Sunday 14 October 2012

Bank Dunia: Ekonomi RI Terbukti Kuat

 Perekonomian global dan Indonesia saat ini sangat kontras.

PDB Indonesia tumbuh 6,1 persen pada 2012
Bank Dunia menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia terbukti tetap kuat menghadapi pelemahan ekonomi dunia, karena didorong oleh kuatnya konsumsi pribadi dan meningkatnya investasi.

Dalam laporan Perkembangan Triwulan Perekonomian Indonesia edisi Oktober 2012 yang diterbitkan Bank Dunia menunjukkan laju ekonomi Indonesia tetap bertahan kuat di kuartal kedua, meningkat sebesar 6,4 persen dan sedikit di atas pertumbuhan kuartal pertama sebesar 6,3 persen.

Ekonom Utama dan Penasehat Ekonomi Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop menjelaskan perekonomian global dan Indonesia saat ini sangat kontras, di saat perekonomian global sangat rapuh, Indonesia mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan dibarengi dengan besarnya kepercayaan investor.

"Namun dengan tetap tingginya ketidakpastian global, tantangan Indonesia adalah menjaga ketahanan ini," kata Ndiame dalam "Indonesia Economic Quarterly" di Jakarta, Senin 15 Oktober 2012.

Ia menjelaskan berbagai negara kuat seperti China dan India sedang mengalami pelemahan ekonomi yang tajam. Ia mengakui salah satu kunci ketahanan Indonesia adalah konsumsi domestik, namun sisi investasilah yang menjadi kunci kontribusi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Investasi di Indonesia telah berkembang secara dinamis dan membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia secara jangka panjang. Bank Dunia mengapresiasi Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kesiagaan menghadapi krisis dan mendorong investasi di infrastruktur.

Bank Dunia memproyeksikan PDB Indonesia tumbuh 6,1 persen pada 2012 dan meningkat menjadi 6,3 persen untuk 2013. Ia menyarankan agar pemerintah Indonesia memperhatikan secara serius dampak pelemahan ekonomi China yang akan terasa ke Jepang dan Korea Selatan.

"Korea Selatan adalah salah satu mitra besar Indonesia, China juga memiliki pasar yang kuat di Indonesia," katanya. (eh)

© VIVA.co.id

 Bank Dunia: PDB Indonesia Cuma Tumbuh 6,1 Persen

Jakarta - Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2012 hanya sebesar 6,1 persen. Angka ini lebih rendah ketimbang target pemerintah sebesar 6,4 persen. Penyebabnya adalah ketidakpastian perekonomian di zona Euro dan kemungkinan kontraksi fiskal di Amerika Serikat.

"Ada risiko-risiko perlambatan perekonomian lebih lanjut di sejumlah mitra perdagangan utama Indonesia, seperti Cina," kata ekonom utama dan penasihat ekonomi Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiam Diop, dalam rilis Bank Dunia, Senin, 15 Oktober 2012.

Tindakan pemangkasan ini, menurut Bank Dunia, sebagai langkah menyeimbangkan pelemahan dunia internasional atas permintaan dalam negeri. Meski begitu, Bank Dunia memprediksi PDB akan meningkat menjadi 6,3 persen pada tahun 2013.

Menurut Country Director Bank Dunia untuk Indonesia, Stefan Koeberle, meski perekonomian Indonesia menguat, Indonesia harus menjaganya dengan tetap mendukung iklim investasi. “Caranya dengan memastikan peraturan yang jelas dan konsisten, serta terus meningkatkan kualitas belanja pemerintah," ujarnya.

Ke depan, pemerintah harus siap menghadapi tantangan perekonomian, seperti krisis jangka pendek. Pemerintah juga harus mendorong pertumbuhan, seperti memperkuat investasi pada infrastruktur baru, keterampilan dan pendidikan, serta memperkuat perlindungan sosial.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia Perry Warjiyo menilai pertumbuhan ekonomi tinggi Indonesia belum masuk ke kategori overheating karena masih di bawah output potensialnya. "Tingkat pertumbuhan ekonomi saat ini 6,4 persen pada triwulan II-2012, masih berada di bawah output potensial, yang menurut perkiraan sebesar 6,7 persen," katanya pekan lalu.

Overheating merupakan kondisi ketika sisi permintaan dalam perekonomian tumbuh sangat cepat dan melampaui kapasitas produksi nasional. Dari sisi domestik, kondisi ini tercermin pada tingginya tekanan inflasi fundamental dan dari sisi eksternal terlihat pada besarnya defisit transaksi berjalan.

Sejumlah indikator yang biasanya menunjukkan pemanasan ekonomi, seperti pertumbuhan ekonomi yang melebihi tingkat output potensial, kredit yang tumbuh tinggi dan harga aset yang terlalu tinggi (bubble). Untungnya, inflasi inti tercatat tetap rendah dan terkendali 4,16 persen pada Agustus 2012 atau masih di kisaran yang diprediksi Bank Indonesia sebesar 3,5 persen hingga 5,5 persen.

Bank sentral memperkirakan pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun ini 6,4 persen dan meningkat menjadi 6,6 persen tahun depan. Kuatnya permintaan domestik, khususnya konsumsi dan investasi swasta, dinilai mampu mengkompensasi penurunan ekspor akibat dampak penurunan pertumbuhan ekonomi global.

© Tempo.Co

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...