setelah China, yakni mencapai 247 juta jiwa. "Negara kita juga menjadi negara demokrasi terbesar ketiga," ujar dia.

Kekuatan lain yang dimiliki Indonesia adalah negara tempat di mana modernisasi dan demokrasi serta Islam tumbuh bersama. Kekuatan ketiga, Indonesia memiliki lahan serta hasil alam yang melimpah.

"Hasil alam ini merupakan anugerah terbesar bangsa kita, di mana sistem politik yang sudah dewasa dalam memandang demokrasi tersebut, sudah terjadi di masyarakat kita," papar Anindya.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai sebuah negara besar, Indonesia harus bisa menyelaraskan pembangunan infrastruktur yang ada. Kekuatan inilah yang bisa menjadi modal utama keempat bagi Indonesia.

"Asalkan modal ditingkatkan serta pengembangan daerah lebih maju, dan infrastrukturnya didukung pemerintah pusat," kata Anindya.

Dengan berbagai kekuatan yang ada, Anindya meyakini proses Indonesia menjadi sebuah negara besar tak perlu menunggu hingga 2025. "2015 pun saya percaya Indonesia akan besar, bahwa Indonesia akan memainkan peran besar dalam percaturan politik di dunia. Kita jangan jadi penonton, tapi pelaku," ujar dia.(art)

© VIVA.co.id

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...